by

10 Foto Kawasan Wisata Alam Curug Leuwi Hejo: Green Cayon di Kota Bogor

Curug Leuwi Hejo – Bogor merupakan kota wisata yang mempunyai banyak tempat-tempat indah terutama wisata alam. Terlebih lagi kota ini disebut sebagai kota seribu curug. Curug berasal dari kata sunda yang berarti air terjun. Salah satu curug yang banyak digemari wisatawan adalah Curug Leuwi Hejo. Sehingga menarik untuk kami untuk membahasa mengenai Curug Leuwi Hejo, sebagai referensi anda yang ingin berlibur di Kota Bogor.

Baca juga : 10 Foto Tempat Wisata Farm House Susu Lembang yang Menyenangkan

Kawasan Wisata Alam Curug Leuwi Hejo Green Cayon di Kota Bogor
Kawasan Wisata Alam Curug Leuwi Hejo Green Cayon di Kota Bogor

Rute dan Lokasi Alam Curuh Leuwi Hejo

Curug Luewi Hejo merupakan salah satu destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yaitu air terjun. Lokasi curug ini berada di desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Jika anda datang ketempat ini menggunakan roda empat, dari pintu keluar Tol Sentul anda dapat mengambil arah ke kawasan Junglelend. Waktu yang akan anda tempuh sekitar 4 jam perjalanan jika dari Jakarta.

Rute dan Lokasi Alam Curuh Leuwi Hejo
Rute dan Lokasi Alam Curuh Leuwi Hejo

Setelah keluar dari Sentul anda harus melanjutkan perjalanan menuju ke Desa Cibadak. Jika menuju desa tersebut anda hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun sepeda motor. Sedangkan utuk kendaraan umum seperti bus tidak bisa menjangkau lokasi ini dikarenakan akses jalan kecil dan terdapat beberapa tanjakan maupun turunan yang terbilang ekstrim. Sehingga kendaraan besar tidak bisa melewatinya karena sangat beresiko.

Sesampai di lokasi anda harus memarkir kendaraan anda di tempat yang telah disediakan. Setelah memarkir kendaraan, anda harus berjalan melewati jalan setapak selama sekitar setengah jam untuk mencapai ke lokasi Curug Leuwi Hejo. Anda harus berhati-hati sepanjang perjalanan, terutama ketika sehabis hujan, karena medan yang akan anda tempuh berupa jalan setapak yang terbuat dari tanah dan beberapa anak tangga yang terbuat dari bebatuan. Sehingga apabila terjadi hujan, medan yang anda tempuh akan sangat licin.

Jam Buka Curug Leuwi Hejo

Jam Buka dan Harga Tiket Curug Leuwi Hajo
Jam Buka Curug Leuwi Hajo

Pastikan anda berangkat pagi agar dapat menikmati semua curug yang ada di sana, karena jam buka curug yang ada di sana sekitar pukul 06.00 dan tutup pada pukul 17.30.

Harga Tiket Curug Leuwi Hejo

Harga Tiket Curug Leuwi Hajo
Harga Tiket Curug Leuwi Hajo

Sedangkan untuk tiket masuknya anda akan di kenakan biaya sekitar Rp 15.000 di setiap memasuki curug. Selain biaya tiket masuk anda juga akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000.

Beberapa Destinasi di Kawasan Curug Leuwi Hejo

Beberapa Destinasi di Kawasan Curug Leuwi Hejo
Beberapa Destinasi di Kawasan Curug Leuwi Hejo

Selain Curug Leuwi Hejo terdapat beberapa curug lainnya yang berada di kawasan wisata alam Curug Leuwi Hejo. Sehingga anda dapat menikmati beberapa curug dalam waktu satu hari. Terdapat lima curug yang ada di sana, di antaranya adalah Curug Leuwi Hejo, Curug Leuwi Lieuk, Curug Leuwi Ciung, Curug Leuwi Cepat dan Curug Baliung. Untuk keindahan alam di setiap curug akan kami ulas di bawah ini :

Curug Leuwi Hejo
Curug Leuwi Hejo
Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo merupakan salah satu curug yang terkenal di Bogor karena keindahannya, sehingga tidak heran jika banyak diminati wisatawan. Yang menjadi daya tarik di curug ini adalah keindahan air terjunnya, bahkan curug ini dijuluki sebagai “green canyon” Kota Bogor. Hal tersebut dikarenakan air terjun Leuwi Hejo mempunyai kolam bewarna hijau yang menambah keindahannya.

Kolam air yang bewarna hijau tersebut mempunyai aliran air yang jernih dan segar. Anda dapat menikmati keindahan alam di air terjun ini dengan berenang di kolam tersebut. Namun, anda harus berhati-hati karena dasar kolam dari curug tersebut mempunyai berbatuan yang sangat licin. Sehingga untuk anda yang tidak bisa berenang tidak dianjurkan untuk berenang, untuk menghidari hal yang tidak diinginkan. Karena kolam di bawah air terjun Leuwi Hijau lumayan dalam yaitu sekitar 1.5 meter.

Curug Leuwi Lieuk
Curug Leuwi Lieuk
Curug Leuwi Lieuk

Selanjutnya tempat yang bisa anda kunjungi di kawasan wisata alam Curug Leuwi Hejo adalah Curug Leuwi Lieuk. Air terjun ini tidak kalah dengan Leuwi Hijau, keindahan air terjun serta kolam air yang jernih dapat anda lihat di sini. Hanya saja air terjun Leuwi Lieak lebih jauh dari Leuwi Hejo, medan yang ditempuh lebih sulit.

Namun, semua itu akan terbayarkan dengan keindahan alam yang ada. Di tempat ini anda dapat berenang untuk menikmati keindahan alamnya. Selain itu jika anda merupakan orang yang suka dengan adrenalin, di tempat ini disediakan tali di antara tebing untuk anda yang ingin menikmati slackline lalu lompat ke dalam kolam air alami yang ada di Curug Leuwi Lieuk.

Curug Leuwi Ciung
Curug Leuwi Ciung
Curug Leuwi Ciung

Kawasan wisata alam Curug Leuwi Hejo memang terkenal dengan kawasan beberapa air terjun yang jernih-jernih. Selain kedua air terjun yang telah kami ulas di atas selanjutnya adalah Curug Leuwi Ciung. Sama dengan curug lainnya bahwa curug ini mempunyai keindahan alam yang masih terjaga, terlihat dari jernihnya air yang ada di kolam alami air terjun Leuwi Ciung.

Namun, meskipun menawarkan keindahan air terjun serta jernihnya air yang sama dengan beberapa curug lainnya. Pastinya anda akan menikmati situasi yang berbeda di setiap air terjun yang ada di kawasan wisata Leuwi Hejo. Anda dapat berenang Bersama teman-teman anda sembari berfoto untuk mengabadikan keidahan alam yang ada.

Curug Leuwi Cepat
Curug Leuwi Cepat
Curug Leuwi Cepat

Curug Leuwi Cepat biasanya menjadi tempat persinggahan atau istirahat saat akan menuju ke Curug Leuwi Lieuk. Karena untuk menuju Curug Leuwi Lieuk anda harus menyusuri Leuwi Cepat terlebih dahulu. Sehingga anda dapat menikmati dua curug sekaligus ketika ingin ke Leuwi Lieuk. Untuk trekking kearah Leuwi Cepat anda harus berhati-hati karena anda akan melewati jalan tanah liat yang licin dan menanjak.

Kedalaman air di Curug Leuwi Cepat sekitar sepinggang orang dewasa sampai 2 meter. Jadi untuk anda yang tidak bisa berenang harus berhati-hati karena selain kedalaman air cukup dalam, aliran airnyapun terbilang cukup deras. Aliran sungai yang bewarna hijau akan menambah ke indahan di Leuwi Cepat. Sama dengan Leuwi Lieuk, di Leuwi Cepat anda juga bisa melakukan aktivitas lompat tebing.

Curug Baliung
Curug Baliung
Curug Baliung

Yang terakhir adalah Curug Baliung, curug ini merupakan curug yang paling dalam di bandingkan dengan curug lainnya. Sehingga anda yang tidak bisa berenang tidak kami sarankan untuk berenang di curug ini. Namun, air terjun ini masih terbilang sepi sehingga keindahan alamnya masih sangat terjaga. Maka jika anda tidak bisa berenang anda cukup menikmati keindahan alam sekitar yang masih alami di Curug Baliung.

Terdapat pula batu-batuan besar yang dapat anda gunakan sebagai spot foto yang menarik untuk anda. Air terjun yang ada di Curug Baliung hanya sekitar 3 meter, namun lubuk atau kolam alaminya begitu luas dengan kedalaman 5 meter saat debit air normal. Berbeda dengan curug lainnya yang kedalamannya tidak lebih dari 3 meter. Oleh karena itu anda yang ingin berenang di sini kami sarankan tidak sendiri, agar terdapat orang yang mengawasi saat terjadi sesuatu yang tidak di inginkan.

Itulah lima curug yang ada di kawasan wisata alam Curug Leuwi Hejo, sehingga jika anda ingin berkunjung di kawasan ini anda dapat berkunjung ke lima tempat sekaligus.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment