by

10 Pesona Hutan Mangrove Jakarta dan Beragam Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Hutan Mangrove Jakarta – Jakarta memang terkenal dengan suasanya yang padat. Panas dan macet juga menjadi hal yang sehari-hari dirasakan warga Jakarta. Karena Jakarta sendiri merupakan ibukota Indonesia, untuk itu pusat industri sangat banyak disana, gedung-gedung perkantoran hingan padatnya perkampungan dan perumahan yang semakin hari semakin bertambah. Selain itu banyaknya imigran dari luar kota juga menambah padatnya kota metropolitan ini.

Baca juga : 10 Foto Wisata Pura Lempuyang Bali yang Eksotis dan Keramat

Pesona Hutan Mangrove Jakarta dan Beragam Kegiatan yang Bisa Dilakuka
Pesona Hutan Mangrove Jakarta dan Beragam Kegiatan yang Bisa Dilakuka

Namun di tengah padat dan panasnya Kota Jakarta ternyata ada salah satu tempat yang dapat membawa kesejukan ketika berada disana, yaitu Hutan Mangrove Jakarta. Hutan mangrove ini berada di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Menikmati sejuknya hutan di tengah kota tentu membuat pikiran dan hati refresh dan segar kembali.

Hijaunya Hutan Mangrove Jakarta yang Masih Asri

Hijaunya Hutan Mangrove Jakarta yang Masih Asri
Hijaunya Hutan Mangrove Jakarta yang Masih Asri

Di hutan mangrove ini, Anda bisa menikmati hijaunya pohon-pohon bakau yang masih asri. Selain itu hutan mangrove ini juga dapat menjadi tujuan wisata Anda sejenak dalam melepaskan beban pekerjaan dan panasnya Kota Jakarta. Bagaimana tidak, hijaunya pepohonan bakau ini akan menambah asupan oksigen bersih yang melimpah untuk tubuh anda.

Fasilitas dan Kegiatan yang Dapat Dilakukan di Hutan Mangrove Jakarta

Meskipun merupakan wilayah konservasi mangrove, bukan berarti di hutan mangrove ini hanya sekedar wisata melihat mangrove. Hutan Mangrove Jakarta ini nyatanya memberikan pengalaman yang berbeda dari wisata alam biasa. Disini Anda juga dapat menikmati hutan mangrove dengan melakukan beberapa kegiatan seru, antara lain:

1. Menyusuri Jembatan Kayu
Menyusuri Jembatan Kayu
Menyusuri Jembatan Kayu

Untuk menikmati hutan mangrove ini beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan adalah berjalan mengelilingi hutan mangrove dengan menyusuri jembatan kayu. Jembatan ini sengaja dibangun supaya pengunjung dapat lebih dekat melihat pohon-pohon bakau yang ada. Selain itu untuk mempercantik kawasan hutan mangrove tersebut. Jembatan kayu ini tentunya sangat menarik untuk dijadikan spot foto lho.

Selain menyusuri jembatan, Anda juga dapat mengamati burung-burung di area hutan mangrove ini, karena disana masih banyak habitat burung pesisir yang dapat Anda amati secara langsung. Untuk area yang banyak terdapat burung pesisir ini yaitu di sekitar jembatan pengamatan burung. Namun, jarak yang harus ditempuh cukup jauh, karena jembatan pengamatan burung ini berada di ujung dari hutan mangrove ini.

2. Menanam Bibit Mangrove
Menanam Bibit Mangrove
Menanam Bibit Mangrove

Selain menikmati keindahan hutan mangrove ini, Anda juga bisa menanam bibit mangrove di kawasan yang sudah ditentukan. Biasanya, kegiatan ini banyak dilakukan oleh rombongan pengunjung dari sekolah. Jika Anda juga tertarik untuk menanamnya, maka bisa membeli bibir kepada pengelola.Dengan ikut serta menanam bibit mangrove ini, Anda juga sudah ikut andil dalam kegiatan pelestarian lingkungan pastinya. 

3. Spot Foto Menarik
Spot Foto Menarik di Hutan Mangrove jakarta
Spot Foto Menarik di Hutan Mangrove jakarta

Untuk Anda warga Jakarta pasti jarang sekali menemukan spot foto yang hijau dan sejuk. Jadi kalau Anda menyempatkan untuk berkunjung di hutan mangrove ini, jangan lupa untuk mengabadikan momen lewat foto maupun video menarik. Ada beberapa spot menarik yang dapat Anda temukan disini, mulai dari berfoto di jembatan kayu dengan dikelilingi hutan mangrove. Latar belakang gedung-gedung pencakar langit pun juga menjadi spot menarik.

Atau bisa juga berfoto dengan latar belakang rumah kayu yang dijadikan sebagai penginapan di hutan mangrove tersebut. perlu diingat bahwa untuk berfoto secara gratis disini Anda hanya boleh membawa kamera hp saja, jika Anda membawa kamera DSLR atau kamera lainnya maka akan dikenakan biaya tambahan yang cukup mahal. Selain itu juga ada spot foto kekinian berupa hammock dari jaring.

4. Menikmati Sunset
Menikmati Sunset di Hutan Mangrove Jakarta
Menikmati Sunset di Hutan Mangrove Jakarta

Sebenarnya Anda dapat menikmati hutan mangrove ini saat pagi, siang maupun sore hari. Namun waktu yang paling tepat adalah sore hari, karena di kawasan hutan mangrove ini jika Anda beruntung akan menemukan keindahan sunset saat sore hari. Dengan udara yang sejuk dan segar ditemani dengan keindahan sunset membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini.

5. Wisata Air
Wisata Air Hutan Mangrove Jakarta
Wisata Air Hutan Mangrove Jakarta

Jika Anda merasa Lelah berjalan kaki, maka ada solusi yang dapat Anda lakukan, yaitu dengan menyewa perahu mesin untuk menyusuri hutan mangrove. Perahu di tempat ini ada beragam sesuai kapasitas penumpang. Kegiatan ini cukup menjadi favorit wisatawan yang datang, karena ada keunikan dan keseruan tersendiri ketika menikmati hutan mangrove selain berjalan kaki.

Untuk biaya yang harus dikeluarkan cukup mahal yaitu Rp.250.000 untuk enam orang penumpang, dan Rp. 350.000 untuk delapan orang penumpang. Tetapi akan sebanding dengan pemandangan dan keseruan yang diperoleh ketika menyusuri hujtan mangrove ini.

6. Menginap di Hutan Mangrove Jakarta
Menginap di Hutan Mangrove Jakarta
Menginap di Hutan Mangrove Jakarta

Selain menikmati keindahan hutan mangrove di siang hari, Anda juga dapat menikmatinya di malam hari, dengan cara memesan villa yang sudah disediakan untuk penginapan. Kapan lagi Anda dapat menginap dengan ditemani semilir angina dari hutan mangrove. Selain menjadi tempat menginap, biasanya tempat ini juga menjadi spot foto favorit bagi pengunjung.

Bangunan villa ini berbentuk bangunan kayu dengan atap segitiga dan dilengkapi dengan jalan di depan berupa jembatan kayu diatas air. Fasilitas yang tersedia untuk penginapan ini juga sudah lengkap mulai kamar mandi hingga tersedia AC di setiap kamar, tentunya harga yang ditawarkan juga menyesuaikan dengan fasilitas yang diberikan.

Harga Tiket Masuk Hutan Mangrove Jakarta

Harga Tiket Masuk Hutan Mangrove Jakarta
Harga Tiket Masuk Hutan Mangrove Jakarta

Pengunjung yang ingin menikmati kawasan hutan mangrove ini dikenakan biaya yang cukup murah, yaitu:

Hari Biasa                             : Rp. 25.000 (dewasa)

                                                  Rp. 10.000 (anak-anak)

Akhir pekan/ Liburan      : Rp. 30.000 (dewasa)

                                                  Rp. 10.000 (anak-anak)

Selain itu jika Anda masuk membawa kamera jenis apapun, kecuali kamera hp, akan dikenakan biaya tambahan yang cukup mahal, mulai dari Rp.150.000- Rp.300.000 hingga jika ada keperluan khusus pemotretan aka nada biaya sebesar Rp. 1.500.000.

Selain itu tempat wisata ini juga dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 – 18.00 WIB.

Rute dan Lokasi Hutan Mangrove Jakarta

Rute dan Lokasi Hutan Mangrove Jakarta
Rute dan Lokasi Hutan Mangrove Jakarta

Kawasan Hutan Mangrove ini beralamat di Jl. Garden House RT 4/ RW 3, Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Kota Jakarta utara. Untuk dapat menuju lokasi hutan mangrove ini ada beberapa transportasi yang dapat Anda gunakan, yaitu:

  • Transjakarta

Trasnportasi terkenal yang ada di Jakarta ini juga dapat Anda jadikan sebagai alat trasnportasi untuk menuju ke Hutan Mangrove. Anda perlu naik transjakarta koridor 9A dengan jurusan Pinang Ranti – Pluit dan turun di halte Pluit Village Mall. Kemudian lanjutkan dengan angkot merah nomor B01, dan turun di gerbang Pantai Indah Kapuk.

  • Kendaraan Pribadi

Untuk Anda yang sudah hafal dengan jalanan di Jakarta dan tidak mau ribet menggunakan kendaraan umum, maka bisa menggunakan kendaraan pribadi. Rute yang harus dilalui yaitu mulailah masuk tol dalam kota dan keluar di pintu tol Pluit, kemudian arah masuk ke Jalan Muara Karang. Dari sini kemudian carilah jalan menuju Pantai Indah Kapuk.

Nah itu tadi beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan di Hutan Mangrove Jakarta untuk menghilangkan rasa jenuh Anda. Semoga bermanfaat!

User Review
0 (0 votes)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 comments