Cheap Jerseys Cheap NFL Jerseys Online Wholesale Jerseys Wholesale Jerseys Wholesale Jerseys Cheap Sports Jerseys Cheap NFL Jerseys Wholesale Jerseys Wholesale Jerseys Cheap Jerseys
Jawa Tengah Travel

10 Foto Keindahan Goa Kreo Jatibarang Semarang

Goa Kreo Jatibarang adalah destinasi wisata yang terlalu sayang untuk dilewatkan jika anda berkunjung ke Kota Semarang. Hal ini dikarenakan di dalamnya terdapat berbagai spot foto yang sangat cantik dan menarik.

Baca juga : 10 Keindahan Sumber Maron, Tempat Wisata Malang yang Murah Meriah

Nikmatnya Keindahan Goa Kreo Jatibarang Semarang

Nikmatnya Keindahan Goa Kreo Jatibarang Semarang

Sejarah Tempat Wisata Goa Kreo Semarang

Konon katanya Goa Kreo Jatibarang dulunya merupakan tempat Sunan Kalijaga untuk bertapa. Selain itu di sinilah Sunan Kalijaga juga mencari kayu  untuk  membangun  sebuah Masjid Agung Demak. Berdasarkan legenda, dulunya Sunan Kalijaga memiliki 4 monyet gaib. Monyet gaib ini memiliki bulu berwarna merah, kuning, putih, dan hitam. 4 monyet tersebut hendak membantu keinginan Sunan Kalijaga mengambil kayu jati.

Sejarah Tempat Wisata Goa Kreo Semarang

Sejarah Tempat Wisata Goa Kreo Semarang

Suatu ketika Sunan Kalijaga akan membawa kayu jati ke Demak bersama rekan-rekannya, keempat monyet tersebut ingin ikut serta. Akan tetapi Sunan Kalijaga terlihat sedikit keberatan menerima permintaan para monyet karena mereka bukan manusia.

Pada akhirnya Sunan Kalijaga meminta keempat monyet tersebut  untuk ‘ngreho’ yang memiliki arti ‘menjaga’ kawasan hutan dekat goa. Maka dari itu goa ini diberi nama  Goa Kreo. Ratusan monyet ini tetap menjadi satwa yang dilindungi lho!

Spot Foto Favorit di Goa Kreo

Spot Foto Favorit di Goa Kreo

Spot Foto Favorit di Goa Kreo

Lokasi favorit yang paling sering dikunjungi oleh para pengunjung adalah spot foto dengan nuansa di  atas bulu dan kapas putih yang disusun hingga menyerupai awan. Anda bisa berfoto layaknya berdiri di atas awan dengan latar Waduk Jatibarang.

Hal ini dikarenakan Goa Kreo Jatibarang ini terletak di tengah-tengah Waduk Jatibarang. Karena letak Goa Kreo Jatibarang yang berada di tengah-tengah Waduk Jatibarang pula, para pengunjung merasa seakan-akan sedang pergi ke sebuah pulau.

Berbicara soal Waduk Jatibarang, waduk ini pembangunannya dimulai pada Bulan Oktober 2009 dalam waktu 1520 hari lamanya. Berdasarkan data pada papan di lokasi pembangunan Waduk, dana pembangunan ini diperoleh dari Japan International Corporation  Agency (JICA IP-534). Waduk Jatibarang yang berluaskan 46,56 hektar ini digunakan untuk menjaga ketersediaan air minum, sebagai pembangkit tenaga listrik, maupun sebagai pengendali bajir di Kota Semarang.

Baca Juga :  Objek Wisata Eco Green Park Malang yang Seru dan Menyenangkan

Rute Menuju  Lokasi Goa Kreo

Rute Menuju  Lokasi Goa Kreo

Rute Menuju  Lokasi Goa Kreo

Destinasi wisata Goa Kreo Jatibarang ini berlokasikan di Jl. Raya  Goa Kreo, Dukuh Talun Kacang, Desa Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah dengan kode pos 50222. Destinasi wisata ini cukup dekat dari pusat Kota Semarang  yang hanya berjarakkan kurang lebih sekitar 13 km. Dalam menempuh perjalanan menuju ke destinasi Goa Kreo Jatibarang tidak terlalu sulit. Hal ini dikarenakan bisa dilalui dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Apabila anda menggunakan kendaraan pribadi, maka silahkan anda melewati jalur Kalibanteng. Setelah itu anda melanjutkan perjalanan menuju Jln. Abdul Rahman  Saleh. Jika sudah sampai di Jln. Abdul Rahman Saleh, silahkan ikuti jalan terus hingga menuju arah Gunung Pati.

Jika  sudah sampai di Gunung Pati, silahkan untuk menuju ke Desa Sandeng yang kemudian berlanjut ke Obyek Wisata Kandri. Jika sudah memasuki Objek Wisata Kandri, silahkan untuk belok kanan. Lokasi objek wisata Goa Kreo Barangjati terletak tidak jauh dari Objek Wisata Kandri.

Selain itu, anda juga bisa melewati jalan alternatif untuk sampai pada Goa  Kreo, yakni lewat Universitas Negeri Semarang. Caranya adalah pilih rute jalan dari kawasan Rusunawa atau tempat tinggal mahasiswa bidikmisi. Setelah itu ikuti saja  jalan terus hingga anda akan menemukan pertigaan sedikit menanjak. Kemudian pilih sisi kiri dan lurus mengikuti jalan hingga anda menemukan Pasar Gunung Pati.

Jika sudah sampai pada Pasar Gunung Pati, silahkan pilih ke jalan yang mengarah ke Kalibanteng. Namun apabila anda melihat plang petunjuk jalan bertuliskan ‘Semarang’, maka perjalanan dari pasar hingga tujuan membutuhkan waktu sekitar 15 menit.

Pemandangan Alam yang Indah dan Menakjubkan Sepanjang Jalan Goa Kreo

Pemandangan Alam yang Indah dan Menakjubkan Sepanjang Jalan Goa Kreo

Pemandangan Alam yang Indah dan Menakjubkan Sepanjang Jalan Goa Kreo

Oh ya, untuk sampai pada Goa, anda harus menuruni puluhan anak tangga yang curam. Namun jangan khawatir, karena sembari menuruni puluhan anak tangga,  anda dapat menyaksikan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Bahkan anda sudah disuguhkan pemandangan  air terjun yang berasal dari  berbagai  sumbermata air jernih yang terletak di sebelah utara Goa Kreo. Lalu sesampainya di Goa Kreo Jatibarang, semua lelah anda pasti akan terbayarkan dengan segala keindahannya.

Hawa yang sejuk, aliran air sungai yang dingin dan segar, suasana yang tenang dan membuat anda rileks, serta pemandangan yang amat memukau. Apalagi nantinya anda  juga akan dimanjakan dengan spot-spot foto  yang cantik di tempat tersebut.

Baca Juga :  6 Losmen Murah Di Batu Malang Harga Mulai Rp 50 Ribuan
Banyak Sekali Monyet di Lokasi Goa Kreo
Banyak Sekali Monyet di Lokasi Goa Kreo

Banyak Sekali Monyet di Lokasi Goa Kreo

Satu hal yang perlu diperhatikan,  di dalam lokasi goa ini terdapat banyak sekali monyet. Ratusan monyet ini merupakan jenis monyet ekor panjang atau yang biasa disebut  dengan Macaca Fascicularis. Jadi jangan kaget ya jika anda menyusuri jalanan tersebut lalu menemukan monyet-monyet di sisi kiri-kanannya!

Jenis monyet ini  terbilang jinak. Namun walaupun jenis monyet yang berada di tempat ini termasuk jinak dan bisa bergaul dengan warga sekitar Goa Kreo, anda tetap diharapkan untuk berhati-hati. Hal ini dikarenakan monyet-monyet itu nantinya akan keluar jika melihat makanan maupun minuman yang anda bawa. Jadi jangan sampai  anda mengeluarkan makanan serta minuman dari dalam tas.

Wahana Asik dan Menarik di Goa Kreo
Wahana Asik dan Menarik di Goa Kreo

Wahana Asik dan Menarik di Goa Kreo

Tidak hanya berfoto di lokasi Goa Kreo Jatibarang saja, para pengunjung juga disuguhkan wahana asyik lainnya. Wahana-wahana tersebut antara lain speedboat, trakking, dan melakukan wisata kuliner di  warung maupun restoran yang ada di sekitar Goa Kreo Jatibarang ini. Di antara restoran tersebut, terdapat restoran berbentuk rumah pohon. Anda juga bisa menikmati kopi di dalamnya.

Jika anda ingin menaiki speedboat ingin berkeliling  menikmati Bendungan Jatibarang, maka anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp100.000. Satu speedboat mampu menampung sebanyak 4 orang penumpang. Di dalamnya juga telah tersedia pemandu wisata dan  peralatan seperti jaket pelampung.

Lokasi dan Jam Buka Goa Kreo

Lokasi dan Jam Buka Goa Kreo

Lokasi dan Jam Buka Goa Kreo

Lokasi              : Jl. Raya Goa Kreo, Dukuh Talun Kacang, Desa Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah, 50222

HTM                : Rp5000

Jam Buka        : 07.00 – 17.00 WIB

No. Telepon   : (024)8449917

Harga Tiket Masuk Goa Kreo

Harga Tiket Masuk Goa Kreo

Harga Tiket Masuk Goa Kreo

Hanya dengan tiket masuk seharga Rp5000 per orang, anda sudah bisa menikmati indahnya Goa Kreo Jatibarang Semarang ini. Harga yang sangat murah untuk menikmati Goa Kreo Jatibarang yang mempesona ini.

Fasilitas dan Akomodasi Goa Kreo

Fasilitas dan Akomodasi Goa Kreo

Fasilitas dan Akomodasi Goa Kreo

Fasilitas yang ada di tempat wisata Jatibarang ini terbilang cukup. Di dalamnya terdapat toilet, panggung hiburan, bangku duduk, dan arena parkir. Tidak hanya itu saja, bagi anda pengunjung yang berasal dari luar kota, anda bisa mencicipi masakan khas Semarang di rumah makan khas Semarang ini. Selain itu bagi anda  yang ingin beristirahat sejenak atau ingin sekedar bersantai bisa  berhenti  di gazebo.

Fasilitas di dalam Goa Kreo Jatibarang ini juga tak lupa dilengkapi oleh berbagai spot foto yang cantik  seperti negeri di atas  awan dan setting tempat salju layaknya berada di kutub utara. Destinasi wisata ini pun menjadi semakin populer karena berbagai spot foto kekinian kesukaan anak muda zaman sekarang.

Wah, tunggu apa lagi? Yuk segera jadikan Goa Kreo Barangjati Semarang destinasi wisatamu selanjutnya!

User Review
( votes)

Add Comment

Leave a Comment