Tips

Cara Cek Saldo dan Mutasi Rekening di Internet Banking dan Mobile Banking BRI

Apakah anda adalah termasuk nasabah dari Bank BRI? Jika memang iya dan anda juga termasuk nasabah yang benar – benar detail mengenai transaksi keluar masuk uang pada rekening anda, maka untuk saat ini anda tidak perlu repot keluar rumah jika ingin cek saldo ataupun mutasi di rekening anda.

Baca juga : Begini Cara Isi Saldo Ovo Lewat ATM BCA dan Mobile Banking BCA

Semua itu sekarang dapat anda lakukan dengan sangat mudah dan cepat, jika sebelumnya setiap anda ingin cek saldo atau melihat mutasi rekening harus pergi ke ATM atau ke bank dengan cara print out buku tabungan, tetapi saat ini bisa dilakukan melalui internet banking. Mari kita membahas bagaimana cara cek saldo dan mutasi rekening di internet banking BRI.

Seperti yang anda ketahui Bank BRI adalah salah satu Bank besar di Indonesia yang sudah sangat banyak nasabahnya, yang mana juga akan memanjakan nasabahnya dengan fasilitas – fasilitas yang akan mempermudah nasabahnya dalam melakukan transaksi dan pastinya tidak akan mau kalah saing dengan Bank besar lainnya. Dengan kemajuan teknologi yang kian pesat pula bank BRI sudah menghadirkan fitur internet banking untuk nasabahnya.

Via Mobile Banking

Cara pertama cek saldo dan mutasi rekening di internet banking BRI, and dapat menggunakan aplikasi mobile Banking BRI, tetapi sebelum menggunakan layanan ini anda harus mendaftarkan SMS banking BRI lalu mendownload aplikasi ini di playstore bagi anda pengguna android dan app store untuk anda pengguna iphone.

  • Kemudian caranya selanjutnya, pertama silakan buka aplikasi Mobile Banking BRI,
  • kemudian pilih info, selanjutnya pilih info mutasi, anda akan diminta memasukan PIN lalu klik kirim atau send.
  • Tetapi sedikit info untuk anda bahwa jika anda menggunakan layanan ini pulsa anda akan terpotong karena informasi balasan dari bank BRI akan dikirim melalui SMS, jadi pastikan anda memiliki saldo pulsa ya.

Via Internet Banking PC

Kedua via Internet banking, anda bisa melalui internet banking di PC atau Komputer, untuk cara yang kali ini, sebelumnya anda harus melakukan perndaftaran terlebih dahulu di mesin ATM jika anda ingin menggunakan layanan ini, tetapi tenang saja karena hanya sekali pendaftaran dan untuk selanjutnya anda dapat melakukan dimana saja.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami dan Permanen

Cara pendaftarannya adalah, anda dapat pergi ke ATM BRi terdekat disekitar anda, masukan kartu ATM dan kemudian anda diminta memasukan PIN, anda dapat memilih transaksi lainnya lalu pilih registrasi, silakan pilih Internet Banking BRI, kemudian masukan 6 digit password lalu untuk konfirmasi masukan kembali 6 digit password sekali lagi, jika sudah berhasil maka akan keluar struk dan pilih tidak untuk mengambil ATM anda.

  • Kemudian untuk cek saldo dan mutasi rekening melalui PC, Komputer, atau laptop caranya adalah anda dapat masuk ke situs internet banking BRI, silakan anda masukan User ID dan juga Password yang sudah anda buat, kemudian masukan angka Validasi dan selanjutnya klik login.
  • Sekarang silakan pilih rekening, lalu pada informasi dan juga Mutasi silakan pilih mutasi rekening, nah disini anda dapat memilih periode mutasi yang ingin anda lihat, lalu tinggal klik tampilkan, sekedar informasi juga bahwa dengan menggunakan komputer anda dapat menggunakan layanan ini secara lebih lengkap karena akan terlihat juga keterangan debit dan kredit.

Selanjutnya jika anda tidak memiliki pc ataupun laptop, atau mungkin kondisi anda sedang tidak ada di kantor ataupun rumah, jangan kawatir jika ingin cek saldo atau cek mutase rekening bisa menggunakan internet banking di smartphone anda.

Caranya memang tidak jauh beda dengan menggunakan laptop ataupun PC, sebagian besar caranya hampir sama hanya saja anda menggunakan smartphone yang layarnya lebih kecil.

  • Caranya adalah silakan anda mengunjungi browser, kemudian masuk ke situs internet banking BRI, selanjutnya anda akan diminta memasukan user ID dan juga password.
  • Selanjutnya masukan angka validasi, klik login, lalu klik menu yang berada di pojok kiri atas yang ada garis tiga.
  • pilih rekening dan pilih mutasi rekening pada kolom rekening, anda dapat memilih rekening yang ingin anda lihat, selanjutnya pilih periode mutasi yang ingin anda lihat lalu klik tampilkan.

Jika tadi kita sudah membahas melalui internet banking yang dapat di akses melalui smartphone dan PC maka saat ini anda juga dapat melakukan internet banking melalui aplikasi BRI, aplikasi yang dapat anda gunakan adalah adalah BRI Mobile yang telah terintegrasi dengan internet banking.

Jika anda ingin menggunakan fasilitas ini, maka pastinya anda harus menginstal aplikasi tersebut terlebih dahulu, dan jika sudah berhasil menginstal maka anda silakan mengikuti langkah sebagai berikut, pertama silakan anda buka aplikasi Mobile BRI, kemudian pilih Internet Banking BRI, lalu silakan masukan User ID dan Password kemudian klik login, selanjutnya silakan anda pilih info rekening dan pilih rekening yang ditampilkan dan daftar 5 mutasi terakhir akan langsung tampil.

Baca Juga :  Tak Perlu Panik, Begini Cara Mengurus SIM Hilang

Pada dasarnya setiap cara pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tetapi untuk pengecekan yang lengkap lebih baik menggunakan aplikasi internet mobile banking karena keterangan yang tampil bisa lebih jelas. Tetapi setidaknya dengan adanya internet banking and tidak perlu antri di bank atau izin pada jam kerja hanya untuk cek saldo atau print mutasi rekening.

Tetapi ada yang harus anda ingat jika anda ingin menggunakan fasilitas internet banking, jika anda termasuk orang yang pelupa, maka kami sarankan anda selalu mencatat apapun yang berhubungan dengan internet banking seperti username dan password, karena hal seperti ini bisa menjadi kesalahan yang fatal jika anda lupa.

Kenapa bisa di sebut fatal, karena jika anda salah sekali saja pada waktu memasukkan username atau password pada kolom login internet banking BRI maka ID anda akan langsung terblokir, jadi jika di internet banking BRI bukan tiga kali kesalahan memasukan password atau username ya, melainkan hanya sekali saja anda sudah dapat terblokir.

Karena memang sedikit berbeda dengan system internet banking lainnya yang jika salah baru satu kali dapat anda ulang maksimal sampai tiga kali kesalahan input. Hal ini bisa sangat merepotkan anda karena untuk mengatasi, anda harus membuka blokir melalui customer service bank BRI, anda dapat menghubungi melalui call center atau anda dapat datang langsung ke kantor Bank BRI cabang terdekat di kota anda.

Jadi memang betul jika anda sering mendengar salah satu kelemahan internet banking BRi adalah jika anda sekali saja melakukan kesalahan maka akun anda akan langsung terkena blokir.

Silakan dicatat pada smartphone atau agenda anda dan jangan sampai hilang. Apa tanggapan anda setelah membaca artikel ini, apakah sangat membantu memudahkan anda atau malah merepotkan, kami rasa ini sangat memudahkan anda walaupun mempunyai sedikit kelemahan.

Dari berbagai cara yang disebutkan tidak terlalu sulit bukan untuk langkah – langkah yang dapat anda lakukan jika anda ingin cek saldo dan mutasi rekening di internet banking BRI.

User Review
5 (1 vote)

Leave a Comment