by

10 Foto Rekomendasi Spot Menarik di Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor – Wisata saat ini sedang banyak diminati oleh banyak orang, ketika akhir pekan atau musim libur tiba, tempat wisata selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Selain untuk berlibur, dengan melakukan sebuah wisata ke suatu tempat, akan sejenak mengistirahatkan pikiran kita dari aktivitas atau pekerjaan sehari-hari yang cukup melelahkan. Salah satu tempat wisata yang biasanya ramai dikunjungi adalah wisata alam yang menyuguhkan pemandangan alami.

Baca juga : 10 Foto Pesona Pantai Pok Tunggal Yogyakarta, Sayang Untuk Dilewatkan

Rekomendasi Spot Menarik di Kebun Raya Bogor
Rekomendasi Spot Menarik di Kebun Raya Bogor

Salah satu wisata alam di daerah Bogor yang luas dengan berbagai macam pepohonan yang sangat rindang dan sejuk adalah Kebun Raya Bogor. Daerah Bogor, selain terkenal dengan puncak, juga terkenal dengan kebun raya nya yang memiliki sekitar 15.000 spesies tanaman ini. Selain itu kebun raya ini juga memiliki banyak sejarah yang dapat Anda gali ketika berkunjung kesana.

Kesejukan Alam Kebun Raya Bogor

Kesejukan Alam Kebun Raya Bogor
Kesejukan Alam Kebun Raya Bogor

Kebun raya ini memang memiliki lahan yang sangat luas yaitu sekitar 87 hektar, untuk itu ketika berkunjung ke tempat ini, beberapa orang masih bingung untuk mencari spot-spot menarik yang ada disana. Padahal, jika Anda lebih teliti lagi, tempat ini menyuguhkan banyak spot yang dapat menjadi solusi wisata Anda pada akhir pekan atau hari libur.

Selain wisata alam, Kebun Raya Bogor ini juga dapat dikategorikan sebagai wisata edukasi karena memiliki berbagai macam spesies pepohonan yang dapat menambah wawasan Anda pastinya. Kemudian, Anda juga bisa menambah wawasan mengenai sejarah yang ada. Kebun raya ini juga sering digunakan sebagai tempat penelitian dan konservasi.

Daya Tarik Beberapa Spot di Kebun Raya Bogor

Jika Anda ingin berkunjung ke kebun raya  ini, ada beberapa spot-spot yang dapat Anda kunjungi, antara lain:

Taman Meksiko

Taman Meksiko
Taman Meksiko

Taman ini biasa dinamakan gurun kecil, karena berbeda dengan bagian taman yang lainnya, tepat di bagian taman ini memiliki tanah yang gersang, dan sepertinya memang sengaja dibuat demikian, karena disini juga ada beberapa tumbuhan sukulen yang tumbuh dengan besar dan terlihat sangat bagus.

Beberapa tanaman sekulen ini dapat menjadi latar belakang Anda mengabadikan momen lho. Karena spot ini merupakan salah satu spot instagramable yang dapat Anda jadikan solusi ketika berkunjung ke kebun raya ini. Tenang saja, walaupun memiliki tanah yang gersang, tetapi tempat ini masih terasa sejuk seperti bagian kebun yang lain.

Rumah Anggrek

Rumah Anggrek
Rumah Anggrek

Rumah anggrek ini merupakan tempat menyimpan sekitar 500 spesies anggrek. Anggrek disini diambil dari hutan-hutan di Indonesia, selain itu juga ada anggrek hasil dari persilangan. Anggrek yang ada disini selalu dirawat dan dijaga kebersihannya, dengan ditata bergantungan di dalam rumah anggrek tersebut, dan dibedakan penempatannya antara anggrek alam dengan anggrek hasil persilangan.

Tentunya dengan datang ke rumah anggrek ini Anda akan disuguhkan beragam jenis anggrek yang dapat menyegarkan mata Anda, juga untuk menambah wawasan mengenai tanaman anggrek pastinya. Jika Anda tertarik untuk membawa pulang tanaman anggrek, di tempat ini juga dijual beberapa jenis tanaman anggrek lho. Jadi jangan khawatir, silahkan datang ke petugas dan memilih anggrek yang Anda inginkan.

Jalanan Astrid

Jalanan ini memiliki spot menarik yaitu Anda akan melihat hamparan bunga-bunga berwarna merah dan kuning yang terlihat seperti membelah jalan menjadi dua. Di jalanan Astrid sekitar 200 meter tersebut Anda akan melihat bunga kana hias yang sangat indah. Tempat ini juga dapat menjadi spot foto instagramable bagi Anda yang sedang mencari spot-spot foto menarik.

Laboratorium Treub

Laboratorium Treub
Laboratorium Treub

Ketika sedang berjalan-jalan di wilayah kebun raya ini Anda pasti menemukan sebuah gedung dengan nama Laboratorium Treub. Gedung ini merupakan sebuah laboratorium yang didirikan sejak masa Belanda untuk melakukan penelitian. Penelitian fitokimia yang pertama kali dilakukan di Indonesia adalah di gedung ini. Nama gedung ini juga diambil dari nama ahli botani yang menjadi pendiri cikal bakal dari Institut Pertanian Bogor.

Danau dengan Pemandangan Istana Bogor

Danau dengan Pemandangan Istana Bogor
Danau dengan Pemandangan Istana Bogor

Salah satu spot menarik yang dapat Anda jadikan sebagai tempat bersantai dan beristirahat sambil menghirup udara segar dan menikmati pemandangan adalah di Danau kecil yang berada di kebun raya ini. Disini Anda juga dapat langsung melihat kemegahan dari Istana Bogor.

Selain itu juga ada beberapa spot edukasi lain yang dapat Anda kunjungi seperti Orchidarium, Herbarium, Laboratorium Kultur Jaringan dan ada pula Koleksi Tumbuhan Obat.

Lokasi dan Rute Kebun Raya Bogor

Lokasi dan Rute Kebun Raya Bogor
Lokasi dan Rute Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor ini beralamat di Jalan Ir. H. Juanda No. 13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Untuk menuju kebun raya ini Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum, karena lokasi kebun raya ini sangat mudah dijangkau dan ditemui ketika sudah masuk di Kota Bogor. Jika ragu, Anda dapat bertanya dengan orang sekitar, karena kebun raya ini cukup terkenal di daerah Bogor.

Jika menggunakan kendaraan umum, carilah bus jurusan Terminal Baranangsiang atau Kereta Api menuju Stasiun Bogor. Dari Stasiun Bogor Anda dapat berjalan kaki atau menggunakan kendaraan umum menuju ke pintu 2 kebun raya ini.

Pintu Masuk Kebun Raya Bogor

Pintu Masuk Kebun Raya Bogor
Pintu Masuk Kebun Raya Bogor

Pintu masuk ke kebun raya ini ada 4 yang dapat Anda lewati, yaitu:

  • Pintu utama, terletak di sebelah utara, di ujung Jl. Ir. H. Juanda. Pintu masuk ini tepat di pertigaan jalan antara Jl. Otto Iskandardinata dan Jl. Suryakencana.
  • Pintu 2, terletak di sebelah barat. Di Jl. Ir. H. Juanda, pintu ini terletak di samping Kantor Pos. Namun pintu ini hanya dibuka hari Minggu.
  • Pintu 3, terletak di seberang Taman Perlintasan Bogor.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Kebun Raya Bogor

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Kebun Raya Bogor
Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Kebun Raya Bogor

Harga tiket masuk kebun raya ini cukup terjangkau yaitu Rp.15.000 untuk wisatawan domestik dan Rp.25.000 untuk wisatawan asing. Ada biaya tambahan jika Anda ingin berkeliling membawa kendaraan sebesar Rp.30.000. Selain itu di tempat ini juga disediakan mobil wisata dengan tiket Rp.15.000 (dewasa) dan Rp.10.000 (usia 3-5 tahun). Pengunjung bebas berjalan-jalan di dalam Kebun Raya ini mulai pukul 07.30 – 16.00 WIB.

Tips Berkunjung ke Kebun Raya Bogor

Tips Berkunjung ke Kebun Raya Bogor
Tips Berkunjung ke Kebun Raya Bogor

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan ketika berkunjung ke kebun raya ini, antara lain:

  • Hindari menggunakan sepatu dengan hak tinggi, pastikan kaki Anda nyaman ketika berjalan-jalan di tempat ini.
  • Jika tidak ingin berjalan kaki, Anda dapat menggunakan mobil wisata yang disediakan.
  • Sediakan payung dan jas hujan khususnya ketika musim hujan.
  • Sarapan sebelum berangkat, karena dengan datang ke tempat ini nantinya Anda akan berjalan dan berkeliling dengan luas lahan sekitar 87 hektar. Walaupun pastinya tidak akan cukup berkeliling dalam sehari.
  • Jika pergi membawa anak kecil, pastikan selalu mengawasinya, karena akan sangat sulit mencari jika sudah terpisah dengan anak kecil.

Itu tadi beberapa spot menarik di Kebun Raya Bogor lengkap dengan alamat, harga tiket dan tips berkunjung yang dapat Anda jadikan referensi ketika berlibur kesana.

Apakah Artikel ini Membantu Anda ?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment