by

Ide Dinding Kamprot, Model Dinding Abstrak yang Percantik Eksterior Rumah

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat tampilan eksterior rumah terkesan cantik. Selain dapat  mempercantik tampilan eksterior rumah dengan batu alam, sekarang dinding kamprot pun dapat menjadi ide dekorasi eksterior rumah Anda.

Baca juga : Model Ranjang Nyaman Untuk Desain Rumah Minimalis

Dinding kamprot akan membuat rumah Anda semakin modern, ciamik dan sangat artistic. Dinding kamprot ini memang merupakan ide dekorasi dinding rumah dengan finishing yang memiliki tekstur kasar. Namun disanalah letak sentuhan artistiknya. Berikut inspirasi model dinding abstrak yaitu dengan konsep dinding kamprot yang penting Anda tahu dan kenali!

Mengenal Dinding Kamprot, Model Dinding Abstrak untuk Eksterior Rumah

Pada dasarnya dinding kamprot merupakan teknik pembuatan finishing pada permukaan dinding yang teksturnya seperti dinding belum jadi karena kasar. Pengertian kasar sendiri bisa berasal dari segi variasi corak, bentuk serta cara finishing model dinding abstrak ini.

Dinding kamprot secara otomatis akan terlihat acak alias tidak sempurna. Akan tetapi tampilan yang tidak sempurna ini yang seringkali diburu oleh para pecinta dunia property untuk memberikan kesan unik yang menarik dan berbeda.

Dinding kamprot memiliki daya tarik finishing yang terasa semi kasar. Selain itu bayangan atau efek shadow yang jatuh di permukaan juga menjadi nilai plus sendiri. Ketika dinding terkena cahaya atau sinar matahari, maka tekstur kasar di bagian dinding semakin terlihat tegas, jelas dan menambah unsur estetika dalam bangunan yang tercipta.

Karena itu jangan heran jika kemudian dinding kamprot seringkali menghias elemen eksterior rumah kebanyakan hunian khususnya di rumah minimalis modern. Dinding kamprot adalah dinding yang tahan terhadap cuaca.

Jika Anda tertarik memberikan sentuhan dinding kamprot sebagai finishing di bagian dinding luar rumah Anda, Anda harus tahu apa sebenarnya bahan dasar dinding ini. Bahan dasar dinding kamprot secara umum adalah pasir dan semen yang diaduk secara bersama – sama.

Kedua bahan tersebut rentan rontok, utamanya jika semen yang dipakai adalah semen dengan kualitas rendah. Jadi pastikan Anda gunakan semen berkualitas tinggi yang mudah mencekat di dinding ketika sudah diaduk bersama pasir dalam pembuatan dinding kamprot.

Sementara untuk pasirnya, ukuran butiran halus dari pasir harus dipilih secara seksama sehingga tekstur dinding hasilnya akan semakin sempurna dan sesuai ekspektasi yang diharapkan. Dinding kamprot ini tidak harus hanya tampil dalam warna abu – abu semen saja.

Dengan pencampuran cat emulasi, Anda juga bisa mendapatkan tampilan dinding yang jauh lebih variatif. Selain dapat memberikan sentuhan warna, dinding kamprot yang diberikan suatu cat emulsi juga dapat diatur tingkat kelembutan dan kekasaran dari finishingnya.

Satu hal yang Anda harus tahu bahwa semakin kental cat emulsi, maka semakin lembut tekstur dari dinding kamprotnya. Jenis dinding yang kasar ini seringkali menjadi pilihan eksterior rumah. Di teras atau halaman rumah bisa menggunakan dinding ini.

Namun untuk digunakan di interior rumah kurang dianjurkan karena tidak ramah ketika disentuh. Utamanya jika punya anak kecil yang masih aktif merangkak atau berjalan, dinding ini kurang ramah dengan anak.

User Review
5 (1 vote)

About Author: Tracie Aulia

Gravatar Image
Personal blogger - Hobi memasak, crafting dan travelling. Suka sekali menulis untuk sekedar berbagi informasi dan menuangkan pikiran kedalam sebuah tulisan, semoga bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *