Pakaian Adat

Pakaian Adat Jawa Asli Budaya Indonesia Tradisional Hingga Modern

Pakaian Adat Jawa –  Seperti yang kita tahu, Indonesia adalah Negara yang terdiri dari beberapa pulau dan memiliki warisan alam dan budaya yang sangat melimpah. Setiap daerah atau wilayah yang ada di Indonesia pasti memiliki adat dan budaya yang berbeda-beda dengan keunikan masing-masing. Mulai dari adat budaya dalam bentuk upacara, adat istiadat, tarian hingga pakaian adat yang berbeda-beda.

Baca juga : Pakaian Adat Betawi Asli Budaya Indonesia Lengkap dengan Gambarnya

Salah satu pakaian adat yang terus mengalami perkembangan model dan modifikasi hingga saat ini dan masih dilestarikan serta banyak dikenakan oleh masyarakat adalah pakaian adat Jawa. Ya, siapa yang tidak tahu dengan pulau terbesar di Indonesia yang satu ini. Pulau Jawa merupakan pulau yang paling besar dan luas di Indonesia. Begitu juga dengan warisan adat dan budayanya yang juga sangat melimpah salah satunya adalah pakaian adat yang diwariskan oleh nenek moyang bahkan masih banyak dikenakan pada saat ini karena masih dilestarikan dan dikembangkan menjadi model baju adat jawa modern dan terbaru.

Pada artikel kali ini kami akan memberikan contoh gambar dan penjelasan mengenai pakaian adat jawa mulai dari yang tradisional hingga modern. Penasaran kan? Langsung saja mari kita simak ulasannya berikut ini.

Pakaian Adat Jawa Asli Budaya Indonesia

Pakaian Adat Jawa Asli Budaya IndonesiaPakaian Adat Jawa Asli Budaya Indonesia

Pakaian adat Jawa adalah warisan asli Budaya Indonesia yang digunakan oleh masyarakat atau penduduk asli jawa dari dulu bahkan hingga saat ini. Sama dengan jenis pakaian adat Indonesia yang lainnya, baju adat jawa juga terdiri dari pakaian adat jawa wanita dan pakaian adat Jawa pria dengan keunikan masing-masing.

Baju adat jawa disetiap acara berbeda-beda. Ada baju adat Jawa yang khusus dikenakan sehari-hari, menghadiri acara formal hingga baju adat jawa pengantin dengan bahan yang berbeda-beda. Bahkan setiap tahunnya dari dulu hingga sekarang baju adat Jawa ini memiliki perkembangan desain dan model yang terus berkembang semakin modern sesuai dengan trend yang ada pada saat ini.

Baju adat jawa terdiri dari beberapa bagian dengan nama yang berbeda-beda. Berikut ini akan kami jelaskan terlebih dahulu jenis dan nama pakaian adat Jawa secara umum untuk menambah pengetahuan Anda tentang kebudayaan Jawa.

  • Kebaya

Kebaya adalah baju khas Jawa yang sangat kental dan masih banyak digunakan hingga saat ini oleh para wanita. Bahkan sudah banyak desainer yang memodifikasi dan menginovasi baju kebaya khas Jawa ini agar lebih modern dan kekinian. Sehingga tak heran jika baju kebaya yang merupakan pakaian adat wanita Jawa ini masih menjadi primadona dan banyak digunakan oleh para wanita untuk menghadiri acara formal.

Baca Juga :  Pakaian Adat Bali yang Klasik hingga Modern yang Khas dan Unik

Kebaya pada umumnya dibuat dengan menggunakan bahan kain yang tipis kemudian dipadukan dengan bawahan berupa kain batik, sarung atau songket.

  • Surjan

Surjan adalah kemeja atasan yang digunakan oleh pria Jawa berlengan panjang dengan kerah tegak terbuat dari bahan kain motif lurik atau bunga. Surjan adalah baju adat Jawa khusus kaum pria sama dengan baju kebaya. Walaupun pada saat ini jarang adanya pria yang mengenakan baju adat Jawa, berbeda dengan baju kebaya yang masih banyak dikenakan pada saat ini oleh kaum wanita.

  • Batik

Batik juga merupakan bagian dari baju adat Jawa yang masih banyak digunakan pada saat ini baik untuk bawahan kebaya ataupun baju dengan desain modern untuk kaum pria dan wanita. Bahkan penggunaan kain batik pada saat ini tidak hanya terbatas pada masyarakat Jawa, akan tetapi juga sudah banyak masyarakat Indonesia yang mengenakannya karena batik memang merupakan pakaian khas Indonesia dan warisan budaya Indonesia yang tetap dilestarikan pada saat ini.

Pakaian Adat Jawa Tradisional

Pakaian Adat Jawa TradisionalPakaian Adat Jawa Tradisional

Pakaian Adat Jawa Tradisional WanitaPakaian Adat Jawa Tradisional Wanita

Pakaian Adat Jawa Tradisional PriaPakaian Adat Jawa Tradisional Pria

Pakaian adat Jawa masih populer dan banyak dikenakan pada saat ini. Bahkan seiring dengan perkembangan jaman dan fashion, model  pakaian adat Jawa juga ikut berkembang mulai dari desain dan model khususnya baju adat wanita Jawa yakni kebaya.

Seperti yang kita tahu, model baju kebaya pada saat ini banyak dilakukan modifikasi dan inovasi sehingga lebih terlihat modern dan terbaru. Berikut ini gambar pakaian adat Jawa tradisional dengan model yang masih sangat klasik.

Pakaian adat Jawa klasik ini banyak digunakan oleh masyarakat Jawa terdahulu. Baju kebaya yang dikenakan masih memiliki model yang biasa saja dan terbuat dari bahan katun dan juga brokat yang sederhana terkadang juga dilengkapi dengan motif atau bordiran bunga atau garis-garis. Dilengkapi dengan setelan rok batik model span sebagai bawahan baju kebaya dengan model rambut di sanggul.

Sedangkan untuk pria Jawa pada umumnya mereka akan mengenakan baju surjan sebagai atasan dan menggunakan kain batik sebagai bawahan baik sebagai bawahan penuh atau sebagai aksesoris yang dikenakan dipinggang dengan panjang hingga lutut menggunakan celana panjang. Tak lupa juga mengenakan blangkon sebagai aksesoris penutup kepala yang sangat kental dan klasik.

Baca Juga :  Pakaian Adat Gorontalo yang Klasik Hingga Modern Lengkap

Pakaian Adat Jawa Terbaru Modern

Untuk pakaian adat Jawa terbaru dan modern ini sangat terlihat pada pakaian atau baju adat wanita Jawa yakni baju kebaya yang mengalami perkembangan trend dan model sesuai dengan trend fashion pada saat ini.

Baju kebaya tidak hanya dibuat dengan menggunakan bahan brokat ataupun katun dengan motif dan bordiran yang sederhana. Namun, pada saat ini banyak baju kebaya yang dibuat dengan menggunakan bahan kain yang dikombinasikan satu dengan yang lainnya dengan pemilihan warna kalem atau pastel.

Para desainer biasanya akan membuat baju adat Jawa wanita dengan kombinasi kain brokat, satin, tile, lace dan masih banyak yang lainnya ditambah dengan tambahan payet yang akan membuat tampilan baju kebaya semakin modern dan mewah.

Untuk pria Jawa, perkembangan baju adat pria Jawa tidak cukup siginifikan. Bahkan jarangn sekali digunakan untuk acara formal pada saat ini kecuali di acara upacara adat atau acara formal lainnya. Pada umumnya, pasangan baju kebaya yang digunakan pada saat ini adalah hem batik senada dengan rok batik bawahan kebaya wanita dan mengenakan celana hitam atau warna senada yang simple.

Baju Pengantin Adat Jawa Tradisional

Baju Pengantin Adat Jawa Tradisional DodotanBaju Pengantin Adat Jawa Tradisional Dodotan

Baju Pengantin Adat Jawa Tradisional KanigaranBaju Pengantin Adat Jawa Tradisional Kanigaran

Baju Pengantin Adat Jawa Tradisional BasahanBaju Pengantin Adat Jawa Tradisional Basahan

Untuk baju pengantin adat Jawa tradisional yang sangat kental dibagi menjadi dua jenis yakni baju adat pengnatin jawa kanigaran dan basahan. Keduannya adalah baju adat pengantin Jawa yang cukup berbeda.

Pakaian adat pengantin Jawa Kanigaran adalah baju pengantin yang biasa digunakan oleh kerajaan Jogja yakni berupa pakaian yang berasal dari bahan beludru warna hitam lengkap dengan kian dodot dan kampuh sebagai bawahan dengan aksesoris dan riasan kepala yang khas.

Sedangkan basahan adalah memiliki gaya berpakaian yang cukup simpel dengan baju kebaya dan bawahan rok batik. Untuk aksesoris riasan kepalanya juga sangat khas seperti yang ada pada gambar.

Baju Pengantin Adat Jawa Modern

Baju Pengantin Adat Jawa Modern SimpleBaju Pengantin Adat Jawa Modern Simple

Baju Pengantin Adat Jawa Modern KlasikBaju Pengantin Adat Jawa Modern Klasik

Baju Pengantin Adat Jawa Modern BerhijabBaju Pengantin Adat Jawa Modern Berhijab

Model baju pengantin adat Jawa modern yang banyak dikembangkan pada saat ini adalah baju adat pengantin basahan yakni dengan setelah kebaya sebagai atasan dan rok batik sebagai bawahan seperti yang ada pada gambar.

Itu dia penjelasan dan gambar pakaian adat Jawa lengkap mulai dari model tradisional hingga modern. Semoga bermanfaat.

User Review
( votes)

Add Comment

Leave a Comment