by

Desain Rumah Sederhana: Nyaman dan Tetap Ikuti Zaman!

Merancang desain rumah sederhana haruslah disesuaikan dengan budget atau dana yang dipunya. Jika dananya tidak cukup besar, maka membuat rumah mewah justru akan membuat kita pusing tujuh keliling. Sekarang semua bahan material naik harganya, begitu pula dengan jasa arsitek dan kontraktor yang merancangnya.

Solusi yang paling masuk akal adalah mendesain rumah yang sederhana namun tetap nyaman dihuni. Kenyamanan menjadi faktor penting. Sebab hanya di rumahlah kita dapat merasakan kehidupan yang tenang dan tenteram. Selain nyaman, faktor tren atau mengikuti zaman juga patut diperhatikan.

Ada banyak cara merancang desain rumah sederhana. Langkah pertama tentu dengan memperkaya wawasan dan referensi seputar membangun rumah sendiri. Baru, nanti perlahan-lahan kita mengerti, selera dan kebutuhan rumah impian. Nah, berikut ini sudah kami rangkumkan untuk kamu. Cek yuk!

Desain Rumah Sederhana Minimalis

Desain Rumah Sederhana Minimalis

Bukan hal asing ketika kita mendengar kata minimalis. Sebenarnya, dalam kamus bahasa Indonesia, tidak ada arti kata minimalis. Karena kata minimalis berasal dari bahasa Inggris, yang artinya gaya minimal dan tidak banyak ornamen. Hal ini bisa diterapkan ketika mendesain rumah idaman kamu.

Sudah banyak model desain rumah minimalis yang dikembangkan oleh para desainer arsitek, kontraktor dan developer. Sudah beragam pula denah yang tersebar dan dijadikan referensi. Kita tinggal menyesuaikan luas tanah dan sedikit perubahan di ruang-ruang tertentu, semisal kita membutuhkan lebih banyak ruang.

Desain Rumah Sederhana Modern

Desain Rumah Sederhana Modern

Selain gaya minimalis, gaya modern juga menjadi populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bagaimana rumah sederhana namun modern ini? Material yang dipakai tidak terlalu belibet, biasanya cukup menggunakan material sederhana. Sehingga perawatan yang dilakukan dapat ditekan biayanya.

Kemudian modern, biasanya terlihat dari susunan ruang yang ada. Dapur yang terletak di depan beserta ruang makan bersebelahan dengan ruang tamu dan ruang keluarga, menjadi ciri khas rumah modern. Begitu pula dengan atap yang digunakan, biasanya menggunakan jenis atap yang unik, misalkan atap miring.

Desain Rumah Sederhana 2 Kamar

Desain Rumah Sederhana 2 Kamar

Kebutuhan kamar tidur menjadi sangat penting bagi pemilik rumah. Jumlah keluarga yang ada di dalam rumah tersebut harus turut serta diperhitungkan ketika kita akan membangun sebuah rumah tinggal. Menyesuaikan kamar tidur dengan jumlah anggota keluarga merupakan hal mutlak dan tak boleh terlewat.

Jumlah 2 kamar tidur biasanya sering dipakai untuk lahan di bawah 100 meter persegi. Lahan yang paling populer dicari adalah luas tanah 6 x 12 meter. Luas tanah ini sering kali menjadi opsi untuk membangun rumah sederhana namun terlihat modern di desa. Atau, di perkotaan dengan opsi 2 lantai.

Desain Rumah Sederhana 3 Kamar

Desain Rumah Sederhana 3 Kamar

Apabila ingin menambah jumlah kamar, nampaknya untuk keluarga muda jumlah 3 kamar sudah sangat cukup. Keluarga dengan 2 anak yang masing-masing ingin memiliki kamar sendiri. Apabila ingin membangunnya, pemilik agaknya sudah menyiapkan lahan seluas lebih dari 100 meter persegi.

Lahan yang cocok untuk rumah 3 kamar tidur setidaknya 8 x 12 meter. Lebih dari itu, lebih bagus. Namun tidak menutup kemungkinan apabila lahan di bawah 8 x 12 meter bisa dibangun dengan 3 kamar. Hanya saja perlu akal-akalan atau merelakan salah satu ruang untuk dijadikan ruang yang multifungsi, contohnya ruang tamu dan ruang keluarga dijadikan satu.

Desain Rumah Sederhana Ada Kolam Renang

Desain Rumah Sederhana Ada Kolam Renang

Meskipun tampak depannya sederhana, rumah dengan taman dan kolam renang di belakang justru mampu memberikan ketenangan. Apalagi buat kamu yang hobi berenang, tidak perlu keluar rumah. Keberadaan kolam renang ini tentu akan memberikan kesan asri dan sejuk karena airnya yang jernih dan terjaga.

Salah satu syarat untuk membangun rumah sederhana dengan kolam renang adalah luas lahan. Lagi-lagi, luas lahan menjadi penting untuk diperhatikan. Sebab kolam renang yang paling minim pun, tetap membutuhkan luas lahan yang cukup. Apabila terlalu memaksakan, nanti malah terasa tidak nyaman.

Desain Rumah Sederhana di Desa

Desain Rumah Sederhana Minimalis

Sesuai dengan kesannya, rumah sederhana sangat cocok apabila dibangun di pedesaan yang sejuk dan asri. Rumah ini tidak perlu aksen dan ornamen berlebih. Perabot yang dipasang juga tidak muluk-muluk dan mahal. Namanya juga sederhana, yang penting fungsinya bagus dan nyaman.

Kesederhanaan rumah di desa bisa dilihat dari eksteriornya. Eksterior dengan atap limas nampak lebih sederhana dibandung jenis atap lainnya, misal atap miring. Atap limas juga identik dengan rumah tropis yang memang menjadi ciri khas rumah di Indonesia, yang notabene berada di garis khatulistiwa alias beriklim tropis.

Desain Rumah Sederhana Ada Warungnya

Desain Rumah Sederhana Ada Warungnya

Membangun usaha di rumah juga bisa dilakukan sejak dini, jauh sebelum membangun rumah impian. Misalnya dengan membuka warung sembako, atau toko sejenisnya. Dengan demikian, kita bisa merencanakannya dengan sedetail mungkin. Menyiapkan ruang untuk warung yang nantinya dipakai untuk berwirausaha.

Desain rumah dengan warung ini tidak memakan banyak tempat. Warung ini akan menggantikan peran garasi yang biasanya ada di tempat paling depan dalam sebuah rumah. Rumah dengan warung juga memudahkan kita untuk mengembangkan usaha tanpa khawatir jauh-jauh pergi ke luar rumah.

Desain Rumah Sederhana dari Bambu

Desain Rumah Sederhana dari Bambu

Keterbatasan dana membuat perencanaan membangun rumah sedikit terhambat. Namun tidak menutup kemungkinan apabila dana tersebut bisa diminimalkan. Dana yang dikeluarkan bisa diturunkan dengan berbagai cara. Salah satu contohnya adalah mengubah material bangunan yang akan dipakai.

Rumah bambu menjadi sangat masuk akal untuk membangun rumah sederhana. Eits, jangan salah, meskipun terbangun dari bahan bambu, bukan berarti rumah yang akan dibangun nantinya terkesan kuno. Dengan bekal arsitek andal, kamu bisa membangun rumah sederhana dari bambu namun terlihat mewah dan modern.

Desain Rumah Sederhana ala Jepang

Desain Rumah Sederhana ala Jepang

Tidak sedikit orang yang kagum terhadap arsitektur Jepang. Negara maju dengan perkembangan teknologi dan manufaktur yang modern. Rumah-rumah yang dibangun pun menawarkan berbagai model. Identiknya, rumah-rumah di Jepang menganut gaya minimalis yang mengesampingkan perabot mewah.

Cukup dengan perabot-perabot yang minimalis dan multifungsi, orang-orang di Jepang sudah dapat merasakan kenyamanan di dalam rumahnya. Penggunaan material kayu juga sangat identik dengan arsitektur Jepang. Kamu pun bisa menirunya dengan apik apabila kamu tertarik membangun rumah gaya Jepang.

Desain Rumah Sederhana Joglo

Desain Rumah Sederhana Joglo

Opsi selanjutnya adalah membangun rumah bergaya Jawa alias Joglo. Rumah ini masih populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namun apabila tidak ingin terlihat kuno, berkonsultasi dengan arsitek dan merumuskan rancangan rumah Joglo nampaknya menjadi solusi yang paling pas untukmu.

Rumah Joglo tidak selamanya terbuat seluruhnya dari kayu. Ada beberapa bagian yang dibangun menggunakan material bata yakni pada sebagian dindingnya. Kemudian memadukannya dengan ornamen kayu yang kokoh khas rumah Joglo. Kesan yang nyaman, asri, dan sejuk menjadi kesan utama dari rumah ini.

Nah, itulah tadi sederet hal yang bisa kami sampaikan tentang desain rumah sederhana. Semoga referensi di atas mampu menumbuhkan inspirasi dalam dirimu. Dan selamat merancang rumah impian!

Nilai Kualitas Konten

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *