Bisnis

8 Tips Cara Mudah Agar Lebih Fokus Terhadap Bisnis

Dalam dunia bisnis, agar kalian mendapatkan kesuksesan perlu dibutuhkan suatu kefokusan. Hal ini disebabkan oleh dunia bisnis memberikan banyak sekali ruang untuk persaingan, jadi agar kalian semua mampu bersaing pada luasnya bisnis yang anda kelola ada baiknya kalian menjaga ke fokusan agar tetap exist dalam dunia bisnis. Serta dapat memahami pentingnya membuat perencanaan bisnis.

Fokus Terhadap Bisnis

Focus termasuk alat yang sangat penting dalam pelaksanaan bisnis, dalam fokus terhadap bisnis tersebut kalian akan dengan mudah untuk mengembangkan dunia bisnis kalian agar terhindar dari kebangkrutan. Dalam mendapatkan kefokusan, kalian membutuhkan efisiensi yang maksimal. Dengan memberikan konsentrasi terhadap hal-hal penting dan menghindari gangguan-gangguan dari luar.

Cara Mudah Agar Fokus Terhadap Bisnis

Jadi bagaimana kalian bisa Fokus Terhadap Bisnis dan pada diri sendiri.

Tetapkan Tujuan

Dalam menetapkan tujuan, kalian harus memiliki rencana dan tujuan yang jelas, hal ini untuk membantu menyelaraskan titik focus pada diri kalian. Bagaimana kalian akan mampu memikirkan tentang apa yang ingin kalian capai dan bagaimana strategi kalian untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut. Tujuannya adalah memberikan sebuah ruang berpikit agar kalian mendapatkan gambaran yang lebih luas, realistis, dan tepat waktu. Penetapan tujuan akan memberikan kalian dorongan untuk memasukkan yang kalian butuhkan.

Dengan adanya tujuan bisnis maka kalian akan mudah juga dalam membuat strategi-strategi dalam pelaksanaan tujuan bisnis, seperti membuat strategi jangka pendek yang mana kalian membuat suatu sasaran dalam kurun 1 sampai 4 minggu. Membuat strategi jangka menengah yang mana tujuan ini lebih ke pada tujuan yang lebih luas dalam kurun yang berkisar 1 sampai 4 tahun mendatang kalian akan seperti apa dalam mengelola bisnis. Dan juga pembuatan strategi jangka panjang yang pembuatannya memberikan nilai yang lebih besar dan luas.

Prioritas

Dalam memberikan sebuah prioritas dalam mengelola usaha, kalian harus mulai terbiasa menggambarkan pola-pola dalam bentuk yang lebih sederhana. Kenapa hal ini diperlukan, karena dengan menggambarkan pola-pola tersebut kalian akan lebih mudah dalam menentukan masalah atau apapun yang dirasa perlu diberikan suatu perhatian secara penuh. Dalam menggambarkan suatu pola yang lebih sederhana yang perlu kalian lakukan adalah menggambarkan suatu permasalahan dengan hal yang realistis dan mudah dalam pengartiannya.

Baca Juga :  Tips Dan Trik Dalam Berbisnis, Bidang Budidaya Pertanian

Ini memerlukan perencanaan yang baik dan penempatan tujuan yang sesuai dengan permasalahan atau apapun yang ada didalam usaha kalian. Dengan membuat sub peta prioritas ini kalian akan lebih mudah fokus terhadap bisnis dan usaha anda, dan juga lebih memiliki inovasi dalam pengembangan usaha yang akan kalian lakukan dikemudian hari.

Menjaga Ruang Kerja

Kenapa harus menjaga ruang kerja, mungkin itu pertanyaan yang muncul dibenak kalian semua. Menjaga ruang kerja akan membentuk focus kalian lebih baik, hal ini perlu karena apabila ruang kerja kita dipenuhi hal-hal yang dirasa menambah beban pikiran akan berdampak pada tingkat fokus terhadap bisnis kalian dalam memecahkan suatu permasalahan atau menciptakan pengembangan dari usaha yang kalian kelola.

Ruang kerja yang bagus dan enak dipandang akan membuat suasana yang lebih tenang serta kalian akan lebih baik dalam memikirkan hal-hal yang menjadi prioritas usaha anda.

Singkirkan sampah dan kekacauan lainnya yang dirasa kalian mengganggu jalannya pikiran kalian. Ciptakan ruang kerja yang mana didepan kalian hanya ada barang-barang yang kalian butuhkan saja. Singkirkan foto, jurnal, kuitansi atau majalah yang membuat kalian terpecah dalam memfokuskan pekerjaan kalian. Dengan demikian kalian akan lebih mudah focus dan ruang kerja kalian juga akan enak dipandang bagi tamu-tamu atau kolega yang memasuki ruang kalian.

Matikan teknologi

Loh, kok harus memastikan teknologi? Kalau ada kolega yang menghubungi bagaimana? Mari penulis jabarkan dulu. Mematikan teknologi akan dirasa penting dalam menciptakan titik focus kalian dalam memecahkan atau mengembangkan usaha. Karena dengan mematikan sementara teknologi akan menciptakan pemikiran yang lebih objektif dan dinamis yang mana apabila kalian tidak mematikan sementara teknologi anda apabila ada dering atau chat yang masuk akan memecahkan konsentrasi kalian.

Sebelum mematikan teknologi, pastikan kalian sudah membuat jadwal di mana kalian memiliki waktu tertentu untuk tidak diganggu. Jadi kolega ataupun rekanan bisnis kalian tidak akan mengganggu kalian karena kalian sudah memberikan jadwal-jadwal untuk bekerja secara total dan tanpa gangguan dari siapapun. Sudah terjawab semua kan pertanyaan-pertanyaan dari kalian, yah mungkin dalam pelaksanaannya akan terasa cukup berat dalam mematikan teknologi. Tapi, percayalah setelah mencoba berkali-kali mungkin kalian akan terbiasa untuk itu.

Fokus Pada Satu Pikiran

Loh, kan diatas sudah diterangkan kak? Namanya focus kan satu pikiran. Oke begini dalam dunia bisnis kadang kita memfokuskan suatu masalah dengan membuat suatu masalah baru. Sederhananya begini, ketika anda memikirkan permasalahan pemasaran dan memfokuskannya kadang akan timbul opsi kemungkinan ini kesalahan bukan dari pemasaran tapi dari management atau yang lainnya.

Baca Juga :  Hal Yang Perlu Petani Perhatikan Dalam Budidaya Di Sektor Pertanian

Hal seperti itu harus dihindari oleh kalian semua, kenapa? Karena ketika masalah pemasaran muncul dan membutuhkan prioritas waktu yang lebih maka baiknya kalian hanya memikirkan tentang permasalahan dari pemasaran terlebih dahulu sampai menemukan titik terang dari masalah.

Jangan suka melakukan untuk menangani 2 permasalahan sekaligus, mungkin dari kalian ada yang mampu melakukan hal seperti itu. Tapi, ketika menyelesaikan 2 permasalahan sekaligus akan membuat penyelesaian yang kurang sempurna karena dalam otak kita dipaksa bekerja 2 kali lebih besar pada 2 permasalahan sekaligus.

Blok Waktu

Seperti yang sudah kita bahas di mematikan teknologi bahwa memblok waktu sangat penting dalam membuat kefokusan kalian baik. Memblok waktu berarti kita mendedikasikan sejumlah waktu untuk tugas tertentu dan menghalangi tugas-tugas yang lainnya untuk masuk dan mengganggu kita. Dan juga dalam memblok waktu tersebut juga membentuk karakter bahwa kalian memiliki prioritas yang sungguh dalam menyelesaikan suatu masalah, serta memberikan sinyal kepada rekan dan kolega kita tentang waktu yang boleh untuk berkomunikasi dan tidak boleh berkomunikasi.

Bekerja Dengan Mode Layar Penuh

Bekerja dengan mode layar penuh ini dilakukan apabila dalam memecahkan masalah, kalian menggunakan computer. Dalam mode penuh ini akan membantu kalian untuk tetap focus pada tugas yang harus dipecahkan dan menghilangkan gangguan. Gangguan yang sering terjadi ialah dengan kita akan mengklik icon yang tidak ada hubungan dengan permasalahan kalian.

Istirahat

Suatu pengusaha yang baik dan sukses akan memberikan sedikit waktunya untuk beristirahat dan menenangkan pikiran sejenak. Karena pebisnis ialah orang yang bekerja dengan pikiran secara penuh dan membutuhkan tingkat konsentrasi dan kefokusan yang baik, jadi dengan menggunakan waktu untuk beristirahat yang cukup akan memberikan jeda bagi otak untuk bisa berkonsentrasi kembali bila dibutuhkan.

Demikian cara-cara yang sederhana dalam meningkatkan konsentrasi dan kefokusan bagi kalian semua yang susah dalam berkonsentrasi. Semoga kalan semua bisa memahami apa yang penulis ulas diatas.

User Review
( votes)

Add Comment

Leave a Comment