by

Wisata Air Terjun Coban Talun Lengkap dengan 10 Foto Keindahan Coban Talun

Wisata Air Terjun Coban Talun – Kota Batu memiliki wisata air terjun dengan berbagai jenis yang memiliki nama awal Coban, salah satunya Coban Talun ini. Coban Talun ini dikelola oleh Perhutani yang bekerjasama dengan pihak swasta dan kini mengembangkan wahana buatan disekitar area Coban Talun. Oleh karena itu pada wisata ini, anda dapat menemukan dua wisata sekaligus, yaitu wisata alam dan wisata buatan di dalam area ini. Simak penjelasan diantara keduanya di bawah ini.

Baca juga : 10 Gambar Destinasi Wisata Umbul Ponggok Klaten yang Seru dan Menyenangkan

Keasrian Tempat Wisata Air Terjun Coban Talun

Keasrian Tempat Wisata Air Terjun Coban Talun
Keasrian Tempat Wisata Air Terjun Coban Talun

Air terjun coban talun ini memiliki debit air 4000 hingga 10.000 liter air per detiknya. Sumber air terjun ini berasal dari sungai Brantas. Air terjun Coban Talun ini memiliki ketinggian 75 meter dan terletak 950 meter di atas permukaan laut. Suhu di Kawasan ini mencapai 18 hingga 23˚C. Pemandangan yang terlihat pada area disekitar air terjun ini adalah pepohonan pinus yang dapat memanjakan mata.

Seperti air terjun pada umumnya, Coban Talun memiliki tumbuhan hijau disekitarnya yang menambah keasrian air terjun. Di area sekitarnya juga terdapat bebatuan besar yang dapat digunakan untuk bersantai dan menikmati pemandangan alam.

Anda juga dapat bermain air disini namun tetap harus memperhatikan sekitar karena ini merupakan wisata alam yang mewajibkan kita untuk terus waspada. Bagi anda yang hanya ingin melihat pemandangan saja, anda dapat duduk diantara batu-batu untuk sekedar melihat pemandangan alam.

Wisata Taman di Area Coban Talun

Wisata Taman di Area Coban Talun
Wisata Taman di Area Coban Talun

Selain air terjun, wahana yang disediakan disini adalah wahana Apache, rumah Pagupon, dan taman bunga yang dapat dinikmati masing-masing tarif masuknya Rp 10.000.

Wisata Taman Khas Apache Coban Talun

Wisata Taman Khas Apache Coban Talun
Wisata Taman Khas Apache

Apache ini merupakan rumah bernuansa India beserta atribut dan pernak-perniknya yang dapat memberikan kesan dan suasana berada diantara suku India di tengah hutan.

Rumah Papugon yang Unik di Coban Talun

Rumah Papugon yang Unik di Coban Talun
Rumah Papugon yang Unik

Sedangkan pada spot lain yaitu rumah pagupon yang memiliki bentuk kecil yang memang didesain hanya satu namun berjumlah banyak. Pagupon merupakan Bahasa Jawa yang artinya sangkar burung merpati. Rumah pagupon ini terdiri satu kamar mandi dan satu kamar tidur.

Pengunjung dapat menyewa rumah pagupon ini dan masing-masing dikenakan tarif tambahan. Dalam area ini terdapat kantin, musholla, rumah pohon, bunga, hammock, dan taman bunga.

Spot Foto Cantik di Taman Bunga Coban Talun

Spot Foto Cantik di Taman Bunga Coban Talun
Spot Foto Cantik di Taman Bunga

Taman bunga ini memiliki berbagai macam tanaman bunga yang tumbuh dan berwarna-warni sehingga bagus untuk dipandang dan difoto. Disini anda dapat bersantai maupun berfoto ria, namun anda juga harus tetap menjaga keasrian bunga ya, tidak boleh memetik atau menginjak bunga yang sudah tertata rapi tersebut. Sebenarnya wahana yang terdapat disini memang didesain sedemikian rupa untuk tempat berfoto dan cuci mata dengan pemandangan taman bunga yang indah. Tidak jarang disini dapat ditemukan sepasang orang yang sedang berfoto untuk pre wedding, after wedding, dan yang hanya sekedar berfoto untuk kenangan.

Spot Foto PreweddingTaman Bunga Coban Talun
Spot Foto PreweddingTaman Bunga

Tempat ini juga sering dijadikan agensi model untuk video atau foto untuk produk majalah mereka. Tentunya ketika berada di tengah kota, pasti jarang melihat pepohonan dan tumbuhan berwarna-warni, sehingga disini mata kita akan dimanjakan dengan berbagai tanaman yang bagus pula untuk tempat berfoto untuk feed Instagram.

Lokasi Air Terjun Coban Talun

Lokasi Air Terjun Coban Talun
Lokasi Air Terjun Coban Talun

Coban Talun ini terletak di Jl. Coban Talun, Tulungrejo, Bumiaji, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur Kode Pos 65336. Wisata ini buka dari jam 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. Adapun nomor telefon yang dapat dihubungi untuk mendatangi wisata ini adalah 0821-3142-4038.

Rute Menuju Coban Talun yang Indah dan Sejuk

Satu-satunya cara untuk menuju air terjun ini adalah berjalan kaki di jalan setapak yang kanan dan kirinya terdapat jurang yang cukup dalam, namun terdapat dahan dan rumput liar disekitarnya sehingga pengunjung dapat berpegangan pada dahan tersebut. Untuk menuju air terjun, pengunjung membutuhkan waktu sekitar 30 sampai satu jam perjalanan dengan jarak 1 km saja.

Rute Menuju Coban Talun yang Indah dan Sejuk
Rute Menuju Coban Talun yang Indah dan Sejuk

Pada saat perjalanan, anda disuguhi pemandangan indah melewati lereng bukit, pegunungan yang indah dengan pepohonan pinus, semilir angin dan suara dari hewan disekitar yang semakin membuat semangat perjalanan. Pengunjung hanya dapat masuk ke wisata air terjun ini jika dalam keadaan kering saja, karena pada saat hujan jalanan licin dan akan membahayakan para pengunjung sehingga diperbolehkan pada saat musim kemarau saja.

Namun, keindahan yang ditawarkan dari air terjun ini sangat sebanding dengan apa yang telah ditempuh dengan berjalan kaki. Air terjun ini dapat menjadi salah satu spot foto yang dapat digunakan untuk upload di sosial media. Tentunya, anda juga harus memperhatikan setiap langkah kaki anda karena air terjun ini juga memiliki bebatuan dan dasar yang tidak terlihat sehingga harus melihat situasi dan kondisi sekitar juga.

Harga Tiket Masuk Coban Talun

Harga Tiket Masuk Coban Talun
Harga Tiket Masuk Coban Talun

Harga tiket masuk ke Coban Talun ini adalah Rp 10.000 saja. Harga ini beda dengan harga parkir pula, harga parkirnya Rp 2000. Namun anda akan dikenakan tarif lagi jika masuk ke dalam rumah apache, rumah pagupon, dan taman bunga anda harus merogoh kocek lagi masing-masing wahana membayar Rp 10.000 untuk masuk ke dalam dan berfoto sepuasnya.

Area ini juga menyediakan perkemahan, anda juga harus mengeluarkan biaya tambahan jika ingin berkemah di area sini. Penjagaan area ini hanya pada jam operasional saja yaitu dari jam 08.00 WIB sampai jam 17.00 WIB saja. Sedangkan pada saat malam hari, pengunjung yang menginap hanya akan bersama dengan pengunjung yang menginap lainnya. Sehingga sesame pengunjung akan saling menjaga satu sama lain.

Fasilitas yang Ada di Coban Talun

Fasilitas yang dapat anda peroleh ketika datang ke wisata yang satu ini adalah air terjun, wahana yang tersedia, mushola, kantin, balai serbaguna, dan tempat parkir yang sangat luas. Luasnya area disekitar objek wisata air terjun talun ini juga biasanya dibuat untuk acara berkemah beserta outboundnya. Tidak jarang tempat ini banyak digunakan oleh siswa sekolah, mahasiswa, hingga orang dewasa yang ingin melakukan perkemahan sekaligus melakukan acara organisasi dan lain sebagainya.

Fasilitas yang Ada di Coban Talun
Fasilitas yang Ada di Coban Talun

Tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas rafting namun letaknya lumayan jauh dari lokasi Coban Talun. Jika pengunjung ingin melakukan rafting maka harus menuju ke tempat rafting tersebut berada. Pengunjung juga dapat menyewa motor trail atau TV (motor roda empat) untuk berkeliling dan melihat pemandangan dengan berkendara.

Disini, anda dapat bersantai ria sambil menikmati pemandangan buatan yang berwarna-warni. Anda dan sanak saudara dapat berfoto dan mengukir kenangan pada tempat wisata buatan ini. sedangkan jika anda memiliki waktu banyak dan mampu melakukan perjalanan untuk menuju air terjun, maka anda juga harus mendatangi air terjun yang satu ini.

Sekian informasi tentang Coban Talun ini, semoga dapat menambah referensi liburan anda. Jika anda kesini, jangan lupa untuk mengajak keluarga, pasangan, dan teman anda untuk menikmatinya juga ya! Semoga liburan anda menyenangkan, terima kasih!

Apakah Artikel ini Membantu Anda ?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment