by

Pakaian Adat Padang Model Tradisional hingga Modern Kekinian

Pakaian Adat Padang – Padang adalah salah satu wilayah yang ada di Sumatera Barat dan terkenal dengan makanan khasnya yakni rendang. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan nama kota Padang karena ada banyak rumah makan Padang yang ada di beberapa kota dan wilayah diseluruh Indonesia. Ya, cita rasa masakan dan makanan Padang memang sangat khas dan berbeda dengan yang lainnya. Rendang adalah makanan terenak dan terlezat di seluruh Indonesia katanya. Jadi, tak heran jika cita rasa masakan Padang membuat nagih dan orang Padang yang merantau di kota orang menjadi rindu masakan Padang.

Baca juga : Pakaian Adat Bengkulu Tradisional Hingga Modern untuk Pernikahan Adat yang Kental

Pakaian Adat Padang Model Tradisional hingga Modern KekinianPakaian Adat Padang Model Tradisional hingga Modern Kekinian

Tidak hanya terkenal dengan cita rasa masakannya yang kaya, namun alam, budaya, adat dan istiadat masyarkat Padang juga sangat kaya. Memang sudah tak heran lagi karena Indonesia adalah salah satu negara yang terdiri dari suku, budaya dan adat yang berbeda-beda di setiap wilayahnya. Itupun juga sudah diakui oleh turis mancanegara yang berkunjung ke Indonesia, jadi kita harus bangga.

Perbedaan budaya dan adat istiadat yang ada dalam setiap daerah di Indonesia secara umum berupa tarian, upacara adat hingga pakaian adat yang bahkan masih tetap dilestarikan oleh masyarakat sekitar daerah yang ada. Hal inilah yang membuat tradisi adat dan budaya tetap kental di Indonesia karena masyarakatnya yang terus melestarikannya.

Pakaian Adat Padang Sumatera Barat

Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai pakaian adat Padang yang masih banyak digunakan dan masih senantiasa dilestarikan hingga saat ini. Hal ini karena model baju adat padang yang mengikuti perkembangan jaman dengan trend fashion modern tanpa harus menghilangkan kesan klasik dan tradisional yang ada pada pakaian.

Pakaian Adat Padang Sumatera Barat

Pakaian Adat Padang Sumatera Barat

Jika dulu pakaian adat Sumatera Barat hanya dapat digunakan oleh kaum bangsawa, pada saat ini baju adat Padang dapat digunakan oleh siapa saja. Biasanya pakaian adat Padang akan digunakan di beberapa acara tertentu seperti upacara adat sekitar, acara kebudayaan dan acara pernikahan yang dilakukan sesuai dengan adat tanah kelahiran masing-masing.

Ya, pada saat ini banyak masyarakat yang mengenakan baju adat Padang sebagai baju pengantin adat Padang untuk acara pernikahannya. Tidak hanya bertujuan untuk melestarikan pakaian adat daerah, namun pada umumnya penggunaan pakaian pengantin adat Padang akan membuat acara pernikahan semakin terasa sakral. Tidak hanya mengenakan pakaian adat Padang saja, namun pada umumnya pasangan pengantin akan melakukan adat istiadat tradisi pernikahan secara tradisional. Walaupun sudah ada sentuhan modern dalam hal ini, namun hal inilah yang membuat baju pengantin Padang banyak diminati dan banyak digunakan hingga saat ini.

Model Baju Adat Padang

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa model baju adat Padang juga mengalami perkembangan mode sesuai dengan trend fashion pada saat ini. Tanpa harus mengilangkan kesan klasiknya, hal inilah yang membuat baju adat Padang masih eksis dari dulu hingga sekarang bahkan tak jarang orang yang ingin mengenakan pakaian adat Padang untuk pesta pernikahannya.

Model Baju Adat PadangModel Baju Adat Padang

Secara umum, model baju adat padang dibagi menjadi dua yakni baju adat padang cowok dan pakaian adat Padang wanita. Model baju adat Padang yang sangat terkenal khusus wanita adalah limapeah rumah nan gadang atau bundo kaduang yang memiliki ciri khas di bagian penutup kepala yang menyerupai bentuk tandung kerbau atau rumah adat gadang.

Model Baju Adat Padang SuntiangModel Baju Adat Padang Suntiang

Tidak hanya itu, ada juga baju adat Padang yang untuk pria dan untuk acara pernikahan. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Baju Adat Padang Cowok

Baju Adat Padang Cowok ModernBaju Adat Padang Cowok Modern

Pada umumnya model baju adat padang cowok memiliki bentuk yang simpel yakni berupa baju lengan panjang dan celana panjang dengan warna senada. Lengkap dengan aksesoris selempang berupa kain songket dan penutup kepala seperti yang ada pada gambar.

Baju adat Padang cowok biasanya terdiri dari beberapa hal yakni seperti baju yang biasanya berwarna hitam, deta yakni penutup kepala yang juga terbuat dari kain berwarna yang dlilitkan sehingga menghasilkan banyak kerutan, sasampiang yakni aksesoris berupa selendang merah berhias benang makanu dan warna-warna yang dikenakan di bahu, cawek yakni ikat pinggang yang terbuat dari bahan sutra dan sandang yang berupa kain berwarna merah dan diikatkan pada pinggang.

Baju Adat Padang Cowok TradisionalBaju Adat Padang Cowok Tradisional

Pakaian adat Padang untuk pria ini biasanya digunakan sehari-hari dan bisa juga untuk menghadiri acara penting dan formal. Untuk acara pernikahan baju adat Padang cowok akan memiliki desain dengan hiasan agar ramai perpaduan warna emas dan warna lainnya seperti warna hitam, merah, biru, putih dan lainnya.

Pakaian Adat Padang Wanita

Pakaian Adat Padang Wanita ModernPakaian Adat Padang Wanita Modern

Pakaian adat Padang wanita dibagi menjadi dua yakni baju adat Padang untuk digunakan sehari-hari dan pakaian adat Padang pengantin wanita dengan hiasan kepala yang berbeda. Jika baju adat Padang yang bernama bundo kanduang atau limapapeh rumah nan gadang digunakan oleh wanita yang sudah menikah dan memiliki anak sebagai simbol kebesaran dengan model penutup kepala seperti rumah gadang atau tanduk kerbau.

Pakaian Adat Padang Wanita Suntiang Tradisional ModernPakaian Adat Padang Wanita Suntiang Tradisional Modern

Hal ini tentu berbeda dengan pakaian adat Padang wanita yang pada umumnya digunakan untuk acara pernikahan yakni berupa baju kurung dengan warna gelap atau cerah dihiasi dengan hiasan emas di setiap detai bajunya lengkap dengan aksesoris penutup kepala seperti mahkota emas yang tinggi dan berat seperti yang ada pada gambar.

Baju Pengantin Adat Padang Tradisional Modern

Baju Pengantin Adat Padang Tradisional ModernBaju Pengantin Adat Padang Tradisional Modern

Hingga saat ini pakaian adat Padang terus dilestarikan dan banyak digunakan oleh masyarakat Padang etika menggelar acara pesta pernikahan. Ya, acara pernikahan adalah momen yang sangat sakral ditambah lagi dengan menggunakan pakaian adat pengantin Padang yang akan membuat moment tersebut semakin sakral.

Secara umum, model baju pengantin adat Padang ini hampir sama dengan pakaian adat sumatera yang lainnnya. Bahkan modelnya pun mengalami perkembangan dan tidak ketinggalan jaman pada saat ini. Pakaian adat padang untuk pengantin memiliki warna khas yakni lazimnya berwarna merah dilengkapi dengan penutup kepala untuk wanita ataupun prianya lengkap dengan hiasan yang beragam.

Baju Pengantin Adat Padang Modern TradisionalBaju Pengantin Adat Padang Modern Tradisional

Sebenarnya perbedaan dari model baju pengantin adat Padang modern dan yang tradisional tidak terlalu berbeda. Yang membedakannya mungkin hanya riasan wajah pengantin wanita dan pria. Hal ini memang tidak terdapat perbedaan yang cukup signifikan pada model baju pengantin Padang tradisional dan modern. Baju pengantin adat Padang modern pun masih tetap mempertahankan nilai dan ciri khas pakaian adat Padang tradisional dan tetap menjaga ke-klasikannya.

Tertarik untuk menggunakan pakaian adat Padang untuk pesta pernikahan Anda? Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Terimakasih.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment