by

Wisata Coban Rais di Batu yang Instagramable Lengkap dengan Foto

Wisata Coban Rais – Jika Kota Malang terkenal dengan tempat wisata buatannya, Kota Batu terkenal dengan tempat wisata alaminya. Banyak sekali wisata alam yang dapat dikunjungi di Kota Batu, salah satunya Coban Rais. Area tempat wisata Coban Rais yang luas ini memiliki fasilitas seperti tempat parkir, toilet, area penginapan untuk berkemah, tempat makan serta tempat menjual oleh-oleh, café, dan lain sebagainya.

Baca juga : Wisata Air Terjun Coban Talun Lengkap dengan 10 Foto Keindahan Coban Talun

Wisata Coban Rais di Batu yang Instagramable
Wisata Coban Rais di Batu yang Instagramable

Pada awalnya daerah menuju air terjun ini hanya area biasa yang digunakan untuk tempat berkemah dan outbound saja, saat ini daerah ini mulai diberi penambahan objek wisata dan diberi nama Batu Flower Garden.

Beberapa spot sebelum menuju air terjun Coban Rais ini yang menjadi tempat berfoto anak muda zaman now yang instagrammable. Sedangkan jarak yang ditempuh untuk menuju air terjun Coban Rais adalah 2 km dan memiliki medan ekstrim.

Sehingga anda dapat menentukan akan berburu foto atau justru ingin menguji adrenalin dengan melakukan perjalanan menuju air terjunnya. Simak review singkat diantara air terjun Coban Rais dan Batu Flower Garden berikut ini.

Keunikan dan Keindahan Air Terjun Coban Rais

Keunikan dan Keindahan Air Terjun Coban Rais
Keunikan dan Keindahan Air Terjun Coban Rais

Coban Rais ini awalnya bernama air terjun Coban Sabrangan karena untuk menuju air terjun ini harus melewati 14 sungai. Namun ketika didirikan oleh Pemerintah Batu menamainya sebagai Coban Rais karena diambil dari salah satu nama warga desa yaitu Rais. Tinggi air terjun Coban Rais ini adalah 1.025 meter di atas permukaan laut dengan ketinggian sekitar 75 meter dan kemiringan hampir 90˚.

Lokasinya yang berada di dataran tinggi dan letaknya yang berada di tengah pegunungan membuat suasananya sangat sejuk. Daerah sekitar air terjun terdapat bebatuan besar tempat orang-orang dapat duduk untuk menikmati pemandangan air terjun.

Bagi wisatawan yang mandi atau bermain air diharapkan selalu berhati-hati dan waspada selalu karena bebatuan di dalam air cukup banyak sehingga harus ditemani pada saat bermain air, terutama anak-anak.

Rute Jalan Menuju Air Terjun Coban Rais

Rute Jalan Menuju Air Terjun Coban Rais
Rute Jalan Menuju Air Terjun Coban Rais

Jalan menuju air terjun Coban Rais ini dapat dikatakan ekstrim, pengunjung harus melewati jalan setapak yang sempit dan terjal, melewati jembatan besi, menyusuri sungai dan memanjat batu-batu besar dengan jarak kurang lebih 7 km. Oleh karena itu jika ingin mendatangi air terjun Coban Rais ini harus bersama orang yang telah hafal jalan menuju ke air terjunnya, karena disini tidak ada gambaran tentang jarak tempuh dan beratnya medan yang harus dilalui.

Petunjuk Arah Ke Coban Rais
Petunjuk Arah Ke Coban Rais

Hanya ada beberapa petunjuk arah di sepanjang jalan menuju air terjun Coban Rais dengan seadanya. Padahal jalan menuju air terjun tersebut terbilang jauh dan medan yang sangat sulit untuk ditempuh. Kekurangannya adalah, pada jalan menuju air terjun ini tidak ada sama sekali penjaga yang bertugas untuk menjaga area ini.

Sehingga resiko terhadap keselamatan pengunjung terancam jika terdapat pengunjung yang membutuhkan pertolongan ketika mengalami kecelakaan pada jalan menuju air terjun atau pulang dari air terjun. Hal-hal yang dapat anda lakukan sebelum melakukan perjalanan menuju air terjun ini sebaiknya anda membawa barang secukupnya saja dan air mineral untuk menghindari dehidrasi saat berjalan.

Tips Wisata ke Coban Rais, Gunakan Alas Kaki dan Pakaian yang Nyaman
Tips Wisata ke Coban Rais, Gunakan Alas Kaki dan Pakaian yang Nyaman

Gunakan pakaian dan alas kaki yang santai dan praktis agar membantu mobilitas tubuh anda dalam bergerak atau jika terjadi sesuatu di perjalanan. Namun yang paling penting anda harus menyiapkan fisik dan mental terlebih dahulu untuk melakukan perjalanan ini.

Jalan yang harus dilalui berada di tepi sungai dengan aliran air yang sangat jernih sampai terlihat dasar dari sungai kecilnya. Jalan setapak ini kira-kira sebesar 50 sampai 100 cm yang kemudian melewati tepi tebing dan jurang dengan kedalaman 20 sampai 50 meter. Pada 3 km awal perjalanan anda akan melalui jalan sempit yang berkelok dan menanjak hingga 30 ˚.

Rute Jalan Menuju Air Terjun Coban Rais, Jembatan Bambu
Rute Jalan Menuju Air Terjun Coban Rais, Jembatan Bambu

Kemudian anda akan melewati pohon bamboo dan semak belukar yang licin baik pada musim hujan maupun kemarau sehingga anda harus menggunakan alas kaki yang mendukung dalam hal ini. Kemudian pada perjalanan km keempat anda akan melalui jalan selebar 70 cm dan merupakan jalur air hujan yang licin juga. Kemudian jalan akan semakin sulit dengan jalan yang menanjak, miring, licin dan gelap karena pohon-pohon besar dan semak belukar yang tumbuh di daerah sana.

Dari jalan yang ditempuh untuk menuju air terjun Coban Rais di atas harus melalui kebijaksanaan dari pengunjung itu sendiri, karena dari jalan yang telah dijelaskan di atas, tidak semua pengunjung mampu melakukan perjalanan ini terutama untuk perempuan dan anak-anak. Namun jika pengunjung memang memiliki jiwa petualang, maka perjalanan menuju air terjun ini dapat menjadi alat untuk mengasah adrenalin sekaligus menyenangkan.

Lokasi Tempat Wisata Coban Rais

Lokasi Tempat Wisata Coban Rais
Lokasi Tempat Wisata Coban Rais

Secara administratif, lokasi Coban Rais ini terletak di Jalur Lkr. Bar. No.8, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur (65316). Lokasi ini dikelola oleh Perum Perhutani KPH Malang yang kini semakin diperbarui wahana dan spot fotonya.

Jam Buka Tempat Wisata Coban Rais

Jam Buka Tempat Wisata Coban Rais
Jam Buka Tempat Wisata Coban Rais

Jam buka coban rais beroperasi mulai dari pukul 07.00 WIB sampai 15.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Coban Rais

Harga tiket masuk Coban Rais ini sangat terjangkau, yaitu hanya Rp 10.000 saja. Namun harga ini di luar pintu masuk ke Batu Flower Garden, untuk masuk kesini anda perlu merogoh kocek lebih dalam yaitu Rp. 25.000. Akan bertambah tarif jika anda membawa kamera action sebesar Rp 10.000, sebesar Rp 15.000 bagi wisatawan yang membawa kamera DSLR dan tarif tambahan sebesar Rp. 75.000 bagi wisatawan yang membawa drone.

Dengan membayar tarif masuk Batu Flower Garden, anda dapat menikmati 5 wahana dan 2 spot foto gratis. 2 spot foto gratis yaitu di spot love dan spot taman bunga. Pada kedua spot foto ini fotografer akan memfoto anda sebanyak 3 kali untuk setiap spot, kemudian anda dapat memilih satu dari tiga foto tersebut.

Harga Tiket Masuk Coba Rais
Harga Tiket Masuk Coba Rais

Sedangkan di luar 2 spot foto yang gratis ini dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 per spotnya. 4 spot itu diantaranya spot I Love You, Ayunan Ekstrim dan sepeda air atau udara. Sedangkan untuk masuk ke Hammock Tower anda harus membayar Rp 15.000 untuk tarif ini. Masing-masing spot ini juga sekaligus mendapatkan fasilitas foto sebanyak tiga kali dan anda dapat memilih satu foto pula. Anda juga dapat memilih keseluruhan jumlah foto namun terdapat biaya tambahan yaitu Rp 5000 per file fotonya.

Banyaknya tambahan tarif pada beberapa spot foto ini menyebabkan Batu Flower Garden ini relatif mahal daripada tempat wisata yang lain. Namun, tingginya tarif ini juga diiringi dengan semakin berkembangnya fasilitas yang ada pada area Batu Flower Garden ini. Seperti adanya akses jalan pada pintu masuk yang telah dipaving sehingga mudah untuk diakses bahkan terdapat jasa ojek dengan tarif yang juga Rp 10.000 per orangnya.

Batu Flower Garden Spot Wisata Baru Coban Rais

Batu Flower Garden Spot Wisata Baru Coba Rais
Batu Flower Garden Spot Wisata Baru Coba Rais

Batu Flower Garden ini merupakan wisata pelengkap baru yang dapat anda datangi jika tidak ingin berpetualang menuju air terjun Coban Rais. Disini anda dapat menemukan spot foto yang bagus dan unik dengan mengutamakan ketinggian dan cahaya yang bagus pada saat berfoto.

Tentunya, anda juga harus memberanikan diri dalam setiap spot foto ini karena untuk mendapatkan foto yang bagus, anda harus berada di tempat yang tinggi seperti di ayunan atau di atas kayu berbentuk love yang dapat memicu adrenalin juga. Spot-spot ini yang nantinya dapat digunakan untuk upload di sosial media pribadi anda.

Semoga informasi di atas dapat membantu anda dalam alternatif destinasi wisata ya. Terimakasih!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment