by

Catat ya Bun, Berikut Berbagai Nutrisi Penting Untuk Ibu Hamil

Kekurangan nutrisi akan menyebabkan berbagai resiko kesehatan selama kehamilan. resiko bayi lahir prematur, kelahiran cacat, sampai keguguran bisa terjadi jika ibu hamil kekurangan asupan nutrisi. Biasanya dokter akan memberikan suplemen seperti asam folat, zat besi dan suplemen lainnya yang berisi nutrisi penunjang kehamilan. hal ini membuat kita mesti paham bahwa nutrisi tersebut memang sangat diperlukan. selain pada suplemen dokter, nutrisi tersebut juga bisa anda dapatkan dari berbagai jenis makanan.

Baca juga : Manfaat Kurma Muda Untuk Program Hamil

Masing-masing jenis makanan seperti daging, buah hingga sayuran mengandung nutrisi yang penting bagi kehamilan. anda mesti tahu apa saja nutrisi penting tersebut beserta manfaatnya. Hal ini agar anda lebih bersemangat dalam mengatur pola makan. Ibu hamil memiliki kebutuhan khusus untuk asupan nutrisi yang cukup setiap harinya. Maka dari itu di bawah ini akan diulas lebih lengkap untuk berbagai jenis nutrisi untuk ibu hamil beserta kadarnya yang mesti anda konsumsi selama kehamilan.

Nutrisi Penting Untuk Ibu Hamil

1. Kolin

Kolin bisa anda dapatkan dari kacang pistachio, brokoli, kentang, daging unggas, sapi dan ikan. Nutrisi tersebut berfungsi sebagai penunjang perkembangan tabung dan sistem saraf pusat janin. Selain itu untuk perkembangan memori, kolin bisa menjadi zat pendukungnya. Anda bisa memenuhi asupan kolin per hari sebanyak 450 mg. Konsumsi makanan tersebut secara rutin.

2. Omega 3

Omega 3 berfungsi mengurangi resiko kelahiran prematur, pre-eklampsia, hingga hipertensi pada ibu hamil. Asam lemak omega 3 memiliki dua jenis yaitu DHA dan EPA. Kebutuhan DHA yang harus dipenuhi ibu hamil sekitar 300 mg per hari. sementara EPA sendiri sebesar 220 mg per hari. anda bisa memperoleh sumber tersebut dari ikan salmon, tuna, dan minyak biji rami.

3. Zat besi

Fungsi zat besi adalah mengangkut oksigen ke dalam darah untuk membantu perkembangan janin. Selain itu zat besi juga efektif untuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi janin. Selain suplemen zat besi yang diberikan dokter, anda mesti mengimbanginya dengan mengonsumsi berbagai makanan seperti daging unggas, daging sapi, ikan, kuning telur, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

4. Kalsium

Nutrisi yang terdapat pada susu, keju, youghurt, serta sereal ini mesti dikonsumsi ibu hamil sebanyak 1000 mg per hari. porsi tersebut memang cukup besar namun sebanding dengan manfaatnya untuk ibu hamil dan janin. Nutrisi tersebut bermanfaat membantu pengaturan tekanan darah. Selain itu bagi ibu hamil dan janin, kalsium bermanfaat memelihara kesehatan tulang.

5. Asam folat

Asam folat bermanfaat membantu perkembangan saraf tulang belakang bayi. Selain itu, nutrisi tersebut juga bermanfaat untuk mencegah ibu hamil dari resiko pendarahan. Konsumsi asam folat sebanyak 600 mg setiap hari. selain dari suplemen dokter, anda bisa mendapatkan asam folat dari makanan seperti kacang-kacangan, alpukat, asparagus, hingga berbagai macam sayuran hijau lainnya.

Demikian beberapa jenis nutrisi yang sebaiknya dikonsumsi secara cukup selama kehamilan demi kesehatan buah hati dan kandungan anda. semoga bermanfaat.

About Author: Tracie Aulia

Gravatar Image
Personal blogger - Hobi memasak, crafting dan travelling. Suka sekali menulis untuk sekedar berbagi informasi dan menuangkan pikiran kedalam sebuah tulisan, semoga bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *