by

Tips Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Dengan Mudah

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Dengan Mudah – Tenggorokan merupakan aset yang penting bagi tubuh. Tenggorokan sendiri adalah salah satu bagian dari sistem pencernaan pada manusia. Makanan akan melewati tenggorokan sebelum akhirnya memasuki esophagus dan lambung untuk menjalani proses pencernaan. Selain sebagai sistem pencernaan, tenggorokan juga salah satu  bagian dari sistem pernapasan yang terhubung pada rongga hidung.

Long Dress Batik Kombinasi Brokat Modern Tosca
Long Dress Batik Kombinasi Brokat Modern Tosca

Bagian-bagian pada Tenggorokan

Tenggorokan tersusun dari beberapa bagian yang saling bekerja sama dalam mengatur dan mengarahkan arus udara dan makanan. Berikut adalah bagian-bagian dari tenggorokan:

Faring

Faring merupakan bagian dari tenggorokan yang menghubungkan mulut dengan rongga hidung pada esophagus dan laring melalui tabung berotot. Faring memiliki peran sebagai jalan bagi makanan dan udara untuk mencapai lambung dan paru – paru. Faring sendiri terbagi menjadi tiga bagian.

  1. Nosafaring yaitu bagian atas yang terdiri dari langit – langit mulut lunak dank eras.
  2. Orofaring yaitu bagian tengan yang terdiri dari uvula dan amandel.
  3. Laringofaring yaitu bagian bawah yang terdiri dari epiglottis dan saluran menuju esophagus atau laring.
  4. Epiglotis

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Dengan Bahan Alami

Epiglottis merupakan bagian yang menyerupai lipatan otot yang akan menutupi laring saat proses menelan. Sehingga makanan tidak akan masuk ke laring dan paru-paru. Jika ada makanan yang berada pada laring maka dapat menyebabkan penyakit aspirasi pneumonia.

Laring

Laring adalah tabung vertical yang berotot yang berperan untuk menyimpan pita suara. Dengan adanya laring, manusia dapat menghasilkan suara. Ketika seseorang bernapas, udara yang masuk akan melewati laring.

Trakea

Trakea merupakan pipa vertical berotot dan berlubang yang dikenal sebagai batang tenggorokan. Trakea menghubungkan laring dengan bronki paru-paru. Trakea berfungsi untuk menyampaikan aliran udara dari dank e dalam paru – paru saat proses pernapasan.

Esophagus

Esophagus merupakan tabung vertical berotot yang terpisah dari faring dan membawa makanan dan minuman ke dalam lambung. Ketika esophagus tidak beraktivitas ukurannya mencapai  9 –  10 inchi dengan lebar 2 cm.

Macam-macam Penyakit pada Tenggorokan

Macam-macam Penyakit pada Tenggorokan

Mengetahui pentingnya fungsi tenggorokan, alangkah baiknya jika Anda selalu menjaga kesehatan tenggorokan. Akan tetapi ada kalanya masalah pada tenggorokan tidak hanya disebabkan oleh pola hidup tetapi juga bakteri dab virus. Berikut adalah beberapa penyakit yang menyerang tenggorokan.

Radang tenggorokan

Radang tenggorokan merupakan suatu kondisi penyakit tenggorokan di mana teradi gangguan peradangan pada laring atau kotak suara seseorang. Faktor yang menyebabkan terjadinya radang tenggorokan bermacam –  macam. Faktor penyebab akut antara lain: penggunaan suara yang berlebihan, infeksi virus flu, penyakit campak, difteri dan gondok.

Sedangkan penyebab kronis antara lain: GERD (Gastroesphageal reflux), merokok, alargen, asap bahan kimia yang terhirup, penyalahgunaan alcohol dan iritan lainnya.

Jika seseorang mengalami radang tenggorokan dapat diketahui dengan gejala sebagai berikut:

  1. Suara serak
  2. Batuk kering
  3. Tenggorokan kering
  4. Sakit tenggorokan
  5. Hilangnya suara
  6. Lemah
  7. Tenggorokan terasa seperti terdapat sentuhan kasar
  8. Tenggorokan terasa gatal
  9. Kanker tenggorokan

Kanker tenggorokan merupakan penyakit yang sejenis dengan tumor yang berkembang tumbuh pada daerah tenggorokan, faring, laring atau tonsil. Penyakit kanker tenggorokan pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan kanker lidah dan mulut. Dan sebagian besar penyakit kanker tenggorokan dialami oleh pasien yang memiliki jenis karsinoma sel skuamosa.

Penyebab terjadinya kanker tenggorokan tidak dapat diketahui secara pasti. Hanya saja ada beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan resiko seseorang untuk terkena kanker tenggorokan.

Beberapa penyebab terjadinya kanker tenggorokan

  1. Kurang mengonsumsi buah dan sayur
  2. Merokok
  3. Bahan industry tertentu
  4. Virus HPV (Humam Papiloma)
  5. Asam lambung kronis
  6. Pengaruh alcohol

Gejala kanker tenggorokan beraneka ragam. Berbeda orang berbeda pula yang dirasakan. Berikut adalah beberapa gejala umum kanker tenggorokan yang paling sering dirasakan:

  1. Perubahan suara
  2. Pembengkakan pada mata, rahang, tenggorokan atau leher
  3. Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas
  4. Batuk kronis
  5. Telinga terasa sakit dan berdengung
  6. Terdapat benjolan yang tak kunjung sembuh
  7. Sakit tenggorokan
  8. Sulit menelan
  9. Bunyi nafas berbeda
  10. Amandel

Amandel merupakan penyakit tenggorokan yang berbahaya dan sering dialami. Penyakit amandel dibagi menjadi 2 kelompok yaitu amandel akut dan amandel kronis. Banyak sekali penyebab yang mengakibatkan penyakit amandel. Penyakit amandel dapat disebabkan karena virus dan juga bakteri yang menginfeksi bagian kelenjar.

Virus dan bakteri tersebut bisa saja tertular atau memang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu yang dapat menyebabkan terjadinya amandel yaitu batuk atau flu. Amande juga dapat disebabkan karena gigi dan gusi yang sedang sakit akibat kotor, makan makanan yang tidak sehat, makanan yang kurang bersih dan makanan yang mengandung bahan kimia tertentu.

Oleh sebab itu banyak sekali macam yang menyebabkan amandel yang bisa dialami oleh setiap orang. Berikut adalah beberapa gejala yang muncul akibat amandel:

  1. Demam
  2. Sakit tenggorokan
  3. Sulit untuk minum dan makan karena kelenjar semakin membesar

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

 

Hampir disemua penyakit yang menyerang tenggorokan meninggalkan rasa sakit. Lalu bagaimanakah cara untuk mengobati rasa sakit pada tenggorokan? Berikut adalah beberapa cara untuk mengobati rasa sakit pada tenggorokan.

Bawang putih

Para ahli mengatakan bawang putih memiliki kandungan senyawa alicin yang dapat membantu membunuh bakteri dan mengurangi peradangan.

Cara menggunakan bawang putih untuk menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan sebagai berikut:

  1. Siapkan satu siung bawang putih dan kupas
  2. Tumbuk bawang tersebut yang masih mentah hingga halus
  3. Selanjutnya kumur – kumur dengan menggunakan air
  4. Anda dapat meminum madu atau yang lainnya untuk menghilangkan rasa yang tak enak di mulut
  5. Air garam

Banyak yang tidak tahu jika garam memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu untuk mengilangkan rasa sakit pada tenggorokan. Garam memiliki sifat antiseptic yang dapat membunuh bakteri dan virus. Selain itu garam juga berfungsi untuk melarutkan lendir yang biasanya terdapat di tenggorokan berikut caranya:

  1. Siapkan satu gelas air putih dengan suhu normal
  2. Larutkan 1 – 2 sendok garam ke dalam gelas yang berisi air
  3. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur – kumur
  4. Apabila sakit disertai dengan dahak Anda dapat meminum larutan tersebut
  5. Obat pereda nyeri

Untuk menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan dapat diatasi dengan menggunakan obat pereda nyeri seperti aspirin, paracetamol atau ibuprofen. Obat-obat tersebut merupakan kombinasi dari penghilang rasa sakit tenggorokan yang meradang. Sehingga dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan.

Permen pelega tenggorokan

Beberapa permen pelega tenggorokan mengandung ekstrak menthol, peppermint, bahan yang memberikan efek sejuk dan mati rasa sejenak pada jaringan tenggorokan. Bahan – bahan tersebut mengandung anti – peradangan, anti bakteri dan anti virus yang dapat mendorong proses penyembuhan. Permen pelega tenggorokan dan obat batuk berfungsi untuk meningkatkan produksi air liur dan menjaga tenggorokan tetap basah.

Wedang jahe

Jahe adalah salah satu rempah yang dapat memberikan sensasi hangat pada tubuh. Jahe memiliki kandungan senyawa zingiberin yang dapat melancarkan sirkulasi darah, menghilangkan racun pada tubuh dan mengatasi peradangan. Cara untuk membuat wedang jahe pun sangat mudah.

  1. Siapkan beberapa jahe yang telah dikupas dan dibersihkan
  2. Masak air hingga panas atau mendidih
  3. Tumbuk jahe
  4. Seduh jahe bersama dengan air panas ke dalam gelas
  5. Tambahkan satu sendok madu alami untuk memberikan rasa yang lebih enak
  6. Terakhir wedang jahe sudah dapat dinikmati

Demikianlah cara  mengobati rasa sakit pada tenggorokan yang ditimbulkan oleh berbagai macam penyebab dan penyakit. Anda dapat mencobanya ketika Anda merasakan rasa sakit pada tenggorokan. Semoga bermanfaat.

User Review
5 (1 vote)

About Author: Rinda Agustina

Gravatar Image
Personal blogger - Sangat suka menulis dan membaca berbagai disiplin ilmu, menyukai alam dan travelling serta membagikannya ke dalam sebuah tulisan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 comments