Pakaian Adat

Pakaian Adat Dayak yang Melegenda Wajib Diketahui

Pakaian Adat Dayak – Tak hanya terkenal dengan keindahan dan pesona alamnya saja, Negara kita Indonesia juga terkenal dengan kekayaan tradisi dan budayanya yang sangat unik dan berbeda satu dengan yang lainnya. Tradisi dan budaya Indonesia ada banyak dan tersebar di seluruh Negara Indonesia. Ya, setiap daerah dan wilayah yang ada di Indonesia memiliki ciri khas budaya dan tradisi yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Baca juga : Pakaian Adat Kalimantan Dari Berbagai Macam Daerah

Pakaian Adat Dayak yang Melegenda Wajib DiketahuiPakaian Adat Dayak yang Melegenda Wajib Diketahui

Sebelumnya kami sudah menjelaskan mengenai pakaian adat kalimantan yang juga termasuk di dalamnya ada pakaian adat Dayak. Namun, ternyata pakaian adat Dayak ini masih banyak jenis dan macamnya yang membuatnya unik satu dengan yang lainnya.

Kalimantan sendiri merupakan suatu pulau yang terdiri dari berbagai macam suku diantaranya ada suku Berau, suku Tidung, suku Banjar, suku Kutai, suku Paser, suku Melayu dan juga suku Dayak. Dari banyaknya suku yang ada di Kalimantan salah satu suku yang terkenal adalah suku dayak. Suku dayak menjadi pusat perhatian bagi masyarakat lokal hingga masyarakat mancanegara sekalipun karena memiliki keunikan dan ciri khas yang tidak terpisahkan dari pulau Kalimantan yang dijuluki dengan pulau Borneo ini.

Suku Dayak sendiri diberi nama oleh masyarakat pedalaman yang berada di hulu sungai Kalimantan. Dayak sendiri merupakan sub suku yang paling besar yang mendiami pedalaman kalimantan ada suku Dayak Ngaju yang berada di Kalimantan tengah, Dayak barito yang berada di sepanjang sungai Barito dan juga suku Dayak kenyah yang berada di Kalimantan Tmur.

Untuk lebih jelasnya berikut ini akan kami ulas mengenai pakaian adat Dayak yang melegenda dari dulu hingga sekarang. Langsung saja mari kita simak ulasannya berikut ini.

Nama Pakaian Adat Dayak

Nama Pakaian Adat DayakNama Pakaian Adat Dayak

Pakaian adat Dayak memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri, pada umumnya mereka akan memadukan antara warna dasar gelap pada baju adat Dayak yang mereka kenakan. Pada umumnya warna pakaian adat Dayak yang dikenakan adalah perpaduan dari warna gelap yakni warna merah marun dan juga biru tua yang juga dihiasi dengan berbagai macam ornamen dan juga ukiran dari berbagai macam suku yang lainnya yang ada di Indonesia.

Baca Juga :  Pakaian Adat Sunda Tradisional Hingga Modern Perlu Kamu Ketahui

Nama Pakaian Adat Suku DayakNama Baju Adat Suku Dayak

Ada beberapa jenis baju adat Dayak yang ada di Pulau Borneo ini antara lain yakni Sapei sapa’ untuk baju adat Dayak laki-laki dan juga Ta’a untuk pakaian adat Dayak wanita. Berikut penjelasan selengkapnya tentang pakaian adat suku Dayak yang perlu Anda ketahui.

Jenis Pakaian Adat Dayak

Pakaian Adat Dayak Kalimantan BaratBaju Adat Dayak Kalimantan Barat

Pakaian adat Dayak dibagi menjadi beberapa jenis yang mana semua baju adat Dayak yang dikenakan ini memiliki arti dan simbol kebesaran. Ada 6 jenis baju adat Dayak yang biasa dikenakan baik oleh kaum pria dan kaum wanita suku Dayak.

Ada baju adat Dayak yang bernama Abai Kaboq yakni adalah pakaian adat Dayak sepasang yang biasa dikenakan wanita dan juga pria suku Dayak. Baju adat Abai Kaboq terdiri dari Sapai Sapaq yang merupakan baju adat Dayak laki-laki, sedangkan untuk baju adat wanita adalah baju adat Dayak yang diberi nama Ta’a yang juga dibagi menjadi dua bagian yakni Ta’a dan Sapai Inoq.

Pakaian Adat Dayak Kalimantan Barat ModernBaju Adat Dayak Kalimantan Barat Modern

Untuk jenis baju adat Dayak dibagi menjadi 6 jenis yang digolongkan berdasarkan pada beberapa suku dayak yang ada disana yakni pakaian adat suku ngaju, baju adat Kalimantan Timur Sapai Sapaq, Baju adat Kustin, baju adat Dayak bulan Kuurung dan juga pakaian adat Bulang Burai king, baju adat miskat serta baju  anyaman tikar khas suku dayak.

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai jenis pakaian adat berdasarkan pada jenis kelamin yang biasa dikenakan oleh suku Dayak kami bahas berikut ini secara lengkap.

Pakaian Adat Dayak Laki-laki

Pakaian Adat Dayak Laki-lakiBaju Adat Dayak Laki-laki

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa pakaian adat Suku Dayak biasa disebut dengan Abai Kaboq yang terdiri dari Sapai sapaq dan juga Ta’a. Sapai Sapaq merupakan baju adat dayak laki-laki. Biasanya kaum adam suku dayak akan mengenakan celana panjang dengan atasan tanpa lengan atau model rompi. Warna pakaiannya pada dasarnya menggunakan warna hitam dan juga warna lainnya seperti warna putih, merah dan warna kuning.

Baca Juga :  Pakaian Adat Riau dari Tradisional Hingga Modern, Yuk Simak!

Bahkan tidak hanya itu saja, biasanya kaum pria suku Dayak juga akana melengkapinya dengan hiasan atau aksesoris yang berupa mandau dan juga perisai yang memiliki fungsi sebagai perlindungan. Masyarakat suku Dayak menggunakan perisai dengan bentuk persegi panjang dengan kedua ujungnya yang runcing dan juga diukir dengan bentuk dan motif yang berbeda-beda semuanya tergantung pada kelas sosial yang memegangnya.

Sedangkan untuk aksesoris mandaunya adalah berupa senjata tajam yang memang merupakand senjata khas Kalimantan. Bentuk senjatanya tidak jauh berbeda dengan senjata parang, namun yang membedakannya adalah terletak pada ukirannya yang memag menjadi ciri khas dari suku Dayak itu sendiri.

Pakaian Adat Dayak Wanita

Pakaian Adat Dayak WanitaBaju Adat Dayak Wanita

Sedangkan untuk pakaian adat Dayak Wanita disebut dengan nama Ta’a yang terdiri dari dua bagian yakni Sapai Inoq dan Ta’a. Baju adat Dayak wanita Ta’a merupakan setelan yang terdiri dari atasan dan bawahan yang berupa rok dengan panjang hingga lutut. Warna dari rok yang dikenakan oleh wanita Dayak biasnya berwarna dasar gelap seperti hitam, biru tua dengan ukiran sebagai hiasan berwarna merah, putih dan kuning. Dan untuk Sapei Inoq yang dikenakannya biasanya memiliki warna gelap yakni warna hitam tanpa lengan.

Pakaian Adat Dayak Wanita ModernBaju Adat Dayak Wanita Modern

Jika pada kaum laki-laki dayak dilengkapi dengan aksesoris pelengkap seperti perisai dan mandau, untuk kaum wanita suku Dayak menggunakan aksesoris berupa da’a. Aksesoris Da’a itu sendiri merupakan ikatan kepala khas suku Dayak yang biasanya dibuat dengan anyaman rotan dan juga daun pandan yang kemudian diberi hiasan bulu enggang pada bagian atasnya.

Baju Dayak Modern Tradisional

Baju Dayak Modern Tradisional WanitaBaju Dayak Modern Tradisional Wanita

Baju adat Dayak masih tetap terus dilestarikan dari dulu hingga sekarang, biasanya pakaian adat Dayak akan dikenakan pada saat acara pernikahan dan acara formal lainnya seperti upacara adat istiadat yang dilakukan suku Dayak dan acara penting di hari-hari besar seperti acara karnaval, festival dan untuk menampilkan tarian adat khas suku Dayak.

Baju Dayak Modern TradisionalBaju Dayak Modern Tradisional

Itu dia beberapa jenis pakaian adat Dayak yang melegenda dari dulu hingga sekarang. Semoga menambah wawasan Anda, terimakasih.

User Review
( votes)

Add Comment

Leave a Comment