Cheap Jerseys Cheap NFL Jerseys Online Wholesale Jerseys Wholesale Jerseys Wholesale Jerseys Cheap Sports Jerseys Cheap NFL Jerseys Wholesale Jerseys Wholesale Jerseys Cheap Jerseys
Bisnis

Bisnis Cokelat Usaha Rumahan Yang Menguntungkan

Bisnis Cokelat Usaha Rumahan Yang Menguntungkan – Berbisnis menjadi hobi yang sangat menggiurkan dan tak termakan oleh jaman, membuat usaha yang berjangka panjang merupakan pekerjaan rumah bagi usahawan dalam mengembangkan usahanya tersebut. Terhitung banyak sekali bisnis yang gulung tikar karena dalam persaingan bisnis mereka tidak mampu mengembangkan usahanya agar sesuai dengan perkembangan jaman yang kian maju ini.

Bisnis Cokelat Usaha Rumahan Yang Menguntungkan

Maka dari itu, bisnis cokelat merupakan pilihan yang tepat bagi kalian semua. Mengapa? Karena jika kita membandingkan dengan bisnis yang lain, cemilan cokelat sangat mudah dibuat dan pangsa pasar yang sangat luas sekali. Permintaan dari cokelat sendiri ini seakan tak pernah habis, makanan yang memiliki khas manis dan pahit ini menjadi cemilan favorit bagi kaum perempuan dan juga para pemuda jaman sekarang.

Memiliki pangsa pasar yang luas, bisnis cokelat memiliki potensi yang cukup besar guna memberikan profit bagi pengusaha.  Apalagi jika kalian mampu mengembangkan dengan kreasi yang kalian miliki, tentu akan menjadi nilai plus bagi usaha yang akan kalian jajakan ini.

Dalam menyambut hari-hari besar, biasanya cokelat akan menjadi pilihan terbaik untuk disajikan kepara tamu-tamu yang datang. Tidak hanya hari besar saja, tapi ketika hari-hari spesial seperti hari jadi dan hari kasih sayang (valentine) camilan cokelat akan menjadi sajian yang akan dipilih untuk diberikan kepada pasangan. Sebelum kalian memulai bisnis ini, ada baiknya kalian terlebih dahulu mengetahui tentang cokelat dan cara mengolah cokelat batangan agar menjadi suatu produk yang dapat disajikan.

Cokelat sendiri dihasilkan dari biji kakao yang sudah masak di mana sebelum adanya pengolahan biji tersebut akan terasa pahit sekali. Sebelum menjadi produk cokelat batangan atau bar, biji kakao terlebih dahulu di fermentasikan agar menghasilkan rasa yang nikmat. Setelah melewati proses frekmentasi tersebut, kemudian cokelat dikeringkan dan disortir secara manual.

Pada proses penyortiran ini, olahan coklat hasil fermentasi tersebut disortir dengan tangan. Dengan alasan, agar pada tahap ini olahan cokelat dapat dipilah-pilah berdasarkan berat dan jenisnya. Pada tahapan berikutnya, biji cokelat akan dipanggang terlebih dahulu sampai menghasilkan aroma khasnya dan pada proses ini juga cokelat akan terlepas dari kulitnya.

Setelah melalui beberapa tahapan diatas, cokelat akan masuk pada proses penggilingan atau grinding. Proses ini akan menghasilkan cairan cokelat yang kental dan memiliki aroma yang kuat. Kemudian cokelat bisa ditambahkan susu dan gula agar menghasilkan rasa yang manis sesuai dengan pesanan ataupun yang diinginkan. setelah semua proses dilakukan, proses terakhir ialah proses penyetakan cokelat menjadi cocoa butter, cocoa powder  dan dark chocolate yang dicetak dalam bentuk batangan.

Analisis Usaha

Dalam menjalankan bisnis yang akan kalian lakukan, maka hal yang terpenting ialah dengan menganalisis usaha yang akan dipilih. Dalam hal ini bisnis cokelat, kalian harus memikirkan pangsa pasar yang paling potensial dengan melakukan survey pasar. Maksudnya bagaimana? Maksudnya gunakan daerah anda terlebih dahulu untuk melihat pangsa pasar dari bisnis cokelat yang akan kalian jalankan.

Menganalisa ini akan sangat membantu anda dalam mengeluarkan atau menentukan berapa biaya yang akan kalian keluarkan dan berapa banyak yang akan kalian dapatkan. Disini penulis mencoba menganalisis dari peluang usaha dari bisnis cokelat yang akan kalian lakukan.

Modal

Modal disini kalian gunakan dalam membeli peralatan yang akan kalian gunakan selama berbisnis cokelat. Dengan kata lain modal ini adalah biaya awal untuk membeli perlengkapan seperti:

Keterangan Harga (Rp)
Kompor + Tabung gas 3kg

Peralatan

a.    Cetakan

b.    Plastik

c.    Dll

Lain-lain

350,000

600,000

 

 

 

150,000

Total 1,100,000

Biaya Operasional Per Bulan

Biaya operasional disini berupa biaya yang berupa pengeluaran dana untuk melaksanakan kegiatan pokok selama 1 bulan, biaya operasional disini berupa biaya penjualan dan biaya administrasi untuk menghasilkan pendapatan yang sudah diperhitungkan.

Keterangan Harga (Rp)
Bahan baku

Perlengkapan

a.    Toples

b.    Plastik

c.    Pita

d.    Dll

Biaya listrik, air, dan tlp

Biaya transportasi

Biaya promosi

Lain-lain

1,500,000

300,000

 

 

 

 

200,000

150,000

300,000

100,000

Total 2,550,000

Omset

Dalam omset ini kita membuat perumpamaan yaitu apabila kalian menghasilkan kemasan toples : 3 toples*Rp.40,000*30hari  maka akan menghasilkan pendapatan kotor sebesar Rp. 3,600,000 serta kalian juga menghasilkan kemasan bungkus sebesar 10 bungkus*Rp,2000*30hari maka dari kemasan bungkus ini akan mengahsilkan pendapatan Rp.600,000. Jadi selama satu bulan produksi kita akan menghasilkan pendapatan Rp. 3,600,000 + Rp. 600,000 = Rp. 4,200,000.

Laba Bersih

Untuk menemukan laba bersih yang akan kalian dapatkan dalam bisnis cokelat ini dirumuskan omset-Operasional = Rp.4,200,000-Rp.2,550,000= Rp.1,650,000. Ini merupakan perumpamaan yang mana harga harga diatas bisa kalian rubah sesuai dengan yang ada di daerah kalian masing-masing.

Strategi Pemasaran

Sekecil apapun usaha yang akan kalian jalankan, pembuatan atau perencanaan strategi pemasaran sangat penting agar proses penjualan produk kalian bisa cepat dan tepat. Dalam hal ini, untuk kalian yang ingin memasarkan produk cokelat buatan yang baru kalian rintis bisa dengan mengikuti berbagai macam event-event UKM yang sering diadakan di daerah kalian.

Tidak hanya mengikuti event-event saja, kalian juga dapat memasarkan produk cokelat kalian dengan menitipkan ke toko-toko kue atau toko-toko ole-oleh yang ada didaerah kalian. dalam menitipkan produk kalian juga bisa menambahkan promo atau pesan bahwa kalian juga menerima berbagai pesanan sesuai keinginan pemesan agar konsumen tertarik dan segera menghubungi kalian untuk memesannya.

Namun, kalian jangan melupakan pemasaran berbasis online. Sebab pemasaran berbasis online ini akan membantu kalian dalam membentuk brand dari produk cokelat buatan kalian. Dalam memasarkan berbasis online, kalian bisa menggunakan media sosial yang ada saat ini untuk mempromosikan produk kalian dan juga dapat memasang iklan di sosial media bila kalian rela mengeluarkan sedikit uang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih.

Adapun olahan-olahan cokelat Unik untuk Usaha

Kue Cokelat bola-bola

Untuk memulai usaha, tidak hanya cita rasa yang akan menjadi keunggulan kalian. melainkan kalian juga harus memiliki kreativitas yang lebih agar menarik berbagai konsumen yang ada. Berikut ini ada beberapa macam kreativitas yang dapat menjadi rekomendasi dalam memulai usaha cokelat, antara lain:

Kue Cokelat bola-bola

Bahan yang digunakan dalam pembuatannya :

  1. 1 bungkus biscuit
  2. 2 saset susu kental manis
  3. 3 sdm mentega
  4. 1 batang cokelat
  5. 1 bungkus susu milo
  6. Meses
  7. Oreo (yang sudah ditumbuk)
  8. Cokelat Dodol

Umumnya, dodol biasanya memiliki rasa cokelat. Namun disini, dodol dijadikan isian dalam cokelat. Ini merupakan oleh-oleh khas dari garut, namun kalian bisa mencobanya untuk dijadikan produk didaerah kalian.

Bahan yang digunakan :

  1. 200 gr cokelat compound
  2. 5 batang dodol
  3. Choco Lava Cake

Bahan yang digunakan dalam pembuatan:

  1. 2 sdm tepung terigu
  2. 2 sdm cokelat bubuk
  3. 2 butir telur
  4. 2 sdm gula pasir
  5. 2 sdm margarin
  6. 1 saset susu kental
  7. 100 gr dark coco

Demikian berbagai contoh produk cokelat yang mungkin membantu kalian semua untuk menciptakan macam-macam produk yang lebih kreativ lagi. Tapi ingat, selama kalian membuat kreasi yang unik untuk produk anda. Tetap selalu menjaga kualitas cita rasa yang menjadi keunggulan kalian. terimakasih.

User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment