Pakaian Adat

Pakaian Adat Jakarta yang Masih Sering Digunakan

Pakaian Adat Jakarta – Tak bosan kami terus mengatakan bahwa Indonesia adalah suatu Negara yang kaya. Baik itu kaya akan keindahan alam, potensi alam dan bahkan juga Indonesia juga sangat kaya akan tradisi dan budayanya. Ya, tradisi dan budaya di Indonesia masih tetap terus dilestarikan dari dulu hingga sekarang. Dikatakan bahwa Indonesia sangat kaya akan tradisi dan budayanya karena di setiap daerah dan wilayah yang ada di Indonesia pasti memiliki tradisi dan budaya yang berbeda dan menjadi ciri khas serta menjadi kebanggaan tersendiri oleh masyarakat setempat.

Baca juga : Pakaian Adat Madura yang Wajib Anda Ketahui

Pakaian Adat Jakarta yang Masih Sering DigunakanPakaian Adat Jakarta yang Masih Sering Digunakan

Jika sebelumnya kami sudah menjelaskan mengenai pakaian adat Madura, pakaian adat Padang, pakaian adat Sulawesi dan pakaian adat yang lainnya. Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan mengenai pakaian adat Jakarta yang menjadi kebanggaan dan memiliki ciri khas sendiri yang sangat khas dengan masyarakat Indonesia. Bahkan sampai saat ini pakaian adat yang satu ini masih tetap dilestarikan dan masih menjadi kebanggaan masyarakat Jakarta itu sendiri.

Ternyata tidak hanya terkenal dengan ikon Monas yang menjadi lambang Ibukota Jakarta, ternyata Jakarta juga memiliki baju adat yang sangat unik dan khas yang menjadi kebanggaannya. Nah, penasaran kan kira-kira seperti apa pakaian adat Jakarta yang akan kami jelaskan pada pembahasan artikel kali ini? Langsung saja yuk kita simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pakaian Adat Jakarta Betawi Tradisional Modern

Pakaian Adat Jakarta Tradisional ModernPakaian Adat Jakarta Tradisional Modern

Ibukota Jakarta mayoritas penduduknya adalah berasal dari suku Betawi sehingga tak heran jika baju adat Jakarta sendiri adalah pakaian adat Betawi yang menjadi kebanggaannya. Bahkan masyarakat Betawi masih tetap melestarikan pakaian adat Jakarta itu sendiri hingga saat ini. Tak hanya itu, masyarakat asli Jakarta yang merupakan suku Betawi ini juga memiliki jenis pakaian yang unik dan berbeda dengan yang lainnya.

Nama dan Jenis Pakaian Adat JakartaNama dan Jenis Pakaian Adat Jakarta

Walaupun menurut sejarah suku Betawi sendiri tidak termasuk ke dalam suku asli Jakarta. Akan tetapi budaya dan tradisi serta adat istiadat suku Betawi ini sudah cukup terkenal dan menjadi ikon budaya Jakarta itu sendiri.

Baca Juga :  Pakaian Adat Padang Model Tradisional hingga Modern Kekinian

Oleh karena itu, pakaian adat Jakarta sendiri masih sering dicampur adukkan dengan baju adat betawi. Dan dapat dikatakan bahwa pakaian adat keduanya adalah sama dan mirip satu dengan yang lainnya karena menjadi satu kesatuan kebanggaan masyarakat Jakarta.

Nama dan Jenis Pakaian Adat Jakarta

Sebelum membahas mengenai nama dan jenis pakaian adat Jakarta, sebelumnya kami akan membahas mengenai sejarah pakaian adat Jakarta terlebih dahulu. Jadi, Jakarta sendiri merupakan Daerah Khusus Ibukota atau Ibukota terbesar yang ada di Indonesia. Jakarta juga diklaim sebagai aglomerasi perkotaan terpadat yang ada di dunia baik di Indonesia itu sendiri dan juga di Asia Tenggara.

Nama dan Jenis Pakaian Adat Jakarta ModernNama dan Jenis Pakaian Adat Jakarta Modern

Nama pakaian adat Jakarta Indonesia itu sendiri dikenal dengan sebutan pakaian tradisional abang none atau demang. Dimana filosofi dari pakaian adat Jakarta Indonesia itu sendiri bertumpu pada sejarah suku Jakarta yang juga mendapatkan banyak pengaruh dari budaya orang luar daerah Jakarta.

Menurut sejarah, pakaian adat tradisional Jakarta ini sendiri terinspirasi dari pedagang China, Arab dan juga Belanda serta suku-suku yang lainnya yang ada di Indonesia. Hal inilah yang kemudian membuat pakaian adat masih tetap dilestarikan dan digunakan dari dulu hingga sekarang.

Baju Adat Jakarta Laki-laki

Baju Adat Jakarta Laki-lakiBaju Adat Jakarta Laki-laki

Baju adat Jakarta laki-laki biasanya akan mengenakan baju pangsi dan juga ikat pinggang. Kemudian untuk bawahannya mengenakan celana dengan ukuran besar atau pangsi. Baju ini biasanya dikenakan untuk acara formal.

Sedangkan untuk pakaian adat Jakarta sehari-hari biasanya para lelaki Jakarta akan mengenakan pakaian adat khas Betawi yang bernama baju sadariah atau baju koko berwarna putih polos. Menggunakan celana atau bawahan motif batik lengkap dengan aksesoris sarung yang biasanya dicangklongkan pada leher.

Baju Adat Jakarta Wanita

Baju Adat Jakarta Wanita Modern TradisionalBaju Adat Jakarta Wanita Modern Tradisional

Untuk jenis pakaian abang none adat Jakarta yang biasa dikenakan oleh wanita Jakarta suku betawi sebagai baju adat sehari-hari adalah berupa baju kurung dengan menggunakan model lengan pendek. Baju kurung yang dikenakan ini bisa dalam bentuk baju kurung polosan aatu tambahan saku pada sisi bagian depat.

Untuk warnanya, pada umumnya baju adat Jakarta wanita ini memiliki warna yang sangat identik sekali dengan warna yang sangat mencolok misalnya seperti warna merah, hijau dan juag kuning. Lengkap dengan aksesoris penutup kepala yang berupa kerudung dari selendang. Untuk warna kerudung yang dikenakan juga diselaraskan dengan warna dari baju kurung yang sedang dikenakan.

Baca Juga :  Pakaian Adat Minangkabau Tradisional Modern Untuk Pengantin

Sedangkan untuk bawahannya mengenakan kain sarung batik dengan corak geometri dan memiliki warna cerah yang senada dengan baju kurung yang dikenakan. Jadi, antara kerudung, atasan dan bawahan memiliki warna yang senada dan sesuai.

Baju Adat Jakarta Wanita PengantinBaju Adat Jakarta Wanita Pengantin

Sedangkan baju ini tentulah berbeda dengan baju pengantin adat Jakarta wanita yang dikenakan. Biasanya pengantin wanita Jakarta akan mengenakan baju pengantin yang bernama care none pengantin cine lengkap dengan aksesoris penutup kepala yang menjadi ciri khasnya.

Baju Adat Pengantin Jakarta

Sedangkan untuk pakaian adat pengantin Jakarta itu sendiri terinspirasi dari hasil proses asimilasi dari berbagai macam kelompok etnis yang pada saat itu berada di Jakarta. Misalnya saja pakaian pengantin adat Pria yang biasanya akan menggunakan turban, jubah panjang dan juga celana yang sangat dipengaruhi oleh budaya Arab. Hal ini terlihat dari model baju adat pengantin Jakarta yang memberikan kesan model baju khas Arab.

Baju Adat Pengantin Jakarta ModernBaju Adat Pengantin Jakarta Modern

Sedangkan pada pakaian pengantin wanita ini biasanya akan menggunakan syangko atau sampul depan, lengkap dengan kemeja dan rok panjang model encim yang mana model ini menunjukkan pengaruh budaya Tionghoa yang cukup unik.  Dan untuk sandal dan juga alas kaki yang digunakan oleh pengantin wanita dan pria juga dipengaruhi oleh budaya Arab.

Baju Adat Pengantin Jakarta Modern TradisionalBaju Adat Pengantin Jakarta Modern Tradisional

Nama baju pengantin pria Jakarta disebut dengan istilah dandanan care haji yakni terdiri dari jubah panjang lengkap dengan kopiah atau aksesoris penutup kepala. Biasanya jubah yang dikenakan pengantin pria terbuat dari bahan beludru dengan warna cerah misalnya seperti merah, putih, dan warna lainnya.

Nama Baju Adat Pengantin JakartaNama Baju Adat Pengantin Jakarta

Sedangkan baju pengantin wanita adat Jakarta diberi nama care none pengantin cnine yang biasanya sangat khas dengan penggunaan penutup kepala pengantin terbuat dari sorban yang disebut dengan alpie. Dilengkapi dengan selendang motif kain warna emas dan juga manik-manik. Untuk bahan pakaian adat pengantin wanita ini menggunkan kain satin.

Itu dia informasi mengenai pakaian adat Jakarta lengkap dengan gambarnya. Semoga menambah wawasan Anda semua, terimakasih.

User Review
( votes)

Add Comment

Leave a Comment