Otomatif

Simak Yuk! Cara Memilih Ban Mobil yang Tepat

Cara Memilih Ban Mobil yang Tepat – Kira-kira, komponen apa yang sangat penting pada sebuah mobil selain bagian mesin? Tentu saja seluruh bagian mobil adalah penting dan memiliki fungsi penting masing-masih. Tidak terkecuali bagian ban mobil. Oleh karena itulah hendaknya benar-benar dipahami seperti apa cara memilih ban mobil yang tepat. Fungsi dari ban sendiri bukan hanya sebagai penopang beban mobil. Atau sekedar membuat mobil dapat berjalan saja. Pemilihan ban mobil dapat mempengaruhi performa mobil itu sendiri. Seperti meningkatkan stabilitas, keamanan, dan kenyamanan berkendara.

Baca juga : List Harga Mobil Baru Toyota Terlengkap 2019, Cek Disini

Memilih Ban Mobil

Memilih Ban Mobil

Setiap produk ban mobil tentu saja sudah dirancang dengan spesifikasi tertentu. Mobil juga tidak bisa dipasang dengan sembarang pilihan mobil. Sebab setiap mobil sudah pasti memiliki kebutuhan ban yang berbeda. Belum lagi ukurannya yang juga cukup bervariasi. Mobil yang sering digunakan pada medan tertentu juga akan membutuhkan ban dengan spesifikasi tertentu. Begitu juga mobil yang sering digunakan sehari-hari. Sudah pasti akan membutuhkan ban mobil yang memiliki spesifikasi khusus. Untuk itulah anda semua yang sering mengendarai mobil harus benar-benar tahu bagaimana cata memilih ban mobil yang paling tepat. Ada beberapa hal yang harus benar-benar dipertimbangkan ketika memilih ban mobil baru untuk mobil anda. Apa saja?

Cara Memilih Ban Mobil yang Tepat

  • Kenali Ukuran dan Tipe Ban

Setiap ban dibuat dengan ukuran yang bervariasi dan tipe yang beragam. Setiap mobil juga membutuhkan tipe yang berbeda. Biasanya akan ada petunjuk penggunaan ban pada mobil yang anda miliki. Jadi perhatikan betul-betul petunjuk penggunaan yang tepat pada mobil anda. Biasanya akan terdapat kode-kode untuk pemasangan ban yang tepat. Seperti dengan huruf P, R, atau LT dan sebagainya. Jadi anda harus memilih ban sesuai dengan kode yang diinstruksikan. Selain itu, ukuran ban juga harus dipilih dengan tepat. Ukuran ban biasanya berada pada kode setelah huruf R. Misalnya R13, R14, R15 dan lainnya.

Baca Juga :  Daftar Harga Aki Kering Mobil Terbaru dan Lengkap
  • Ukuran Lebar Ban

Salah satu cara memilih ban mobil yang tepat adalah dengan memperhatikan lebar ban. Biasanya tiap mobil akan memiliki dan membutuhkan ukuran ban dengan lebar yang berbeda-beda. Yang perlu anda tahu, lebar ban juga mempengaruhi performa mobil. Semakin lebar ban yang digunakan, semakin baik pula untuk tingkat cengkeramannya. Akan tetapi ban yang terlalu lebar juga dapat mempengaruhi akselerasi tenaga pada mobil. Jadi pastikan pilihan ukuran lebar ban sesuai dengan kebutuhan mobil.

  • Perhatikan Pola Ulir Ban

Pola ulir yang terdapat pada ban bukan hanya sebagai penambah nilai estetika saja lho. Uliran yang dibuat pada ban memang memiliki fungsi tersendiri. Adanya pola uliran dapat mempengaruhi seberapa daya cengkram ban. Sehingga bisa meningkatkan performa mobil. Selain itu, pola tersebut juga ternyata dibuat khusus agar mobil dapat dengan mudah melewati medan tertentu. Misalnya medan yang basah atau kering.

  • Perhatikan Ketebalan Ban

Ban dibuat dengan berbagai material kuat. Tiap produk ban juga pastinya dibuat dengan bahan berbeda dan ketebalan yang tak selalu sama. Sebaiknya gunakan ban dengan ketebalan yang pas. Jangan terlalu tipis karena lama-lama kelamaan dapat merusak velg akibat benturan atau digunakan di jalan yang tidak rata.

  • Pilih Ban yang Belum Lama Dibuat

Ban yang tepat untuk digunakan adalah ban yang dibuat tidak lebih dari 12 bulan. Jadi sebelum membeli pastikan untuk mengecek tanggal pembuatan ban. Dengan begitu anda bisa mendapatkan ban yang terbaik dan tepat untuk anda.

Jadi seperti itulah cara memilih ban mobil yang tepat. Pilihan ban mobil yang tepat akan membuat anda merasakan pengalaman berkendara aman dan juga nyaman. Semoga bermanfaat.

Add Comment

Leave a Comment