by

Renungan, Begini Manfaat Hidup Jujur Bagi Diri Sendiri Dan Orang Lain

Kita sudah sangat akrab dengan ajaran leluhur bahwa kejujuran adalah mata uang yang berlaku dimanapun. Ajaran mulia ini memang tidak pernah lekang oleh waktu. Walaupun dewasa ini mencari pribadi yang jujur terbilang sulit namun bukan berarti kita tidak bisa belajar untuk bersikap jujur. Kejujuran akan membawa kebaikan terhadap siapapun. Baik untuk diri sendiri, orang lain, hingga hubungan kita dengan Tuhan. Walaupun dalam beberapa keadaan jujur akan membawa anda dalam kesulitan namun hal tersebut hanya berlaku beberapa saat saja.

Baca juga : Cara Mengetahui Karakter Bos Lewat Gaya Komunikasinya

Pasalnya bersikap jujur akan membawa anda kepada kebaikan untuk jangka panjang. secara fitrah, manusia juga diciptakan untuk selalu berkata dan berbuat jujur. Terbukti jika kita membuat sebuah kebohongan maka secara naluriah batin akan menolak dengan menampilkan beberapa ekspresi tertentu. Kenali secara jauh apa saja manfaat hidup jujur baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Hal ini berguna agar anda bisa lebih bersemangat untuk terus menjunjung kejujuran. Selengkapnya akan diulas lebih lanjut berikut ini.

Berbagai Manfaat Hidup Jujur Bagi Diri Sendiri Dan Orang Lain

  1. Tidak terbebani

Satu kebohongan yang kita lontarkan akan memicu kebohongan lainnya. Hal ini akan membuat kita terbebani karena pada dasarnya hati lebih nyaman dengan sikap jujur. Oleh sebab itu sudahi kebohongan yang anda buat. Cobalah bersikap jujur. Meskipun pada awalnya pahit namun untuk seterusnya anda tidak akan terbebani. Hidup pun lebih nyaman dan anda bisa melakukan hal positif lainnya karena rasa tak terbebani tersebut.

  1. Percaya pada diri sendiri

Kejujuran juga akan membuat lebih percaya terhadap diri sendiri. Anda akan lebih optimis dan mau berubah menjadi lebih baik untuk kedepannya. Jika anda saja sudah percaya terhadap diri sendiri, maka oranglain pun akan lebih mudah menaruh kepercayaan terhadap anda. Oleh sebab itu selalu junjung tinggi kejujuran demi kebaikan anda dan oranglain.

  1. Orang lain akan merasa nyaman dengan anda

Karena anda adalah pribadi yang terkenal jujur, maka orang lain yang berhubungan dengan anda pun akan selalu merasa nyaman. Mereka akan selalu yakin bahwa anda tidak akan mengecewakan siapapun yang menaruh kepercayaan karena kejujuran yang anda miliki. Hal ini tentu akan membuat anda bisa diterima bergaul di kalangan manapun berkat sifat jujur yang anda junjung.

  1. Harga diri terjaga

Orang yang kerap berbohong akan ditempatkan di strata bawah pada lingkaran pergaulan. Hal ini tentu akan membuat harga diri siapapun menjadi turun. Berbeda dengan yang kerap menjunjung kejujuran maka akan mudah dipercaya dan harga diri pun lebih terjaga. Wibawa orang yang jujur juga akan terjaga. Baik itu di kalangan teman, keluarga, hingga lingkungan masyarakat yang lebih luas.

  1. Merasa dekat dengan Tuhan

Sikap jujur merupakan salah satu fitrah atau naluriah yang diberikan Tuhan sebagai bekal untuk hidup di dunia. Jika anda menjaga fitrah yang diberikan Tuhan maka hati akan merasa lebih tentram dan merasa dekat dengan ajaranNya. Budaya jujur ini adalah ajaran yang luhur dan menjadi salah satu pondasi kokoh dalam hubungan dengan Tuhan serta orang lain.

Nah itu dia berbagai macam manfaat berperilaku jujur baik untuk diri sendiri maupun oranglain. Semoga bermanfaat dan membuat anda semakin yakin untuk selalu menjunjung kejujuran.

About Author: Tracie Aulia

Gravatar Image
Personal blogger - Hobi memasak, crafting dan travelling. Suka sekali menulis untuk sekedar berbagi informasi dan menuangkan pikiran kedalam sebuah tulisan, semoga bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed