by

25 Tempat Wisata di Lampung Terbaru dan Paling Banyak di Kunjungi

Tempat Wisata di Lampung – Lampung merupakan nama dari sebuah propinsi yang ada di Pulau Sumatera, propinsi ini secara geografis terletak di ujung bagian tenggara dari Sumatera. Propinsi yang beribukota di Bandar Lampung ini juga memiliki peran yang sangat penting yakni sebagai pintu gerbang yang menghubungkan Sumatera dengan Pulau Jawa dengan adanya Pelabuhan Bakauheni. Hal tersebut mengakibatkan Lampung menjadi salah satu pusat perdagangan di Sumatera dengan laju pertumbuhan ekonomi yang tergolong pesat.

Baca juga : Tempat Wisata di Bali Yang Wajib Di Kunjungi

Selain menjadi penghubung yang sangat penting dengan Pulau Jawa, ternyata Lampung juga menjadi salah satu tujuan wisata yang populer di Sumatera. Lampung memang dikenal menyimpan potensi wisata yang sangat besar di mana Anda akan bisa menemukan begitu banyak tempat wisata menarik, hal ini tentu bisa menjadi magnet bagi para wisatawan domestik dan juga asing untuk mengunjungi Lampung. Apabila saat ini Anda belum memiliki rencana untuk liburan, maka tidak ada salahnya jika Anda mengunjungi beberapa tempat wisata di Lampung berikut ini.

Berikut Tempat Wisata di Lampung Yang Lagi Trend

  1. Pantai Dewi Mendapa

Tujuan wisata pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Dewi Mendapa yang berlokasi di Gebang, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung yang bisa diakses dari Terminal Rajabasa. Pantai Dewi Mendapa dikenal akan panoramanya yang sangat indah, Anda juga akan bisa menemukan dermaga kayu yang panjang yang akan membawa Anda ke Dermaga Asmara dan Pulau Cinta. Pantai Dewi Mendapa buka setiap hari pada pukul 08.00-19.00 WIB dengan tarif masuk 10 ribu per orang.

 

  1. Pantai Duta Wisata

Pantai Duta Wisata merupakan sebuah pantai yang terletak di Jalan Laksamana RE Martadinata, Teluk Betung Barat, Lampung dan bisa diakses melalui rute Terminal Rajabasa – Ramayana Karang – Pasar Cimeng. Anda akan bisa menyaksikan hamparan pasir putih yang membentang di sepanjang bibir pantai Duta Wisata, Anda juga bisa memancing di tengah laut menggunakan sebuah perahu. Pantai Duta Wisata buka pada hari Senin hingga Sabtu pada pukul 08.00-20.00 WIB dengan tiket masuk 5 ribu rupiah.

 

  1. Pantai Labuhan Jukung

Tempat wisata ketiga yang tidak boleh dilewatkan yakni Pantai Labuhan Jukung yang berlokasi di Krui, Kampung Jawa, Lampung Barat yang bisa diakses dari Bandara Radin Inten menggunakan Trans Lampung. Pantai ini pada mulanya sering dijadikan sebagai tempat berlabuh kapal nelayan sehingga dinamakan Labuhan Jukung, Anda juga akan bisa menyaksikan pasir putih yang menghampar luas berpadu dengan birunya laut. Pantai Labuhan Jukung buka selama 24 jam dengan tarif masuk 3 ribu per orang.

 

  1. Pantai Tanjung Setia

Pantai Tanjung Setia lokasi persisnya berada di Jalan Bengkunat, Krui, Tanjung Setia, Lampung Barat yang bisa Anda capai dari Terminal Rajabasa. Pantai Tanjung Setia sangatlah populer di kalangan peselancar karena ombaknya bisa mencapai ketinggian 7 meter dengan panjang 200 meter, pantai ini sering dijadikan lokasi kompetisi selancar. Pantai Tanjung Setia dibuka selama 24 jam, Anda tidak akan dikenakan tarif untuk memasukinya.

 

  1. Pantai Krakatau Kahai

Objek wisata yang kelima yakni Pantai Krakatau Kahai yang terletak di Jalan Raya Pesisir, Bagu Balak, Rajabasa, Lampung Selatan. Pantai Krakatau Kahai menyajikan panorama alam yang sangat indah sehingga bisa Anda jadikan sebagai tempat rekreasi, selain itu pantai ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti taman bermain, saung, wahana permainan, dan sebagainya. Perlu diketahui bahwa Pantai Krakatau Kahai dibuka pada pukul 07.30-17.30 WIB dengan tiket masuk 20 ribu per orang.

 

  1. Pantai Mutun

Lampung memang memiliki sangat banyak pantai, salah satunya adalah Pantai Mutun yang terletak di Desa Sukajaya, Padang Cermin, Pesawaran, Lampung yang bisa Anda capai menggunakan transportasi umum. Pantai Mutun memiliki hamparan pasir yang luas dengan air lautnya yang berwarna biru, selain itu Anda juga bisa bersantai di saung ataupun berenang di lautnya dengan menyewa pelampung. Pantai Mutun buka selama 24 jam dengan harga tiket masuk 15 ribu rupiah.

 

  1. Pulau Tangkil

Pulau Tangkil adalah sebuah tempat wisata yang terletak di Desa Sukajaya, Padang Cermin, Pesawaran, Lampung yang bisa Anda akses melalui Terminal Rajabasa – Teluk Betung. Pulau Tangkil dikenal akan pasir pantainya yang sangat mempesona, selain itu pulau yang satu ini juga memiliki surga bawah laut yang sangat indah dengan terumbu karang serta biota lautnya yang sangat beragam. Pulau Tangkil bisa dikunjungi selama 24 jam dengan tarif masuk 6 ribu rupiah untuk dewasa dan anak-anak.

 

  1. Pantai Wartawan

Pantai Wartawan lokasi persisnya berada di Way Muli, Rajabasa, Lampung Selatan yang bisa Anda capai melalui Bandar Lampung – Kalianda – Rajabasa. Perlu Anda ketahui bahwa Pantai Wartawan dikenal akan pemandangan Gunung Krakataunya yang sangat eksotis, pantai ini juga sangat menarik karena adanya sumber air panas yang terdapat di gugusan karang. Pantai Wartawan buka pada pukul 07.00-19.00 WIB dengan tarif masuk 2500 rupiah.

 

  1. Pantai Sebalang

Tempat wisata berikutnya yang juga bisa dikunjungi yakni Pantai Sebalang yang lokasinya berada di Sebang, Tarahan, Katibung, Lampung Selatan yang bisa diakses dari Bandara Radin. Pantai Sebalang menyajikan panorama yang mempesona di mana Anda akan bisa menyaksikan matahari terbenam yang membuat panorama pantai ini semakin eksotis, pantai ini juga telah dilengkapi fasilitas yang memadai. Pantai Sebalang dibuka selama 24 jam dengan tarif masuk gratis.

 

  1. Pantai Terbaya

Pantai Terbaya beralamat di Terbaya, Kota Agung, Tanggamus, Lampung yang bisa Anda capai menggunakan bus umum dari Terminal Rajabasa. Pantai Terbaya memiliki keunikan di mana pantai ini memiliki pasir yang warnanya lebih gelap dan bercampur dengan bebatuan, pantai yang satu ini masih dikelola oleh masyarakat sehingga fasilitasnya terbilang sederhana. Pantai Terbaya buka selama 24 jam setiap harinya dengan tarif masuk sebesar 7500 rupiah.

 

  1. Menara Siger

Objek wisata selanjutnya yang juga bisa Anda kunjungi yakni Menara Siger yang berlokasi di Jalan Lintas Sumatera, Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung yang lokasinya tidak jauh dari Pelabuhan Bakauheni. Menara Siger dibangun di atas sebuah bukit dengan desain arsitektur yang indah dan warnanya mencolok sehingga akan menarik perhatian orang yang melihatnya. Menara Siger dibuka untuk umum pada pukul 06.00-12.00 WIB dengan tiket masuk seharga 5 ribu rupiah.

 

  1. Museum Negeri Lampung Ruwa Jurai

Museum Negeri Lampung Rawa Jurai beralamat di Jalan Teuku Umar, Sukarame, Sidodadi, Kedaton, Bandar Lampung yang lokasinya masih berada di dalam kota. Anda akan bisa mempelajari kebudayaan dan sejarah dari Lampung, museum ini memiliki berbagai macam benda koleksi peninggalan pahlawan nasional, perahu lesung yang usianya 120 tahun, bahkan hingga lumbung padi dari Tanggamus. Museum Negeri Lampung Ruwa Jurai buka pada pukul 08.00-13.30 WIB dengan tarif 500 rupiah untuk anak-anak dan 4 ribu untuk orang dewasa.

 

  1. Taman Purbakala Pugung Raharjo

Taman Purbakala Pugung Raharjo adalah tempat wisata yang berlokasi di Pugung Raharjo, Selampung Udik, Lampung Timur yang bisa Anda capai menggunakan travel. Taman Purbakala Pugung Raharjo sangat sesuai untuk dijadikan sebagai wisata edukasi di mana Anda akan bisa menemukan formasi batuan menhir, arca, dolmen, batu berundak, dan sebagainya. Taman Purbakala Pugung Raharjo dibuka pada pukul 07.00-17.00 WIB dengan tiket masuk sukarela.

 

  1. D’ Mermaid Tirtayasa Waterpark

Objek wisata berikutnya yang juga bisa dikunjungi yakni D’ Mermaid Tirtayasa Waterpark yang berlokasi di Villa Bukit Tirtayasa, Campang Raya, Tanjung Karang Timur, Bandar Lampung. Seperti namanya, D’ Mermaid Tirtayasa Waterpark merupakan sebuah taman bermain air yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti kolam anak-anak, kolam dewasa, ember tumpah, ocean street, dan lainnya. D’ Mermaid Tirtayasa Waterpark dibuka pada pukul 08.00-18.00 WIB dengan tarif masuk 25 ribu per orang.

 

  1. Water Park Citra Garden

Water Park Citra Garden lokasinya ada di Jalan Dr Setia Budi Nomor 170, Negeri Olok Gading, Teluk Betung Barat, Bandar Lampung yang bisa ditempuh dari Tanjung Karang. Water Park Citra Garden sendiri merupakan wahana kolam renang bertema hewan laut yang sangat sesuai dikunjungi bersama keluarga, selain itu water park ini juga memiliki berbagai macam wahana yang sangat menarik. Water Park Citra Garden buka pada pukul 08.00-18.00 WIB dengan tarif 30 ribu pada hari biasa dan 40 ribu pada hari libur.

 

  1. Slanik Waterpark

Objek wisata selanjutnya yakni Slanik Waterpark yang terletak di Jalan Raya Karang Anyar, Karang Turi, Jati Agung, Lampung Selatan yang bisa Anda capai dari Terminal Rajabasa. Slanik Waterpark dikenal sebagai taman bermain air terbesar di Lampung yang juga sangat sesuai sebagai wisata keluarga, Anda juga bisa menemukan berbagai wahana permainan seperti perosotan mini, ember tumpah, air mancur, dan lainnya. Slanik Waterpark buka pada pukul 09.00-17.00 WIB dengan tarif 40 ribu untuk dewasa dan 25 ribu untuk anak-anak.

 

  1. Taman Kopiah Emas

Taman Kopiah Emas alamatnya ada di Jalan Lintas Sumatera, Gunung Sugih, Lampung Tengah yang bisa dicapai melalui Bandara Radin Inten. Taman Kopiah Emas sendiri merupakan tujuan wisata favorit bagi keluarga di mana Anda akan menemukan sebuah tugu unik yang bentuknya menyerupai hiasan kepala tradisional, taman ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Taman Kopiah Emas dibuka untuk umum pada pukul 07.00-23.00 WIB, Anda hanya perlu membayar biaya parkir saja.

 

  1. Teropong Kota Bukit Sindy

Teropong Kota Bukit Sindy lokasi persisnya berada di Jalan Imam Bonjol, Pasir Gintung, Tanjung Karang Pusat, Bandar Lampung yang bisa Anda tempuh dari Tanjung Karang. Sesuai dengan namanya, para wisatawan yang berkunjung akan bisa melihat pesona Bandar Lampung, selain itu Anda juga bisa berwisata kuliner di warung makan yang banyak terdapat di kawasan wisata ini. Teropong Kota Bukit Sindy dibuka selama 24 jam dengan tarif masuk sebesar 20 ribu rupiah.

 

  1. Muncak Tirtayasa

Destinasi wisata berikutnya yang tak kalah menarik yakni Muncak Tirtayasa yang lokasinya berada di Gunung Muncak, Sukajaya Lempasing, Padang Cermin, Pesawaran, Lampung. Muncak Tirtayasa merupakan sebuah objek wisata yang menyajikan pemandangan yang sangat indah, Anda bisa menemukan banyak gardu pandang yang disediakan di tempat ini. Perlu Anda ketahui bahwa Muncak Tirtayasa buka pada pukul 07.00-22.00 WIB dengan tiket masuk seharga 5 ribu rupiah.

 

  1. Talang Indah Pringsewu

Talang Indah Pringsewu berlamat di Jalan Raya Sampang, Pajaresuk, Pringsewu, Lampung yang bisa Anda akses melalui rute Terminal Rajabasa – Pajaseruk. Talang Indah Pringsewu menyajikan sebuah wisata alam di mana Anda bisa menemukan hutan kota yang sangat asri, selain itu Anda juga bisa menaiki kuda untuk mengelilingi kawasan wisata ini. Talang Indah Pringsewu buka pada pukul 08.00-17.30 WIB, Anda hanya perlu membayar biaya parkir di kawasan wisata ini.

 

  1. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way kambas terletak di Rajabasa Lama, Labuhan Batu, Sukadana, Lampung Timur yang bisa ditempuh melalui rute Terminal Rajabasa – Way Jepara – Pusat Pelatihan Gajah. Way Kambas sendiri merupakan sebuah taman nasional yang memiliki fungsi utama sebagai pusat perlindungan gajah yang saat ini menampung sekitar 200 ekor gajah Sumatera, Anda bisa merasakan naik di punggung gajah. Taman Nasional Way Kambas buka pada pukul 08.00-18.00 WIB dengan tiket masuk 7 ribu per orang.

 

  1. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Selain Way Kambas, Anda juga bisa berkunjung ke Taman Nasional Bukit Barisan Selatan yang berlokasi di Jalan Ir Haji Juanda Nomor 19, Kota Agung, Tanggamus, Lampung. Perlu Anda ketahui bahwa Taman Nasional Bukit Barisan Selatan telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO, kawasan ini juga menjadi habitat  bagi beberapa jenis satwa liar dan bunga Rafflesia. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan buka pada hari Senin hingga Jumat pada pukul 07.30-16.00 WIB dengan tiket masuk 7 ribu rupiah.

 

  1. Alam Wawai Ecopark

Alam Wawai Ecopark lokasi persisnya berada di Jalan Hasan Rais, Sukadanaham, Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung yang bisa diakses dari Terminal Rajabasa. Alam Wawai Ecopark merupakan sebuah taman rekreasi yang mengusung konsep hutan sehingga sangat sesuai untuk keluarga. Anda akan bisa menikmati panorama alam yang indah serta udaranya yang sejuk di tenda-tenda yang tersedia. Alam Wawai Ecopark buka pada pukul 10.00-17.00 WIB dengan harga tiket masuk 15 ribu pada hari biasa dan 20 ribu pada hari libur.

 

  1. Taman Wisata Lembah Hijau

Tempat wisata berikutnya yakni Taman Wisata Lembah Hijau yang berada di Jalan Radin Imba Kesuma Ratu, Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung. Taman Wisata Lembah Hijau memiliki kondisi alam yang masih sangat asri, selain itu Anda juga bisa menemukan berbagai macam fasilitas dan wahana permainan seperti kolam renang, air soft gun, pertunjukan satwa, serta lainnya. Taman Wisata Lembah Hijau dibuka pada pukul 07.30-18.00 WIB dengan tiket masuk sebesar 10 ribu per orang.

 

  1. Taman Wisata Bumi Kedaton

Taman Wisata Bumi Kedaton lokasi persisnya berada di Jalan WA Rahman, Batu Pulu, Teluk Betung Utara, Bandar Lampung yang bisa Anda tempuh melalui Rajabasa – Ramayana Karang. Setibanya di lokasi, Anda akan bisa menikmati kesejukan udara dengan kondisi alamnya yang asri, selain itu Anda juga akan bisa menemukan kebun binatang mini, fasilitas outbond, serta area perkemahan. Taman Wisata Bukit Kedaton buka pada pukul 09.00-17.00 WIB dengan tarif 7 ribu untuk anak-anak dan 8 ribu untuk orang dewasa.

Apabila Anda ingin menghabiskan waktu akhir pekan atau masa liburan panjang di Lampung, maka Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang telah disebutkan di atas.

About Author: Tracie Aulia

Gravatar Image
Personal blogger - Hobi memasak, crafting dan travelling. Suka sekali menulis untuk sekedar berbagi informasi dan menuangkan pikiran kedalam sebuah tulisan, semoga bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed