by

Hati-Hati ya Bun, Berikut Ciri Kandungan Lemah Saat Hamil

Ciri Kandungan Lemah Saat Hamil – Kandungan lemah secara medis sering disebut dengan istilah inkompetensi serviks. Biasanya wanita yang mengalami kandungan lemah akan sering mengalami keguguran di rata-rata kehamilan 4 bulan. Penyebab kondisi tersebut biasanya karena faktor keturunan, proses kuret yang menyebabkan trauma, penyakit kolagen serta infeksi dari luar rahim. Kandungan lemah memang sangat dikhawatirkan oleh semua wanita. Terutama jika saat hamil karena resiko kegugurannya lebih tinggi terlebih jika penanganannya terlambat dilakukan.

Ciri Kandungan Lemah Saat Hamil
Ciri Kandungan Lemah Saat Hamil

Ibu hamil dengan kandungan lemah masih berpotensi melahirkan dengan selamat. Asalkan mengikuti petunjuk dari dokter. Kandungan lemah saat hamil mesti anda ketahui ciri-cirinya agar bisa cepat tanggap mencari penanganan yang terbaik. Karena wanita yang mengalami kondisi tersebut akan lebih mudah mengalami pendarahan dan berakhir dengan keguguran. Berikut ini ulasan selengkapnya untuk berbagai ciri kandungan lemah saat hamil yang perlu diwaspadai.

Berbagai Ciri Kandungan Lemah

  1. Sering merasakan kram perut ketika hamil

Kram perut merupakan tanda awal kehamilan atau ketika sedang menstruasi. Namun sebagai ciri kandungan lemah, kram perut akan sering dalam waktu lama selama kehamilan. kram perut akan terasa sangat berlebihan. Hal ini karena kandungan mengalami kondisi yang tidak kuat menopang perkembangan janin. Oleh sebab itu memeriksakan diri ke dokter adalah hal efektif untuk mengatasi masalah tersebut.

  1. Muncul flek di awal kehamilan

Pada awal kehamilan akan muncul flek dan menurut beberapa dokter kandungan, flek tersebut merupakan tanda kandungan lemah. Masalah rahim yang kurang stabil kondisinya bisa menjadi penyebab munculnya flek tersebut. jika flek pada awal kehamilan tak kunjung berhenti, sangat disarankan segera memeriksakan diri ke dokter kandungan.

  1. Sering merasakan kontraksi dini

Karena kondisi kandungan yang tidak kuat menopang janin, maka ibu hamil akan sering merasakan kontraksi meskipun belum pada saatnya. Tanda tersebut merupakan gejala paling umum untuk kondisi kandungan lemah. Kontraksi dini ini bisa menjadi sebab kelahiran prematur. Oleh sebab itu penanganan medis yang tepat sangat diperlukan untuk mengantisipasi kondisi demikian.

  1. Mudah keguguran

Kandungan yang lemah akan membuat ibu hamil mudah mengalami keguguran. Jika sudah lebih dari dua kali mengalami hal tersebut maka sebaiknya perlu upaya penanganan khusus untuk menguatkan kandungan. Kandungan yang lemah akan menyebabkan ibu hamil mudah mengalami pendarahan dan hal ini bisa memperburuk kondisi anda dan janin di dalam kandungan.

  1. Muncul tumor

Kandungan lemah bisa disebabkan karena adanya tumor di dalam rahim. Tumor tersebut akan menggangu produktivitas rahim dan kinerjanya. Hal ini membuat ibu hamil mudah mengalami keguguran, pendarahan, hingga berbagai penurunan kesehatan secara signifikan. Pemeriksaan rutin dan penanganan khusus sangat diperlukan untuk mengatasi kondisi demikian.

Itu dia berbagai ciri kandungan lemah saat hamil yang sebaiknya anda waspadai. Tangani secara intens untuk memperkecil kemungkinan terburuk yang datang dari kondisi demikian.

About Author: Tracie Aulia

Gravatar Image
Personal blogger - Hobi memasak, crafting dan travelling. Suka sekali menulis untuk sekedar berbagi informasi dan menuangkan pikiran kedalam sebuah tulisan, semoga bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment