by

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Menciptakan Ide Bisnis

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Menciptakan Ide Bisnis

Dalam memulai suatu bisnis, apalagi kalian baru dalam dunia bisnis maka perlu saya ingatkan kembali. Bahwa memulai bisnis membutuhkan banyak usaha. Mulai dari kalian harus membuat rencana bisnis yang matang, menerapkan ide, merencanakan pemasaran dll. Maka dari itu kalian terlebih dahulu membaca Memulai Bisnis Di Era Millennials.

Namun, dari semuanya itu. Yang terpenting ialah kalian harus menciptakan sebuah ide atau gagasan bisnis terlebih dahulu. Ide atau gagasan bisnis bisa dalam bentuk apapun, tergantung kalian menyukai hal apa. Contohnya saja kita akan membuat ide berupa produk, jasa, atau sebuah metode baru yang layak untuk dijadikan alat yang menguntungkan untuk mendapatkan laba.

Untuk menciptakan sebuah ide atau gagasan bisnis yang bagus membutuhkan sebuah pemikiran yang fresh, kreativitas, dan riset yang lumayan panjang. Jika kalian ingin menjadi seorang pebisnis, maka ingatlah beberapa hal berikut ini dalam menciptakan sebuah ide bisnis.

Kembangkan Ide Kalian

Apabila kalian membuat ide bisnis, akan sangat bayak bila disebutkan. Tapi dari semua ide yang sudah kalian buat, cukup di kelompokkan menjadi 2 bagian saja yaitu sebagai produk bisnis atau jasa bisnis. Setiap produk atau jasa bisnis yang sudah kalian buat tersebut membutuhkan pemikiran dan kreativitas. Maka dari itu, sebelum memutuskannya, pertimbangkan semua keuntungan (laba) dan tantangan dari produk atau jasa yang sudah kalian buat.

Disini saya akan membantu kalian dalam mempertimbangkan sebuah ide bisnis yaitu:

  1. Untuk produk bisnis baru, kalian harus mengembangkan atau meningkatkan kualitas dari produk yang sudah ada dalam pasaran. Kemudian investasikan sejumlah dana untuk memproduksinya. Bisnis yang membutuhkan biaya yang besar juga akan memperbesar resiko kehilangan sejumlah dana. Namun, bila berhasil bisa sangat menguntungkan.
  2. Dalam hal menyediakan jasa bisnis akan sedikit kehilangan satu bagian yaitu pada pengembangan dan produk bisnis baru. Namun, kalian mungkin harus lebih banyak merekrut karyawan karena bisnis anda akan sangat sulit bila kalian bekerja sendiri.
  3. Kedua jenis ide bisnis tersebut tidak akan terlepas dari pemasaran dan pengiklanan. Jadi, baiknya kalian juga harus memperhitungkan waktu dan biaya, alokasikan dana untuk sektor tersebut.

Kenali Masalah Pada Industri Disekitar Kalian

Pada dasarnya, sebuah ide itu muncul atau tercipta ketika kalian merasa kecewa terhadap sistem yang sudah ada. Adapun cara terbaik dalam menciptakan sebuah ide bisnis adalah dengan melakukan pencarian masalah yang terjadi di sekitar kita. Sederhananya gini, ketika anda merasa kecewa karena tidak tersedianya jasa penyewaan alat pertanian, dan riset dilingkungan kalian apakah juga mengalami hal yang sama.

Hal ini akan membuat kalian menemukan ide bisnis yang sangat menguntungkan, karena pasar sudah tersedia di depan mata kalian. Setelah mengenali permasalahan yang ada pada lingkungan kalian, maka bisa menyediakan penyewaan alat pertaniaan sebagai penyedia jasa alat pertanian.

Memulai Pengembangan Produk Yang Sudah Ada

Selain mempelajari dari masalah-masalah yang ada pada lingkungan sekitar, kalian juga bisa mempelajari dari bisnis yang sudah ada dan yang mampu bertahan dan berkembang pesat. Pelajari bisnis tersebut dan lihatlah apakah kalian mampu membuat sebuah pengembangan produk yang lebih baik. Dengan mempelajari ide dari produk yang sudah ada, kalian mungkin segera mengukir nama kalian dipasar.

Berpikir Untuk Maju Ke Depan

Seorang pebisnis yang sukses dia yang mampu menjadikan dirinya seorang inovator. Karena dalam prinsipnya, seorang pebisnis tidak akan pernah merasa puas dengan metode atau teknologi yang terlampau jauh dibelakang, melainkan ia mencari sesuatu yang dirasa akan menyukseskan dirinya di 5, 10 hingga 20 tahun mendatang. Kalian bisa melakukan semacam ini dengan menayakan kepada diri anda sendiri apa langkah logis yang harus kalian lakukan untuk mengembangkan atau menciptakan produk dimasa depan.

Ide Bisnis anak muda

Lakukanlah Riset Pendahuluan

Biasanya, riset pasar dilakukan apabila ide sudah tercipta. Kalian bisa juga melakukan riset terlebih dahulu untuk mencari apa  yang orang-orang hargai. Langkah seperti ini akan membuat kalian bisa menemukan ide sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dari konsumen.

Gunakan Keahlian Pada Bidang Lain

Cara lain agar kalian mampu menciptakan ide bisnis ialah dengan menggunakan keahlian dari kalian dan juga mungkin keahlian dari tempat lain. Dengan keahlian dan kreativitas, keahlian yang kalian pelajari di tempat lain sering kali dapat diaplikasikan utuk meningkatkan bidang yang benar-benar berbeda.

Catatlah Ide-Ide Kalian

Jangan sepelekan hal-hal kecil seperti ini, mungkin kalian semua pernah memikirkan sebuah ide yang bagus, namun kalian tidak mencatatkan ide tersebut. Hingga suatu ketika kalian membutuhkan ide-ide yang fresh, kalian tak pernah memilikinya. Maka dari itu, agar hal semacam ini tidak terjadi lagi pada kalian.

Biasakan untuk selalu mencatat ide yang kalian temukan ke dalam buku catatan tersebut karena kalian tidak pernah tau kapan inspirasi atau ide tersebut akan muncul. Dengan begitu, semua yang kalian imajinasikan dalam menemukan sebuah ide dapat tertata rapi di buku tersebut. Bacalah ide-ide yang sudah kalian catat dan pelajarilah, lihat apakah kalian mampu mengembangkan ide yang sudah kalian ciptakan.

Terus Asah Kreativitas

Sebagai seorang yang baru memulai bisnis, jangan mengkritisi setiap ide yang anda temukan. Jangan pernah membatasi ruang-ruang kreativitas kalian. Bebaskan pikiran kalian dan lihat berapa banyak ide yang akan kalian temukan. Karena dalam melihat peluang bisnis kalian bisa juga pergi ke toko siapa tahu kalian tertarik pada bisnis waralaba dsb.

Lakukan Evaluasi Ide

Bagaimana melakukan evaluasi terhadap ide bisnis atau peluang bisnis? Caranya mudah sekali, pertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari setiap ide yang sudah kalian temukan. Mungkin kalian akan berpikir, bagus lho ide ini atau sayang kalau ide ini dibuang. Tinggalkan pola berfikir seperti itu, sebab kalaupun ide bisnis kalian dalam melihat peluang bisnis bagus tapi kalian tidak mempunyai cara yang realistis untuk mewujudkannya, maka lebih baik tinggalkan dulu.

Pilihlah ide yang realistis mampu anda lakukan agar dalam peluang bisnis itu kalian benar-benar telah memiliki riset dan kematangan dalam mengolah produk bisnis.

Wujudkan Ide Bisnismu

Setelah memutuskan ide mana yang paling realistis untuk dilakukan, maka hal selanjudnya ialah membuat rencana bisnis. Rencana bisnis akan menentukan apakah ide dan realistis sesuai dengan dana yang akan kalian investasikan, atau juga bisa memproyeksikan keuntungan yang akan kalian peroleh bila peluang bisnis yang sudah berhasil.

Hal tersebut, tidak hanya akan membantu ide-ide kalian saja, melainkan juga bagi investor untuk melihat proyeksi keuntungan yang didapat apabila menyuntikkan dana untuk bisnis kalian.

Ide tak akan berjalan bila dana yang dibutuhkan tidak tersedia. Setelah kalian memrencanakan bisnis, saatnya sekarang harus mempresentasikan kepada calon investor agar mau memberikan suntikan dana untuk memulai bisnis.

Apakah Artikel ini Membantu Anda ?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments