by

Ini Daftar Makanan Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Makanan Penambah Darah Untuk Ibu Hamil – Kekurangan hemoglobin selama kehamilan sangat buruk dampaknya pada janin dan ibu hamilnya sendiri. Resiko pendarahan, aliran nutrisi untuk janin kurang maksimal, hingga keguguran bisa terjadi karena kekurangan darah. Biasanya dokter akan memberikan suplemen khusus penambah darah ketika ibu hamil memeriksakan diri. Selain rutin mengonsumsi suplemen tersebut, ibu hamil juga mesti memaksimalkan upaya penambahan darah dengan rajin mengkonsumsi makanan kaya zat besi, asam folat, kalsium, dan protein.

Baca juga : 4 Tanda Kehamilan Ektopik Terganggu Yang Perlu Diwaspadai

Makanan Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Makanan-makanan tersebut sangat baik agar produksi sel darah merah menjadi optimal. Jika ibu hamil tidak mengalami anemia, maka selama kehamilan akan terhindar dari lesu dan lelah berlebihan. Selain itu asupan nutrisi dan perkembangan janin pun menjadi lebih optimal berkat konsumsi makanan penambah darah ini. Makanan tersebut berasal dari sayuran, buah hingga susu. Berikut ini ulasan selengkapnya untuk berbagai macam makanan penambah darah bagi ibu hamil.

Berbagai Makanan Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

  1. Brokoli

Kandungan kalsium pada sayuran hijau ini cukup tinggi. Sekitar 80 mg setiap 100 gramnya. Selain itu tersedia nutrisi seperti vitamin C, serat, hingga asam folat yang sangat baik untuk menambah darah. Bagi ibu hamil, tidak disarankan mengonsumsi brokoli mentah atau setengah matang. Olah brokoli sampai matang agar tidak terdapat bakteri listeria di dalamnya. zat gizi yang ada di dalamnya sangat efektif memenuhi gizi dan menghindari anemia.

  1. Bayam

Di dalam bayam terdapat kandungan zat besi, serat, asam folat serta beta karoten. Nutrisi tersebut bermanfaat mengatasi anemia pada ibu hamil. Keta karotennya bermanfaat membantu kesehatan organ pernafasan dan pertumbuhan paru-paru pada janin. Selain efektif untuk menambah darah, bayam juga bermanfaat sebagai bahan makanan untuk menyehatkan kandungan dan menjaga kesehatan mata ibu hamil.

  1. Kurma

Kurma mampu menambah darah pada ibu hamil. Karena di dalam buah dengan rasa manis ini terdapat zat besi, kalsium, magnesium hingga vitamin A. Kebutuhan energi ibu hamil bisa tercover dengan konsumsi kurma. Makanan satu ini juga kaya serat sehingga baik untuk mengatasi sembelit. Ibu hamil yang memiliki kadar Hb rendah, maka makan kurma sebanak 100 gram bisa membantu memulihkan kondisi.

  1. Daging

Selain kaya protein, daging merupakan nutrisi yang kaya akan zat besi. Ibu hamil bisa memilih daging tanpa lemak untuk dikonsumsi setiap hari. konsumsi daging tanpa lemak ini efektif mengembalikan produksi Hb ke dalam kadar normal. Daging tanda lemak memiliki nutrisi yang lebih dibutuhkan ibu hamil dibanding daging berlemak. Karena jika mengonsumsi makanan berlemak tinggi bisa meningkatkan obesitas dan resiko penyakit jantung pada ibu hamil.

  1. Semangka

Selain kaya akan cairan, semangka merupakan jenis buah kaya likopen dan kalsium yang efektif membantu produksi hemboglobin. Penyerapan kalsium dalam tubuh pun lebih baik dan lemak dalam tubuh ibu hamil bisa dilarutkan secara baik. semangka bisa dikonsumsi sepanjang trimester kehamilan. namun konsumsilah secukupnya karena jika berlebihan akan mengganggu kesehatan kehamilan anda.

Demikian berbagai jenis makanan yang bisa anda konsumsi sebagai penambah darah selama kehamilan. semoga bermanfaat.

Apakah Artikel ini Membantu Anda ?

About Author: Tracie Aulia

Gravatar Image
Personal blogger - Hobi memasak, crafting dan travelling. Suka sekali menulis untuk sekedar berbagi informasi dan menuangkan pikiran kedalam sebuah tulisan, semoga bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment