by

Ini Daftar Makanan Kaya Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Makanan Kaya Asam Folat Untuk Ibu Hamil – Asam folat merupakan salah satu nutrisi yang paling dibutuhkan ibu hamil. Nutrisi yang juga disebut sebagai vitamin B9 ini masuk ke dalam jenis vitamin B kompleks. memenuhi kebutuhan asam folat adalah hal wajib bagi ibu hamil. Selain suplemen yang didapatkan dari dokter, anda bisa mendapatkan asupan asam folat melalui makanan tertentu. Asupan asam folat alami ini bisa menjadi menu harian anda untuk mendapatkan kehamilan yang sehat. Manfaat asam folat sendiri memang sangat besar bagi ibu dan janin.

Baca juga : Begini Bahaya Tidur Di Pagi Hari Bagi Ibu Hamil

Makanan Kaya Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Salah satunya adalah bisa mengindarkan janin dari resiko cacat tabung saraf. Selain itu asam folat juga baik untuk memperkuat janin pada trimester awal. Nutrisi trsebut akan digunakan untuk reproduksi sel yang menghasilkan DNA dan RNA. Ibu hamil wajib memenuhi kebutuhan asam folatnya melalui berbagai makanan sehat ini. Bagi yang sedang mencari jenis makanan kaya asam folat, berikut ini berbagai daftar makanannya yang bisa menjadi pilihan anda.

Daftar Makanan Kaya Asam Folat

  1. Asparagus

Sayuran satu ini merupakan salah satu yang paling padat gizi. Terutama asam folatnya. Jika dibandingkan sayuran lainnya, kandungan asam folat pada asparagus mencapai 262 mc. Atau jika dikonsumsi bisa memenuhi kebutuhan asam folat harian hingga 65%. Kandungan nutrisi lain seperti mangan, vitamin K, C dan A juga tersedia pada asparagus yang semakin menambah nilai gizi untuk dikonsumsi.

  1. Pisang

Meskipun terkenal sebagai makanan kaya kalium, namun pisang juga kaya akan asam folat. Kandungan asam folat pada buah pisang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut sekitar 6% dari nutrisi harian. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut tentu sangat mudah dicerna oleh ibu hamil. Anda juga bisa mendapatkan sejumlah nutrisi lainnya seperti vitamin K, C, mangan, hingga serat.

  1. Seledri

Meskipun terkenal sebagai sayuran pelengkap, nyatanya kandungan asam folat pada seledri cukup tinggi. Tiap satu cangkirnya terdapat kandungan asam folat sebanyak 34 mcg. Anda bisa menambahkan sayuran hijau ini ke dalam sup ataupun telur anda. resiko cacat tabung saraf pun bisa anda cegah dengan mengonsumsi selederi secara rutin selama kehamilan.

  1. Jagung

Selain terkenal karena kandungan rendah gulanya, jagung merupakan jenis makanan pokok yang kaya asam folat. Kandungan asam folatnya mencapai 76 mikrogram setiap satu cangkirnya. Selain baik untuk ibu hamil, jagung sangat efektif sebagai sayuran penyubur kandungan. bagi yang sedang mencari makanan pokok kaya asam folat namun rendah gula, jagung bisa menjadi pililihan anda.

  1. Hati sapi

3 ons daging sapi memiliki kandungan asam folat sebanyak 215 mikrogram. Wanita hamil mesti mendapatkan asam folat sebanyak 650 mcg per hari, sedangkan pada usia subur, kebutuhan asam folatnya sekitar 400 mcg. Hati sapi bisa menjadi bahan makanan pemenuh kebutuhan asam folat yang cepat. Namun karena kandungannya yang berlemak, tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara berlebihan.

Nah itu dia berbagai jenis makanan kaya asam folat yang bisa menjadi pilihan anda untuk dikonsumsi selama hamil. Semoga bermanfaat.

Apakah Artikel ini Membantu Anda ?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *