Pakaian Adat

Pakaian Adat Bengkulu Tradisional Hingga Modern untuk Pernikahan Adat yang Kental

Pakaian Adat Bengkulu – Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan budaya dari berbagai suku bangsa yang ada di dalamnya. Hal inilah yang menjadi kebanggaan dari masyarakat Indonesia. Tidak hanya kaya akan pesona dan keindahan alamnya saja, Indonesia juga kaya akan adat dan budayanya yang sampai saat ini masih sangat kental dan masih dilestarikan oleh masyarakat yang berada di daerah atau wilayahnya masing-masing.

Baca juga : Koleksi Pakaian Adat Batak yang Unik Tradisional Hingga Modern

Nama Pakaian Adat BengkuluPakaian Adat Bengkulu

Kekayaan adat dan budaya masyarakat Indonesia tercermin dari adanya tarian budaya hingga pakaian adat yang masih sering digunakan dari dulu hingga sekarang.Walaupun jaman sudah modern, pakaian adat di beberapa wilayah juga mengikuti perkembangan jaman yang juga semakin modern seperti yang ada pada saat ini.

Pakaian adat di masing-masing daerah masih digunakan di beberapa acara tertentu, termasuk juga pakaian adat Bengkulu. Pakaian adat Bengkulu adalah pakaian asli masyarakat bengkulu yang dahulu digunakan sehari-hari. Berbeda dengan saat ini, pakaian adat Bengkulu hanya digunakan di beberapa acara penting dan bersifat formal.

Nama Pakaian Adat Bengkulu untuk WanitaNama Pakaian Adat Bengkulu untuk Wanita

Seperti pada saat diadakan upacara adat, acara yang berhubungan dengan adat istiadat dan budaya masyarakat bahkan yang paling sering pada saat ini baju adat bengkulu sering dikenakan pada saat menggelar acara pernikahan. Ya, masyarakat asli bengkulu pada umumnya akan menggelar pesta pernikahan dengan menggunakan baju pengantin adat Bengkulu yang sangat unik dan khas.

Sama dengan pakaian adat yang berasal dari wilayah atau daerah yang lainnya, baju adat Bengkulu juga sering dijadikan sebagai pilihan baju pengantin yang dikenakan. Hal inilah yang membuat seluruh pakaian adat yang ada di Indonesia tetap lestari dari dulu hingga sekarang.

Mengenal Nama Pakaian Adat Bengkulu

Sama seperti pakaian adat yang lainnya, baju adat Bengkulu juga memiliki nama sendiri yang diberi oleh masyarakat sekitar. Baju adat bengkulu atau biasa disebut dengan pakaia adat melayu Bengkulu yang terdiri dari pakaian pria dan wanita.

Pakaian Adat Bengkulu Tradisional Hingga ModernPakaian Adat Bengkulu Tradisional Modern

Pakaian adat bengkulu pria terdiri dari jas, sarung, celana panjang dan alas kaki. Tidak hanya itu, penampilannya juga dilengkapi dengan tutup kepala dan sebuah keris sebagai aksesoris. Pada umumnya, pria Bengkulu akan menggunakan jas dengan warna gelap misalnya seperti hitam dan biru tua walaupun ada juga yang menserasikan dengan pakaian wanitanya yang berwarna cerah.

Baca Juga :  Ini Dia Pakaian Adat Papua Lengkap dengan Gambarnya

Sedangkan untuk pakaian wanita Bengkulu biasanya terdiri dari baju kurung berlengan panjang terbuat dari bahan beludru dengan hiasan bertabur corak dan sulaman emas dengan bentuk berlempeng-lempeng bulat bak uang logam. Pada umumnya baju adat wanita Bengkulu berwarna merah walaupun pada saat ini banyak baju adat wanita Bengkulu modern dengan berbagai macam warna. Namun, yang paling khas masih terdapat hiasan emas pada baju yang dikenakan.

Tak lupa dihiasi dengan aksesoris penutup kepala bak mahkota emas, kalung dan sarung songket bahan sutra yang dipadukan dengan baju kurang khas Bengkulu.

Pakaian Adat Bengkulu Tradisional Hingga Modern

Pakaian Adat Bengkulu untuk Pernikahan dan PengantinBaju Adat Bengkulu untuk Pernikahan dan Pengantin

Baju adat Bengkulu tersedia pakaian adat tradisional hingga modern. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa pakaian adat Bengkulu juga mengalami perkembangan model sesuai dengan perkembangan jaman yang ada pada saat ini.

Baju adat Bengkulu tradisional dikenakan sebagai pakaian sehari-hari dan saat ada acara tertentu pada jaman dahulu. Sedangkan pada saat ini, pakaian adat Bengkulu hanya digunakan sebagai baju pengantin adat bagi masyarakat Bengkulu.

Hal yang membedakan antara model baju adat Bengkulu tradisional dengan baju adat bengkulu modern adalah model dan bahannya yang terus mengalami perkembangan. Modelnya juga mengalami modifikasi yang semakin modern hingga saat ini. Tak heran jika banyak masyarakat yang menggunaan baju pengantin adat Bengkulu untuk acara pernikahannya karena memang modelnya tidak ketinggalan jaman dan selalu update model modifikasi terbaru.

Pakaian Adat Bengkulu untuk Pernikahan

Pakaian Adat Bengkulu untuk PernikahanBaju Adat Bengkulu untuk Pernikahan

Jika dahulu baju adat Bengkulu yang terkesan mewah dan elegan hanya dapat digunakan oleh para kalangan bangsawan. Namun, pada saat ini semua orang dapat mengenakan pakaian adat Bengkulu untuk berbagai macam acara. Bahkan tidak hanya masyarakat Bengkulu saja, masyarakat umum yang lainnya juga bisa menggunakan baju adat Bengkulu pada saat ini.

Baju pengantin adat yang juga masih banyak digunakan dan dilestarikan pada saat ini adalah baju adat pengantin Bengkulu yang sangat unik, khas dan berbeda dengan yang lainnya. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai beberapa baju pengantin adat Bengkulu tradisional hingga baju adat pengantin Bengkulu modern yang dapat Anda jadikan referensi.

Baca Juga :  Pakaian Adat Kalimantan Dari Berbagai Macam Daerah

Pakaian Adat Pengantin Bengkulu Tradisional

Pakaian Adat Pengantin Bengkulu TradisionalBaju Adat Pengantin Bengkulu Tradisional

Baju pengantin adat Bengkulu tradisional ini adalah baju adat yang sering dikenakan oleh para masyarakat Bengkulu pada jaman dahulu. Walalupun ada juga yang masih menggunakannya agar tradisi, adat dan budaya semakin bertambah kental.

Pakaian Pengantin Adat Bengkulu TradisionalBaju Pengantin Adat Bengkulu Tradisional

Pakaian adat pengantin Bengkulu pada umumnya memiliki warna gelap dan terang seperti warna gelap hitam, biru tua, merah untuk pasangan pengantin dengan aksesoris dan hiasan denagn warna gold yang memberikan kesan mewah dan elegan.

Baju pengantin wanita Bengkulu berupa baju model kurung selutut lengkap dengan rok bawahannya dengan warna senada. Ada yang berwarna merah dan ada juga yang hitam khas baju tradisional Bengkulu. Sedangkan untuk pakaian adat pria Bengkulu menggunakan jas dengan warna yang senada dengan pengantin wanita. Keduanya dilengkapi dengan aksesoris berupa tutup kepala, kain songket bahan sutra dan mahkota emas yang menghiasa kepala mempelai wanita.

Baju Pengantin Adat Bengkulu Modern

Baju pengantin adat Bengkulu mengalami perkembangan hingga saat ini karena masyarakat juga ingin tampil tradisional namun dibarengi dengan sentuhan modern. Anda bisa mengenakan baju pengantin adat bengkulu dengan desain yang sudah dimodifikasi dan modern seperti yang ada pada gambar berikutnya.

Baju Pengantin Adat Bengkulu ModernBaju Pengantin Adat Bengkulu Modern

Perbedaannya juga tidak terlalu mencolok, pada umumnya baju adat Bengkulu untuk pengantin ini mengalami modifikasi pada bagian model baju yang dibuat dengan adanya sedikit sentuhan modern. Namun, masih tetap identik dengan hiasan emas yang ada di bagian-bagian baju. Dilengkapi dengan aksesoris berupa mahkota dan kalung emas untuk mempelai wanita.

Sedangkan mempelai pria mengenakan aksesoris keris dan penutup kepala dengan bentuk kerucut seperti yang ada pada gambar. Untuk bajunya yakni jas dan celana panjang dengan warna dan hiasan emas senada dengan mempelai wanita.

Baju Pengantin Adat Bengkulu Modern BerhijabBaju Pengantin Adat Bengkulu Modern Berhijab

Bahkan bagi Anda yang berhijab sekalipun tidak perlu bingung dan khawatir untuk menggunakan baju adat Bengkulu pengantin karena pada saat ini sudah banyak baju adat pengantin Bengkulu yang juga dimodifikasi dengan balutan hijab yang akan membuat Anda tampil cantik, anggun, mewah dan elegan dengan hijab Anda.

Itu dia beberapa inspirasi model pakaian adat Bengkulu mulai dari yang tradisional hingga modern. Semoga menginspirasi, terimakasih.

User Review
( votes)

Add Comment

Leave a Comment