Pakaian Adat

Pakaian Adat Banten Lengkap dengan Gambar dan Penjelasannya

Pakaian Adat Banten – Indonesia memiliki wilayah dan daerah yang cukup banyak dan luas, yang mana seluruh daerah dan wilayah yang ada di Indonesia itu sendiri memiliki tradisi dan budaya yang khas dan unik serta berbeda antara wilayah yang satu dengan yang lainnya.

Bentuk tradisi dan budaya Indonesia diwujudkan dalam beberapa hal misalnya seperti tarian, adat istiadat, upacara dan juga suatu hal yang dikenakan yakni pakaian adat. Pakaian adat di setiap daerah dan wilayah yang ada di Indonesia juga berbeda-beda dan memiliki keunikan dan juga ciri khas yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya.

Baca juga : Pakaian Adat Jakarta yang Masih Sering Digunakan

Pakaian Adat Banten Lengkap dengan Gambar dan PenjelasannyaPakaian Adat Banten Lengkap dengan Gambar dan Penjelasannya

Sejarah Banten

Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai pakaian adat Banten. Sebelumnya kami akan menjelaskan terlebih dahulu sejarah kota Banten. Banten sendiri pada awalnya merupakan daerah administratif Jawa Barat. Namun, pada tahun 2000, Banten mulai memisahkan diri dari Jawa Barat dan secara resmi sejak saat itu, Banten merupakan salah satu provinsi yang ada di pulau jawa Bagian Barat.

Suku asli Banten sendiri bukanlah suku Suku Sunda, akan tetapi suku asli Banten sendiri adalah suku Badut yang adat dan budayanya tentulah berbeda dengan adat dan budaya Sunda. Namun, apabila ditinjau dari segi sisi kebudayaan dan adatnya. Banten memliki kemiripan adat dan budaya dengan Jawa Barat begitu juga dengan pakaian adat yang dikenakannya. Namun, walaupun demikian Banten tetap memiliki ciri adat dan budaya yang memiliki ciri khas unik dan berbeda.

Pakaian adat Banten yang cukup unik dan masih dilestarikan dari dulu hingga sekarang adalah pakaian adat suku Baduy Banten yang masih tetap dilestarikan dari dulu hingga sekarang. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini akan kami jelaskan secara lebih lengkap tentang baju adat Banten. Langsung saja mari kita simak ulasannya.

Nama dan Jenis Pakaian Adat Banten

Nama dan Jenis Pakaian Adat BantenNama dan Jenis Pakaian Adat Banten

Nama dan jenis pakaian adat Banten sendiri di golongkan atau dikategorikan berdasarkan pada fungsi dan tujuan pemakaiannya. Misalnya pada saat masyarakat Banten akan menggelar acara pernikahan, maka masyarakat Banten akan mengenakan pakaian adat pengantin Banten yang secara khusus memang untuk sepasang pengantin.

Baca Juga :  Koleksi Pakaian Adat Batak yang Unik Tradisional Hingga Modern

Begitu juga pada saat akan melaksanakan acara atau aktivitas lainnya, mereka juga akan mengenakan pakaian adat Banten yang sesuai dengan fungsinya. Untuk lebih jelasnya mari kita simak secara lebih lengkap jenis pakaian adat Banten yang biasanya akan dikenakan pada acara-acara tertentu ataupun untuk beraktivitas sehari-hari.

Pakaian Adat Pengantin Banten

Seperti yang kita tahu bahwa sudah hampir seluruh daerah atau wilayah atau provinsi yang ada di seluruh Indonesia memiliki pakaian adat daerah yang secara khusus dikenakan oleh sepasang pengantin di acara pernikahannya. Dan sudah pasti pakaian adat pengantin antara satu daerah atau wilayah yang lainnya memiliki ciri khas dan keunikan yang berbeda-beda. Begitu juga masyarakat Banten, mereka memiliki pakaian adat pengantin Banten.

Pakaian Adat Pengantin Banten SundaPakaian Adat Pengantin Banten Sunda

Baju adat pengantin Banten merupakan pakaian khusus sepasang pengantin yang menggelar acara berdasarkan adat Banten yang biasa disebut dengan pakaian adat penganten Banten lengkap dengan aksesoris atau hiasan yang membuatnya berbeda satu dengan yang lainnya antara laki-laki dan perempuan.

Pakaian adat penganten pria mengenakan blangkon khas Banten yang merupakan penutup kepala, baju koko dengan motif berkerah sebagai atasan, kain samping dengan corak batik khas Banten sebagai bawahan yang dililitkan pada pinggang, lalu juga mengenakan beubeur atau sabuk dengan kain corak batik banten serta mengenakan sandal atau sepatu selop tradisional sebagai alas kakinya lengkap dengan pedang atau sebilah parang atau golok yang diselipkan di bagian pinggang.

Pakaian Adat Pengantin BantenPakaian Adat Pengantin Banten

Sedangkan untuk pengantin wanita Banten mengenakan kembang goyang warna emas sebagai hiasan kepala, rangkaian bunga melati yang diselipkan pada sanggul, baju kebaya khas Banten sebagai atasan, seedang kain yang diselempangkan pada bahu,kain motif batik Banten yang dililitkan pada pinggang dan sandal atau sepatu selop sebagai alas kaki.

Sedangkan untuk aksesoris hiasan tambahannya yang dikenakan olehd pengantin wanita berupa anting, kalung, cincin, gelang dan aksesoris pelengkap atau perhiasan lainnya.

Pakaian Adat Suku Baduy Banten

Selanjutnya pakaian adat Banten yang cukup terkenal dan memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri adalah pakaian adat suku Baduy Banten Suku Baduy dibagi menjadi dua kriteria suku yakni suku Badui dalam dan juga suku Baduy luar.

Pakaian Adat Suku Baduy BantenPakaian Adat Suku Baduy Banten

Dua kriteria suku Baduy tersebut dilihat dari reaksi mereka terhadap orang yang berada di luar suku Baduy. Namun, keduanya masih tetap saja masih memegang erat nilai adat dan budaya yang terus mereka lestarikan.

Baca Juga :  Pakaian Adat Bali yang Klasik hingga Modern yang Khas dan Unik

Suku Baduu dalam merupakan masyarakat yang bereaksi terhadap orang luar suku Baduy denga cara tidak mau berinteraksi dengannya. Hal ini karena suku Baduy dalam menganggap suku luar akan memberikan dampak yang cukup buruk terhadap mereka.

Pakaian Adat Suku Baduy Banten WanitaPakaian Adat Suku Baduy Banten Wanita

Hal ini tentu berbeda dengan suku Baduy Luar yang mana mereka bereaksi terbuka pada setiap orang luar suku yang masih ingin berinteraksi dengan mereka. Nah, berikut ini penjelasan mengenai baju adat suku Baduy Banten baik suku luar ataupun suku dalam.

Baju Adat Suku Baduy Dalam

Baju Adat Suku Baduy Dalam AnakBaju Adat Suku Baduy Dalam Anak

Pertama kami akan menjelaskan mengenai baju adat suku Baduy dalam. Untuk pakaian adat suku Baduy dalam khusus laki-laki disebut dengan nama baju Jamang Sangsang karena dikenakan dengan cara disangsangkan atau digantung pada badan. Untuk bawahannya mereka akan mengenakan busana bawahan kain pintalan kapas lengkap dengan pemakaian ikat kepala dari kain putih.

Baju Adat Suku Baduy Dalam PriaBaju Adat Suku Baduy Dalam Pria

Sedangkan baju adat suku Baduy dalam yang dikenakan oleh wanita yakni berupa kain lebar dan panjang yang juga terbuat dari kapas dan warnanya biru gelap kehitaman yang dikenakan untuk aktivitas sehari-hari. Kain yang lebar dan panjang tersebut dapat menutupi bagian badan hingga tumit.

Pakaian Adat Suku Baduy Luar

Pakaian Adat Suku Baduy Luar PraPakaian Adat Suku Baduy Luar Pra

Untuk pakaian adat suku Baduy Luar memiliki pakaian adat dengan desain yang terbilang cukup dinamis. Desain yang dinamis maksudnya adalah desain pakaian sudah memiliki kancing dan saku dan bahannya pun jugab tidak hanya terpaki pada bahan kain berupa kapas asli saja.

Pakaian Adat Suku Baduy Luar WanitaPakaian Adat Suku Baduy Luar Wanita

Untuk warnanya pada umumnya, baju adat suku Baduy luar ini memiliki warna hitam yang cenderung gelap dengan desain atau motif. Pakaian adat suku Baduy luar disebut juga dengan baju kelelawar atau baju kampret lengkap dengan pemakaian ikat kepala denganb kain warna biru tua corak batik.

Untuk anak-anak suku baduy baik anak suku baduy luar ataupun dalam juga menggunakan pakaian dengan model yang sama dengan yang dikenakan orang dewasa hanya saja ukurannya lebih kecil.

Itu dia informasi dan penjelasan tentang pakaian adat Banten. Semoga menambah wawasan Anda, terimakasih.

User Review
( votes)

Add Comment

Leave a Comment