by

7 Tips Menggunakan Jilbab Sesuai Bentuk Wajah

Memakai jilbab bagi muslimah bukan hanya sebagai kewajiban, namun kini juga menjadi tren fashion. Berjilbab sendiri merupakan langkah menutup aurat dengan menutupi bagian rambut dan dada.

Baca juga : 10 Inspirasi Gaun Muslimah Untuk ke Acara Pesta

7 Tips Menggunakan Jilbab Sesuai Bentuk Wajah

Agar wajah tetap tampil fresh, berikut tips menggunakan jilbab sesuai bentuk wajah.

1. Memakai Pashmina Untuk Bentuk Wajah Bulat
Memakai Pashmina Untuk Bentuk Wajah Bulat
Memakai Pashmina Untuk Bentuk Wajah Bulat

Bagi yang memiliki wajah bulat, berjilbab menjadi tantangan sendiri agar saat berjilbab wajah tidak terlihat semakin lebar. Salah satu model berjilbab yang ukhti bisa coba untuk mengurangi efek bulat adalah dengan menggunakan pashmina.

Atur pashmina sedikit maju untuk menutupi pipi, setelah itu jepit dengan jarum pada bagian leher. Sisa pashmina bisa diatur sesuai keinginan.

2. Menggunakan jilbab Segi Empat untuk Wajah Tirus
Menggunakan jilbab Segi Empat untuk Wajah Tirus
Menggunakan jilbab Segi Empat untuk Wajah Tirus

Wajah yang tirus dapat ditonjolkan dengan menggunakan jilbab segi empat. jilbab segi empat sendiri merupakan jilbab paling dasar yang paling sederhana dan mudah diatur pemakaiannya.

Pemakaian ujung jilbab bisa dengan diselempangkan ke pundak menggunakan tuspin atau dengan mengikatkan ke leher untuk tampilan lebih formal.

3. Menambahkan Aksen Untuk Wajah Kotak
Menambahkan Aksen Untuk Wajah Kotak
Menambahkan Aksen Untuk Wajah Kotak

Jika ukhti memiliki tulang rahang yang cukup dominan dan tajam, ukhti bisa membuat wajah terlihat lebih feminim dan lembut dengan menambahkan Aksen pada bagian kepala. Aksen ini bisa berupa jepit rambut atau dengan melingkarkan sisa ujung jilbab ke kepala.

Cara ini akan lebih mudah jika ukhti menggunakan pashmina untuk memadu padankan gaya berjilbab yang sesuai.

4. Menggunakan jilbab Bergo untuk Wajah Berbentuk Hati
Menggunakan jilbab Bergo untuk Wajah Berbentuk Hati
Menggunakan jilbab Bergo untuk Wajah Berbentuk Hati

Bagi yang memiliki wajah bentuk hati, bagian jidat dan kepala atas akan terlihat sedikit lebih besar dibanding dengan versi sebelumnya. Untuk mengatasi agar wajah tetap terlihat kecil, ukhti bisa mengenakan jilbab bergo dengan soft pad.

Adapun pad pada jilbab ini ada yang soft pad menutup hingga pipi dan ada yang hanya dibagian kepala saja. Akan lebih baik memilih softpad yang menutup pipi agar wajah terlihat lebih tirus.

5. Menggunakan Layer Dobel untuk Wajah Kecil
Menggunakan Layer Dobel untuk Wajah Kecil
Menggunakan Layer Dobel untuk Wajah Kecil

Wajah yang kecil bisa terlihat makin kecil saat menggunakan jilbab hyang tidak sesuai. Wajah yang terlalu kecil akan terlihat kurang proporsional. Solusi bagi yang menggunakan jilbab agar sesuai bentuk wajah adalah dengan menggunakan layer dobel. Layar dobel ini lebih mudah diatur jika mengenakan pasmina.

Setelah menjepit pashmina pada bagian leher, putar salah satu ujung kerudung ke bagian atas, lalu jepit dengan jarum pentul pada bagian samping bawah.

6. Menggunakan Ciput Risti untuk Kesan Wajah Ramping
Menggunakan Ciput Risti untuk Kesan Wajah Ramping
Menggunakan Ciput Risti untuk Kesan Wajah Ramping

Ciput risti sempat booming karena menjadi tren yang dipopulerkan oleh Risti Tagor. Ciput ini memiliki kerutan di samping. Kerutan ini bertujuan agar wajah terlihat lebih kecil dan ramping.

Ciput ini cocok dipadupadankan dengan jilbab model apapun. Pastikan untuk memilih ciput yang sesuai warna dengan jilbab yang ukhti pakai. Ukhti juga bisa memilih warna netral seperti hitam, abu misty, dan coklat moka untuk dipadukan dengan banyak warna jilbab.

7. Gunakan Warna Gelap untuk Wajah Bulat
Gunakan Warna Gelap untuk Wajah Bulat
Gunakan Warna Gelap untuk Wajah Bulat

Selain tips sebelumnya, menggunakan jilbab warna gelap juga bisa memberikan kesan wajah yang lebih ramping. Warna hitam dan abu tua bisa menjadi pilihan jilbab yang netral.

Sebaliknya, bagi yang memiliki wajah kecil, warna-warna pastel dan krem yang lembut cocok untuk memberikan aksen tegas pada fitur wajah. Ukhti bisa memadupadankan 2 jilbab atau pashmina untuk dikreasikan sesuka hati.

Itulah tips memakai jilbab sesuai dengan bentuk wajah agar wajah tetap terlihat cantik dan proposional.

User Review
5 (1 vote)

About Author: Tracie Aulia

Gravatar Image
Personal blogger - Hobi memasak, crafting dan travelling. Suka sekali menulis untuk sekedar berbagi informasi dan menuangkan pikiran kedalam sebuah tulisan, semoga bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 comments