Pakaian Adat

Pakaian Adat Palembang Klasik Tradisional Modern

Pakaian Adat Palembang – Berbicara tentang tradisi dan budaya Indonesia memang tidak akan ada matinya. Karena ada banyak tradisi dan budaya yang unik dan berbeda di setiap daerah dan wilayah yang ada di Indonesia. Bahkan semuanya memiliki ciri khas yang unik setiap budaya dan tradisi masyarakatnya. Tak hanya banyak dan beragam, budaya dan tradisi masyarakat Indonesia bahkan masih tetap terjaga kelestariannya pada saat ini.

Baca juga : Pakaian Adat Gorontalo yang Klasik Hingga Modern Lengkap

Pakaian Adat Palembang Klasik Tradisional ModernPakaian Adat Palembang Klasik Tradisional Modern

Bahkan di beberapa daerah dan wilayah misalnya seperti Bali dan Jogja, kebudayaan dan tradisinya masih sangat terasa kental disana. Bahkan wisatawan asing juga dapat bejar budaya yang masih sangat terasa disana. Tak heran jika kekayaan dan budaya serta tradisi di Indonesia sudah diakui hingga ke mancanegara.

Ada banyak sekali bentuk tradisi dan budaya di Indonesia misalnya seperti upacara, adat dan istiadat, tarian hingga pakaian adat yang memiliki ciri khas dan keunikan sendiri di masing-masing daerah dan wilayah. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang pakaian adat. Setelah sebelumnya kami sudah membahas mengenai berbagai macam pakaian adat seperti pakaian adat jawa, sunda, padang, minang dan sebagainya.

Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai pakaian adat Palembang yang memiliki ciri khas dan keunikan yang berbeda dengan pakaian adat yang ada di daerah yang lainnya. Langsung saja yuk simak ulasannya berikut ini.

Pakaian Adat Palembang Tradisional Modern

Pakaian Adat Palembang Tradisional ModernPakaian Adat Palembang Tradisional Modern

Jika dilihat dari perkembangannya dari dulu hingga sekarang pakaian adat Palembang mengalami perkembangan mulai dari yang tradisional hingga yang modern dan banyak dikenakan pada saat ini. Pada jaman dahulu pakaian adat palembang ini biasa dikenakan oleh masyarakat kalangan bangsawan. Berbeda dengan saat ini, semua masyarakat bisa mengenakan baju adat Palembang.

Pada umumnya baju adat Palembang biasa dikenakan pada saat acara pernikahan sebagai baju adat pengantin Palembang, acara festival dan pada saat acara karnaval serta pagelaran seni misalnya pada saat menampilkan sebuah tarian khas Palembang. Ternyata tidak hanya terkenal dengan makanan khasnya yakni pempek dan ikon wisatanya yakni jembatan Ampera. Ternyata Palembang juga memliki pakaian adat yang menjadi kebanggaannya.

Baca Juga :  Pakaian Adat NTT Tradisional Hingga Modern Lengkap

Secara umum baju adat Palembang dibagi menjadi dua jenis yakni baju adat Palembang pria dan baju adat Palembang wanita yang memiliki ciri khas yang berbeda dengan jenis baju adat yang lainnya.

Pakaian Adat Palembang Tradisional Modern SimplePakaian Adat Palembang Tradisional Modern Simple

Nama pakaian adat khas Palembang dikenal dengan sebutan Aesan yang dibagi menjadi dua jenis yakni Aesan Paksangko dan Aesan gede. Kedua jenis pakaian adat ini memiliki lambang kemegahan dan juga kebesaran atas kerajaan Sriwijaya yang berdiri pada masa lampau. Aesan gede melambangkan kebesaran sedangkan baju adat Aesan paksangko melambangkan keanggunan. Bahkan keduanya juga masih eksis dan masih sering digunakan pada saat acara pernikahan pada saat ini.

Bahkan beberapa artis juga masih banyak yang mengenakan pakaian adat Palembang agar acara dan upacara pernikahan yang digelarnya menjadi semakin khidmat dan sakral.

Baju Adat Palembang Pria

Baju Adat Palembang Pria TradisionalBaju Adat Palembang Pria Tradisional

Baju adat Palembang pria dapat mengenakan dua jenis pakaian yang sudah kami jelaskan diatas yakni Aesan Gede dan Aesan Paksangko. Sesuia dengan namanya yang memiliki arti kebesaran. Pada saat seorang pria mengenakan pakaian adat yang satu ini maka akan terlihat gagah seperti halnya raja-raja di masa kerajaan Sriwijaya.

Baju Adat Palembang Pria Simple ModernBaju Adat Palembang Pria Simple Modern

Pada umumnya jenis pakaian adat Aesan Gede ini memiliki ciri penggunaan kombinasi warna merah jambu dan warna keemasan. Yang mana kedua jenis warna ini mencerminkan keagungan para bangsawan Sriwijaya di masanya.

Ditambah lagi dengan tambahan aksesoris dan gemerlap perhiasan seperti mahkota aesan gede, bunga cempako, kembang goyang dan juga kelapo standan. Lengkap dengan baju dodot serta kain songket lepus yang memiliki motif yang sangat khas yakni napan perak.

Baju Adat Palembang Wanita

Baju Adat Palembang Wanita TradisionalBaju Adat Palembang Wanita Tradisional

Kaum wanita juga akan mengenakan pakaian adat yang digunakan oleh pria seperti Aesan Gede. Pada umumnya pakaian adat Palembang Aesan Gede akan dibuat sepasang untuk pengantin pria dan wanita.

Tidak hanya Aesan Paksangko saja, baju adat Palembang wanita dan pria juga ada yang bernama Aesan Paksangko. Yang mana jenis pakaian adat Palembang wanita dan pria yang satu ini melambangkan keagungan pada masyarakat Palembang dan Sumatera Selatan.

Baju Adat Palembang Wanita Modern KlasikBaju Adat Palembang Wanita Modern Klasik

Pakaian adat yang satu ini biasanya dikenakan oleh sepasang pengantin. Saat mengenakan baju adat pengantin Palembang gaya aesan paksangko ini, biasanya pengantin wanita akan mengenakan baju kurung warna merah yang ditaburi dengan hiasan bintang keemasan, teratai penutup dada lengkap dengan hiasan kepala berupa mahkota pak sangkong, kembang goyang, dan juga kembang kenango dan perhiasan lainnya yangb mewah berwarna keemasan.

Baca Juga :  Pakaian Adat Sulawesi Selatan Lengkap Klasik Tradisional Hingga Modern

Sedangkan pengantin pria akan mengenakan jubah motif bunga emas, celana pengantin, songket lepus, songkok emas sebagai penutup kepala dan selempang songket.

Baju Adat Palembang Anak

Baju Adat Palembang Anak untuk TarianBaju Adat Palembang Anak untuk Tarian

Tidak hanya itu, bahkan pada saat ini juga sudah banyak baju adat Palembang anak yang dibuat dan disewakan. Pada umumnya, jenis baju adat Palembang anak ini akan dikenakan pada saat ada acara festival, karnaval dan pagelaran seni pada saat akan menampilkan tarian ataupun teater.

Baju Adat Palembang Anak Festival Tarian AdatBaju Adat Palembang Anak Festival Tarian Adat

Pada umumnya pada saat dikenakan oleh anak-anak di acara festival atau karnaval baju adat Palembang anak ini akan cukup dibuat dengan model yang cukup simple namun tetap terkesan klasik dan tradisional.

Pakaian Adat Pengantin Palembang

Pakaian Adat Pengantin Palembang ModernPakaian Adat Pengantin Palembang Modern

Tidak hanya dapat dikenakan pada saat menggelar acara festival, karnaval dan tarian saja. Namun, yang paling banyak dikenakan adalah pakaian adat Palembang untuk pengantin. Secara umum, baju adat pengantin Palembang ini memiliki ciri khas dengan nuansa emas baik pada bagian pakaian atau baju yang dikenakan dalam bentuk bordiran dan juga pada hiasan aksesoris kepala yang cukup mencolok dan menjadi ciri khas.

Tidak hanya banyak dikenakan oleh masyakarat secara umum saja, bahkan beberapa artis yang memiliki keturunan asli Palembang juga banyak yang mengenakan pakaian adat pengantin Pelembang di acara pernikahannya.

Pakaian Adat Pengantin Palembang Modern KlasikPakaian Adat Pengantin Palembang Modern Klasik

Model dan desain pakaian adat Palembang untuk pengantin pun pada saat ini mengalami perkembangan mulai dari yang tradisional hingga yang modern. Walaupun perkembangannya tidak cukup siginifikan dan masih kental dengan aksen klasiknya.

Perbedaan yang cukup mendasar dari baju adat palembang adalah model baju dan bahan kain yang dikenakan. Sedangkan untuk aksesorisnya masih tetap mengenakan aksesoris wajib khas Pakaian adat Palembang.

Itu dia informasi mengenai penjelasan pakaian adat Palembang lengkap dengan gambarnya yang dapat Anda jadikan inspirasi dan referensi. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda semua. Terimakasih.

User Review
( votes)

Add Comment

Leave a Comment