by

9 Tips Dan Cara Mengatasi Susah Tidur Dengan Mudah, Ampuh!

Cara Mengatasi Susah Tidur Dengan Mudah – Tanpa melakukan tidur anda mungkin akan mendapatkan atau mengalami berbagai hal gangguan kesehatan oleh karena itu aktivitas tidur yang cukup sangatlah penting bagi tubuh kita. Ada beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa ketika seseorang yang kurang tidur atau tidak tidur selama tiga hari berturut turut maka sistem hormonal dan juga metabolisme orang tersebut akan mengalami gangguan.

Cara Mengatasi Susah Tidur Dengan Mudah

Penelitian itu juga mengungkapkan bahwa tidak hanya itu saja akan tetapi seseorang akan berisiko mengalami sakit jantung jika kurang tidur khususnya bagi mereka yang mengalami insomnia. Aktivitas tidur adalah kebutuhan vital untuk tubuh kita karena mendapatkan kualitas tidur yang akan membuat tubuh menjadi lebih bugar.

Namun ada beberapa orang yang memang sulit dalam mengawali tidur biasanya hal ini disebut dengan insomnia, jika dibiarkan hal ini akan menyebabkan tubuh tidak bugar lagi dan bisa juga membahayakan tubuh. Oleh karena itu penting sekali untuk menjaga kualitas tidur sehari hari kali ini kami akan memberikan beberapa tips supaya anda tidak kesulitan dalam mengawali tidur dan mendapatkan tidur yang berkualitas.

Akan tetapi sebelum anda mengetahui tips tips mencegah insomnia maka terlebih dahulu kita akan menjabarkan apa sebenarnya yang dimaksud dengan insomnia? Yang sering disebut dengan insomnia adalah merupakan bentuk gangguan yang berlebihan susah tidur di awal malam bukan penyakit namun jika hal ini dibiarkan maka akan berbahaya bagi tubuh karena berbagai macam penyakit akan timbul.

Banyak sekali factor yang memenyebabkan adanya gangguan insomnia ini, yakni antara lain ketika kita salah konsumsi obat atau berlebihan ketika tidur siang atau mengalami stress sampai menyebabkan adanya gejala gejala insomnia. Orang amerika juga banyak yang mengalami hal ini bukan Cuma orang Indonesia saja.

Insomnia juga ada beberapa tipe sebelum saya membahas mengenai tips pencegahan akan lebih baik jika kita mengetahui terlebih dahulu jenis jenis insomnia. Supaya kita dapat mewaspadai sejak dini.

Macam Macam Insomnia

Susah Tidur

Sudah dasarnya kalau insomnia ini diklarifikasi menjadi tiga type yang amat berbeda sesuai dengan tanda-tanda medis pasien. Menurut dokter ada tiga tipe insomnia yakni sebagai berikut:

Insomnia Kritis adalah tanda tanda seseorang akan mengalami sulit tidur dengan berjalan sampai kurang lebih sampai satu bulan yang diakibatkan oleh hal ini pasien akan mengalami halusinasi kemudian akan melihat sesuatu hal yang aneh dan macam macam. Ini merupakan insomnia atau susah tidur yang tingkatnya sudah sangat berbahaya dan harus segera diobati.

Insomnia akut merupakan gejala tidur berjalan yang dialami sekitar 1 bulanan dan pasien akan sangat susah mengawali tidur meskipun sebenarnya keadaan tubuh sangat mengantuk. Ini merupakan tingkat sedang namun jika dibiarkan akan menjadi sangat berbahaya.

Insomnia temporer merupakan gejala yang disebabkan karena adalah stress yang dialami seseorang ini biasanya dilakukan dengan berjalan cukup singkat sekitar satu mingguan. Ini merupakan insomnia yang ringan.

Tips Menghilangkan Susah Tidur Malam

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang berkualitas maka ada beberapa tips yang dapat membantu hal tersebut di antaranya adalah :

Ciptakan suasana kamar yang lebih nyaman untuk ditinggali, karena dengan keadaan kamar yang kotor akan menimbulkan suasana hati yang kacau pula dan ini akan menyebabkan tidur akan sulit dan tidak berkualitas. Beri sedikit suasana kamar dengan menata baju baju dengan rapi atau dengan menumpuk barang barang yang berserakan dengan rapi. Anda juga bisa ,menambahkan suara suara alunan lagu yang merdu untuk memicu tidur anda di awal malam.

  • Memilih warna ruangan yang tepat, warna dekorasi ruangan tempat tidur memiliki peran penting dalam menjaga tidur anda berkualitas. Memilih warna dekorasi kamar harus sesuai dengan selera keinginan anda karen menurut ahli psikologi warna sebuah ruangan sangatlah menentukan kondisi psikologi seseorang. Akan tetapi jika boleh disarankan maka anda bisa memilih warna biru muda atau hijau dedaunan muda karena warna ini sangatlah bersifat tenang dan mampu merelaksasi, dan damai. Jadi sangat mendukung suasana hati anda supaya lebih bugar untuk tidur yang berkualitas.

Tentukan ukuran Kasur yang sesuai, karena ukuran Kasur yang tidak cocok juga bisa menyebabkan kesulitan dalam memulai tidur. Yakinkan bahwa kasur yang anda pakai untuk tidur sudah nyaman atau tidak memberikan rasa tidak nyaman di bagian punggung. Kasur adalah benda yang menyokong seluruh badan jika Kasur tidak nyaman digunakan maka seluruh badan akan terasa sakit yang menyebabkan akan susah tidur.

  • Mengurangi cahaya yang berlebihan juga menjadi salah satu solusi, karena menurut jurnal kesehatan di amerika menyatakan bahwa 40 persen penduduk sana tidak dapat tidur karena disebabkan gemerlap lampu yang tertalu terang. Dan mengungkapkan bahwa seseorang yang tidur dengan lampu menyala akan lebih beresiko terkena berbagai penyakit tertentu. Oleh karena itu mengurangi cahaya saat tidur merupakan solusi yang baik untuk menjaga kualitas tidur anda yang lebih nyenyak.

Pindah letak posisi jam, jam adalah benda yang dapat mengingatkan kita kapan waktu untuk tidur akan tetapi banyak sekali orang yang terganggu tidurnya karena jam dinding apalagi jika ukurannya sangatlah besar. Bukan hanya ukuran juara detak jarum jam juga akan terasa tidak nyaman jika didengar. Suara yang dihasilkan dari suara jam dinding di kesunyian malam akan membuat anda susah tidur,  pindahkan saja jam keluar kamar atau ketempat lain.

  • Menjaga kerapian kondisi kamar, menjaga kerapian kamar sangatlah penting apalagi bagi seorang pria mungkin kerapian kamar sangatlah luar biasa karena jarang sekali kamar seorang pria terjaga sangat rapi beda lagi dengan perempuan yang memang diciptakan rajin dalam kerapian. Kerapian kamar membuat kita terasa nyaman dengan keadaan kamar kita ,suasana tersebut dapat membantu merelaksasi suasana hati yang kemudian terlelap untuk tidur.  Oleh karena itu penting sekali menjaga kondisi kerapian kamar untuk meningkatkan kualitas tidur anda.

Menjaga kesegaran udara yang memasuki ruangan kamar, udara yang segara sangatlah berperan penting untuk menjaga suasana kamar menjadi nyaman tak jarang jika orang orang kaya biasanya memakai uap elektronik yang bisa memberikan udara segara dikamar. Dengan usara yang segara maka pernafasan anda akan semakin stabil sehingga membuat tubuh anda lebih nyaman jika akan tidur. Anda juga bisa menggunakan alat pembersih udara untuk menghindari tercemarnya udara kotor diruangan anda.

  • Hindari makan sebelum tidur, makan merupakan hal yang tidak bisa dihindari karena kebutuhan manusia adalah makan makanan supaya tidak kelaparan. Akan tetapi saya sarankan jangan makan sebelum tidur karena perut akan lebih aktif mencerna makanan saat makanan masuk kedalam perut hal ini dapat menyebabkan insomnia atau susah tidur. Jika anda merasa lapar dimalam hari cegah dengan perbanyak minum air mineral.

Jangan mengkonsumsi kafein, kopi sangatlah buruk bagi anda yang ingin menjaga kualitas tidur. Karena kopi mengandung kafein yang mampu membuat kita tetap terjaga di malam hari. Kafein yang ada didalam kopi akan membuat jantung kita terus berdegup kencang dan membuat mata terjaga oleh karena itu kopi sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi sebelum tidur.

Apakah Artikel ini Membantu Anda ?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment