by

Ini Bahaya Tidur di Lantai Bagi Kesehatan Kehamilan, Catat ya Bunda

Bahaya Tidur di Lantai Bagi Kesehatan Kehamilan – Selama kehamilan kondisi fisik ibu hamil memang lebih lemah sehingga menyebabkannya mudah kelelahan. Ditambah dengan cuaca panas membuat tidur di lantai secara langsung terasa sangat menggoda. Tidur di lantai memang akan membuat suhu tubuh kembali normal. namun jika dilakukan terus menerus bahkan tanpa alas akan menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan selama hamil. Hal ini disebabkan karena hawa dingin yang langsung masuk melalui pori-pori sangat membahayakan kesehatan anda.

Baca juga : Tips Cara Mengatasi Pertumbuhan Janin Yang Lambat Bagi Ibu Hamil

Bahaya Tidur di Lantai Bagi Kesehatan Kehamilan

Hawa dingin tersebut akan menggangu berbagai kondisi anda. seperti pencernaan, pernafasan, dan berbagai macam kondisi kesehatan lainnya. anda mesti tahu apa saja bahaya tidur di lantai agar nantinya mengurungkan niat untuk melakukan hal tersebut. sebagai alternatifnya, anda bisa menggunakan alas yang berbahan menyerap keringat untuk menstabilkan dan merilekskan tubuh anda. berikut berbagai macam bahaya tidur di lantai selama kehamilan.

Berbagai Bahaya Tidur di Lantai Selama Kehamilan

  1. Kembung

Jika kulit bersentuhan secara langsung dengan hawa dingin maka akan membuat tubuh mengalami kembung. Efek kembung tersebut bisa mengganggu sistem pencernaan. Misalnya perut akan terasa penuh, mual dan sesak. Selain itu asam lambung akan naik dan menyebabkan rasa nyeri pada lambung. Rasa tidak nyaman tersebut sangat menggangu aktivitas ibu hamil serta kesehatan janin dalam kandungan.

  1. Gangguan sinusitis

Gangguan sinusitis juga bisa anda rasakan jika tidur di lantai tanpa alas. Misalnya hidung tersumbat, bersin disertai cairan keluar dari hidung tanpa henti, serta rasa tidak nyaman sepanjang hari. sinusitis tersebut bisa menyebar ke otak dan mampu menyebabkan meningitis jika sampai dalam tahap infeksi. Selain itu beberapa indera seperti penciuma dan penglihatan juga bisa terganggu. Janin juga beresiko lahir prematur jika ibu hamil mengalami gangguan tersebut.

  1. Mengakibatkan penyakit paru-paru

Banyak yang mengatakan penyakit paru-paru basah disebabkan karena sering tidur di lantai. Hal ini benar terjadi karena kuman dan bakteri yang ada di lantai kotor akan terhirup dan menyebabkan penyakit tersebut. efeknya akan mengakibatkan radang paru-paru. Gejala awalnya adalah pusing, batuk tanpa henti, serta banyak kehilangan berat badan.

  1. Mudah terserang flu

Ibu hamil yang kerap tidur di lantai tanpa alas akan mudah terserang flu. Hawa dingin dan bakteri pada lantai yang terhirup akan menyebabkan flu mudah menyerang. Biasanya tanda-tanda tersebut dibarengi dengan kondisi bersin-bersin, hidung tersumbat dan badan terasa meriang. Jika ingin tidur di lantai, sebaiknya menggunakan alas agar udara dingin dan bakteri tidak langsung anda hirup.

  1. Menyebabkan sakit punggung

Tidur tanpa alas akan membuat tulang dan otot terpaksa menopang badan dan janin. Hal tersebut akan memperbesar resiko sakit punggung saat hamil. Jika dibiarkan terus menerus maka akan menyebabkan kelainan bentuk tubuh. jadi tidur di lantai sebenarnya boleh saja asalkan dengan alas seperti kasur atau bantalan empuk lainnya.

Nah itu dia berbagai bahaya tidur di lantai yang sebaiknya anda ketahui. Semoga bermanfaat dan menambah informasi untuk anda.

Apakah Artikel ini Membantu Anda ?

About Author: Tracie Aulia

Gravatar Image
Personal blogger - Hobi memasak, crafting dan travelling. Suka sekali menulis untuk sekedar berbagi informasi dan menuangkan pikiran kedalam sebuah tulisan, semoga bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments