by

Pakaian Adat Kalimantan Dari Berbagai Macam Daerah

Pakaian Adat Kalimantan –  Indonesia terdiri dari beberapa pulau dan juga banyak provinsi. Tidak hanya dikenal dengan kekayaan dan pesona alamnya saja, Indonesia juga terkenal dengan kekayaan tradisi dan budayanya yang masih sangat kental dan masih tetap dilestarikan hingga sekarang. Ada banyak sekali bentuk dari tradisi dan budaya Indonesia. Misalnya diwujudukan dalam bentuk tarian, upacara adat bahkan pakaian adat setempat yang memiliki keunikan dan berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

Baca juga : Pakaian Adat Sulawesi Selatan Lengkap Klasik Tradisional Hingga Modern

Pakaian Adat Kalimantan Utara Tradisional Modern

Pakaian Adat Kalimantan Utara Tradisional Modern

Salah satu wujud kayanya budaya dan tradisi di Indonesia dan masih banyak dikenakan atau dilestarikan hingga sekarang adalah pakaian adat. Ya, seluruh daerah atau wilayah yang ada di Indonesia memiliki pakaian adat yang membedakannya antara wilayah daerah satu yang lainnya. Pada jaman dahulu pakaian adat ini dikenakan di kehidupan sehari-hari atau pada saat menggelar suatu acara seperti upacara atau acara pernikahan yang sesuai dengan adat dan budayanya masing-masing.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai pakaian adat Kalimantan. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas ulasan selengkapnya pada bahasan berikut ini.

Pakaian Adat Kalimantan Tradisional Modern

Kalimantan merupakan salah satu pulau yang ada di Indonesia. Kalimantan dikenal dengan sebutan pulau seribu sungai oleh banyak orang karena memang Anda akan dengan mudah menemukan sungai-sungai yang ada di setiap sudut wilayah atau daerah di Kalimantan. Ada sungai memiliki ukuran kecil bahkan ada juga sungai yang memiliki ukuran yang sedang dan sangat besar misalnya seperti sungai Barito, sungai Mahakam dan sungai Kapuas yang terkenal di Kalimantan.

Pakaian Adat Kalimantan Barat ModernPakaian Adat Kalimantan Barat Modern

Ternyata tidak hanya terkenal dengan banyaknya sungai yang ada di pulau tersebut, akan tetapi Kalimantan juga dikenal memiliki keunikan tersendiri dalam hal adat dan istiadat serta budaya masyarakatnya. Nilai tradisi dan budaya tersebut tumbuh karena keberagaman suku bangsa yang sudah mendiami wilayah Kalimantan ini dalam waktu yang cukup lama.

Ada banyak suku yang ada di pulau Kalimantan misalnya seperti suku dayak yang cukup terkenal, suku Berau, suku Melayu, suku Paser, suku Kutai, suku Banjar dan suku Tidung yang semuanya merupakan suku asli Kalimantan. Suku-suku tersebutlah yang merupakan pemeran utama di bkebudayaan masyarakat di pulau borneo ini.

Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini akan kami jelaskan mengenai pakaian adat Kalimantan dari beberapa provinsi dan bagian di Kalimantan berdasarkan pada wilayah geografisnya mulai dari baju adat kalimantan berat, kalimantan timur, kalimantan tengah, kalimantan utara dan kalimantan selatan secara lengkap. Langsung saja mari simak ulasannya selengkapnya.

Pakaian Adat Kalimantan Utara Tradisional Modern

Pakaian Adat Kalimantan Utara TradisionalPakaian Adat Kalimantan Utara Tradisional

Pakaan adat Kalimantan utara memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Provinsi Kalimantan utara sendiri merupakan pecahan dari kalimantan Timur dan menjadi provinsi termuda di Indonesia. Tak heran jika budaya dari masyarakat Kalimantan Utara hampir sama dengan budaya yang ada di Kalimantan timur yakni suku dayak yang menjadi mayoritas suku dari penduduknya.

Nama baju adat Kalimantan Utara yang diakuinya adalah pakaian adat Sapei Sapa’ dan juga bajun Ta’a khas suku Dayak Kalimantan Timur sebagai pakaian adatnya. Namun,  walaupun demikian baju Sapei Sapa’ dan baju Ta’a khas Kalimantan utara ini memiliki perbedaan yang membuatnya berbeda dengan pakaian adat Kalimantan Timur.

Pakaian Adat Kalimantan Tengah Klasik Tradisional

Pakaian Adat Kalimantan Tengah TradisionalPakaian Adat Kalimantan Tengah Tradisional

Selanjutnya adalah pakaian adat Kalimantan Tengah. Kalimantan tengah mayoritas juga di huni oleh suku dayak sebagai penduduknya. Namun, suku dayak  yang menjadi mayoritas penduduknya ini merupakan sub suku dari suku dayak Ngaju yang memiliki pakaian adat yang khas yakni bernama baju adat sangkarut.

Pakaian Adat Kalimantan Tengah Klasik TradisionalPakaian Adat Kalimantan Tengah Klasik Tradisional

Baju adat sangkarut ini berupa rompi yang terbuat dari bahan serat kulit kayu yang kemudian di cat dengan menggunakan tinta alami. Setelah itu, kemudian ditempeli dengan berbagai macam pernik misalnya seperti uang logam, kancing, kulit trenggiling dan juga benda-benda yang lainnya. Yang mana, benda-benda yang ditempel pada rompi tersebut dipercaya memiliki kekuatan magis.

Sedangkan untuk bawahannya menggunakan bawahan yang berupa cawat lengkap dengan senjata tradisional sebagai aksesoris yang dikenakannya yakni berupa tombak, mandau dan juga perisai.

Pakaian Adat Kalimantan Selatan Tradisional

Pakaian Adat Kalimantan Selatan ModernPakaian Adat Kalimantan Selatan Modern

Selanjutnya pakaian adat Kalimantan Selatan. Provinsi Kalimantan Selatan mayoritas penduduknya dihuni oleh suku Banjar yang mana suku Banjar itu sendiri memiliki 4 jenis pakaian adat yang digunakan untuk suatu hal yang berbeda-beda.

Pakaian Adat Kalimantan Selatan TradisionalPakaian Adat Kalimantan Selatan Tradisional

Misalnya seperti pakaian adat khusus pengantin Baamar Galung Pancar Matahari. pengantn babaju kun galung pacinan, pengantin bagajah gamuling baular lulut dan juga pengantin babaju kubaya panjang yang memiliki keunikan masing-masing.

Pakaian Adat Kalimantan Timur Modern Tradisional

Pakaian Adat Kalimantan Timur TradisionalBaju Adat Kalimantan Timur Tradisional

Provinsi kalimantan timur sendiri dibagi menjadi 2 entitas suku yang cukup besar yakni suku dayak dan juga suku Kutai. Yang mana, kedua suku tersebut memiliki pakaian adat yang berbeda-beda. Suku dayak akan mengenakan baju adat Kalimantan Timur yang mereka beri nama baju Ta’a dan Sapei Sapaq. Sedangkan suku yang lainnya yakni suku kutai akan mengenakan pakaian adat yang mereka beri nama baju kustim.

Pakaian Adat Kalimantan Timur Modern TradisionalPakaian Adat Kalimantan Timur Modern Tradisional

Walaupun digunakan oleh masyarakat kalimantan timur, namun kedua jenis baju adat Kalimantan ini memiliki perbedaan dan keunikan masing-masing satu dengan yang lainnya.

Pakaian Adat Kalimantan Barat Tradisional Modern

Selanjutnya mengenai baju adat Kalimantan Barat. Provinsi Kalimantan Barat merupakan suatu provnsi yang didominasi oleh 2 suku yang cukup besar dan mayoritas berada di Kalimantan Barat. Dua suku tersebut adalah suku dayak dan juga suku melayu.

Sudah pasti dalam hal pakaian adat yang keduanya kenakan berbeda dan memiliki keunikan tersendiri satu dengan yang lainnya. Ya, dalam hal berpakaian kedua suku yang ada di Kalimantan Barat tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifkan dan mencolok.

Suku dayak yang ada di Kalimantan Barat mengenakan baju adat yang bernama king Baba dan juga King Bibinge. King baba adalah pakaian adat Kalimantan pria, sedangkan king Bibinge merupakan baju adat Kalimantan wanita.

Pakaian Adat Kalimantan Barat Tradisional ModernPakaian Adat Kalimantan Barat Tradisional Modern

Kedua baju adat Kalimat pria dan wanita tersebut sama-sama terbuat dari serat kulit kayu yang kemudian dihias dengan menggunakan berbagai macam pernik dan warna sedemikian rupa. Tak hanya itu, pemakainya juga akan mengenakan aksesoris hiasan sebagai pelengkap pakaian yang lainnya yakni seperti senjata tradisional lengkap dengan perhiasannya juga yang berupa kalung, bulu burung enggang, manik dan juga bagian penutup kepala yang juga dikenakannya.

Sedangkan berbeda dengan pakaian adat Melayu yakni melayu Sambas yang didesain dan mengenakan bahan serta cara pakai yang sama dengan baju adat Melayu yangb lainnya. Untuk wanitanya mengenakan bau kurung sedangkan untuk prianya mengenakan baju jas tutup.

Itu dia beberapa pakaian adat Kalimantan di beberapa daerah dan wilayahnya. Semoga menambah wawasan Anda. Terimakasih.

User Review
0 (0 votes)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 comments