by

5 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Dengan Bahan Alami – Mengalami radang tenggorkan merupakan kabar buruk bagi sebagian orang, pasalnya saat kita mengalami sakit ini tentunya sangat menyiksa dan menganggu aktifitas sehari-hari, membuat kita merasa sangat tidak nyaman karena tenggorokan akan terasa panas dan sakit, sehingga mengakibatkan kesulitan saat menelan makanan.

Baca juga : Begini Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bahan Alami dan Cepat, Buktikan ya

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Dengan Bahan Alami

Yang perlu kita tahu radang tenggorokan atau  faringitis adalah sakit pada tenggorokan manusia yang disebabkan oleh radang bagian belakang tenggorokan. Nah, penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang sangat sering ditemukan di masyarakat dan dapat dialami oleh siapa saja dari segala jenis usia.

Radang tenggorokan ini biasanya dapat berlangsung ringan tetapi juga dikarenakan keganasan kuman dan bakteri penyebabnya maka pada keadaan tertentu dapat menjadi sangat berbahaya.

Jadi tentunya bagi kamu yang mengalami peradangan ini jangan mudah menyepelekan penyakit ini. Pengobatan dapat dimulai dari sekarang sangat dianjurkan agar penyakit tidak bertambah parah.

Nah, kamu salah satu manusia yang sedang mengalami radang tenggorokan? Jangan khawatir, berikut akan kami berikan informasi mengenai cara mengatasi radang tenggorokan. Namun sebelum itu, kamu juga perlu tahu gejala dan faktor penyebab radang tenggorokan yang sering menyerang tidak hanya orang dewasa namun segala usia ini.

Gejala Sakit Radang Tenggorokan

Gejala utama radang tenggorokan adalah tenggorokan yang terkena iritasi terasa sakit, nyeri, gatal dan membengkak. Selain beberapa rasa sakit yang ditimbulkan  ketika menelan makanan.

  • Mengalami nyeri otot, pusing kepala dan batuk kering maupun berdahak
  • Munculnya tonsil/amandel yang bengkak akibat radang
  • Suara parau atau serak
  • Terjadinya nyeri pada perut dan muntah-muntah, yang sering biasanya pada anak-anak
  • Pilek dan bersin-bersin
  • Kelenjar yang membesar di bagian leher

Faktor Penyebab Sakit Radang Tenggorokan

Faktor Penyebab Sakit Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, namun yang sering terjadi penyebab yang paling umum ditemukan adalah dari bakteri atau virus. Ada banyak sekali bakteri atau virus yang menjadi penyebab sakit radang tenggorokan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya seperti:

  • Coronavirus, Parainfluenza virus, dan Rhinovirus, virus tersebut yang paling umum ditemukan
  • Infeksi kotak suara atau biasa disebut Laringitis
  • Luka melepuh pada bibir yang disebebkan virus herpes tipe 1
  • Flu/Pilek yang disebabkan oleh virus influenza tipe A dan tipe B
  • Radang mata yang disebabkan oleh bakteri Adenovirus
  • Demam kelenjar yang disebabkan oleh Virus Epstein Bar (EBV) Cacar air
  • Bakteri streptokokus yang menyebabkan radang tenggorokan
  • Infeksi bakteri lainnya seperti difteri, cacar air dan batuk rejan

Selain itu ternyata alergi juga dapat memicu sakit radang tenggorokan, alergi bisa ditimbulkan dari debu polusi, bulu peliharaan, paparan asap rokok juga dikatakan dapat menyebabkan faringitis. Nah, ternyata pada musim dingin, udara ruangan yang kering dan kelembaban yang rendah juga dapat menyebabkan radang tenggorokan.

Nah setelah mengetahui gejala dan faktor penyebab sakit radang tenggorokan mari kita beralih ke cara mengatasi radang tenggorokan.

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengobati radang tenggorkan yang tengah kamu alami, diantaranya adalah:

  • Perbanyak minum cairan hangat seperti air putih, sup hangat, teh, wedang jahe
  • Jangan lupa untuk membersihkan tangan sebelum makan, setelah batuk dan setelah menggunakan toilet
  • Sebisa mungkin hindari paparan asap rokok
  • Cobalah untuk berkumur-kumur dengan antiseptik heksitidin herbal
  • Memasang pelembab dalam ruangan untuk mengatasi udara kering
  • Jangan lupa untuk tetap menjaga kekebalan tubuh agar tetap kuat melawan segala bakteri atau infeksi virus yang menyerang
  • Istirahat dengan tidur yang cukup

Selain mencoba cara diatas memang tidak salah radang tenggorokan juga memerlukan penanganan dokter. Kamu dapat pergi ke dokter THT (telinga, hidung dan tenggorokan), yang dalam masyarakat juga dikenal dengan sebutan otolaringolog, untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Biasanya pertama-pertama dokter akan memeriksa penyebab utamanya. Kemudian dokter akan melanjutkan dengan pemeriksaan ternggorokan atau tes strep cepat dengan tujuan untuk mengetahui apakah kondisi yang sedang kamu alami disebabkan oleh bakteri atau infeksi virus.

Jika yang terjadi, radang disebabkan oleh bakteri, biasanya dokter akan memberikan antibiotik. Yang perlu diingat dalam mengkonsumsi antibiotik wajib dikonsumsi selama kurang lebig seminggu dengan tujuan mencegah radang datang kembali.

Nah, Jika penyebabnya ternyata adalah virus, maka dokter tidak memberikan antibiotik, ia akan menyarankan kamu untuk banyak istirahat dan tidak lupa minum banyak air putih dan ditambah dengan mengonsumsi suplemen vitamin C.

Para penderita radang tenggorokan juga dianjurkan untuk mengkonsumsi obat-obatan penghilang nyeri seperti ibuprofen (Advil), asetaminofen (Tylenol), naproksen (Aleve) dan aspirin. Selain megandalkan pengobatan dari ahli medis, kamu juga bisa mencoba memanfaatkan  bahan alami di sekitar untuk menyembuhkan radang tengorokan. Simak informasi dibawah ini tentang cara mengatasi radang tenggorokan dengan bahan alami.

Sakit Radang Tenggorokan

Wedang jahe

Jahe merupakan salah satu rempah tradisional yang merupakan salah satu bumbu dapur yang dapat menimbulkan sensasi hangat di dalam tubuh manusia. Jahe dipercaya memiliki kandungan senyawa zingiberin yang bertujuan untuk mengatasi peradangan pada tenggorokan, melancarkan sirkulasi atau peredaran darah dalam tubuh dan menghilangkan racun (detoksifikasi).

Air Garam

Bumbu dapur untuk pelengkap rasa satu ini dipercaya sangat ampuh untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Garam memiliki sifat antiseptik yang tujuannya membunuh bakteri ataupun virus penyebab radang tenggorokan. Selain itu yang perlu kita tahu garam juga terkenal dapat melarutkan lendir yang biasanya terdapat di bagian area tenggorokan. Nah, kamu bisa mengatasi radang tenggorokan dengan dua cara, yaitu dengan menggunakan air garam untuk berkumur atau langsung meminumnya.

Lemon dan madu

Tidak salah madu memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, termasuk salah satunya dapat mengatasi radang tengorokan. Namun dipercaya supaya hasilnya lebih maksimal, sebaiknya campur dengan buah lemon. Buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi  ini dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Campur perasan air lemon dan campur dengan madu lalu minum, rasakan hasilnya pada tenggorkanmu.

Bawang putih

Masih seputar bumbu dapur, selanjutnya bagi kamu yang sedang mengalami radang tenggorokan bisa mencoba menggunakan bawang putih. Bawang putih ternyata memiliki kandungan senyawa alicin yang dapat membantu membunuh infeksi virus atau bakteri dan dapat secara ampuh mengurangi radang tenggorokan.

Buah pisang

Buah kesukaan monyet ini ternyata memiliki fungsi dalam mengatasi radang tenggorokan. Ketika radang tenggorokan menyerang yang dirasakan untuk menelan makanan pastilah sakit. Sehingga eberapa dokter menyarankan agar penderita mengonsumsi makanan yang bertekstur lembut. Nah, salah satu makanan lembut yang terkenal kaya nutrisi yang direkomendasikan oleh dokter adalah buah pisang.

Karena selain memiliki tekstur lembut, buah pisang juga terkenal memiliki kandungan potasium tinggi yang ampuh dalam mengurangi peradangan pada tenggorokan dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa mencoba membuat jus pisang sebagai salah satu cara mengatasi radang tenggorokan.

Bagaimana, berminat untuk mencoba? Informasi diatas merupakan beberapa cara mengatasi radang radang tenggorokan. Pada dasarnya radang tenggorokan akan sembuh dengan sendirinya dan seiringan dengan pulihnya sistem kekebalan tubuh. Untuk membuat sistem kekebalan tubuh  kembali normal salah satunya kamu bisa memperbanyak istirahat. Namun ingat, istirahat tidak cukup hanya tidur saja.

Kamu juga harus mengurangi aktivitas fisik seperti begadang, bekerja lembur. Kamu juga harus membiasakan diri memperbanyak mengkonsumsi air putih, idealnya kita mengonsumsi air putih minimal 2-3 liter sehari agar dapat menyeimbangkan cairan dalam tubuh kita, dengan menkonsumsi air putih yang cukup juga dapat mencegah dehidrasi yang di dapat akibat radang tenggorokan. Selamat mencoba.

Apakah Artikel ini Membantu Anda ?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 comments