Pakaian Adat

Pakaian Adat Gorontalo yang Klasik Hingga Modern Lengkap

Pakaian Adat Gorontalo –  Sudah bukan rahasia lagi jika Indonesia merupakan salah satu Negara yang kaya akan tradisi dan budayanya. Bahkan tidak hanya pada saat jaman dulu saja, hingga saat inipun budaya dan tradisi masyarakat Indonesia masih tetap dan senantiasa dilestarikan. Ada banyak bentuk tradisi dan budaya masyarakat Indonesia misalnya seperti tarian, rumah adat, upacara bahkan hingga pakaian adat yang dikenakannya.

Baca juga : Pakaian Adat NTT Tradisional Hingga Modern Lengkap

Pakaian Adat Gorontalo Tradisional ModernPakaian Adat Gorontalo Tradisional Modern

Setiap daerah dan wilayah Indonesia pasti memiliki tradisi dan budaya yang berbeda-beda. Hal inilah yang membuat bangsa Indonesia kaya akan budaya dan tradisinya. Misalnya saja pakaian adat yang dikenakan oleh masyarakat di setiap wilayah atau daerah di Indonesia berbeda-beda dan memiliki keunikan tersendiri.

Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai pakaian adat Gorontalo lengkap dengan penjelasan dan juga gambarnya agar Anda bisa tahu secara jelas dan detail tentang baju adat Gorontalo yang satu ini. Langsung saja mari kita simak ulasan selengkapnya.

Pakaian Adat Gorontalo Tradisional Modern

Baju adat Gorontalo masih tetap saja dilestarikan dari dulu hingga sekarang. Jika pada saat jaman dahulu pakaian adat gorontalo dikenakan pada acara formal dan oleh kalangan tertentu. Pada saat ini, baju adat Gorontalo dapat dikenakan oleh siapa saja dan pada umumnya banyak dikenakan di acara pesta pernikahan yang diselenggarakan berdasarkan pada adat tertentu.

Pakaian Adat Gorontalo TradisionalPakaian Adat Gorontalo Tradisional

Hal inilah yang membuat baju adat Gorontalo masih tetap terjaga kelestariannya bahkan hingga sekarang. Perkembangannya memang tidak terlalu signifikan karena gaya tradisional dan klasik yang menjadi keunikan dari baju adat Gorontalo masih tetap kental. Baju adat Gorontalo dibagi menjadi dua jenis yakni baju adat Gorontalo wanita dan baju adat Gorontalo pria.

Dibandingkan dengan pakaian adat yang lainnya pakaian adat Gorontalo memilki keunikan dan ciri khas tersendiri berdasarkan pada filosofinya yang mendalam dan memiliki arti masing-masing. Misalnya warna merah pada pakaian adat yang memiliki arti keberanian dan tanggung jawab, warna hijau yang berarti kesuburan, kesejahteraan, kejujuran, kebesaran dan kesetiaan, warna ungu artinya kewibawaan dan keanggunan, warna cokla yang berarti tanah, hitam berarti keteguhan dan ketakwaan serta warna putih yang memiliki arti kesucian dan juga kedukaan.

Baca Juga :  Pakaian Adat Lampung dari Tradisional Hingga Modern

Berikut akan kami jelaskan secara lebih detail mengenai baju adat Gorontalo.

Baju Adat Gorontalo Pria

Baju Adat Gorontalo PriaBaju Adat Gorontalo Pria

Baju adat Gorontalo dibagi menjadi dua jenis yang sering dikenakan pada saat acara pernikahan dari dulu hingga sekarang dan sangat khas yakni baju adat Gorontalo pria dan baju adat Gorontalo wanita.

Baju Adat Gorontalo Pria Tradisional ModernBaju Adat Gorontalo Pria Tradisional Modern

Baju adat Gorontalo pria terdiri dari beberapa bagian seperti tudung makuta yang merupakan hiasan kepala yang memliki bentuk mirip dengan bulu unggas. Tudung yang dikenakan pria Gorontalo yang satu ini memiliki keunikan tersendiri. Bentuknya terkulai ke belakang dan menjulang tinggi. Tidak hanya itu, baju adat Pria Gorontalo juga dilengkapi dengan aksesoris seperti kalung yang disebut bako dengan warna emas, serta pasimeni yang merupakan hiasan tambahan pada baju.

Baju Adat Gorontalo Wanita

Baju Adat Gorontalo WanitaBaju Adat Gorontalo Wanita

Selanjutnya mengenaia baju adat wanita Gorontalo yang biasa dikenakan pada acara pernikahan. Baju adat wanita Gorontalo ini disebut dengan biliu yang memiliki arti diangkat. Pada saat menjadi pengantin, wanita gorontalo juga mengenakan hiasan kepala yang sangat khas yang biasa disebut dengan buyalo boute dan kondeyang yang lengkap dihiasi dengan sunthi.

Baju Adat Gorontalo Wanita ModernBaju Adat Gorontalo Wanita Modern

Tak hanya itu, sang pengantin wanita juga mengenakan aksesoris kepala berupa tuhi-tuhi dan lai-lai yang tepat diletakkan diatas ubun-ubun kepala pengantin wanita. Dilengkapi dengan penggunaan aksesoris berupa kalung yang disebut dengan bouhu walu-walu dehu berupa emas atau perak, kecubu dan lotidu, etango yakni berupa ikat pinggang dengan motif mirip kecubu dan juga pateda yang merupakan gelang dengan warna emas dan memiliki bentuk dan ukuran yang cukup lebar.

Baju Adat Gorontalo Anak

Baju Adat Gorontalo Anak untuk KarnavalBaju Adat Gorontalo Anak untuk Karnaval

Keunikan dan ciri khas dari baju adat Gorontalo yang membedakannya dengan baju adat lainnya terletak pada aksesoris yang dikenakannya. Mereka memilki aksesoris yang membuatnya unik. Jika baju adat pria dan wanita Gorontalo sedikit lebih ribet dan banyak aksesoris, baju adat Gorontalo anak memiliki sentuhan modern yang cukup simple.

Baju Adat Gorontalo AnakBaju Adat Gorontalo Anak

Pada umumnya anak-anak menggunakan baju adat Gorontalo anak di fastival tarian adat atau pada saat mengadakan acara karnaval adat pada saat ini. Baju adat anak Gorontalo biasanya akan banyak dicari pada saat akan diadakan acara festival atau karnaval. Dengan begitu anak-anka modern pada saat ini juga akan mengenal berbagai macam pakaian adat yang ada di Indonesia dan membuat mereka tetap melestarikannya.

Baca Juga :  Koleksi Pakaian Adat Batak yang Unik Tradisional Hingga Modern

Pakaian Adat Pengantin Gorontalo

pakaian adat pengantin gorontalo disebut dengan walimonon dan payungga. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pengantin pria akan mengenakan baju adat lengkap dengan aksesorisnya yang disebut dengan payungga tilambia. Sedangkan pengantin wanita mengenakan biliu serta aksesoris hasan kepala yang disebut dengan buyalo boute dan kondeyang serta sunthi.

Pada umumnya, pakaian adat pengantin Gorontalo ini akan dikenakan oleh keturunan atau masyarakat asli Gorontalo dari dulu hingg saat ini. Tak jarang artis juga banyak yang mengenakan pakaian adat pengantin Gorontalo pada saat acara pernikahannya. Para pengantin wanita ataupun pria ini akan mengenakan pakaian adat di acara resepsi penikahannya dengan adat dan upacara yang sangat kental. Sehingga acara pernikahan akan bertambah sakral.

Pakaian Adat Pengantin Gorontalo ModernPakaian Adat Pengantin Gorontalo Modern

Ditambah lagi dengan sentuhan modern pada baju adat pengantin Gorontalo yang banyak dikreasikan pada saat ini. Membuat baju pengantin adat Gorontalo ini semakin menarik saat dikenakan. Ya, pada saat ini sudah ada banyak para desainer yang melakukan modifikasi pada baju adat Gorontalo yang akan dikenakan oleh pasangan pengantin Gorontalo modern.

Namun, walaupun demikian tetap saja mereka tetap mengenakan aksesoris wajib yang harus digunakan karena memang ciri khas pakaian adat Gorontalo untuk pengantin terletak pada aksesoris yang dikenakannya.

Aksesoris yang paling khas dan menjadi keunikan dari pakaian adat yang satu ini adalah aksesoris pada hiasan kepala yang dikenakan. Baik aksesoris hiasan kepala pada wanita ataupun juga pada pria.

Pakaian Adat Pengantin GorontaloPakaian Adat Pengantin Gorontalo

Tak hanya itu, biasanya sehari sebelum pernikahan dilaksanakan pengantin pria akan melakukan tradisi yang disebut dengan dutu. Pada tradisi ini, pengantin pria akan mengantarkan harta dan mahar bersserta buah-buahan yakni berupa jeruk, nanas, nangka dan tebu kuning. Semua buah yang ada pada hantaran mahar tersebut memiliki makna dan arti yang dalam.

Bagi Anda yang akan menggelar acara pernikahan tidak perlu khawatir dan bingung ketika akan menggelar acara pernikahan sesuai adat Gorontalo. Karena walaupun memilik model yang cukup tradisional dan klasik Anda juga bisa memberikan sentuhan modern pada baju adat Gorontalo yang Anda kenakan.

Semoga beberapa gambar dan penjelasan pakaian adat Gorontalo yang satu ini bermanfaat dan menjadi inspirasi serta referensi untuk Anda semua. Terimakasih.

User Review
( votes)

Add Comment

Leave a Comment