Pakaian Adat

Pakaian Adat Sulawesi Selatan Lengkap Klasik Tradisional Hingga Modern

Pakaian Adat Sulawesi – Indonesia adalah suatu Negara yang tidak hanya kaya akan pesona alam dan wisatanya saja. Akan tetapi juga sangat kaya dengan kekayaan tradisi dan budayanya. Bahkan di setiap daerah dan wilayah di Indonesia memiliki adat dan budaya yang berbeda-beda serta memiliki keunikan dan ciri khas yang menjadikannya berbeda antara satu wilayah dan wilayah lainnya.

Baca juga : Pakaian Adat Palembang Klasik Tradisional Modern

Pakaian Adat Sulawesi Lengkap dengan Model KlasikPakaian Adat Sulawesi Lengkap dengan Model Klasik

Indonesia terdiri dari beberapa pulau dan provinsi dengan suku yang juga berbeda-beda. Kebudayaannya pun juga terdiri dari beberapa bentuk misalnya seperti budaya adat istiadat, upacara, tarian tradisional hingga pakaian adat yang juga masih banyak dikenakan pada saat ini. Pakaian adat Sulawesi memiliki ciri khas dan keunikan yang membedakannya dengan daerah dan wilayah lainnya.

Sama seperti baju adat yang ada di daerah atau wilayah yang lainnya, baju adat Sumatera juga memiliki ciri khas dan keunikan yang berbeda. Bahkan masih banyak digunakan dan dilestarikan dari dulu hingga sekarang. Jika dulu pakaian adat Sulawesi hanya dapat dikenakan oleh kaum bangsawan dan petinggi saja. Pada saat ini semua orang bisa menggunakan pakaian adat Sulawesi.

Pada umumnya, pakaian adat sulawesi ini banyak dikenakan di acara pernikahan atau pada saat sesi pemotretan prewedding. Orang yang lahir atau seorang keturunan Sulawesi biasanya akan menggunakan baju pengantin adat Sulawes ini di acara pernkahannya. Berikut ini akan kami jelaskan lebih lengkap tentang baju adat Sulawesi secara lengkap. Langsung saja yuk simak ulasannya.

Pakaian Adat Sulawesi Selatan Tradisional Modern

Pakaian Adat Sulawesi Selatan Tradisional ModernPakaian Adat Sulawesi Selatan Tradisional Modern

Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai pakaian adat Sulawesi selatan. Sulawesi selatan merupakan bagian wilayah maritim dan dikelilingi oleh berbagai macam pulau. Tidak hanya dikenal dengan tarian pakarena saja, tetapi Sulawesi Selatan ternyata juga memiliki identitas budaya pakaian adat Sulawesi selatan yang masih tetap dilestarikan dari dulu hingga sekarang.

Baju adat Sulawesi selatan memiliki corak yang sangat khas ketimur-timuran. Dipadukan dengan corak khas lokal masyarakat yang ada di daerah setempat. Sama seperti daerah lainnya yang memiliki pakaian adat yang unik dan punya ciri khas tersendiri. Baju adat Sulawesi selatan juga memiliki ciri yang unik dan biasa dikenakan pada acara formal serta menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat Sulawesi Selatan.

Baca Juga :  Pakaian Adat Kalimantan Dari Berbagai Macam Daerah

Pakaian Adat Sulawesi Selatan ModernPakaian Adat Sulawesi Selatan Modern

Baju adat Sulawesi selatan dibagi menjadi 2 yakni baju adat Sulawesi pria dan baju adat Sulawesi wanita. Baju adat Sulawesi Pria pada umumnya akan berpakaian dengan menggunakan jas dengan warna gelap dan juga sarung sebagai bawahannya. Modelnya dikombinasikan dengan pakaian adat setempat dengan sentuhan adanya nuansa islami. Sedangkan untuk wanita Sulawesi akan mengenakan baju pendek dan juga baju panjang dengan hiasan aksesoris pernak pernik yang mewarnai baju yang dikenakannya. Untuk lebih jelasanya berikut akan kami bahas masing-masing.

Baju Adat Sulawesi Pria

Pakaian Adat Sulawesi Selatan Baju PokkoPakaian Adat Sulawesi Selatan Baju Pokko

Baju adat Sulawesi pria disebut dengan nama baju tutu yakni berupa jas tutu yang dipadukan dengan celana atau paroci, lengkap dengan sarung atau bisa disebut lipa garusuk serta penutup kepala yang disebut dengan istilah songkok.

Jas tutu yang dikenakan memiliki lengan panjang dengan leher berkerah dan dihiasi dengan kancing yang berwarna emas atau perak pada leher baju tersebut. Sedangkan untuk kain lipa garusuk atau lipa sabbe yang dikenakan berwarna polos dan mencolok biasanya berwarna merah atau hijau.

Tidak hanya itu, baju adat Sulawasi pria yang lainnya adalah baju seppa tallung khas suku Toraja. Pakaian adat yang satu ini memiliki ciri-ciri ukurannya panjang dan menyentuh bagian lututnya. Pada saat seorang pria Sulawesi tana Toraja mengenakannya, biasanya mereka juga megenakan aksesoris pelengkapnya seperti kandaure, gayang, lipa’ dan yang lainnya.

Baju Adat Sulawesi Wanita

Baju Adat Sulawesi Wanita Baju BodoBaju Adat Sulawesi Wanita Baju Bodo

Baju adat Sulawesi wanita tentunya berbeda dengan baju adat Sulawasi pria. Baju adat wanita Sulawesi selatan disebut dengan nama baju dodo. Baju dodo merupakan jenis baju dengan model segi empat yang memiliki lengan yang pendek yakni hanya setenganh dari bagan siku lengan.

Baju dodo merupakan jenis baju atau pakaian yang sudah sejak dulu banyak dikenakan. Bahkan baju ini dikenal sebagai salah satu jenis baju yang memiliki umur paling tua di Indonesia. Masih banyak jenis pakaian adat Sulawesi lainnya yang juga sering dikenakan pada jaman dahulu namun sudah jarang dikenakan pada saat ini seperti baju pokko yakni pakaian adat Toraja yang juga dikenakan oleh kaum wanita yang memiliki lengan pendek dan warnanya didominasi oleh warna cerah seperti warna kuning, merah dan putih.

Baca Juga :  Pakaian Adat Betawi Asli Budaya Indonesia Lengkap dengan Gambarnya

Baju Adat Sulawesi Wanita ModernBaju Adat Sulawesi Wanita Modern

Baju Pokko ini masih banyak dikenakan dan dilestarikan karena pemerintah Tana Toraja mewajibkan setiap PNS nya mengenakan baju pokko setiap hari sabtu.

Baju Adat Sulawesi Anak

Baju Adat Sulawesi Anak untuk TarianBaju Adat Sulawesi Anak untuk Tarian

Tidak hanya dikenakan oleh pria dan wanita dewasa saja, pakaian adat Sulawesi juga terkadang dikenakan oleh anak-anak pada saat ini. Biasanya baju adat Sulawesi anak ini memiliki model yang cukup simple dan tidak ribet.

Baju Adat Sulawesi Anak TradisionalBaju Adat Sulawesi Anak Tradisional

Anak-anak yang mengenakan baju adat Sulawesi ini biasanya akan mengenakannya pada suatu acara seperti acara festival, karnaval dan acara pagelaran seni seperti pertunjukan tarian khas Sulawesi dan acara teater khas Sulawesi juga.

Pakaian Adat Pengantin Sulawesi

Pakaian Adat Pengantin Sulawesi ModernPakaian Adat Pengantin Sulawesi Modern

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya jika pakaian adat Sulawesi masih banyak dilestarikan dan digunakan pada saat ini. Terutama pada acara pernikahan, biasanya pakaian adat pengantin Sulawesi yang akan dikenakan di acara pernikahan akan disesuaikan dengan keinginan pengantinnya.

Pakaian adat pengantin yang sering dikenakan biasanya adalah baju tutu atau model pakaian adat Sulawesi untuk pengantin yang lainnya sesuai dengan model dan jenis pakaian wanita yang dikenakannya.  Untuk pakaian pengantin wanita biasanya akan mengenakan baju Bodo dengan warna yang disesuaikan dengan pakaian pengantin sang pria agar serasi satu dengan yang lainnya.

Pakaian Adat Pengantin Sulawesi Tradisional ModernPakaian Adat Pengantin Sulawesi Tradisional Modern

Tidak hanya itu, pakaian adat pengantin Sulawesi yang juga sering dikenakan adalah Pattuqduq Towaine yakni baju adat pengantin suku Mandar Sulawesi selatan baik di acara pernikahan atau pada saat menampilkan suatu tarian. Baju adat yang satu ini juga akan dihiasi dengan aksesoris pendukung seperti hiasan kepala yang membuatnya berbeda dengan pakaian adat yang lainnya, badan dan tangan yang mencerminkan budaya Mandar.

Ada banyak masyarakat Sulawesi yang masih banyak mengenakan baju adat Pengantin Sulawesi saat menggelar acara pernikahannya hingga saat ini. Modelnya pun dibuat se modern mungkin agar lebih kekinian dan tidak ketinggalan jaman. Namun, walaupun demikian masih ada kesan klasik dan tradisional pada baju adat pengantin Sulawesi yang dikenakan yang biasanya keunikan dan ciri khasnya akan tercermin dari aksesoris atau hiasan yang dikenakan.

Itu dia informasi penjelasan serta gambar tentang pakaian adat Sulawesi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda semua yang membacanya. Terimakasih.

User Review
( votes)

Add Comment

Leave a Comment