Cheap Jerseys Cheap NFL Jerseys Online Wholesale Jerseys Wholesale Jerseys Wholesale Jerseys Cheap Sports Jerseys Cheap NFL Jerseys Wholesale Jerseys Wholesale Jerseys Cheap Jerseys
Pakaian Adat

Pakaian Adat NTT Tradisional Hingga Modern Lengkap

Pakaian Adat NTT Seperti yang kita tahu Indonesia adalah Negara yang tidak hanya kaya akan keindahan dan pesona alamnya yang menawan. Akan tetapi budaya dan tradisi bangsa Indonesia juga masih sangat kental diberbagai macam daerah dan wilayah pada saat ini. Ada banyak jenis tradisi dan budaya yang dicerminkan oleh masyarakat Indonesia seperti tarian, upacara, adat istiadat hingga pakaian adat.

Pakaian adat adalah salah satu cerminan budaya Indonesia yang bahkan masih sangat kental dan tetap dilestarikan dari dulu hingga saat. Pada umumnya setiap wilayah dan daerah yang ada di Indonesia memiliki pakaian adat yang unik dengan ciri khas yang berbeda-beda. Hal inilah yang membuat Indonesia kaya dengan budaya dan tradisinya. Bahkan pakaian adat setiap daerah banyak dikenakan pada saat ini untuk acara penting dan formal misalnya seperti digunakan saat prewedding atau bahkan hingga di acara resepsi pernikahan.

Pakaian Adat NTT Tradisional

Pakaian Adat NTT Tradisional

Terutama masyarakat yang berasal dari wilayah atau daerah dengan pakaian adat yang menjadi kebanggaannya. Salah satu pakaian adat yang akan kami bahas pada artikel kali ini adalah pakaian Adat NTT yang memiliki ciri khas yang berbeda dengan baju adat di wilayah Indonesia yang lainnya.

Baju adat NTT memiliki perkembangan dari dulu hingga sekarang mulai dari yang tradisional hingga yang modern. NTT merupakan wilayah di Indonesia yang terkenal dengan produksi kain tenunnya yang mendunia. Tak hanya kain batik, kain songket juga merupakan karya masyarakat Indonesia yang mendunia dan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

Ingin tahu kan seperti apa penjelasan dan gambar pakaian adat NTT tradisional hingga modern. Langsung saja lebih lanjut simak ulasannya berikut ini.

Pakaian Adat NTT Tradisional Modern

NTT merupakan suatu provinsi di Indonesia yang terdiri dari beberapa suku diantaranya adalah suku rote, suku helong, suku dawann, suku Sumba, suku Manggarai dan suku Lio yang mana setiap suku ini memiliki pakaian adat NTT yang berbeda-beda walaupun terbuat dari bahan yang sama yakni tidak terlepas dari kain songket.

Suku Rote memiliki pakaian adat yang dikenal dengan nama Ti’i langga. Dengan ciri khas sebuah topi yang memiliki bentuk seperti topi khas Meksiko yakni sombrero. Topi dengan bentuk mirip kerucut yang tinggi ini terbuat dari bahan daun lontar kering. Pada umumnya, topi baju adat NTT ini melambangkan rasa percaya diri dan juga menambah wibawa pada saat dikenakan oleh para lelaki Rote.

Baca Juga :  Pakaian Adat Jakarta yang Masih Sering Digunakan

Sedangkan untuk wanitanya mengenakan pakaian dengan kain songket lengkap dengan aksesoris kepala seperti yang ada pada gambar dibawah.

Songket memang salah satu kain yang menjadi ciri khas dari baju adat NTT baik wanita ataupun pria. Kain tenun songket yang dikenakan terdiri dari berbagai macam motif dan warna yang keren sehingga tak heran jika kain songket banyak dikenakan. Bahkan tidak hanya menjadi favorit masyarakat NTT saja, akan tetapi juga menjadi favorit banyak orang selain di wilayah provinsi NTT.

Pakaian Adat NTT Tradisional SongketPakaian Adat NTT Tradisional Songket

Pakaian Adat NTT Wanita Tradisional

Selain suku Rote, salah satu suku di provinsi NTT yang lainnya adalah suku Dewan.  Untuk pakaian adat NTT wanita tradisional suku Dewan dapat Anda lihat pada gambar dibawah. Pakaian adat wanita tradisional ini masih banyak dikenakan pada saat ini dengan sentuhan aksen modern pada makeup dan aksesoris yang dikenakan.

Sama dengan baju adat NTT dari suku lainnya pakaian adat suku Dewan juga menggunakan kain songket NTT yang menjadi kebanggaan dan ciri khas dari provinsi yang satu ini. Model bajunya juga lebih dikembangkan semakin modern saat ini.

Pakaian Adat NTT Wanita Tradisional Suku DawanPakaian Adat NTT Wanita Tradisional Suku Dawan

Baju Adat NTT Pria Tradisional

Baju adat NTT pria setiap suku yang ada di provinsi Nusa Tenggara Timur juga sama dengan yang lainnya yakni menggunakan pakaian dengan bahan kain songket khas NTT. Hanya saja yang berbeda adalah aksesoris yang dikenakan misalnya penutup kepala yang dikenakan oleh suku rote berbeda dengan suku Sabu. Jika pria suku rote menggunakan penutup kepala seperti topi kerucut tinggi yang mirip dengan topi Meksiko.

Topi pria suku Sabu lebih ke mahkota kepala yang terbuat dari bahan perak dengan ikatan kain songket pada bagian dalamnya seperti gambar berikut.

Baju Adat NTT Pria TradisionalBaju Adat NTT Pria Tradisional

Sedangkan untuk baju adat pria dan wanita serta baju adat anak NTT suku Helong memiliki ciri khas tambahan aksesoris atau hiasan bulu pada bagian atas kepala pria. Sedangkan untuk wanitanya menggunakan ikat kepala songket dan juga lengkap dengan aksesoris kepala seperti gambar berikut.

Untuk bahan baju adat yang dikenakan keduanya masih sama yakni mengenakan kain songket kebanggaan NTT sebagai bahan pakaian adat yang utama. Kain songket biasanya dijadikan dengan berbagai macam model baju untuk wanita seperti baju gantung dan untuk pria digunakna sebagai bawahan dan juga selempang pada bagian bahu.

Baca Juga :  Ini Dia Pakaian Adat Papua Lengkap dengan Gambarnya

Baju Adat NTT Pria Tradisional Suku HelongBaju Adat NTT Pria Tradisional Suku Helong

Baju Adat NTT dengan Kain Tenun

Baju Adat NTT Suku RoteBaju Adat NTT dengan Kain Tenun

Jadi, dapat disimpulkan bahwa secara umum baju adat NTT menggunakan kain tenun sebagai bahan dasar pembuatan baju baik baju adat pria ataupun baju adat wanita dari berbagai macam suku yang ada. Yang membedakan antara pakaian adat NTT disetiap sukunya adalah model dan aksesoris yang dikenakannya.

Yang paling terlihat adalah pada model baju wanita adat NTT untuk si wanita dan bagian aksesoris kepala pada setiap pria di setiap suku yang ada di provinsi NTT. Ada yang hanya mengenakan kain songket yang diikat ke kepala ada juga yang mengenakan mahkota dan juga topi khas NTT dengan bentuk seperti kerucut.

Baju Adat NTT Modern Populer

Baju Adat NTT Modern Populer SongketBaju Adat NTT Modern Populer Songket

Apabila Anda bertanya pakaian adat NTT mana yang masih tetap populer dan banyak dikembangkan oleh para desainer pada saat ini? Semua pakaian adat khas suku NTT masih terus dikembangkan dan diinovasikan menjadi jenis pakaian etnik yang lebih modern. Beberapa pakaian adat yang populer adalah baju adat NTT dari suku Rote dan Dawan.

Baju Adat NTT Modern Populer Wanita dan PriaBaju Adat NTT Modern Populer Wanita dan Pria

Sudah ada banyak inovasi dan kreasi para desainer untuk menciptakan baju adat NTT modern dan masih tetap populer hingga saat ini. Karena memang kain tenun songket sangat indah dan selalu mempesona saat dikreasikan untuk dijadikan sebagai pakaian. Bahkan sudah ada banyak model yang mengenakan kain songket sebagai pakaiannya untuk memberikan kesan etnik budaya Indonesia yang sangat khas dan masih sangat kental.

Baju Adat NTT Modern Populer WanitaBaju Adat NTT Modern Populer Wanita

Bahkan tidak hanya dipamerkan pada saat diadakan fashion show, baju adat NTT dengan etnik songket yang sangat khas dengan budaya Indonesia ini juga sering kali digunakan sebagai outfit prewedding pasangan yang akan menikah. Tenun songket sangat mempesona saat dikreasikan menjadi bentuk berbagai macam model pakaian yang cukup modern pada saat ini.

Ingin mengenakan pakaian adat NTT di berbagai macam acara formal? pastikan kenakan baju dengan motif songket dan model yang pas dengan style Anda ya. Anda juga bisa mengenakan kain songket sebagai bawahan kebaya walaupun tidak akan mencerminkan kesan budaya Nusa Tenggara Timur. Semoga menginspirasi, terimakasih.

User Review
( votes)

Add Comment

Leave a Comment