Cheap Jerseys Cheap NFL Jerseys Online Wholesale Jerseys Wholesale Jerseys Wholesale Jerseys Cheap Sports Jerseys Cheap NFL Jerseys Wholesale Jerseys Wholesale Jerseys Cheap Jerseys
Pakaian Adat

Ini Dia Pakaian Adat Papua Lengkap dengan Gambarnya

Pakaian Adat Papua – Seperti yang kita tahu Negara kita Indonesia adalah salah satu Negara yang sangat kaya sekali dengan keanekaragaman budaya, adat dan bahasanya. Bahkan di setiap daerah atau wilayah Indonesia memiliki adat dan budaya serta bahasa yang berbeda-beda. Tentunya setiap wilayah atau daerah Indonesia memiliki ciri khas adat dan budayanya masing-masing. Misalnya seperti adat dan budaya jawa tentu akan berbeda dengan adat dan budaya batak.

Baca juga : Referensi Desain Baju Batik Untuk Membuat Baju Batik Sendiri

Pakaian Adat Papua Pria dan WanitaPakaian Adat Papua Pria dan Wanita

Pakaian Adat Papua TradisionalPakaian Adat Papua Tradisional

Walaupun ada banyak perbedaan yang ada di Indonesia, hal tersebut tidak membuat semua masyarakat Indonesia terpecah belah. Kita disatukan dengan semboyan bhineka tunggal ika yang artinya walaupun berbeda-beda namun tetap satu jua. Ya, semboyan inilah yang harusnya kita pegang teguh sebagai masyarakat Indonesia.

Tidak hanya mengenai adat, budaya dan bahasanya saja yang berbeda-beda. Bahkan di setiap daerah di Indonesia juga memiliki pakaian adat khas masing-masing yang berbeda. Ada banyak pakaian adat Indonesia setiap daerah yang unik dan berbeda-beda. Seperti misalnya pakaian adat jawa yang identik dengan kebaya dan pakaian adat batak yang identik dengan songketnya. Begitu juga wilayah timur Indonesia yakni Papua yang juga memiliki pakaian adat yang khas dan berbeda dengan pakaian adat yang ada di daerah yang lainnya.

Pada umumnya, pakaian adat Papua ini akan digunakan dalam beberapa acara penting seperti pelaksanaan upacara adat dan lainnya. Nah, bagi Anda yang masih belum tahu kira-kira apa saja baju adat Papua yang biasa digunakan. Langsung saja yuk simak ulasan mengenai pakaian adat papua lengkap dengan gambarnya berikut ini.

Jenis Pakaian Adat Papua

Pakaian adat papua adaah salah satu ciri khas dan wujud nyata bahwa Papuan memiliki kekayaan budaya yang cukup unik dan berbeda dengan daerah lainnya. Tidak hanya pakaian adat saja, bahkan Papua juga memiliki tarian adat yang khas. Papua tidak hanya kaya akan adat dan budayanya saja. Bahkan hingga saat ini Papua juga sangat terkenal dengan kekayaan wisata alamnya yang luar biasa. Salah satu wisata alam yang terkenal di Papua dan menarik perhatian turis lokal hingga mancanegara adalah tempat wisata Raja Ampat di Papua.

Baca Juga :  Pakaian Adat Madura yang Wajib Anda Ketahui

Jenis Pakaian Adat PapuaJenis Pakaian Adat Papua

Jenis Pakaian Adat Papua TradisionalJenis Pakaian Adat Papua Tradisional

Namun pada artikel kali ini kami tidak akan membahas mengenai tempat wisata di Papua. Kami akan membahas mengenai jenis pakaian adat papua yang sering digunakan oleh para masyarakat Papua. Pakaian adat Papua sering disebut-sebut sebagai pakaian yang dapat menggambarkan kedekatan suatu suku yang ada di Papua seperti suku asmat, suku dani, suku kamoro, suku biak dan suku waropen dengan alam yang ada di sekitarnya.

Pakaian adat Papua secara umum dibedakan menjadi dua jenis pakaian adat untuk pria dan pakaian adat untuk wanita Papua. Perbedaan dari kedua jenis pakaian adat antara pria dan wanita ini tidak terlalu banyak, perbedaannya hanya terletak pada bagian bawah pakaian yang dikenakan saja.

Baju adat Papua memiliki ciri khas yang ada pada bagian atas kepala dengan adanya penutup kepala. Penutup kepala tersebut terbuat dair bahan dasar daun sagu yang dirajut dengan sangat rapi dan dihiasi dengan bulu burung kasuari. Sangat unik sekali bukan?

Nah, penasaran kan kira-kira apa saja jenis-jenis pakaian adat Papua. Langsung saja yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Pakaian Sali Khas Adat Papua

Pakaian Sali Khas Adat Papua TradisionalPakaian Sali Khas Adat Papua Tradisional

Pakaian Sali Khas Adat Papua ModernPakaian Sali Khas Adat Papua Modern

Jenis baju adat Papua ini biasanya digunakan oleh perempuan Papuan yang masih lajang atau belum menikah. Pakaian adat ini dibuat dengan bahan dasar yang sangat unik dan menarik yakni terbuat dari kulit pohon.

Baju adat papua ini memiliki warna coklat yang dihasilkan dari warna kuit pohon. Bagi wanita yang sudah memiliki ikatan atau sudah menikah tidak diperkenankan untuk menggunakan pakaian adat yang satu ini.

Pakaian Holim Khas Papua

Pakaian Holim Khas Papua KotekaPakaian Holim Khas Papua Koteka

Pakaian Holim Khas Papua TradisionalPakaian Holim Khas Papua Tradisional

Jenis pakaian adat Papuan yang berikutnya adalah pakaian holim yakni jenis pakaian yang dikenakan khusus untuk para laki-laki. Jenis baju adat Papua ini biasa digunakan oleh suku Dani. Pakaian adat holim khas adat papua ini disebut juga dengan koteka.

Seperti yang kita tahu, koteka adalah jenis pakaian adat papua yang sangat terkenal dan biasa digunakan untuk menutupi kemaluan para lelaki yang ada di Papua. Pada umumnya, baju adat Papua ini digunakan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Koteke dikenakan dengan cara diikat ke pinggang menggunakan seutas tali.

Baca Juga :  Pakaian Adat Minangkabau Tradisional Modern Untuk Pengantin

Untuk koteka yang digunakan dalam upacara adat, biasanya para lelaki Papua akan menggunakan koteka yang berukuran panjang lengkap dengan etnik. Sedangkan koteka yang digunakan untuk beraktivitas sehari-hari adalah koteka dengan ukuran yang lebih pendek.

Koteka yang digunakan oleh masyarakat Papua terbuat dari bahan buah labu air tua yang dikeringkan yang sebelumnya daging dan bijinya di keluarkan. Setelah itu, labu air tua tersebut akan dikeringkan agar koteka tidak cepat busuk.

Pakaian Yokal Adat Papua

Baju adat papua berikutnya adalah pakaian Yokal yang biasa dikenakan oleh masyarakat yang ada di Papua Barat dan sekitarnya. Pakaian adat yang satu ini hanya boleh dikenakan oleh wanita yang sudah memiliki keluarga atau yang sudah menikah.

Warna pakaian Yokal ini adalah coklat sedikit kemerahan. Pakaian Yokal merupakan pakaian adat Papua yang tidak diperjual-belikan karena pakaian tersebut adalah suatu simbol masyarakat Papua untuk menggambarkan kedekatannya dengan alam.

Pakaian Adat Ewer Papua

Pakaian Adat Ewer Papua TradisionalPakaian Adat Ewer Papua Tradisional

Pakaian Adat Ewer Papua ModernPakaian Adat Ewer Papua Modern

Jenis pakaian adat Papua yang terakhir adalah pakaian ewer yakni pakaian adat tradisional Papua yang berupa rok berbentuk rumbai. Rok rumbai atau pakaian ewer khas Papua ini terbuat dari susunan daun sagu yang kering dan digunakan untuk menutupi bagian bawah tubuh. Pakaian ewer Papua tidak hanya dapat digunakan oleh wanita saja, namun pria Papua juga dapat menggunakannya.

Pada saat menggunakan pakaian adat Papua Ewer ini biasanya juga dilengkapi dengan aksesoris hiasan yang lainnya yakni hiasan kepala yang sudah dijelaskan diatas. Yakni hiasan kepala yang terbuat dari bahan iju dan bulu burung kasuari serta anyaman daun sagu.

Aksesoris lainnya yang juga digunakan sebagai kalung adalah manik-manik dari kerang, tering babi yang diletakkan antara lubang hidung, gigi anjing sebagai kalung dan tas noken yang terbuat dari anyaman kulit kayu sebagai wadah umbi atau sayuran yang dipakai di kepala.

Ada banyak jenis baju adat Papua bahkan baju adat papua modern dan baju adat Papua anak yang juga banyak ditemukan pada saat ini. Anda bisa membuat baju adat Papua sendiri untuk digunakan di acara seperti karnaval ataupun festival. Biasanya kebanyakan acara yang memperkenalkan baju adat setiap daerah adalah festival atau karnaval anak. Itu dia beberapa jenis pakaian adat Papua, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda. Terimakasih.

User Review
( votes)

Add Comment

Leave a Comment