Rumah

Denah Rumah Minimalis: Penuhi Kebutuhan Ruangmu!

Memimpikan rumah impian? Wajar-wajar saja. Dan semua orang juga pasti pernah melakukannya. Namun, jika terus bermimpi, tanpa diiringi langkah pasti, juga tidak akan terwujud. Nah, alangkah baiknya kita memulai untuk merencanakan rumah idaman. Dimulai dari denah rumah minimalis dulu juga tidak apa-apa.

Memperbanyak referensi dan wawasan tentang denah rumah minimalis justru akan membantu kita untuk menentukan rumah yang tepat dengan kebutuhan kita. Bukan hanya berhasil dibangun, tetapi juga berhasil membuat kita nyaman di dalamnya. Sebab kenyamanan adalah hal terpenting ketika kita ingin membangun rumah.

Nah, kira-kira apa saja referensi denah rumah minimalis yang bisa kamu contoh? Atau, sekadar untuk mencari inspirasi? Karena tidak setiap denah memiliki ukuran yang sama dengan kondisi tanah milikmu. Yuk, langsung simak saja sederet ulasan tentang denah rumah sederhana dan minimalis berikut ini.

Denah Rumah Minimalis Sederhana

Denah Rumah Minimalis Sederhana

Kita mulai dari denah rumah sederhana. Kata “sederhana” berarti tidak terlalu kompleks. Alias simpel. Mudah dijangkau dan dipahami bagi semua orang. Sederhana apabila dikaitkan dengan rumah, maka sederhana bisa dibilang sebagai gaya atau tipe yang akan dibangun.

Tipe ini merupakan tipe yang tidak membutuhkan banyak ornamen atau partisi kompleks. Furniture yang digunakan juga tidak terlalu banyak. Denah rumah sederhana memberikan keleluasaan dalam memilih ruang tanpa harus bergantung pada furniture yang bersifat tersier atau sebagai hiasan saja.

Denah Rumah Minimalis Modern

Denah Rumah Minimalis Modern

Kebalikannya dari gaya sederhana, denah rumah modern juga banyak peminatnya. Khusus bagi mereka yang punya budget luar biasa. Sebab untuk membangun rumah modern, kita juga butuh biaya yang cukup besar. Rumah modern membutuhkan banyak sekali ornamen yang harganya tidak murah.

Rumah modern memiliki gaya yang trendi dan bisa dibilang berbeda dari rumah-rumah pada umumnya. Mulai dari jenis atap yang dipakai, susunan ruang, penggunaan material, penggunaan partisi, furniture, instalasi, banyak sekali perbedaan harganya. Rumah modern biasanya terdiri dari banyak ruang.

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur

Denah Rumah Minimalis 2 Kamar Tidur

Setelah kita membahas tentang tipe rumah minimalis, kini saatnya kita membicarakan soal ruang. Ruang yang tidak pernah luput dari pembahasan kita ketika membangun rumah adalah kamar tidurnya. Yang paling penting ialah jumlah kamar tidur dan luas yang dimiliki, berapa x berapa meter persegi.

Baca Juga :  Rumah Minimalis 1 Lantai: Leluasa di Lahan Terbatas

Luas kamar tidur yang ideal adalah 3×3 meter dengan penambahan furniture almari, tempat tidur dan meja kerja. Jumlah kamar tidur untuk keluarga muda biasanya cukup 2 kamar tidur saja. Jumlah ini cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga yang biasanya terdiri dari orang tua dan anak-anaknya.

Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur

Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur

Rumah minimalis dengan 3 kamar tidur dirasa lebih leluasa bagi penghuni rumah. Anak-anak bisa punya kamar sendiri sehingga bisa belajar untuk mandiri dan tidak bergantung pada orangtuanya. Kamar tidur ini tidak perlu dipaksakan berluaskan 3×3 meter persegi atau bahkan kamar mandi dalam.

Cukup dengan trik-trik penataan ruang, sebenarnya kamar tidur juga bisa dibangun dengan luas cukup 3×2,5 meter saja. Namun jika memiliki luas yang lebih, lebih luas lebih baik. Dengan syarat semua luas dimaksimalkan untuk aktivitas dalam ruang. Misal kamar tidur, ya diisi furniture semaksimal mungkin.

Denah Rumah Minimalis 4 Kamar Tidur

Denah Rumah Minimalis 4 Kamar Tidur

Dengan jumlah kamar tidur yang lebih banyak, kebutuhan keluarga semakin tercukupi dengan baik. Sebab ruang privasi berupa kamar tidur menjadi ruang yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Bahkan menjadi prioritas utama dalam membangun rumah impian.

Nah, denah rumah minimalis 4 kamar tidur bisa menjadi solusi buatmu yang punya budget berlebih. Kategori rumah dengan 4 kamar tidur sudah bisa dikatakan sebagai rumah mewah. Rumah dengan ruang yang cukup banyak, kompatibel, dan biasanya memiliki luas yang lebih besar. Cocok untuk rumah idaman di masa depan.

Denah Rumah Minimalis 1 Lantai

Denah Rumah Minimalis 1 Lantai

Referensi denah rumah minimalis 1 lantai pun cukup banyak diminati. Terlebih dengan banyaknya model rumah dengan 1 lantai yang bertebaran di internet. Membuat calon pemilik rumah memiliki puluhan bahkan ratusan referensi desain rumah dengan 1 lantai yang terdiri atas beberapa ruang di dalamnya.

Rumah minimalis 1 lantai biasanya memiliki beberapa type. Misalkan type 36, 45, 60 hingga 90. Masing-masing tipe memiliki kelebihan dan kekurangannya. Tinggal kita sesuaikan dengan jumlah anggaran yang kita punya, serta berapa ruang yang kita butuhkan, serta berapa luas yang kita punya pula.

Denah Rumah Minimalis 2 Lantai

Denah Rumah Minimalis 2 Lantai

Solusi untuk membangun rumah minimalis apabila luas lahannya sempit, bisa menggunakan konstruksi rumah 2 lantai alias bertingkat. Konstruksi rumah yang cukup aman apabila dibangun di Indonesia. Denah rumah minimalis yang bisa dibuat pun beragam dengan pilihan ruang yang lebih banyak.

Baca Juga :  Tips Memilih Material Bahan Bangunan Rumah Agar Hemat Tapi Eksklusif

Biasanya jika ingin membangun rumah 2 lantai, beberapa ruang yang bisa didapat antara lain 3 kamar tidur, 1 ruang tamu, 1 ruang keluarga, 2 kamar mandi, dapur, ruang makan, garasi, carport, teras depan dan belakang, serta taman depan dan belakang yang lebih luas. Cukup banyak pilihan untuk rumah 2 lantai ini.

Denah Rumah Minimalis Ukuran 6×12

Denah Rumah Minimalis Ukuran 6x12

Luas rumah yang cukup populer dan banyak dicari di internet. Ukuran 6 x 12 meter dengan ruang yang beragam. Biasanya, apabila ingin ruang terbuka lebih banyak, denah rumah minimalis yang bisa dibuat terdiri atas 2 kamar tidur. Namun jika ingin kamar lebih banyak, masih bisa, dengan catatan taman belakang dikurangi.

Saran kami, cukup gunakan opsi yang pertama. Yakni dengan menggunakan 2 kamar tidur. Opsi ini cukup aman karena ruang terbuka hijau lebih luas sehingga memberikan pencahayaan serta sirkulasi udara yang baik. Hal ini cukup membantu dalam hal kesehatan pemilik rumah untuk mendapatkan oksigen yang optimal.

Denah Rumah Minimalis Type 36

Denah Rumah Minimalis Type 36

Bagi keluarga muda yang baru menikah dan ingin segera punya rumah meski tidak luas, solusi yang bisa diambil adalah dengan membeli rumah type 36. Type 36 ini biasanya didirikan di luas tanah 70 m2. Dengan menyuguhkan ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga.

Ditambah pula 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dapur, dan ruang makan. Tidak lupa keberadaan car port dan taman yang tidak pernah luput diperbincangkan. Rumah type 36 biasanya sudah cukup lega untuk keluarga muda yang baru menikah. Nanti jika sudah berjalan 10-20 tahun, bisa melakukan renovasi ruang agar lebih banyak.

Nah, itu dia tadi sederet pembahasan menarik tentang denah rumah minimalis. Sebelum memutuskan untuk mendesain rumah, ada baiknya kita mencari referensi dan wawasan sebanyak dan seluas mungkin. Dengan bekal wawasan ini, diharapkan dapat memberi pencerahan untuk membangun rumah idaman.

Sampai di sini dulu pembahasan yang cukup panjang dan kaya informasi kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat mengejar mimpi membangun rumah impianmu!

User Review
( votes)

Add Comment

Leave a Comment