by

Pakaian Adat Minangkabau Tradisional Modern Untuk Pengantin

Pakaian Adat Minangkabau – Indonesia merupakan salah satu Negara yang kaya akan tradisi dan budayanya. Hal ini juga sudah diakui oleh orang-orang hingga mancanegara. Ada banyak provinsi dan daerah serta wilayah di Indonesia. Setiap daerah di Indonesia bahkan memiliki ciri khas tradisi dan budaya yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Salah satu daerah yang kaya akan tradisi dan budaya di Indonesia adalah daerah Minangkabau.

Baca juga : Pakaian Adat Padang Model Tradisional hingga Modern Kekinian

Minangkabau merupakan salah satu wilayah atau daerah yang ada di Indonesia tepatnya di provinsi Sumatera Barat yang dikenal dengan sebutan Tanah Minang. Tanah Minang merupakan daerah di Sumatera Barat yang memiliki kebudayaan dan tradisi yang cukup unik.

Pakaian Adat Minangkabau Tradisional Modern
Pakaian Adat Minangkabau Tradisional Modern

Bahkan kebudayaan dan juga tradisinya masih di lestarikan dari dulu hingga sekarang. Ya, hal ini karena banyak dari masyarakat Minang yang sangat kuat mempertahankan adat dan budayanya sendiri hingga saat ini. Salah satu adat dan budaya yang masih mereka lestarikan hingga saat ini adalah pakaian adat Minangkabau.

Pakaian Adat Minangkabau Tradisional Modern

Pakaian adat Minangkabau masih dilestarikan hingga saat ini bahkan modelnya juga mulai dari pakaian adat Minangkabau yang tradisional hingga model pakaian adat yang modern. Pakaian adat Minangkabau dibagi menjadi dua jenis yakni pakaian adat Minangkabau pria dan pakaian adat Minangkabau pria.

Pakaian adat Minangkabau untuk wanita bernama pakaian adat Bundo Kanduang atau Limpaeh Nan Gadang dengan ciri dan keunikan yang terletak pada bagian penutup kepalanya yang berbentuk seperti tanduk kerbau atau atap rumah gadang seperti gambar dibawah ini.

Pakaian adat Minang yang satu ini biasanya akan dikenakan oleh para wanita yang sudah menikah. Baju adat Minangkabau wanita biasanya terdiri dari baju batabue, tengkuluk atau penutup kepala, lambak, salempang lengkap dengan perhiasannya.

Sedangkan baju adat Minangkabau pria disebut dengan pakaian penghulu yang biasanya dipakai oleh para tetua sesuai dengan namanya. Pakaian adat Minangkabau ini terdiri dari beberapa perlengkapan seperti deta, baju hitam, sarawa, sesamping, cawek, keris, sandang dan tungkek.

Pakaian Adat Minangkabu Tradisional Modern dan Jenisnya

Pakaian Adat Minangkabau Tradisional Modern dan Jenisnya

Baju Adat Minangkabau Terbaru 2019

Baju adat Minangkabau pada saat ini mengalami perkembangan yang lebih modern. Tak heran jika banyak orang yang mengenakannya untuk acara pernikahan. Perubahan yang terjadi pada model pakaian adat Minangkabau memang tidak terlalu signifikan. Biasanya untuk aksesorisnya masih tetap menggunakan aksesoris wajib yang memang menjadi ciri khas dan keunikan dari pakaian adat Minangkabau.

Perbedaan baju adat Minang yang tradisional dan modern terletak pada bahan kain dan aksen pada baju. Tak hanya itu, warna pakaian adat Minang modern juga memiliki warna yang cukup kalem seperti warna-warna soft pastel. Dihiasi dengan aksen payet pada baju yang akan membuatnya terlihat lebih mewah dan elegan.

Selain itu, pada cara berdandannya yang lebih menggunakan makeup kekinian saat melaksanakan acara pernikahan dengan menggunakan baju pengantin adat Minangkabau modern tradisional.

Baju Adat Minangkabau Terbaru 2019Baju Adat Minangkabau Terbaru 2019

Terdapat dua jenis model pakaian adat Minangkabau yang dapat Anda pilih dan kenakan. Bisa dengan menggunakan model baju adat yang lebih ke khas Melayu dengan tudung kepala seperti kerudung yang serasi dengan pakaian adat yang dikenakan oleh pengantin wanita. Serta ada juga pengantin wanita yang menggunakan aksesoris penutup kepala seperti mahkota warna emas atau warna gold dan perak seperti gambar di bawah.

Baju Adat Minangkabau Terbaru Modern 2019Baju Adat Minangkabau Terbaru Modern 2019

Untuk bajunya sama yakni berupa baju kurung dengan hiasan aksen bordiran emas yang ada diseluruh bagian pakaian. Pada umumnya baju adat Minangkabau memiliki warna yang cerah seperti merah, biru dengan kombinasi warna gold pada bagian bordiran bajunya.

Aksesoris yang menjadi ciri khas yang unik dari baju adat Minangkabau adalah mahkota dan juga kalung emas atau gold yang diletakkan didepan dadanya yang cukup besar dan berat. Pada saat mengenakannya, pastikan Anda kuat ya.

Baju Adat Minang Modern

Baju adat Minang modern pada umumnya memiliki model yang lebih simple dan sederhana. Pakaian adat Minang modern ini pernah dijadikan sebagai pakaian prewedding yang digunakan oleh artis cantik Tasya Kamila yang memang mengusung konsep pengantin Minang.

Dilihat dari gambar dibawah ini, terlihat bahwa model baju adat minang modern lebih sederhana dan simple. Dan mahkota yang digunakannya juga tidak melulu menggunakan mahkota emas/gold atau dengan warna perak saja akan tetapi juga dapat mengenakan mahkota berwarna merah seperti yang digunakan oleh Tasya saat itu.

Bajunya juga terlihat lebih simple dengan warna yang sedikit gelap. Sedangkan untuk sang pengantin prianya mengenakan baju adat Minang modern pria yang juga sangat simple dengan mengenakan kain songket khas Tanah Minang dikombinasikan dengan jas.

Baju Adat Minang Modern Songket SimpleBaju Adat Minang Modern Songket Simple

Untuk bisa terlihat lebih khas Tanah Minang, Anda juga bisa memilih jenis baju adat Minang modern yang satu ini. Jika Anda tidak begitu suka menggunakan mahkota, maka baju adat Minang modern dengan tudung kepala berupa kain saja seperti gambar di bawah ini bisa Anda jadikan pilihan.

Sekilas modelnya mirip dengan model pakaian sari khas India. Sedangkan untuk sang pria mengenakan baju dengan warna yang senada dengan sang wanita dan juga menggunakan aksesoris penutup kepala yang berupa kain songket seperti gambar di bawah ini.

Kombinasi warna gold masih menjadi ciri khas dari baju adat minang baik yang tradisional hingga modern seperti yang ada pada gambar.

Baju Adat Minang Modern Simple TerbaruBaju Adat Minang Modern Simple Terbaru

Baju Adat Minangkabau Pengantin

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya bahwa pakaian adat Minangkabau dari dulu hingga sekarang masih saja dilestarikan. Sehingga tak heran jika masih banyak dan populer dikenakan hingga saat ini. Biasanya baju adat Minangkabau pengantin memiliki ciri khas dengan penutup kepala yang merupakan mahkota baik dari perak atau gold lengkap dengan aksesoris kalungnya juga.

Baju Adat Minangkabau Pengantin ModernBaju Adat Minangkabau Pengantin Modern

Sedangkan untuk sang pria juga sama mengenakan penutup kepala dengan warna senada dengan pakaian yang dikenakan pria. Sebagai referensi artis tampan Fedi Nuril pernah menggunakan baju pengantin adat Minang di acara resepsinya bersama dengan sang istri.

Baju Adat Minangkabau Pengantin Mahkota PerakBaju Adat Minangkabau Pengantin Mahkota Perak

Baju Adat Minangkabau Modern untuk Pengantin

Baju Adat Minangkabau Modern untuk PengantinBaju Adat Minangkabau Modern untuk Pengantin

Artis cantik laudya Chyntia Bella juga mengenakan pakaian adat khas Minang saat acara pernikahannya bersama dengan sang suaminya pada saat itu. Ia memilih mengenakan pakaian adat minang dengan tudung kepala mirip kerudung.

Baju Adat Minangkabau Modern untuk Pengantin MerahBaju Adat Minangkabau Modern untuk Pengantin Merah

Anda juga bisa memilih menggunakan baju Adat Minangkabau untuk pengantin dengan aksesoris mahkota yang lebih khas dan lebih banyak dikenakan oleh para masyarakat Minangkabau dari dulu hingga sekarang.

Jadi, jenis pakaian adat Minangkabau mana yang menjadi pilihan terbaik untuk acara pernikahan Anda? semoga bermanfaat dan menjadi referensi serta inspirasi. Terimakasih.

Apakah Artikel ini Membantu Anda ?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment