by

Denah Rumah Sederhana: Penataan Ruang yang Maksimal

Denah rumah sederhana sangatlah bermanfaat untuk memaksimalkan penataan ruang satu dengan yang lainnya. Penataan dari segi ukuran, tempat dan tata letaknya. Ditambah penataan untuk furniture yang akan dipasang. Hal ini tentu sangat membantu untuk mengorganisir ruang di dalam rumah.

Lahan yang terbatas juga bisa disiasti dengan denah rumah sederhana. Kita bisa pilih ruang mana yang akan dipasang, ruang mana yang sebaiknya ditahan dulu untuk tidak dibangun. Kita tinggal mengatur prioritas ruang sehingga bisa menempatkannya dengan mudah tanpa bingung mengubah ukuran.

Nah, untuk menambah referensi dan wawasan, berikut ini telah kami sediakan inspirasi denah rumah sederhana untukmu. Cek yuk!

Denah Rumah Sederhana 3 Kamar

Denah Rumah Sederhana 3 Kamar

Denah rumah dengan 3 kamar nampaknya memang populer di kalangan masyarakat modern. Kebutuhan ruang privasi yang satu ini memang sangat vital dan tidak boleh dilewatkan. Kamar menjadi tempat untuk istirahat sekaligus melakukan hal-hal pribadi seperti dandan, ganti baju, dan lain sebagainya.

Denah dengan 3 kamar sudah banyak sekali inspirasi yang bisa didapatkan. Mulai dari ukuran 7×12 meter hingga ukuran lain yang variatif. Kamar tidur ini perlu ditata dengan baik supaya dapat menjadi tempat istirahat yang nyaman. Pencahayaan sekaligus sirkulasi udara tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Denah Rumah Sederhana 2 Kamar

Denah Rumah Sederhana 2 Kamar

Untuk keluarga muda yang baru memiliki satu anak atau baru menikah, rumah dengan 2 kamar setidaknya sudah lebih dari cukup. Apabila anggota keluarga bertambah, kamar anak bisa diakali dengan membuat furniture tempat tidur bertingkat yang nantinya tetap aman dan bisa dihuni berdua.

Kamar tidur berjumlah 2 sangat populer untuk jenis rumah mungil dengan budget terbatas. Biasanya, kamar tidur ini dipisahkan oleh kamar mandi yang berada di tengah-tengah antara 2 kamar tidur. Dan, masing-masing kamar tidur mendapat pencahayaan dan sirkulasi udara dari jendela menghadap depan dan belakang.

Denah Rumah Sederhana 4 Kamar

Denah Rumah Sederhana 4 Kamar

Apabila keluarga sudah besar, dan tinggal bersama kakek nenek, maka kebutuhan kamar tidur juga akan bertambah. Jumlah 4 kamar tidur setidaknya sudah mencukupi, apabila nantinya juga ditambah dengan kamar tidur untuk IRT. Jumlah kamar tidur sebanyak 4 buah ini tergolong rumah yang luas.

Atau jika lahannya terbatas, jumlah 4 kamar tidur bisa diakali dengan membangun rumah 2 lantai. 2 kamar tidur ada di lantai 1, dan 2 kamar tidur lainnya ada di lantai 2. Penataan ruang yang pas menjadi kuncinya saat menentukan ruang mana yang akan diletakkan di depan, belakang, dan tengah.

Denah Rumah Sederhana 1 Lantai

Denah Rumah Sederhana 1 Lantai

Ada banyak alternatif untuk membangun rumah, salah satu yang paling digemari adalah rumah 1 lantai. Denah yang bisa dibangun sebenarnya sudah sangat variatif untuk tipe rumah yang umum. Dan tergantung pada lahan beserta kebutuhan juga. Rumah satu lantai memang sudah sangat nyaman untuk ditinggali.

Terlebih jika lahan terbuka hijau dapat tercukupi. Nuansa sejuk dan asri, ditambah asupan oksigen dan pencahayaan yang cukup dapat menambah rasa nyaman keluarga ketika berada di rumah. Rumah sederhana 1 lantai sangatlah membantumu untuk mewujudkan rumah tinggal yang nyaman dengan budget terbatas.

Denah Rumah Sederhana 2 Lantai

Denah Rumah Sederhana 2 Lantai

Apabila jumlah ruang yang dibutuhkan cukup banyak dan variatif, sedangkan lahan yang tersedia tidak luas, salah satu alternatifnya adalah dengan membangun rumah 2 lantai. Rumah 2 lantai sangatlah berguna untuk menghemat lahan dan mampu menambah ruang yang dibutuhkan oleh keluarga.

Mengingat sekarang harga tanah juga tidak murah, dan salah satu solusi yang bisa kamu ambil adalah dengan membangun rumah 2 lantai. Ada banyak sekali varian denah yang bisa diaplikasikan. Baru-baru ini juga muncul pamor rumah split level yang mampu menampung banyak ruang dalam rumah tinggal.

Denah Rumah Sederhana Beserta Interiornya

Denah Rumah Sederhana Beserta Interiornya

Denah model ini sudah termasuk detail interiornya. Denah seperti ini dinamakan model denah 3D. Dimana ketika kita menyimak ruang per ruang, kita bisa melihat penataan furniture yang pas untuk ukuran ruang tersebut. Biasanya dibuat menggunkan aplikasi Google SketchUp atau 3DsMax.

Denah rumah yang lengkap beserta interiornya membantu kita untuk memvisualisasikan bagaimana penataan furniture di rumah tersebut. Kita jadi bisa membayangkan bagaimana nantinya kursi dan meja di tempatkan di ruang tamu. Kulkas dan storage, serta kompor dan lainnya ditempatkan di dapur. Dan lainnya.

Denah Rumah Sederhana Beserta Ukurannya

Denah Rumah Sederhana Beserta Ukurannya

Ukuran sangat penting untuk membuat kita bisa mengira-ira bagaimana sebuah ruang bisa dibangun. Ukuran yang dicantumkan menggambarkan berapa luasan yang bakal kita tempati. Misal kita punya lahan 7×12 meter, bagaimana kira-kira kita bisa menempatkan ruang per ruang tanpa memaksakan.

Memaksakan di sini artinya memperkecil ukuran ruang supaya bisa muat banyak ruang. Namun masing-masing ruang tentu punya standar ukurannya masing-masing. Mentang-mentang kebutuhan kita banyak, bukan berarti kita harus memaksakan ukuran yang kecil untuk masing-masing ruang.

Denah Rumah Sederhana Beserta Tampak Depan

Denah Rumah Sederhana Beserta Tampak Depan

Denah rumah yang dilengkapi visualisasi tampak depan tentu akan membantu kita memahami bagaimana denah itu akan jadi ketika dibangun nanti. Tampak depan akan membantu memberi gambaran ketika rumah kita sudah berhasil dibangun. Arsitek akan membantu kita untuk visualisasi agar kita juga paham.

Sebab kadang kemampuan imajinasi setiap orang juga berbeda-beda. Tidak setiap orang mampu memvisualisasikan gambar denah. Karena itu, butuh visualisasi lagi agar bisa mengerti bagaimana bentuk rumah yang bisa dibangun di denah tersebut. Dengan begitu, kita jadi tau rumah yang bakal kita tempati nantinya.

Denah Rumah Sederhana Ada Mushola

Denah Rumah Sederhana Ada Mushola

Kebutuhan rohani, beibadah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa tentu sebuah hal wajib untuk setiap umat manusia. Karena itu, penting sekali untuk memberi ruang mushola bagi setiap muslim. Ibadah bisa dilakukan di rumah bagi perempuan. Sedangkan laki-laki bisa melakukan ibadahnya di masjid.

Ibadah-ibadah sholat sunnah juga dilakukan di rumah. Maka, opsi untuk memberikan ruang ibadah atau mushola dirasa sangat pas untuk keluarga muslim di Indonesia. Ketika kita memberikan fasilitas untuk kegiatan rohani, maka kita juga akan merasa nyaman dan tenang, bukan?

Denah Rumah Sederhana dengan Kolam Renang

Denah Rumah Sederhana dengan Kolam Renang

Apabila lahan yang dimiliki ternyata masih memiliki sisa lahan belakang yang luas, maka boleh sekali untuk dibikin kolam renang. Kolam renang yang disampingnya terdapat tumbuhan hijau, dan di seberang terpasan tanaman merambat. Kolam renang yang bersih dan sehat, bagus untuk olahraga di rumah.

Olahraga renang juga merupakan olahraga yang paling bagus dalam urusan membakar kalori. Cocok nih, buat kamu yang ingin melangsingkan tubuh atau memaksimalkan tubuh menjadi prima. Tidak perlu keluar rumah, kita bisa olahraga renang di halaman belakang. Sejuk, asri, dan tenang.

Nah, itulah tadi pembahasan kita mengenai denah rumah sederhana yang semoga saja bisa memberi inspirasi buatmu yang sedang mencari. Referensi sangat berguna untukmu menambah wawasan soal rumah idaman. Supaya, nantinya kamu bisa mewujudkan suasana rumah yang nyaman dan sesuai kepribadian.

Nilai Kualitas Konten

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *