Otomatif

Tips Memilih Aki Mobil Tepat dan Berkualitas

Tips Memilih Aki Mobil – Selain mesin, komponen apa yang sangat penting pada sebuah mobil? Jawabannya tentu saja adalah aki. Sebab aki memiliki peran yang cukup besar untuk kehidupan sebuah mobil. Tanpa adanya aki, sistem kelistrikan mobil tidak akan berjalan. Aki atau baterai ini memegang peranan yang sangat penting untuk menjalankan segala sistem kelistrikan listrik. Oleh karena itu kamu harus simak tips memilih aki mobil untuk bisa mendapatkan aki yang berkualitas dan juga tahan lama. Dengan begitu, sistem kelistrikan akan berjalan dengan baik dan stabil. Sehingga kamu bisa mengendarai mobil dengan nyaman.

Baca juga : Daftar Harga Ban Mobil Terbaru Berbagai Merk

Aki Mobil

Fungsi dari sebuah aki atau baterai ini adalah untuk menghidupkan sistem kelistrikan yang ada pada mobil. Seperti diantaranya adalah untuk lampu mobil, sistem AC, dan lain sebagainya. Mobil-mobil terbaru saat ini bahkan dilengkapi dengan berbagai fitur kelistrikan yang jauh lebih banyak sehingga membutuhkan sumber listrik yang lebih besar pula. Maka dari itulah, penting untuk memilih dan mendapatkan aki dengan kualitas yang terbaik.

Tips Memilih Aki Mobil Awet dan Berkualitas

Aki terbuat dari cairan aki dan sebetulnya terdapat dua jenis aki yang tersedia. Aki kering dan juga aki basah. Masing-masing jenis aki ini memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Aki juga memiliki masa pakai jadi sebaiknya pilih aki yang awet dan memiliki kualitas yang baik. Agar tidak salah pilih, berikut ini ada beberapa tips memilih aki mobil berkualitas agar tidak menyesal karena memilih aki yang salah.

  • Beli Aki di Penjual yang Terpercaya

Mendapatkan segala sesuatu dari penjual terpecaya adalah satu nilai plus, tak terkecuali ketika membeli aki. Dapatkan aki dari para penjual resmi sehingga tidak perlu takut akan dirugikan. Beli aki dari bengkel-bengkel resmi atau toko oednderdil yang resmi. Jika saja sampai salah memilih, bisa-bisa kamu hanya akan mendapatkan aki bekas dengan label baru. Duh, jangan sampai ya.

Baca Juga :  2019 Suzuki Baleno Facelift Akan Dirilis Tahun Depan
  • Beli Aki yang Pas dengan Mobil

Setiap mobil pasti memiliki jenis aki yang berbeda pula. Jadi tidak semua aki dapat digunakan pada mobil kamu. Pastikan membeli aki yang memang benar-benar dibuat dan dapat dipasang pada mobil kamu. Jangan sampai saat kamu sudah membeli aki, ternyata aki tidak cocok dipasang pada mobil kamu. Mulai dari model dan ukuran hingga standar tegangan aki. Hal ini hanya akan merugikan saja bukan?

  • Pilih Jenis Aki Paling Tepat

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya jika aki terbagi menjadi 2 jenis yaitu aki kering dan aki basah. Masing-masing memiliki kelebihan juga kekurangannya. Jadi pemilihan jenis aki ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya saja aki kering yang membutuhkan perawatan lebih minim dari aki basah. Tapi harga aki kering mobil ini biasanya sedikit lebih tinggi diatas aki basah.

  • Cek Kapasitas Aki

Tips memilih aki mobil yang lainnya adalah dengan melihat atau memperhatikan kapasitas dari aki. Saat membeli, perhatikan berapa dimensi aki dan tegangan aki yang sesuai dengan mobil kamu. Biasanya untuk mencegah agar aki tidak cepat soak, jangan sampai memilih aki dengan tegangan diatas standar mobil kamu.

  • Jangan Beli Aki Bekas

Jangan ragu untuk selalu membeli aki dalam kondisi baru, meskipun harganya cukup mahal. Aki yang masih baru pasti memiliki kondisi dan performa yang bagus. Berbeda jika kamu membeli aki bekas atau rekondisi. Mungkin memang harganya lebih rendah, tapi kamu tidak tahu seperti apa kondisi dari aki tersebut. Mungkin saja penggunaan aki bekas justru akan menimbulkan permasalahn pada mobil kamu nantinya.

Memilih aki adalah pertimbangan yang sangat penting karena memang aki memiliki fungsi yang sangat penting pada mobil. Pastikan pilih aki yang berkualitas dan awet. Jadi kondisi kelistrikan mobil akan stabil dan memiliki performa yang baik dan nyaman. Itulah beberapa tips memilih aki mobil yang tepat untuk bisa medapatkan aki yang berkualitas dan juga awet.

Add Comment

Leave a Comment