by

Cara Merawat Ban Mobil Agar Awet, Begini Caranya

Cara Merawat Ban Mobil Agar Awet – Ban yang berada dalam kondisi bagus tentunya akan meningkatkan performa dan juga keamanan berkendara. Agar ban selalu dalam kondisi baik, perlu dilakukan perawatan berkala. Cara merawat ban mobil juga harus dilakukan dengan benar. Dengan begitu kondisi ban mobil akan selalu baik dan bisa memberikan rasa aman serta nyaman saat dikendarai. Ban merupakan bagian yang sangat penting pada sebuah mobil. Fungsinya bisa sangat penting dan vital sama halnya seperti mesin mobil. Jika saja luput dari perawatan sedangkan frekuensi penggunaan mobil cukup sering, maka bisa menimbulkan hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja ban meletus dan sebagainya. Jadi bagi anda pemilik mobil, sebaiknya selalu cek kondisi mobil dan lakukan perawatan rutin untuk ban mobil.

Jika anda masih belum begitu paham bagaimana cara merawat ban mobil yang benar, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dicoba. Dengan begitu anda akan bisa memiliki ban dengan kondisi yang prima. Berkendara jadi lebih aman dan juga lebih nyaman.

Daftar Produk Ban Mobil Terbaik dan Populer

Cara Merawat Ban Mobil Yang Tepat

  • Periksa Kondisi Ban Secara Rutin

Sebelum pergi dengan menggunakan mobil, ada baiknya untuk memastikan kondisi ban dalam keadaan baik. Jadi dapat menjamin keamanan dan juga kenyamanan saat berkendara. Begitupun saat setelah menggunakan mobil. Cek kondisi mobil karena setelah pemakaian bisa saja terdapat sesuatu pada ban. Misalnya saja kotoran atau lumpur yang jika dibiarkan menempel akan mengganggu laju kendaraan nantinya.

  • Ganti Posisi Ban

Cara merawat ban mobil yang berikutnya adalah dengan menukar posisi ban depan dan belakang. Mengapa perlu dilakukan? Sebab ban mobil pada posisi yang berbeda memiliki tingkat keausan yang berbeda. Misalnya saja ban depan yang lebih cepat aus. Hal ini dikarenakan ban depan sering mendapatkan gesekan lebih banyak pada saat mengerem atau berbelok. Tukar posisi ban depan dengan ban belakang secara berkala setidaknya per lima ribu kilometer jarak tempuh.

  • Cek Tekanan Angin

Ban mobil dan ban kendaraan lain pasti memiliki standard ukuran untuk tekanan angin. Oleh karena itulah selalu cek dan pastikan jika tekanan angin pada ban sudah sesuai dengan standard. Ban yang terlalu keras atau kekurangan angin akan menimbulkan ketidaknyamanan. Bahkan bisa membuat ban semakin buruk sehingga laju mobil menjadi tidak stabil.

Cek Tekanan Angin Ban Mobil
  • Muat Barang Sesuai Kebutuhan

Semakin banyak barang yang dimuat, tentu akan membuat beban bawaan semakin berat. Jadi ketika bepergian pastikan untuk membawa barang bawaan yang diperlukan saja. Agar beban mobil tidak terlalu besar yang bisa mempengaruhi kondisi ban mobil.

  • Hindari Lubang

Cara merawat ban mobil agar tetap dalam kondisi yang baik adalah dengan mengendarai mobil dengan bijak. Tidak dipungkiri jika saat ini memang ada banyak sekali jalanan berlubang. Bahkan kondisi lubang terlalu dalam dan cukup besar. Agar tidak beresiko merusak kondisi ban, sebaiknya hindari lubang-lubang besar saat mengendarai mobil. Selain dapat merusak ban, lubang juga bisa menimbulkan goncangan yang mungkin tidak nyaman saat berkendara.

  • Cek ke Bengkel Secara Rutin

Membawa mobil untuk dicek seluruh kondisinya terutama ban ke ahlinya adalah pilihan yang sangat bijak. dengan begitu bisa diketahui seperti apa kondisi ban dan bagaimana cara untuk menanganinya. Terkadang ban yang sudah habis atau tidak layak pakai memang harus segera diganti. Dengan membawa ke bengkel, montir yang memang lebih tahu bagaimana kondisinya dapat merekomendasikan kapan waktunya ganti ban.

Agar ban mobil yang digunakan lebih awet dan bisa bertahan lebih lama, tidak ada salahnya untuk memilih ban dengan kualitas yang bagus. Selain awet, tentu saja akan memberikan nilai plus saat digunakan. Misalnya saja membuat performa mobil lebih stabil dan dapat berkendara dengan aman. Ada beberapa ban mobil yang memang dibuat khusus untuk digunakan pada medan-medan tertentu. Dan untuk penggunaan harian, sebaiknya piliha ban yang memiliki performa bagus ketika digunakan pada kondisi jalanan yang kering maupun basah. Jadi bisa tetap berkendara dengan aman.

Tidak ada salahnya juga untuk mendaftarkan mobil pada pelayanan asuransi. Hal ini juga bisa menguntungkan bagi pemilik mobil. Ketika terjadi sesuatu pada mobil maka bisa langsung ditangani oleh pihak asuransi. Jadi tidak perlu khawatir jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada mobil anda. Meskipun terlihat sepele, ban memang menjadi komponen yang sangat penting pada mobil. Jadi jangan sampai melewatkan urusan ban ini karena bisa mengakibatkan hal yang cukup berbahaya. Lakukan perawatan dan pengecekan ban secara rutin. Terutama jika mobil sering sekali digunakan apalagi digunakan setiap hari. Kondisi ban yang baik dan prima akan memberikan performa mobil yang prima juga. Itulah beberapa cara merawat ban mobil yang mudah dan baik sehingga bisa menjamin keamanan serta kenyamanan berkendara.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed