by

Desain Rumah Modern: Minimalis, Tropis, dan Klasik Jadi Satu!

Desain rumah modern bisa kita dapat dengan mencari inspirasi di majalah rumah, atau internet. Banyak arsitek yang sekarang ini sudah mau terang-terangan menjadikan portfolio sebagai penarik klien sebelum memesan jasanya. Arsitek sekarang lebih fokus ke rumah modern.

Bukan hanya arsitek, tetapi desain rumah modern juga merupakan permintaan dari klien yang tentunya memegang kendali dalam membangun rumah. Permintaan generasi milenial yang mengidamkan rumah modern, namun tetap terasa sejuk dan asri. Rumah ini membuat perbedaan di antara rumah-rumah lainnya.

Nah, kira-kira seperti apa ya, inspirasi desain rumah modern yang ada di masyarakat sekarang? Langsung simak aja yuk!

Desain Rumah Modern Minimalis

Desain Rumah Modern Minimalis

Gaya modern kembali naik pamor setelah gaya urban menyusul trennya. Urban yang terkenal dengan kesan minimalis, menyesuaikan gaya hidup serba monokrom. Gaya modern dinilai mampu mewakili nilai-nilai tersebut. Minimalis, namun mampu memberikan kepuasan tersendiri bagi si pemilik.

Modern minimalis menjadi paduan yang sangat pas untuk hunian masa depan. Rumah yang tidak terlalu banyak aksen, memiliki akses ruang yang unik dan sesuai dengan kepribadian pemilik, serta pemakaian material yang jarang dimiliki oleh rumah-rumah pada umumnya. Kesan modern akan kentara jika berpadu minimalis.

Desain Rumah Modern Sederhana

Desain Rumah Modern Sederhana

Modern tapi sederhana? Ada juga. Modern yang dipadukan dengan sederhana. Tidak banyak aksen dan tidak membutuhkan banyak material. Bahkan cat putih polos namun dengan padu padan yang pas, justru mampu membuat rumah menjadi terkesan modern. Meski material yang digunakan sederhana.

Contoh padu padan yang pas adalah kusen warna putih dengan cat tembok warna putih pula. Ditambah kaca transparan yang akan semakin mempercantik ruang. Kesan luas dan lapang akan tumbuh di rumah yang memiliki bukaan lebar, dan warnanya serba putih. Terlihat lebih segar dan rapi sesuai gaya monokrom.

Desain Rumah Modern Klasik

Desain Rumah Modern Klasik

Apabila ingin memadukan gaya modern dengan klasik, juga bisa. Rumah dengan padu padan ini biasanya mengarah ke arah rumah tropis. Rumah tropis yang memiliki paduan gaya modern namun juga ada aksen klasiknya. Rumah jenis ini biasanya ada pada rumah-rumah yang arsitekturnya bergaya Bali.

Banyak arsitek asal Bali yang memunculkan ide kreatif membuat rumah modern namun juga klasik. Dan keduanya dipadukan menjadi sebuah hunian tropis yang sangat memukau. Banyak arsitek yang berhasil memanjakan mata kita lewat karya rumah modern namun bergaya klasik ini. Kamu bisa lho memakai gaya ini.

Desain Rumah Modern Asri

Desain Rumah Modern Asri

Modern tapi asri? Bisa saja. Kuncinya ada di bukaan yang lebar dan halaman yang luas. Pengadaan lahan terbuka menjadi sangat penting untuk membuat rumah menjadi terasa sejuk dan asri. Tanpa lahan terbuka, sulit untuk menciptakan nuansa yang dingin, membuat suasana tidak panas, dan homie tentunya.

Memang bisa lewat menggunakan AC, namun jika dengan alami sudah bisa dan justru semakin sejuk, kenapa tidak? Merawat tanaman di dalam dan luar rumah juga menjadi kunci penting selanjutnya. Rumah dengan tanaman yang beragam akan membuatnya menjadi lebih sejuk, asri, dan tentunya terlihat segar.

Desain Rumah Modern 1 Lantai

Desain Rumah Modern 1 Lantai

Bisakah rumah modern diaplikasikan di satu lantai? Jawabnya tentu bisa. Konsep rumah modern bisa diaplikasikan di seluruh ukuran, termasuk rumah satu lantai. Konsep ini bisa dibuat sesuai dengan lahan yang ada. Bisa diakali. Dengan tentu saja sedikit perombakan pada ruang-ruang tertentu.

Rumah modern 1 lantai biasanya tidak membutuhkan banyak sentuhan. Cukup dengan penggunaan material yang mudah dirawat. Ditambah aksen-aksen eksterior yang tidak terlalu ramai. Dan lagi-lagi, penggunaan bukaan lebar di halaman belakang menjadi kunci, plus lahan terbuka di belakang juga.

Desain Rumah Modern 2 Lantai

Desain Rumah Modern 2 Lantai

Seperti kebanyakan hunian, rumah modern 2 lantai menjadi populer di kalangan masyarakat urban. Masyarakat kota lebih senang jika membangun rumah yang nuansanya asri, namun terlihat modern jika ditilik dari eksterior maupun interiornya. Rumah ini berukuran mungil, namun diakali dengan membuat tingkat.

Konsep rumah modern 2 lantai sering ditemui di kawasan kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan kota-kota besar lainnya. Rumah ini biasanya dibangun oleh arsitek yang memang sudah ahli merancang konsep bangunan sesuai permintaan. Ditambah sentuhan pemilik untuk pemilihan ruang dan interiornya.

Desain Rumah Modern Atap Miring

Desain Rumah Modern Atap Miring

Kesan rumah modern juga bisa didapat di rumah yang beratap miring. Atap miring ini biasanya tidak membutuhkan struktur kuda-kuda yang kompleks, layaknya rumah atap limas yang ada di rumah-rumah desa pada umumnya. Konsep atap miring juga mampu memberi kesan modern pada rumah yang dibangun.

Rumah modern dengan atap miring bisa kita jumpai lewat sentuhan dingin para arsitek ternama. Biasanya, memang penggunaan atap miring ini harus hati-hati. Jika sembarangan, maka bisa saja mengubah rumah yang sudah bagus menjadi norak. Karena atap miring harus selaras dengan estetika rumah secara keseluruhan.

Desain Rumah Modern Atap Pelana

Desain Rumah Modern Atap Pelana

Atap pelana pun bisa lho memberikan kesan modern. Jangan salah, atap jenis ini memang pasaran, sering digunakan untuk konstruksi perumahan minimalis di masyarakat. Namun, atap pelana bisa berubah jadi atap yang unik dan modern jika dipadukan dengan susunan dinding yang tidak biasa.

Tentu lagi-lagi, campur tangan arsitek dalam merumuskan batas-batas dinding dan atap ini sangatlah besar. Karena lewat arsiteklah kita bisa menikmati sajian desain rumah yang unik, modern, dan memanjakan mata. Desain rumah atap pelana banyak digunakan untuk menyederhanakan konstruksi kuda-kuda pada atapnya.

Desain Rumah Modern Ada Kolam Renang

Desain Rumah Modern Ada Kolam Renang

Untuk yang satu ini, tentu membutuhkan lahan yang tidak kecil. Harus luas, setidaknya memanjang. Sebab jika kolamnya kecil dan dipaksakan, bukan bermanfaat malah jadi pengganggu saja. Kolam renang haruslah lega dan ukurannya tidak boleh sempit, seperti kolam ikan.

Minimal panjangnya 7 meter. Lebarnya 3 meter. Rumah modern ini bisa menggunakan kolam renang sebagai aksen yang menyejukkan rumah. Letaknya di halaman belakang bisa membuat kita bersantai demi merelaksasi pikiran. Dan sesekali menyeburkan diri ke kolam untuk merasakan sensasi dinginnya air.

Desain Rumah Modern dengan 4 Kamar Tidur

Desain Rumah Modern dengan 4 Kamar Tidur

Keluarga besar akan sangat cocok untuk menempati rumah modern dengan luas yang cukup. Konsep 2 lantai bisa dicoba. Di lantai 1 memiliki 2 kamar, di atas juga sama, 2 kamar. Dengan tambahan ruang lainnya. Dan tentu saja, bukaan lebar dan eksterior yang ciamik menjadi andalan untuk membangun rumah impian.

Kebutuhan kamar tidur memang menjadi penting untuk sekarang. Jumlah anggota keluarga menjadi pertimbangan utama sebelum membangun rumah. Karena kenyamananlah yang menjadi tujuan utama kita membangun rumah. Dan kenyamanan itu bisa didapat lewat ruang privasi, salah satunya adalah kamar tidur.

Nah, itulah tadi sederet ulasan tentang desain rumah modern yang cukup menarik kita bahas. Rumah modern memang menjadi primadona yang membuat siapapun ingin menempatinya. Kebutuhan properti juga semakin berkembang, tidak melulu harus rumah minimalis, bukan? Itu dia. Semoga bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed