by

10 Foto Keindahan dan Kesejukan Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas – Bagi anda yang ingin melepas penat setelah melakukan aktivitas sehari – hari anda, anda dapat mencoba untuk mengunjungi salah satu destinasi wisata Kebun Raya Cibodas. Kebun Raya yang satu ini merupakan tempat wisata yang berbasis pemandangan alam yang asri dan sejuk lengkap dengan pemandangan pegunungan yang tidak boleh anda lewatkan.

Baca juga : Wisata Coban Rais di Batu yang Instagramable Lengkap dengan Foto

Keindahan dan Kesejukan Kebun Raya Cibodas
Keindahan dan Kesejukan Kebun Raya Cibodas

Dengan dibandrol dengan harga tiket yang terbilang murah, anda sudah dapat menikmati objek wisata Kebun Raya Cibodas ini. Namun dengan dibandrolnya tiket murah tersebut, tidak menjadi destinasi wisata tersebut menjadi muraha ya. Hal itu karena terdapat spot spot menarik yang dapat anda nikmati dan dapat juga anda abadikan pada setiap momen liburan anda loh.

Lokasi Wisata Kebun Raya Cibodas

Lokasi Wisata Kebun Raya Cibodas
Lokasi Wisata Kebun Raya Cibodas

Berada pada ketinggian 1.275 meter diatas permukaan laut, objek wisata Kebun Raya Cibodas ini berada. Tempat wisata ini memiliki luas kurang lebih 80 hektar yang dihiasi dengan berbagai tanaman hijau yang tumbuh berjajar serta rumput yang tumbuh dan selalu dirawat oleh pengelola kebun ini membuat Kebun Raya Cibodas nyaman untuk disinggahi.

Alamat: Jalan Sindanglaya, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Harga Tiket Kebun Raya Cibodas

Harga Tiket:

Rp. 16.500 untuk masuk

Rp. 5000 untuk tiket parkir motor

Rp. 16.000 untuk tiket parkir mobil.

Jam Buka Kebun Raya Cibodas

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata yang satu ini, jam buka kebun raya cibodas adalah sekitar jam 08.00 – 17.00.

Spot Foto Menarik di Kebun Raya Cibodas

Berikut akan saya jelas spot spot menarik apa saja yang ada di Kebun Raya Cibodas ini. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

Taman Sakura

Taman Sakura Kebun Raya Cibodas
Taman Sakura Cibodas

Pada objek wisata Kebun Raya Cibodas, anda akan merasakan sensasi seperti layaknya di Negeri Jepang loh. Hal itu karena disana terdapat bunga sakura yang harusnya hanya dapat tumbuh di daerah yang memiliki empat macam musim yang dapat anda nikmati tanpa harus pergi jauh ke luar negeri. Tanaman sakura ini dapat tumbuh di Kebun Raya Cibodas karena tingginya lebih dari 1.400 meter diatas permukaan laut.

Uniknya tumbuhan sakura tersebut dapat tumbuh subur di daerah yang memiliki dua musim saja. Sayangnya bunga sakura ini tidak dapat setiap waktu selalu mekar loh. Hal itu karena terdapat waktu waktu tertentu untuk bunga sakura ini dapat mekar yaitu pada  bulan Januari hingga Februari serta pada bulan Juli hingga Agustus.

Berbeda dengan tumbuhan sakura yang ada di Jepang yang akan mekar hanya setiap satu tahun sekali saja. Namun bila di Kebun Raya Cibodas ini bunga sakura akan mekar hanya selama dua minggu saja, untuk selanjutnya bunga tersebut akan layu dan mati. Maka dari itu pada bulan bulan tersebut selalu ramai para pengunjung yang akan mengabadikan momen mekarnya bunga sakura tersebut.

Rumah Kaca

Rumah Kaca Kebun Raya Cibodas
Rumah Kaca Cibodas

Spot menarik selanjutnya adalah rumah kaca. Pada rumah kaca tersebut terdiri dari berbagai macam tanaman yang menghiasi di dalamnya. Terdapat kurang lebih 4000 jenis tanaman yang ada antara lain 360 macam jenis anggrek, 350 macam jenis kaktus, serta jenis tanaman lainnya yang unik disana.

Dengan berbagai macam jenis tanaman yang ada, anda dapat sekalian belajar mengenal berbagai tanaman yang ada. Hal itu karena setiap tanaman yang tumbuh maka akan memiliki berbagai macam jenis berbeda beda yang selama ini orang jarang mengetahuinya. Maka dari itu dengan mengunjungi Kebun Raya Cibodas anda dapat berekreasi dan belajar berbagai tanaman disana. Sangat bermanfaat bukan.

Air Terjun Cibeureum

Air Terjun Cibeureum Kebun Raya Cibodas
Air Terjun Cibeureum Cibodas

Selanjutnya ada Air Terjun Cibeureum yang ada di kawasan Gunung Gede Pangrango. Bagi anda yang ingin menuju air terjun ini, harus mendaki dahulu ya. Dengan dilengkapi petunjuk arah di sepanjang jalan pendakian, anda dapat sampai menuju Air Terjun Cibeureum ini. Dengan memiliki ketinggian 1675 meter diatas permukaan laut serta tinggi air sekitar 50 meter, anda dapat menikmati Air Terjun Cibeureum ini.

Taman Lumut

Taman Lumut Kebun Raya Cibodas
Taman Lumut Cibodas

Seperti yang sudah saya katakan tadi bahwa dalam mengunjungi Kebun Raya Cibodas ini anda dapat berekreasi dan belajar berbagai jenis tumbuhan yang ada. Salah satunya tanaman lumut. Kebun Raya Cibodas menyediakan spot menarik yang bernama taman lumut. Dengan dilengkapi koleksi 235 macam jenis lumut yang dapat anda ketahui di taman lumut ini.

Selama ini kita hanya mengetahui bila lumut hanya tanaman pengganggu yang menempel di tempat lembab dan berwarna hijau saja kan. Nah disini, anda akan mengetahui jenis lumut dengan jumlah lumayan banyak ya sebagai penambah pengetahun nih. Jangan lupa mampir ya.

Araucaria Avenue

Araucaria Avenue Kebun Raya Cibodas
Araucaria Avenue Cibodas

Spot selanjutnya adalah Araucaria Avenue yang berupa jalan batu yang berjajar dari wisma tamu sampai kolam besar. Spot ini dapat dikatakan menarik karena terdapat sebuah pohon Araucaria yang tumbuh selama 1 abad sekitar tahun 1866 yang tumbuh pada sepanjang jalan tersebut.

Jalan Air

Jalan Air Kebun Raya Cibodas
Jalan Air Cibodas

Selanjutnya ada jalan air yang menjadi spot menarik di Kebun Raya Cibodas ini. Jalan air ini maksudnya adalah aliran sungai Cibogo yang mengalir dari Gunung Gede yang membawa air dengan sensasi dingin dan jernih. Selanjutnya tempat ini dapat dijadikan sebagai tempat bermain anak anak yang asyik untuk dinikmati bersama keluarga besar.

Taman Rhododendron

Taman Rhododendron adalah salah satu spot menarik yang ada di Kebun Raya Cibodas. Taman ini dilengkapi dengan berbagai macam jenis bunga yang berasal dari tiga negara yaitu Indonesia, Jepang, dan China. Disini anda dapat menikmati bunga bunga tersebut serta dapat menjadikan taman Rhododendron ini sebagai spot foto anda.

Bunga Bangkai Raksasa

Bunga Bangkai Raksasa Kebun Raya Cibodas
Bunga Bangkai Raksasa Cibodas

Selanjutnya ada Bunga Bangkai Raksasa yang dapat anda nikmati di Kebun Raya Cibodas. Bunga yang terkenal dengan bau bangkainya yang menyengat dengan ukurannya yang besar menjadi spot menarik yang ada disana. Bunga ini awalnya dibawa ke Kebun Raya Cibodas pada tahun 2000 yang berasal dari Jambi. Uniknya Bunga Bangkai Raksasa hanya berbunga pada empat tahun sekali saja loh.

Koleksi Tumbuhan Paku

Pada Kebun Raya Cibodas terdapat berbagai macam jenis tumbuhan yang tumbuh subur disana. Salah satunya tumbuhan paku yang ada disana. Sebanyak 34 macam jenis tumbuhan paku yang ditanam di Kebun Raya Cibodas yang berasal dari seluruh daerah Indonesia. Biasanya tumbuhan paku tersebut digunakan sebagai bahan makanan, obat obatan, dan lain sebagainya.

Kolam Besar

Kolam Besar Kebun Raya Cibodas
Kolam Besar Cibodas

Spot menarik terakhir adalah kolam besar. Kolam besar ini menjadi pesona tersendiri bagi Kebun Raya yang satu ini ini. Dengan ditumbuhi aneka jenis tumbuhan air yang ada di Kolam Besar ini. Pada tahun 1901 kolam besar inilah dibangun. Jadi tidak jarang banyak pengunjung yang duduk duduk disekitar kolam ini untuk melepas penat setelah berkeliling menikmati spot spot yang ada di Kebun Raya Cibodas ini.

Selain spot spot menarik yang tersedia di tempat wisata Kebun Raya yang ada di Cibodas, objek wisata ini memberikan fasilitas juga untuk menunjang perjalanan rekreasi anda loh. Fasilitas tersebut berupa mushola, toilet, pendopo, tempat bermain anak anak, camping ground, ruang informasi, serta tempat parkir. Dengan adanya fasilitas tersebut diharapkan akan memberikan kenyamanan pada para pengunjung.

Itulah penjelasan mengenai Kebun Raya Cibodas. Semoga bermanfaat.

Apakah Artikel ini Membantu Anda ?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment