Pakaian Adat

Koleksi Pakaian Adat Batak yang Unik Tradisional Hingga Modern

Pakaian Adat Batak – Kebudayaan di Indonesia yang beragam berasal dari bermacam-macam suku yang ada.  Setiap suku memiliki kebudayaan dan ciri khas tersendiri seperti pada pakaian adat yang dikenakan.

Koleksi Pakaian Adat Batak yang Unik Tradisional Hingga ModernKoleksi Pakaian Adat Batak yang Unik Tradisional Hingga Modern

Ciri khas pada pakaian adat tersebut juga memiliki simbol dan makna tersendiri sesuai dengan daerah masing-masing. Dimana Pakaian adat adalah salah satu simbol identitas bagi suatu suku serta menjadi simbol yang paling mudah untuk membedakan antara satu suku dengan yang lainnya.

Baca juga : Pakaian Adat Jambi yang Unik dan Berbeda dengan Daerah Lainnya

Ragam Jenis Pakaian Adat Suku Batak

Ragam Jenis Pakaian Adat Suku BatakRagam Jenis Pakaian Adat Suku Batak

Pakaian adat yang akan dibahas kali adalah pakaian adat Batak yang berasal dari suku Batak di Provinsi Sumatera Utara. Suku Batak sendiri terbagi menjadi 4 suku yang mempunyai pakaian adat dengan ciri khas masing-masing.

Baju Adat Batak Toba

Pakaian Adat Batak Toba ModernPakaian Adat Batak Toba Modern

Suku Batak Toba mendiami Pulau Toba, mereka memiliki identitas sendiri yang dapat dibedakan dari pakaian adatnya dan memiliki ciri khas yang berbeda. Kain ulos adalah pakaian adat sehari-hari bagi suku batak Toba. Selain itu, di Tingkat Nasional kain ulos juga menjadi ikon pakaian adat Sumatera Utara.

Memiliki warna pakaian yang cerah dan motif geometris. Cara penggunaan pakaian adat batak toba adalah dengan melilitkan kain baik untuk atasan dan bawahan. Selain untuk orang dewasa,  anak-anak juga mempunyai pakaian adatnya tersendiri, digunakan untuk setiap kegiatan upacara adat.

Bagi wanita batak toba adalah dengan memakai ikat kepala dengan bahan kain ulos. Sedangkan bagi pria, wajib menggunakan tutup kepala seperti topi yang ujungnya lancip ke atas. Pria menggunakan tutup kepala karena memiliki makna berupa pria sebagai pemimpin kaum wanita.

Baju Adat Batak Mandailing

Baju Adat Batak MandailingBaju Adat Batak Mandailing

Penduduk Suku Batak Mandailing  tersebar tinggal di daerah Tapanuli Selatan, Mandailing Natal. Pakaian adat suku ini sekilas menyerupai pakaian adat batak toba.

Untuk para pria memakai baju lengan panjang, celana panjang dan lilitan sarung yang berasal dari kain ulos yang memiliki warna senada dengan baju adatnya. Motif sarungnya berupa geometris dan hasil tenun manual.  Pria juga menggunakan perhiasan kalung dan gelang tangan dengan bahan logam berwarna kuning emas.

Penutup kepala pada pakaian adat pria batak mandailing menggunakan kopiah besar berwarna hitam dan terdapat hiasan emas disekeliling kopiah tersebut. Bentuk ukurannya adalah disesuaikan dengan kepala pemakainya. Penutup kepala dari suku batak mandailing memiliki ciri khas yang berbeda dan memberikan kesan gagah.

Baca Juga :  Pakaian Adat Lampung dari Tradisional Hingga Modern

Pakaian adat wanita batak mandailing mengenakan pakaian lengan panjang dan memiliki panjang hingga lutut. Untuk rok bawahannya berupa kain yang dililit seperti rok panjang. Pada bagian depan menggunakan kain ulos yang disilangkan sebagai penanda suku Batak Mandailing. Untuk warna pakaian adat wanita ini memakai warna merah dan hitam.

Tidak ketinggalan beberapa perhiasan yang digunakan bagi kaum wanita seperti kalung, gelang dan anting. Juga menggunakan hiasan kepala yang sangat indah yaitu sebuah mahkota yang berwarna kuning terbuat dari logam berukuran cukup tinggi.

Baju Adat Batak Karo

Baju Adat Batak KaroBaju Adat Batak Karo

Suku Batak Karo tinggal di Kabupaten Karo dan merupakan suku mayoritas yang ada di Sumatera Utara. Suku batak karo adalah suku asli batak namun pakaian adat yang dikenakan adalah campuran budaya Aceh dan Sumatera Utara.

Pakaian adat sehari-hari masyarakat suku batak karo disebut juga Uis Gara.  Terbuat pintalan kapas yang disebut Uis Gara. Uis gara adalah kain merah yang ditenun dengan campuran warna hitam atau putih. Motif pada kain ini ditenun dari benang emas atau perak.

Pakaian adat batak karo kebanyakan memakai warna merah dan hitam. Juga dipadukan dengan perhiasan emas. Bagi pria maupun wanita wajib menggunakan perhiasaan emas ketika memakai pakaian adat batak karo. Selain itu juga memakai hiasan kepala seperti suku batak lainnya.

Baju Adat Batak Simalungun

Baju Adat Batak SimalungunBaju Adat Batak Simalungun

Batak Simalungun merupakan suku yang bermukim di kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Pakaian adat batak simalungun sedikit berbeda dari pakaian adat suku batak lain yaitu terletak pada penggunaan hiasan kepala. Hiasan penutup kepala ini terbuat dari bahan kain yang dililitkan hingga menjadi tumpukan yang tinggi.

Ciri khas pakaian adat batak simalungun untuk pria maupun wanita, memiliki panjang sampai lutut sehingga tergolong sopan. Pakaian adat wanitanya memiliki lengan yang panjang dengan corak khas yaitu corak emas dan merah dan terlihat menambah keanggunan bagi pemakainya. Pakaian adat batak simalungun memang terlihat cukup berbeda dari pakaian adat batak suku lain.

Baju Adat Batak Modern

Baju Adat Batak ModernBaju Adat Batak Modern

Pakaian adat suku-suku yang ada disetiap daerah Indonesia biasanya sering digunakan sebagai pakaian pengantin. Hal ini untuk menunjukkan simbol kedaerahan dari pengantin tersebut.

Namun sekarang, masih banyak pula kalangan muda yang belum mengenal pakaian adat daerah mereka dan kebanyakan pula masih enggan mengenakan pakaian adat daerah karena lebih menyukai model pakaian dari luar negeri. Oleh karena itu pakaian pengantin suku batak telah didesain dengan model yang lebih modern sehingga banyak disukai oleh kalangan muda.

Baca Juga :  Pakaian Adat Jakarta yang Masih Sering Digunakan

Pakaian Adat Batak Pengantin Toba Modern 

Pakaian pengantin wanita suku batak toba khususnya menggunakan desain  baju kebaya yang membuatnya tampil cantik serta menawan. Model kebaya ini telah banyak dimodifikasi dengan model masa kini. Meskipun begitu tetap diberikan sentuhan awal dari budaya pakaian adat suku batak toba.

Salah satu model yang bisa digunakan untuk calon pengantin wanita yang memakai adat Batak Toba adalah model kebaya berwarna merah menyala yang dikombinasikan dengan Sortali (ikat kepala). Bisa juga memilih kebaya merah panjang dengan taburan mutiara di padankan dengan sortali dan mawar merah, model ini memberikan kesan yang mewah.

Begitu pula dengan pakaian adat pengantin pria batak toba harus memiliki model yang terlihat sesuai jika dipasangkan dengan kebaya pengantin wanita batak toba seperti memakai setelan jas dengan dasi dan penutup kepala.

Baju Adat Pengantin Batak Karo Modern

Pakaian Adat Pengantin Batak Karo ModernPakaian Adat Pengantin Batak Karo Modern

Pengantin adat Batak Karo selain menggunakan model kebaya merah,  juga memakai tudung atau topi kain khas wanita batak karo serta memakai kain tenun 3 lapis yang akan membuat penampilan pengantin wanita terlihat mewah. Kombinasi warna merah dan emas bisa dijadikan pilihan untuk calon pengantin pada acara pemberkatan maupun resepsi.

Baju Adat Modern Pengantin Batak Mandailing

Pakaian Adat Modern Pengantin Batak MandailingPakaian Adat Modern Pengantin Batak Mandailing

Model kebaya berwarna cream dipadukan dengan kain yang disilangkan didada adalah model yang sangat elegan untuk acara pernikahan adat Batak Mandailing. Serta memakai hiasan kepala berupa bulang berwarna emas layaknya seperti mahkota seorang Ratu menambah keindahan dan keanggunan pengantin wanita. Untuk pengantin pria nya juga menggunakan pakaian dengan warna yang senada dengan pengantin wanita.

Baju Adat Batak Modern MandailingBaju Adat Batak Modern Mandailing

Pilihan model lain seperti pakaian dengan warna merah juga bisa menjadi pilihan untuk pengantin pria dan wanita batak mandailing. Pengantin pria  memakai ampu atau penutup kepala berwarna hitam dikombinasikan dengan baju godang atau baju khas pengantin pria berwarna  merah. Pengantin wanitanya memakai pakaian dengan warna serupa.

Tidak hanya memakai kebaya, pengantin wanita juga memadukan mahkota atau bulang dengan pakaian dari kain ulos serta bobar atau ikat pinggang berwarna emas.  Model ini menunjukkan kesan adat batak yang lebih kental.

Demikianlah informasi yang dapat diberikan untuk anda tentang Pakaian Adat Batak,  semoga bermanfaat dan menambahan wawasan kita semua.

User Review
( votes)

Add Comment

Leave a Comment