Jawa Barat Travel

10 Foto Terbaru Pesona Curug Maribaya yang Segar dan Sejuk

Curug Maribaya – Apakah anda sedang berencana liburan mengunjungi kota Bandung? Ada satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi, yaitu kawasan Wisata Maribaya Lembang. Di sana terdapat wisata Air terjun Maribaya atau lebih dikenal dengan Curug Maribaya. Curug Maribaya berlokasi di Taman Hutan Raya Djuanda, Lembang. Wisata yang ada di curug Maribaya ialah wisata alam dengan pemandangan yang indah. Hutan alam yang masih asri disertai cuaca yang dingin menjadi salah satu keunggulan kawasan wisata curug Maribaya.

Baca juga : Ini Dia 10 Foto Indahnya Little Venice Bogor yang Seru dan Menyenangkan

Pesona Curug Maribaya yang Segar dan Sejuk

Pesona Curug Maribaya yang Segar dan Sejuk

Curug Maribaya hanya berjarak sekitar kurang lebih 15 kilometer dari arah pusat kota Bandung. Atau Anda membutuhkan waktu berkendara kurang dari 1 jam. Lokasinya juga sangat dekat dengan tempat wisata di Lembang terkenal lainnya seperti wisata alam The Lodge Maribaya dan wisata ala cowboy De’ Ranch.

Di sana, objek utama wisatanya tidak hanya wisata air terjun. Para pengunjung dapat menikmati wisata lain seperti pemandian air panas dan permainan anak-anak. Selain itu, pengunjung juga dapat berkeliling di area Taman Hutan Raya sambil menikmati indahnya pemandangan alam.

Legenda dan Sejarah Curug Maribaya

Legenda dan Sejarah Curug Maribaya

Legenda dan Sejarah Curug Maribaya

Sebelum mengulas daya tarik wisata Curug Maribaya, rasanya belum afdol jika Anda tidak mengetahui seputar legenda tempat ini.

Konon, asal usul Maribaya sendiri berasal dari nama seorang perempuan yang sangat cantik. Kecantikannya menjadi sumber rebutan para lelaki. Karena terpesona oleh wajah cantik Maribaya, sering terjadi keributan yang melibatkan banyak pemuda di kampung tempat tinggal gadis itu.

Maribaya sendiri ialah seorang gadis yang berasal dari keluarga yang hidupnya pas – pasan. Ayah Maribaya bernama Eyang Raksa Dinata. Karena khawatir sesuatu kejadian buruk akan menimpa anak gadisnya yang ramai diperebutkan, maka pergilah Eyang Raksa Dinata untuk bersemedi di hutan.

Tujuannya ialah untuk meminta petunjuk dan keberkahan bagi hidup keluarganya kepada sang hyang widi, sehingga dapat hidup berkecukupan. Dan usahanya tersebut tidak sia – sia. Kemudian ia mendapat petunjuk untuk kembali ke kampung dan mengelola sebuah pemandian air panas di sana.

Sejak mulai dikembangkan pada tahun 1835 oleh Eyang Raksa Dinata, tempat ini berhasil mengubah kehidupan Maribaya yang semula miskin menjadi berkecukupan. Banyak orang yang datang berkunjung ke tempat tersebut. Mereka tidak hanya datang untuk berekreasi menghirup udara segar alam pegunungan, tetapi juga untuk berobat dengan berendam di air hangat.

Baca Juga :  10 Pesona Hutan Mangrove Jakarta dan Beragam Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Eyang Raksa Dinata yang sebenarnya hanya ingin menghindari pertumpahan darah di kampungnya, tetapi malah mendapat berkah kekayaan setelah mengelola sumber air panas mineral yang dapat dipergunakan untuk pengobatan itu.

Keluarga Maribaya memperoleh penghasilan dari para pengunjung yang banyak datang ke tempat wisata tersebut.

Harga Tiket Dan Jam Operasional Curug Maribaya

Harga Tiket Dan Jam Operasional Curug Maribaya

Harga Tiket Dan Jam Operasional Curug Maribaya

Untuk dapat memasuki kawasan wisata curug Maribaya Hot Spring, para pengunjung akan dikenakan biaya tiket. Biaya tiket masuk dibedakan berdasarkan hari kunjungan. Biaya tiket di hari biasa atau weekday akan lebih murah dibandingkan dengan biaya tiket di akhir pecan atau weekend.

Harga Tiket

Hari Biasa / Weekday       : Rp 25.000

Akhir Pekan / Weekend   : Rp 35.000

Jam Operasional

Jam Buka                            : 08.00 – 18.00 WIB setiap hari

Keindahan Air Terjun Curug Maribaya

Keindahan Air Terjun Curug Maribaya

Keindahan Air Terjun Curug Maribaya

Kawasan Maribaya dilalui oleh dua aliran sungai yaitu Sungai Cigulung dan Sungai Cikawari. Ada tiga air terjun atau curug di sekitarnya. Yaitu Curug Cikawari, Curug Cigulung, dan Curug Cikoleang. Para pengunjung dapat turun dan berenang di lokasi Curug Cikawari, sedangkan pada dua lokasi lainnya tidak diperbolehkan untuk berenang.

Curug Maribaya memiliki ketinggian air tejun kurang lebih 15 meter. Sumber air Curug Maribaya berasal dari Sungai Cigulung serta Sungai Cikawari. Air Curug Maribaya akan terlihat sangat jernih ketika anda melihatnya di saat berkunjung pada musim kemarau. Hempasan air dari ketinggian 15 meter menuju ke arah bawah menghasilkan buih putih di kolam di bawahnya, dan menciptakan butiran air yang lembut terbawa angin.

Pada saat musin penghujan, karena sumber mata airnya berasal dari dua aliran sungai di atas, akan berwarna sedikit keruh kecokelatan. Tetapi pemandangan alam di sekitar Curug Maribaya ini sangat hijau dan asri, serta udara di kawasan ini cukup sejuk.

Dari ketiga curug tersebut, biasanya di lokasi Curug Cikawari adalah lokasi favorit pengunjung untuk bermain air. Hal ini karena dasar air curug tersebut cukup dangkal sehingga sangat aman sebagai lokasi bermain air di sekitarnya.

Air Terjun Maribaya
Air Terjun Maribaya

Air Terjun Maribaya

Terdapat kolam tempat penampungan air terjun yang dapat dinikmati oleh para pengunjung.  Di sini, Anda dapat merasakan kesegaran air terjun Maribaya. Bila ingin menuju Curug Omas yang lokasinya masih berada di kawasan Hutan Raya Djuanda, Anda dapat berjalan kaki menuju ke lokasi.

Trekking Taman Hutan Raya Djuanda
Trekking Taman Hutan Raya Djuanda

Trekking Taman Hutan Raya Djuanda

Para pengunjung dapat mengelilingi kawasan Maribaya dengan berjalan kaki. Pemandangan di sekitar yang asri dan dikelilingi pepohonan sangat indah, menyegarkan, dan menenangkan.

Baca Juga :  Keunikan Merci Barn yang Bernuansa Eropa dengan Spot Foto Uniknya

Berjalan berkeliling sekitar untuk menikmati suasana yang alam dan udara yang sejuk dapat menghilangkan keletihan dan kepenatan dari aktifitas sehari – hari. Sambil mengelilingi taman, Anda dapat menemukan objek wisata lain seperti Gua Jepang dan Gua Belanda.

Air Panas Maribaya – Natural Hot Spring
Air Panas Maribaya – Natural Hot Spring

Air Panas Maribaya – Natural Hot Spring

Di kawasan Curug Maribaya ini juga terdapat pemandian air panas. Anda dapat menikmati hangatnya berendam di kolam air panas. Kolam air panas alami ini mengandung belerang sehingga dapat digunakan sebagai pengobatan. Berbagai jenis kolam tersedia sesuai kebutuhan para pengunjung mulai dari Deluxe Pool, VIP Pool, Foot Spa, dan kamar berendam privat.

Children Playground
Children Playground

Children Playground

Bagi Anda yang membawa serta keluarga dapat bermain di wahana playground atau taman bermain anak. Anak – anak berusia 3 tahun sampai dengan 7 tahun dapat bermain di arena taman bermain anak ini. Di sini, terdapat berbagai permainan anak yang menyenangkan seperti papan seluncur, jungkat jungkit, dan ayunan.

Di samping area children playground, terdapat kandang kelinci. Di sini, anak – anak dapat memberi makan pada kelinci. Selain itu juga tidak ketinggalan untuk berfoto di rumah kayu kurcaci ala “Hobbit”.

Sky Bridge Tapak Halimun
Sky Bridge Tapak Halimun

Sky Bridge Tapak Halimun

Trekking di Sky Bridge juga merupakan salah satu aktifitas yang dapat Anda dilakukan. Pemandangan kawasan hutan Maribaya dapat dilihat lebih jelas dari atas Sky Bridge Tapak Halimun. Sky Bridge Tapak Halimun ialah jembatan kayu yang terletak di kawasan wisata Maribaya. Spot wahana di sini merupakan salah satu favorit dari para pengunjung yang datang ke kawasan wisata Maribaya. Anda dapat berfoto dan mengabadikan momen indah bersama keluarga di Sky Bridge ini.

Amphi teather Bale Pinton
Amphi teather Bale Pinton

Amphi teather Bale Pinton

Area amphi theater Bale Pinton dapat dipilih oleh rombongan keluarga besar ataupun gathering kantor. Di sini, terdapat lokasi yang luas untuk melaksanakan acara dan kegiatan gathering. Selain itu, Anda juga dapat menyewa lokasi ini untuk acara pernikahan. Bangunan di Bale Pinton memiliki desain tradisional dan terbuat dari kayu.

Fasilitas yang Ada di Curug Maribaya

Untuk menambah kenyamanan para pengunjung, tersedia berbagai fasilitas di Curug Maribaya Lembang. Fasilitas umum yang ada seperti area parkir yang luas, toilet, kamar bilas, dan mushola.

Terdapat juga kursi – kursi kayu di sekitar wilayah Maribaya untuk para pengunjung dapat beristirahat. Setelah berkeliling, Anda dapat menikmati makanan dengan beragam pilihan menu di Twig Café, Food Court Langlang Buanam, atau Maribaya Barbeque Riverside.

Alamat Dan Lokasi Curug Maribaya

Alamat lengkap Curug Maribaya berada di Jl. Raya Maribaya, Langensari, Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, 40391.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera agendakan liburanmu di tempat wisata curug Maribaya. Selamat berlibur dan semoga liburan Anda menyenangkan. Terimakasih.

User Review
( votes)

Add Comment

Leave a Comment