Uncategorized

Liburan Dengan Mobil Pribadi Akhir Tahun? Ini Tipsnya Agar Aman

Musim liburan akhir tahun sudah datang dan tentu saja banyak yang merencanakan mudik atau liburan bukan. Liburan keluar kota menjadi salah satu mengisi acara menjelang tahun baru. Agar tidak repot biasanya banyak yang memanfaatkan liburan dengan piknik atau mudik menggunakan mobil pribadi. Terutama bagi yang memiliki banyak naggota keluarga. Agar perjalan mudik atau liburan jadi aman, tidak ada salahnya menyimak tips liburan dengan mobil pribadi yang aman. Dengan begitu berlibur akan semakin seru dan tentunya aman. Perjalanan yang aman dan nyaman tentunya akan membuat pengalaman liburan menjadi lebih seru dan bisa sampai di tujuan dengan selamat.

Baca juga : Deretan Mobil Terlaris 2018, Masihkah Diburu di Tahun 2019?

Tips Merawat Mobil Sebelum Liburan

Berlibur dengan memanfaatkan mobil pribadi memang membutuhkan persiapan yang lebih. Terlebih lagi jika lokasi yang dituju memiliki jarak yang cukup jauh. Bukan hanya tubuh yang harus dipersiapkan dengan matang. Akan tetapi mobil juga harus dipersiapkan dengan benar. Dengan begitu menempuh perjalanan jauh untuk mudik atau berlibur tidak akan menjadi masalah. Ada beberapa tips yang rasanya perlu anda gunakan ketika memutuskan untuk liburan dengan mobil pribadi. Salah satunya adalah memastikan kondisi mobil dalam keadaan prima. Jadi nantinya tidak akan ada kendala ketika melakukan perjalanan sejauh apapun. Belum lagi arus kendaraan liburan baik saat berangkat atau balik yang cukup padat. Jika kondisi mobil baik-baik saja tentunya perjalanan mudik dan liburan akan menjadi lebih nyaman.

Tips Liburan dengan Mobil Pribadi Agar Aman

Berikut ini adalah beberapa tips liburan dengan menggunakan mobil pribadi agar aman dan juga seru. Cek seluruh kondisi mobil adalah hal yang sangat penting saat liburan. Apa saja? Mari langsung saja kita simak.

Baca Juga :  Update Harga Mobil Baru Honda Terbaru Berbagai Tipe
Cek Kondisi General Mobil

Agar perjalanan liburan dengan menggunakan mobil pribadi menjadi lebih aman dan nyaman, melakukan pengecekan kondisi mobil sangat penting. Mengecek berbagai komponen vital pada mobil adalah hal yang utama. Seperti mengecek kondisi mesin, mengecek oli baik pada mesin ataupun transmisi, mengecek sistem pengereman, steering, dan juga air radiator. Selain itu, mengecek kondisi penerangan juga sangat penting. Untuk memastiakan dapat berkendaran dengan aman jika kondisi malam hari.

Cek Kondisi pada Kaki-Kaki

Bagian lain yang tidak kalah penting dan tak boleh luput dari pengecekan saat liburan dengan mobil pribadi adalah kaki-kaki mobil. Sebelum berangkat, pastikan cek juga kondisi ban. Cek apakah ketebalan ban masih layak digunakan untuk bepergian jauh serta cek tekanan ban. Pastikan sudah sesuai dengan standard agar aman ketika berkedara. Untuk antisipasi jika terjadi kebocoran ban di tengan perjalanan, pastikan membawa dongkrak. Berdoa dulu sebelum berangkat agar hal tersebut tidak terjadi, hehe.

Cek Kondisi AC

AC dapat menunjang kenyamanan berkendara. Jangan sampai AC mobil ternyata tak berfungsi sehingga membuat seluruh bagian mobil menjadi sangat panas ketika sedang macet-macetnya. Jadi selama perjalanan siang hari dan ketika cuaca sedang panas tak akan mengganggu karena terbantu dengan dinginnya AC ini. Sebelum memulai perjalanan ada baiknya untuk mengecek kondisi freon AC serta filter. Jika ternyata freon AC sudah berkurang, sebaiknya bawa ke bengkel untuk mengisinya.

Cek Wiper

Jika ternyata liburan bertepatan dengan musim hujan, hal yang sangat penting dan tak boleh terlewat dari pengecekan adalah wiper. Cek kondisi wiper pada kaca mobil. Jadi ketika sedang dalam perjalanan dan tiba-tiba hujan turun, wiper dapat berfungsi dengan baik. Dengan begitu pandangan akan tetap aman meskipun hujan turun lebat.

Baca Juga :  Daftar Harga Ban Mobil Terbaru Berbagai Merk

Tambahan, jika anda pergi berlibur ke tempat yang jauh dan harus melewati jalan tol, jangan lupa menyiapkan flazz atau uang e-toll ya. Jadi ketika pembayaran pada pintu tol tidak perlu lagi ribet dan susah. Dengan begitu perjalanan akan semakin mulus dan lancar. Berkendara pun akan lebih nyaman tanpa harus berlama-lama bertransaksi di pintu toll.

Jadi itulah beberapa tips menngecek mobil saat memutuskan berlibur dengan mobil pribadi. Jangan sampai liburan terganggu hanya gara-gara urusan mobil yang bermasalah di tengah perjalanan. Jika kondisi mobil prima, perjalanan liburan pun akan menjadi lebih aman dan lancar. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur dengan aman.

Leave a Comment