by

30+ Tempat Wisata di Semarang yang lagi Trend saat ini, Yuk Simak ulasannya

Tempat Wisata di Semarang – Ibukota dari Provinsi Jawa Tengah ini merupakan salah satu pilihan menarik untuk liburan bersama keluarga. Semarang memiliki segudang potensi wisata yang sayang dilewatkan. Baik itu wisata alam, rekreasi modern, wisata kebudayaan, hingga religi. Ibukota provinsi ini merupakan sebuah kota besar dengan keragaman etnis yang unik. Tak heran jika berbagai macam tempat wisata religi berbagai macam agama dan suku bisa anda jumpai. Karena merupakan kota besar, tentu saja pengelolaan dan tata kelola tempat wisatanya sudah sangat memadai.

Baca juga : 26 Tempat Wisata di Magelang yang Layak dikunjungi jika Berlibur ke Magelang

Mulai dari jalanan, penginapan, sampai akomodasi lainnya bisa dengan mudah anda jumpai. Dari segi akses, Semarang memiliki lokasi yang strategis. Anda bisa menempuhnya dari berbagai macam jalur. Mulai dengan kereta api, mobil, pesawat, hingga kapal laut. potensi alam dari kota lumpia ini juga sangat kaya. Mulai dari kawasan pegunungan hingga lautan bisa anda dapati sehingga menambah banyak ragam tempat wisata yang ada di dalamnya. Nah, bagi yang penasaran apa saja pilihan tempat wisata di Semarang, berikut ini berbagai macam pilihannya.

Berbagai Tempat Wisata di Semarang

  1. Hutan Pinus Kayon
Objek Wisata Hutan Pinus Kayon

Selain di Bogor dan Jogja, wisata hutan pinus juga bisa anda dapati di Semarang. Tepatnya di Desa Batur, Kecamatan Getasan-Semarang. Wisatawan bisa merasakan sensasi menjelajah hutan pinus dengan udara yang sejuk. Sumber air bersih pun bisa anda temukan sehingga menjamin keamanan selama penjelajahan. Deretan hutan pinus dengan panorama memukau juga sangat cocok dijadikan sebagai latar belakang foto. Salah satu spot paling menarik adalah sebuah pohon dengan batang mirip kursi yang biasanya dijadikan tempat untuk berfoto.

  1. Bukit Cinta Rawa Pening
Objek Wisata Bukit Cinta Rawa Pening

Pemandangan Danau Rawa Pening dari ketinggian bisa anda nikmati dari puncak Bukit Cinta. Deretan pohon pinus, danau yang indah, hingga aneka macam perahu menjadi pemandangan yang membuat wisatawan berdecak kagum. Setelah berfoto dan menyaksikan indahnya danau, wisatawan bisa turun dan mencoba berkeliling danau dengan perahu motor serta berbagai macam wahana permainan air lainnya. danau seluas 2.670 hektar ini berada di Kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang dan Banyubiru Semarang.

  1. Puri Maerokoco
Objek Wisata Puri Maerokoco

Puri Maerokoco kerap disebut sebagai TMII nya Jawa Tengah. Aneka macam miniatur rumah adat Indonesia bisa anda saksikan. Selain itu disekitarnya juga terdapat industri kerajinan yang makin memperkaya fasilitasnya. Aneka miniatur wisata-wisata terkenal seperti Menara Kudus, Borobudur, hingga Masjid Agung Demak bisa anda saksikan. Bagi yang mengajak anak-anak, disediakan fasilitas komidi putar, kereta gantung, hingga taman bermain air. wisata rekreasi keluarga ini berada di Jalan Yos Sudarso, sekitar 5 Km dari Tugu Muda Semarang. Harga tiketnya sangat terjangkau, yaitu sekitar 10 ribu rupiah saja.

  1. Umbul Sidomukti
Objek Wisata Umbul Sidomukti

Berkunjung ke Semarang juga belum lengkap tanpa bersambang ke Umbul Sidomukti. Tempat wisata yang berada di lereng Gunung Ungaran ini memiliki udara yang sejuk. Di ketinggian 1.200 mdpl anda akan disuguhi pemandangan pegunungan serta udara yang sejuk. Sederet fasilitas bisa anda nikmati. Mulai dari kolam renang alami, outbond area, arena berkemah, hingga trekking menyusuri kawasan danau. Anda juga bisa menemukan penginapan secara mudah di tempat wisata alam ini. Untuk tiket masuknya sebesar 10 ribu per orang di akhir pekan dan 5 ribu rupiah untuk hari biasa. Sementara wahana flying foxnya sendiri dikenai tiket sebesar 12 ribu rupiah.

  1. Kampung Pelangi
Objek Wisata Kampung Pelangi

Ketika menjejakan kaki di Kampung Pelangi Semarang, anda akan teringat dengan indahnya Kampung Jodipan yang ada di malang. Kampung yang dulunya kumuh ini disulap menjadi sebuah perkampungan yang menawan. Rumah-rumah aneka warna dan tatanan yang bersih membuatnya dikenal sebagai lokasi liburan yang menarik. keberadaannya sangat menarik di dunia wisata. Banyak anak muda yang berfoto dan senang berkeliling untuk sekedar cuci mata. Lokasinya sangat mudah dijumpai. Yaitu di Jalan Dr. Sutomo Kelurahan Randusari-Semarang Selatan. Untuk biaya masuknya anda hanya perlu membayar parkir kendaraan sebesar 3 ribu rupiah.

  1. Eling Bening Ambarawa
Objek Wisata Eling Bening Ambarawa

Tempat wisata yang berada di Jalan Sarjono Kecamatan Bawen, Semarang ini menyediakan pemandangan yang memukau. Hanya dengan membayar tiket sebesar 15 ribu rupiah, anda bisa menyaksikan aneka macam pemandangan beserta kolam renang yang indah. Kolam renang dengan latar belakang pegunungan, perkebunan kopi, hingga indahnya danau Rawa Pening bisa anda nikmati. Pemandangan alam semakin menarik dengan panorama matahari terbenamnya. Fasilitas seperti area kemah, kafe, outbonf, hingga ruang pertemuan juga bisa anda dapati di kawasan wisata ini.

  1. Benteng Pendem Ambarawa
Obyek Wisata Benteng Pendem Ambarawa

Benteng yang disebut pula sebagai Benteng Willem I ini dibangun pada 1834 di masa penjajahan Belanda. Sampai saat ini masih berdiri kokoh dan hanya semak belukarnya saja yang membuat penampilannya terlihat tua. Wisatawan bisa napak tilas sejarah sembari berfoto-foto di benteng bersejarah ini. Lokasinya di Kecamatan Ambarawa, Semarang. Untuk berkunjung, wisatawan mesti meminta izin terlebih dulu karena lokasinya masih berada satu kompleks dengan Lapas Kelas II Ambarawa.

  1. Candi Gedong Songo
Obyek Wisata Candi Gedong Songo

Candi bersejarah ini berada di lereng Gunung Ungaran. Lokasinya yang ada di ketinggian membuat udaranya sangat sejuk. Selain bangunan candi yang indah, anda juga bisa menyaksikan aneka macam pepohonan hijau serta kolam pemandian air panas. Terdapat 9 buah candi sehingga dinamakan Gedong Songo. Ditemukan pertama kali pada 1903, candi bersejarah ini merupakan peninggalan dari abad 9 Masehi dari Wangsa Syailendra. Candi yang buka pukul 06.00 sampai 17.00 WIB setiap hari ini hanya mematok tiket masuk wisatawan sebesar 7 ribu rupiah.

  1. Pagoda Avalokiteswara Buddhagaya Watugong
Obyek Wisata Pagoda Avalokiteswara Buddhagaya Watugong

Semarang merupakan kota multi etnis sehingga aneka macam wisata religi juga tersedia disekitarnya. Salah satunya pagoda berlantai 7 ini. dengan tinggi 45 meter, anda bisa menyaksikan megahnya pagoda dengan patung Dewi Kwan Im yang menghadap ke berbagai arah penjuru angin. Anda akan merasakan sensasi liburan ala negeri Tiongkok di Semarang. Banyak wisatawan yang datang untuk berfoto dan melihat indahnya bangunan pagoda. Selain itu anda bisa menyaksikan ritual tjiam shi yang merupakan ritual meramal nasib. Ritual tersebut merupakan proses khusus umat Budha yang bisa anda saksikan di tengah kompleks vihara. Wisatawan hanya perlu membayar seikhlasnya untuk masuk ke kawasan yang ada di Jalan Perintis Kemerdekaan, Banyumanik-Semarang ini. untuk jam bukanya setiap hari mulai pukul 07.00-21.00 WIB.

  1. Museum Kereta Api Ambarawa
Obyek Wisata Museum Kereta Api Ambarawa

Tempat wisata klasik ini dulunya merupakan sebuah stasiun di zaman Belanda yang beroperasi mulai 1873-1976. Setelah itu ditutup resmi dan dialihkan fungsi sebagai museum. Anda bisa melihat 21 lokomotif tua yang dulunya berperan sebagai transportasi dalam merebut kemerdekaan. Lokomotif buatan Belanda sampai Swiss dipajang secara rapi di museum kereta ini. wisatawan juga bisa menaiki kereta diesel dengan rute Ambarawa-Tuntang dan Ambarawa-Bedono. Namun khusus rute kedua anda akan merasakan sensasi naik kerea uap. Harga tiket masuknya sebesar 5 ribu rupiah untuk anak-anak dan 15 ribu rupiah untuk dewasa.

  1. Lawang Sewu
Obyek Wisata Lawang Sewu

Gedung dengan arsitektur Eropa kuno ini dibangun pada 1904 dengan ciri khas banyaknya pintu dan jendela di sekitarnya. Meskipun pintu dan jendelanya tidak sampai seribu, namun tetap saja orang-orang menyebutnya dengan istilah Lawang Sewu untuk mewakili banyaknya pintu disekitarnya. Pengunjung bisa menyaksikan berbagai macam ruangan. Mulai dari suur tua, pintu utama, penjara berdiri, sampai ruang bawah tanah. Kisah mistisnya semakin menambah daya tarik pengunjung Lawang Sewu. Lokasinya di sebelah timur Tugu Muda atau di sudut Jalan Pemuda dan Pandanaran. Untuk tiket masuknya sendiri hanya sekitar 10 ribu rupiah.

  1. Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid kebangaan masyarakat Jawa Tengah ini menjadi salah satu destinasi wisata religi yang menarik. selain sebagai tempat ibadah, arsitektur masjid ini punn sangat indah. terdapat payung raksasa dengan diameter 14 meter yang biasanya dikembangkan ketika shalat Idulfitri dan Iduladha. Ada pula 25 pilar yang didesain seperti Coloseum yang ada di Italia. Di pintu gerbangnya, pengunjung bisa melihat kaligrafi syahadat dan Menara Asmaul Husna setinggi 99 meter. Masjid yang berada di pusat kota Semarang ini bisa menjadi tempat singgah anda sekaligus tempat ibadah yang menenangkan.

  1. Kampung Batik Semarang
Obyek Wisata Kampung Batik Semarang

Kawasan Kampung Batik Semarang ini berada di Kelurahan Rejamulya, Semarang Timur. Lokasinya tak begitu jauh dari Kota Lama. Wisatawan akan melewati gang kecil di sisi Hotel Horison. Dari sinilah gerbang masuk kampung bisa anda lihat. Kampung edukasi ini merupakan tempat menarik untuk belanja aneka macam batik hingga berbagai souvernir lainnya. anda bisa melihat secara langsung proses pembuatan batik sekaligus belajar secara langsung dalam membuatnya. Harga batiknya sangat bervariasi. Mulai dari 50 ribu rupiah. Untuk jam bukanya sendiri mulai dari pukul 08.00 sampai 18.00 WIB.

  1. Kota Lama Semarang
Obyek Wisata Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang merupakan tempat berburu foto dengan latar belakang pemandangan yang unik. Nuansa Eropa klasik bisa anda rasakan dari berbagai macam bangunan lawas yang masih berdiri. Di kawasan ini, anda bisa menjumpai Gereja Blenduk dengan kubah unik, Taman Srigunting, Retro Cafe, hingga berbagai macam bangunan ikonik khas abad pertengahan yang masih terawat. Tempat wisata penuh sejarah ini berada di Jalan Letjend. Suprapto, Tanjungmas-Semarang Utara. Berkunjung ke kawasan satu ini juga tidak dipungut biaya baik itu pada hari biasa maupun akhir pekan.

  1. Klenteng Sam Poo Kong
Klenteng Sam Poo Kong Semarang

Klenteng Sam Poo Kong dibangun diatas lahan seluas 3.2 hektar dan berlokasi di tempat dimana Laksamana Cheng Ho singgah pada tahun 1400-an. Tempat beribadah etnis Tionghoa ini memiliki arsitektur khas dengan warna merah yang menyala. Terdapat lima bangunan utama yang berdiri disekitarnya. Mulai dari Tho Tee Kong, Sam Poo Kong, hingga Kyai Juru Mudi, Kyai Jangkat dan Cundrik Bumi. Anda bisa melihat prosesi ibadah etnis Tionghoa beserta kesenian barongsai. Lokasi tempat wisata religi ini di kawasan Semarang Barat, tepatnya di Jalan Simongan Bongsari Nomor 129.

  1. Old City 3D Trick Art Museum
Old City 3D Trick Art Museum Semarang

Museum seni 3D ini berada tidak jauh dari kawasan Gereja Blenduk Semarang. Tepatnya di Jalan Letjen Suprapto, Tanjung Mas Semarang. Anda bisa berfoto dengan aneka karya seni 3D yang unik. Aneka ilusi mata akan membuat hasil foto terlihat tak biasa. Anda bisa berfoto seolah sedang diatas jembatan retak, air terjun, hingga berbagai latar seni unik lainnya. museum seni ini mirip seperti Alive Museum yang ada di Jakarta. untuk jam bukanya setiap hari mulai pukul 10.00-22.00 dengan tiket masuk 40 ribu rupiah.

  1. Setiya Aji Flower Farm
Obyek Wisata Setiya Aji Flower Farm semarang

Kebun bunga yang sedang hits di Instagram ini berada di Jalan Kendalisodo, Dusun Ngasem Lor, Kecamatan Bandungan-Semarang. Ada banyak sekali macam bunga krisan berwarna memukau. Sangat disarankan berkunjung di pagi hari karena cahaya fotonya masih bagus. harga tiket masuknya sangat murah, hanya 7.500 rupiah saja per orang. Anda bisa menikmati indahnya bunga krisan dan membawa pulang dengan membelinya secara langsung dengan harga 5.000 rupiah per batang. Jam bukanya setiap hari, mulai pukul 07.00-18.00 WIB.

  1. Bantir Hills
Obyek Wisata Bantir Hills Semarang

Meskipun baru dibuka, namun anemo pengunjungnya sangat positif. Banyak anak muda yang memburu foto berlatar memukau di kawasan Bantir Hills ini. Alam hijau dengan bukit-bukti memukau ini bisa anda nikmati secara langsung. Wisata alam ini mirip seperti yang ada di Desa Wisata Kalibiru Kulonprogo. Anda bisa berfoto di rumah pohon, di backdrop unik, hingga gardu pandang. Lokasinya di Desa Losari, Jalan Bantir, Kecamatan Sumowono, Semarang. Tiket masuknya sangat terjangkau yakni sebesar 10 ribu rupiah per orangnya dengan jam buka mulai pukul 07.00-18.00 WIB setiap hari.

  1. Wisata Lereng Kelir
Obyek Wisata Lereng Kelir

Wisata baru ini juga cocok disambangi bagi para pemburu foto. Lokasinya di Desa Brangkol, Kecamatan Jambu Ambarawa-Semarang. Lereng dengan panorama alam menawan ini memiliki gardu pandang. Gardu pandang ini bisa digunakan para wisatawan untuk berfoto sembari menikmati pemandangan alam dari ketinggian. Wisata alam ini akan mengingatkan kita dengan suasana indah di Tebing Keraton, Bandung. Anda bisa menikmati indahnya sunrise di pagi hari hingga aneka kelap-kelip lampu pada malam harinya. Untuk tiket masuknya sebesar 5 ribu rupiah di hari biasa dan 10 ribu rupiah di akhir pekan.

  1. Bukit VW Semarang
Obyek Wisata Bukit VW Semarang

Puluhan mobil bekas ala 70-an berjajar rapi dan menjadi salah satu latar foto yang menarik. anda bisa menyaksikan indahnya pemandangan dari atas bukit sembari bernostalgia dengan aneka mobil VW yang unik. Pengunjung bisa mengambil foto dengan latar tumpukan mobil VW hingga menikmati sejuknya udara disekitarnya. Wisata modern berkonsep unik ini juga kerap digunakan sebagai spot pre-wedding hingga tempat ngabuburit bagi kawula muda. Lokasi tepatnya di Jalam Sambiroto Raya, Tembalang-Semarang. Untuk tiket masuknya hanya dikenai tarif 5 ribu rupiah.

  1. Waduk Jatibarang & Gua Kreo
Obyek Wisata Waduk Jatibarang & Gua Kreo

Berlokasi di Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, waduk yang diresmikan 2014 silam ini mendapat anemo positif dari wisatawan. Waduk yang berfungsi sebagai sarana pengairan ini didesain mengelilingi Gua Kreo yang merupakan petilasan Sunan Kalijaga. Goa alami ini sekilas seperti pulau kecil karena dikelilingi oleh waduk buatan. Wisatawan bisa menyebrangi jembatan merah dan berfoto dengan latar belakang yang memukau. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, hanya 4 ribu rupiah dan anda bisa bebas menikmati indahnya alam di kawasan wisata ini.

  1. Pantai Marina
Obyek Wisata Pantai Marina Semarang

Semarang juga memiliki pantai yang sangat indah yaitu Pantai Marina. Lokasinya di Jalan Yos Sudarso, Semarang. Selain menikmati indahnya deburan ombak, anda bisa mencoba lari pagi di area jogging khususnya. Selain itu, di pantai satu ini anda juga bisa mencoba wahana kolam renang, speed boat, ski air, sampai aneka macam wahana bermain untuk anak-anak. pantainya sangat asri dengan pepohonan yang mengelilingi sekitarnya. Anda juga bisa berkeliling perairan pantai menggunakan perahu khusus dengan tarif 10-15 ribu rupiah. Jam bukanya sendiri tidak terbatas sehingga anda bisa berkunjung kapanpun anda inginkan.

  1. Curug Lawe
Obyek Wisata Curug Lawe

Air terjun yang indah juga bisa anda dapati di Semarang. Tepatnya di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Utara-Semarang. Air terjun yang dinamai Curug Lawe ini masih dalam satu area perkebunan cengkeh milik PT.Cengkih Zanzibar. Tiket masuknya hanya 4 ribu rupiah per orangnya. kondisi alam yang masih asri membuatnya cocok menjadi tempat melepas penat selama liburan. Dinamakan Curug Lawe karena air yang terjun dari tebing curamnya membentuk guratan putih seperti benang yang dalam bahasa jawa disebut sebagai Lawe. Ada juga yang mengatakan bahwa air terjun setinggi 40 meter ini memiliki jumlah sebanyak 25. Medannya sangat curam sehingga diperlukan stamina khusus jika ingin berkunjung ke tempat wisata ini.

  1. Bukit Rong
Obyek Wisata Bukit Rong Semarang

Bukit dengan ketinggian 998 mdpl ini berada di Desa Delik, Kecamatan Tuntang, Semarang. Destinasi yang memiliki panorama hijau ini bisa menjadi tempat favorit untuk menikmati indahnya alam Semarang dari ketinggian. Diatas bukit tersedia area untuk camping, berkuliner, hingga berfoto-foto. Tempat wisata alam ini juga menyediakan aula serta gazebo untuk beristirahat. Anda bisa menyaksikan indahnya kota dari ketinggian dan melepas penatnya selepas beraktivitas. Tiket masuknya sangat terjangkau yaitu sebesar 10 ribu rupiah.

  1. Taman Rekreasi Wonderia
Obyek Wisata Taman Rekreasi Wonderia

Berlibur ke taman rekreasi adalah pilihan yang tepat untuk liburan bersama keluarga. dan di Taman Rekreasi Wonderia ini, anda akan merasakan berbagai keseruan selama liburan. Taman bermain yang dibuka pada tahun 2007 ini merupakan hiburan murah meriah karena hanya mematok tiket sebesar 5 ribu rupiah saja. Lokasinya di Jalan Sriwijaya, Semarang. Di dalamnya anda bisa merasakan wahana seperti Boom Boom Car, Kiddy Biat, Super Rally, hingga Rumah Hantu. Ada pula wahana seperti Typhoon Ciaster dan Merry Go Round yang siap memacu adrenalin anda.

  1. Pantai Maroon
Obyek Wisata Pantai Maroon

Selain Pantai Marina, anda juga mesti berkunjung ke Pantai Maroon. Lokasinya di sekitar Bandara Ahmad Yani Semarang. Keindahan alam dengan ombak yang tidak begitu besar menjadi ciri khas pantai satu ini. Anda bisa bermain air dan berenang bersama anak-anak atau sekedar menghirup udara segar khas pantainya. Harga tiket masuknya sangat terjangkau yaitu 3 ribu rupiah untuk setiap hari. pemandangan pantai dengan pepohonan hijau sangat menarik untuk anda nikmati. Selain itu, anda bisa menikmati panorama sunset yang makin membuat wisata alam ini memesona. Berkunjung ke pantai satu ini sangat tepat jika pada waktu musim panas karena jalanannya tidak terlalu licin karena hujan.

  1. Kampoeng Wisata Taman Lele
Kampoeng Wisata Taman Lele Semarang

Tempat wisata yang dibangun pada lahan seluas 2 hektar ini memiliki banyak fasilitas yang menarik. Mulai dari danau buatan, kebun binatang mini, hingga sarana bermain anak-anak. Lokasinya di Jalan Walisongo, Semarang. Tempat hiburan keluarga ini juga kerap digunakan sebagai lokasi untuk menggelar aneka pertunjukan. anda pun bisa memancing sekaligus berkuliner dengan aneka macam menu lezat. Untuk harga tiketnya hanya sekitar 2 ribu rupiah dari Senin-Sabtu. Sedangkan khusus Minggu, tiket masuknya seharga 3.500 rupiah.

  1. Pantai Tirang
Obyek Wisata Pantai Tirang

Tak jauh dari Pantai Maroon, anda bisa menjumpai Pantai Tirang. Pantai yang berjarak 5 km dari Pantai Maroon ini merupakan lokasi ideal untuk memancing. Khususnya ikan kakap putih dan kerapu. Di kawasan pantai berombak sedang ini, anda juga bisa menjumpai hutan bakau. Suasana pantai yang sepi dan asri menjadi tempat yang tepat untuk melepaskan diri dari penatnya aktivitas. Anda bisa bersantai di pinggir pantai, memancing, trakking hutan bakau, sampai menyewa perahu dan berkeliling di sekitar perairan pantai satu ini.

  1. Air Terjun Kali Pancur
Obyek Wisata Air Terjun Kali Pancur Semarang

Panorama air terjun yang eksotis juga bisa anda rasakan di Air Terjun Kali Pancur ini. air terjun setinggi 150 meter ini memiliki pemandangan pepohonan hijau yang menawan. Disekitarnya juga terdapat goa walet hingga aneka batuan alam yang indah. Stamina prima, pakaian hingga alas kaki yang mendukung mesti anda siapkan jika hendak datang ke air terjun yang ada di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan-Semarang ini. pasalnya anda mesti menempuh 900 lebih anak tangga untuk sampai ke kawasan air terjun. Panorama alam khas pegunungan menjadi tempat yang tepat untuk melepas penat.

  1. Kebun Binatang Semarang
Obyek Wisata Kebun Binatang Semarang

Kebun binatang dengan luas 9 hektar ini berada di Jalan Walisongo Km 16. Wisata keluarga ini bisa anda akses dari seberang Terminal Mangkang persis sehingga banyak orang yang juga menyebutnya dengan nama Kebun Binatang Mangkang. Aneka jenis satwa yang ditempatkan di kandang dan area terbuka bisa anda lihat. Selain itu, anda bisa mencoba wahana naik gajah, becak air, perahu buatan, hingga kereta mini. Harga tiketnya hanya 7.500 rupiah termasuk di hari libur atau Minggu. bagi yang ingin mengajak serta keluarga, tempat wisata satu ini adalah destinasi yang tepat untuk dikunjungi.

Itu dia berbagai macam pilihan destinasi wisata yang ada di Semarang. Semoga bermanfaat dan menambah referensi liburan anda.

Nilai Kualitas Konten

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment