Jawa Barat Travel

10 Bukti Cantiknya Curug Luhur di Bawah Kaki Gunung Salak

Curug Luhur – Bogor adalah sebuah tempat di dataran tinggi yang selalu menjadi pujaan para pengunjungnya. Bagaimana tidak ? pengunjung tidak hanya disajikan suasana dingin tetapi juga disediakan tempat wisata dan penginapan yang memanjakan diri. Bogor, selalu menjadi tempat pilihan setiap orang yang ingin berlibur. Walaupun sering kali macet, tetapi tak menyurutkan niat pengunjung untuk mendatangi kawasan wisata yang ada di Bogor.

Baca juga : 10 Keindahan Tempat Wisata Curug Cilember

Bukti Keeksotisan Curug Luhur di Bawah Kaki Gunung Salak

Bukti Keeksotisan Curug Luhur di Bawah Kaki Gunung Salak

Pengunjung bisa memilih ingin menikmati wisata yang seperti apa. Flora, fauna, atau wisata air.Sangat banyak sekali pilihan tempat wisata di Bogor. Salah satunya yaitu Curug Luhur, wisata alam dan air di bawah kaki Gunung Salak yang bisa anda nikmati. Lalu dimana lokasi dan rute menuju ke wisata ?

Lokasi dan Rute Menuju Kawasan Wisata

Lokasi dan Rute Menuju Kawasan Wisata

Lokasi dan Rute Menuju Kawasan Wisata

Curug Luhur berlokasi di Desa Ciapus, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Bogor. Jika anda dari arah Bogor, anda harus melaju menuju Bogor Trade Mall (BTM). Kemudian ambil arah menuju Ciapus. Gunakan aplikasi google maps karena lokasi wisata tak susah untuk ditemukan.

Jika dari arah alternatif  lain, anda bisa melalukan perjalanan menuju BTM ke Ciapus kemudian ambil arah ke Leuwiliang lalu ke Tenjoloya. Setelah itu ikuti papan penunjuk jalan menuju arah curug luhur.

Jika anda dari arah Jakarta, perjalanan memang cukup panjang untuk menuju Curug Luhur yaitu sekitar 72 km. Anda harus mengatur perjalanan menuju ke Kebun Raya yang tembus ke Cikaret. Ikuti petunjuk jalan menuju ke Ciapus. Lalu, anda akan melewati perkampungan dan akan sampai ke tujuan.

Sekedar informasi, lebih baik anda menggunakan kendaraan roda dua agar perjalanan anda bisa lebih cepat. Daripada anda menggunakan mobil pribadi atau transportasi umum karena bisa jadi perjalanan akan lebih lambat.

Sejarah Wisata Curug Luhur

Sejarah Wisata Curug Luhur

Sejarah Wisata Curug Luhur

Curug adalah air terjun dan luhur artinya tinggi. Jadi sesuai namanya Curug Luhur artinya adalah air terjun yang tinggi. Sesuai namanya memang curug ini terhitung cukup tinggi yaitu sekitar 62 meter. Pada awalnya, curug ini untuk pengairan irigasi sawah para penduduk sekitar. Hal ini dibuktikan tidak jauh dari lokasi curug terdapat bendungan untuk mengatur debit air yang dialirkan ke sawah para penduduk.

Baca Juga :  Paket Wisata Lombok Backpacker di Bawah 200 Ribu

Selanjutnya, kawasan wisata ini diatur untuk  tempat wisata dengan kondisi yang asri karena dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Seiring berjalannya waktu, tempat ini mengalami pemugaran dengan menambah beberapa wahana wisata kolam renang baik untuk anak-anak maupun untuk orang dewasa.

Tentunya hal tersebut memunculkan respon yang berbeda dari masyarakat. Ada yang merasa senang karena fasilitasnya semakin lengkap dan memadai. Ada yang merasa tidak senang karena pohon dan tebing tergantikan oleh wahana yang ada.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Curug Luhur

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Curug Luhur

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Curug Luhur

Untuk  tiket masuk ke kawasan wisata anda harus membayar sekitar Rp.40.000, untuk parkir motor Rp.2.000 dan parkir mobil yaitu Rp. 8.000. Ada  beberapa masyarakat yang bilang bahwa harga tiket masuk kawasan wisata terhitung cukup mahal. Namun ada juga masyarakat yang menilai tidak mahal.

Sedangkan untuk jam buka, kawasan wisata ini dibuka pada pukul jam 07.00 dan ditutup pada sore hari sekitar pukul 17.00. Lebih baik anda berkunjung ke Curug Luhur pada pagi hingga siang hari. Karena pada jam-jam tersebut pengunjung masih sepi. Tidak seramai sore hari.

Berwisata ke Curug Luhur menjadi alternatif yang tepat bagi anda. Mengapa demikian ? karena keindahan dan kesegaran air yang disajikan bisa mengobati stress yang anda alami, baik karena pekerjaan, keluarga atau yang lainnya.  Jadi, apakah anda tertarik mengunjungi kawasan wisata ini ?

Pemandangan dan Fasilitas yang Bisa Dinikmati di Kawasan Wisata

Pemandangan dan Fasilitas yang Bisa Dinikmati di Kawasan Wisata

Pemandangan dan Fasilitas yang Bisa Dinikmati di Kawasan Wisata

Untuk mendapatkan sesuatu yang indah pasti membutuhkan perjuangan. Sama halnya dengan menuju tempat wisata. Agar sampai ke lokasi wisata, anda harus melewati jalan dengan bebatuan yang licin. Tetapi perjuangan anda akan terbayar ketika sudah sampai di Curug Luhur. Berikut adalah pemandangan dan fasilitas yang bisa anda nikmati :

1. Air Terjun Kembaran Curug Luhur
Air Terjun Kembaran Curug Luhur

Air Terjun Kembaran Curug Luhur

Bagi anda yang pernah ke tempat ini pasti menemukan sebuah aliran mirip air terjun. Orang-orang sering menyebutnya air terjun kembaran Curug Luhur. Tetapi sebenarnya bukan air terjun alami melainkan air terjun buatan untuk mengalirkan air ke kolam.

Baca Juga :  10 Keindahan Wisata Alam Ranca Upas Bandung yang Mengedukasi

Walaupun begitu, justru ini yang menjadi keunikan tersendiri dari Curug Luhur yang tidak dimiliki oleh wisata air terjun lainnya. Bagaimana apakah anda tertarik untuk berlibur ke sini?

2. Hamparan Sawah, Segarnya Air dan Bukit
Hamparan Sawah, Segarnya Air dan Bukit

Hamparan Sawah, Segarnya Air dan Bukit

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, awalnya memang air di Curug ini digunakan hanya untuk irigasi persawahan warga.Jadi jangan heran ketika berkunjung ke sini, anda akan menikmati pemandangan hamparan sawah yang indah dan hijau.

Selain itu, juga ada aliran sungai yang jernih. Perlu anda ketahui bahwa air yang dihasilkan curug tidak berubah warna walaupun pada saat musim hujan. Tidak seperti air terjun pada umumnya yang jika musim hujan datang maka airnya akan berwarna coklat.

3. Kolam Renang Untuk Anak-Anak dan Dewasa
Kolam Renang Untuk Anak-Anak dan Dewasa

Kolam Renang Untuk Anak-Anak dan Dewasa

Pengelola wisata Curug Luhur juga menyediakan kolam renang. Kolam renang dibagi menjadi dua yaitu kolam renang untuk anak-anak dan kolam renang untuk orang dewasa.

Kolam renang didesain agar memberikan kesenangan bagi pengunjungnya. Untuk anak-anak disediakan perosotan untuk bermain. Sedangkan kolam renang untuk orang dewasa disediakan dengan kedalaman kurang lebih 7 meter yang sebelum direnovasi kedalaman kolam renangnya sekitar 15 meter.

4. Tempat Ibadah dan Warung Makan
Tempat Ibadah dan Warung Makan

Tempat Ibadah dan Warung Makan

Wisata ini sangat cocok untuk semua golongan. Baik yang masih berpacaran atau yang sudah berkeluarga. Bagi anda yang ingin menikmati makanan dengan view romantis dan indah,anda bisa memilih restoran di sebelah kanan Curug Luhur.

Dari restoran dua lantai ini anda bisa menikmati indahnya pepohonan, air terjun sambil menyantap makanan lezat yang dihidangkan. Anda juga tidak perluk khawatir akan tempat sholat dan tempat untuk buang air kecil karena semua fasilitas tersebut sudah ada di kawasan wisata Curug Luhur.

5. Pemandangan Dua Sisi Air Terjun
Pemandangan Dua Sisi Air Terjun

Pemandangan Dua Sisi Air Terjun

Air terjun pada umumnya hanya menyediakan pemandangan dari bawah saja. Hal ini tentu berbeda dengan Curug ini yang bisa menyajikan pemandangan tidak hanya dari bawah saja tetapi juga dari atas Curug.

Tetapi, tidak setiap waktu anda bisa menikmati pemandangan dari atas air terjun. Hanya pada bulan-bulan tertentu saja yaitu sekitar bulan Juni-Agustus. Karena pada bulan ini, jalanan tidak terlalu licin dan aman untuk menuju atas air terjun.

Demikian informasi tentang Curug Luhur Bogor. Tetaplah menjaga keselamatan  anda dan keluarga dengan berhati-hati jika berada di kawasan wisata. Selamat berkunjung dan selamat menikmati liburan.

User Review
( votes)

Add Comment

Leave a Comment