by

10 Foto Pesona Pantai Klayar yang Wajib Untuk Anda Nikmati

Pantai Klayar  – Berwisata merupakan kegiatan yang seharusnya wajib untuk anda lakukan setelah penat melakukan berbagai aktivitas. Dengan mengunjungi tempat wisata yang memiliki pesona keindahan yang menawan, niscaya hati akan menjadi senang. Salah satu tempat yang menjadi favorit masyarakat untuk menghabiskan waktu liburan adalah pantai.

Baca juga : 10 Foto dan Kebenaran 3 Mitos Tamansari Jogja Paling Sensasional

Pesona Pantai Klayar yang Wajib Untuk Anda Nikmati
Pesona Pantai Klayar yang Wajib Untuk Anda Nikmati

Seperti yang kita ketahui Indonesia merupakan negara kepulauan yang dikelilingi oleh lautan dan samudera. Maka tak heran banyak daerah atau provinsi yang memiliki pantai dengan keindahan dan pemandangan yang menakjubkan.

Salah satu pantai di Indonesia yang menjadi favorit para wisatawan adalah Pantai Klayar. Klayar merupakan salah satu pantai kabupaten pacitan yang dikenal memiliki panorama yang tak kalah dengan pantai-pantai kebanyakan di pulau bali. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan mengenai keindahan pantai yang ada di Jawa Timur yang satu ini.

Lokasi Pantai Klayar, Tempat Wisata yang Mempesona

Lokasi Pantai Klayar, Tempat Wisata yang Mempesona
Lokasi Pantai Klayar, Tempat Wisata yang Mempesona

Pacitan merupakan salah satu kabupaten di jawa timur yang terletak di penghujung selatan pulau jawa. Berdekatan dengan samudera hindia, tak heran pacitan menjadi tempat yang memiliki puluhan pantai dengan pesona alam yang spekatkuler. Meskipun demikian anda tetap harus berhati-hati karena pantai-pantai tersebut memiliki arus dan ombak yang cukup besar.

Salah satu pantai di pacitan yang dikenal memiliki panorama yang menawan adalah pantai klayar. Pantai indah yang satu ini berlokasi di Desa Kalak, Donorejo, Pacitan Jawa Timur. Apabila diawali dari kota Surabaya, anda harus menempuh jarak 302,9 km dengan waktu tempuh sekitar 7-8 jam. Sedangkan dari DIY, anda akan menempuh jarak 102,4 km dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Waktu tempuh yang dibutuhkan lebih sedikit lagi yaitu hanya jam apabila anda berasal dari daerah perkotaan kabupaten pacitan.

Akses menuju pantai ini sebenarnya cukup mudah karena rata-rata jalan sudah beraspal. Namun, untuk beberapa titik terdapat kerusakan yang mengharuskan anda untuk berhati-hati dan menggunakan kecepatan rendah-rendah. Seain itu, karena berada di daerah pegunungan, ancaman longsor cukup tinggi. Maka dari itu, anda harus waspada dan menghindari waktu berkunjung ketika musin penghujan.

Pesona Pantai Klayar Jawa Timur

Pesona Pantai Klayar Jawa Timur
Pesona Pantai Klayar Jawa Timur

Meskipun terletak cukup jauh dari kota, banyak wisatawan lokal maupun luar kota yang rela menempuh perjalanan yang cukup sulit dan memakan waktu hanya untuk bersantai dan menikmati keindahan pantai klayar. Berbeda dari pantai-pantai yang lain, pantai ini memiliki air laut berwarna biru kehijau-hijauan dengan hiasan batu karang di pinggir pantai.

Sebelum menikmati keindahan baharinya, anda akan disambut terlebih dahulu oleh hamparan pasir putih yang terbentang hampir 1 km. Pihak pengelola sangatlah ketat dalam menjaga kebersihan pantai, sehingga anda tidak akan menemukan sampah sedikitpun. Di sekitar pantai terdapat tenda-tenda yang disewakan oleh penduduk setempat yang dapat digunakan untuk bersantai dan menikmati segelas es degan.

Spot Foto Indah Pantai Klayar

Spot Foto Indah Pantai Klayar
Spot Foto Indah Pantai Klayar

Pantai ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk berfoto karena memiliki banyak spot-spot yang sangat menarik dan catchable.

Tak hanya di sekeliling pantai, pantai yang satu ini juga dipenuhi oleh batu karang yang besar dan menjulang tinggi di bagian tengahnya. Anda juga dapat menaiki batu karang melalui sebuah tangga yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Melalui spot tersebut, anda dapat menikmati keindahan lautan dari atas ketinggian. Tak jarang deburan ombak akan menghantam batu karang tersebut yang membuat anda basah kuyup. Di atas batu karang tersebut, anda juga dapat menikmati air mancur kecil dengan bau belerang yang cukup kuat.

Pemandangan akan lebih indah lagi ketika air laut surut. Pasalnya anda akan melihat dengan jelas ratusan batu karang mulai ukuran kecil hingga cukup besar. untuk mengabadikannya, anda juga diperbolehkan untuk menaiki batu karang tersebut bahkan yang dtengah laut namun dengan catatan harus tetap waspada.

Menjelajahi Seluk Beluk Pantai Klayar

Menjelajahi Seluk Beluk Pantai Klayar
Menjelajahi Seluk Beluk Pantai Klayar

Apabila bosan, anda dapat mencoba motor tril yang disediakan oleh pihak pengelola untuk menikmati seluk beluk keindahan pantai yang satu ini. Ketika mengunjungi pantai ini, anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah perut. Pasalnya di sana telah banyak penjaja makanan mulai dari warung kecil hingga restoran dengan menu yang sangat lengkap mulai dari bakso hingga seafood.

Fasilitas di Pantai Klayar

Fasilitas di Pantai Klayar
Fasilitas di Pantai Klayar

Untuk masalah fasilitas, pantai ini memiliki keunggulan di mana fasilitas yang disediakan cukup lengkap mulai dari toilet, mushola, rumah makan, hingga permainan untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Meskipun demikian, anda tetap harus berhati-hati ketika mengunjungi yang satu ini karena pantai klayar memiliki ombak yang cukup besar. hal tersebut karena pantai ini memang berbatasan langsung dengan samudera hindia. Selain itu, anda diharapkan berhati-hati ketika menyusuri daerah batu karang karena terkenal licin. Untuk itu, anda disarankan untuk membawa sandal yang memiliki cengkraman cukup kuat, sandal gunung misalnya.

Selain itu, karena pantai ini cukup ramai oleh pengunjung, anda tetap harus berhati-hati untuk masalah keamanan. Kunci ganda sepeda motor yang anda gunakan.

Rute Menuju Pantai Klayar

Rute Menuju Pantai Klayar
Rute Menuju Pantai Klayar

Dari manapun anda berasal baik dari arah, Surabaya maupun Jogjakarta, anda tetap harus melewati jalur yang sama ketika menuju pantai ini. Setelah menyusuri kota pacitan, jarak 10 km anda akan menemukan pertigaan dadapan, kemudian ambil jalur kiri. Setelah lurus untuk beberapa menit, anda akan melewati desa Candi, kemudian anda akan kembali menemui pertigaan. Ambilah jalur menuju kanang, kemudian lurus terus sampai berjumpa dengan pertigaan. Dari pertigaan tersebut, anda harus berjalan lurus sampai menemukan petunjuk arah yang disediakan pihak pengelola.

Harga Tiket Pantai Klayar

Harga Tiket Pantai Klayar
Harga Tiket Pantai Klayar

Untuk menikmati keindahan pantai dengan panorama batu karangnya, anda tak perlu merogoh dompet cukup dalam. pasalnya harga tiket untuk masuk menuju lokasi wisata cukup murah yaitu Rp 5.000 untuk hari senin-jumat dan Rp 10.000 untuk hari sabtu dan minggu.

Bagi yang membawa kendaraan roda empat, anda diwajibkan untuk membayar retribusi parkir sebesar Rp 5.000 dan Rp 2.000 untuk sepeda roda dua.

Dengan harga tersebut, anda bebas berwisata di pantai yang satu ini mulai dari pagi hingga sore hari.

Jam Operasional Pantai Klayar

Jam Operasional Pantai Klayar
Jam Operasional Pantai Klayar

Untuk menikmati keindahan pantai klayar, anda dapat mengunjunginya setipa hari dengan jam operasional mulai dari jam 06.00 – 18.00.

Bagi anda yang ingin menimati deburan ombak pantai pada malam hari, tak perlu khawatir karena pantai yang satu ini telah dipenuhi oleh penginapan dengan berbagai tipe. Mulai dari harga murah hingga yang berkelas layaknya hotel.

Cukup hanya dengan Rp 100.000 – 200.000 anda dapat menikmati keindahan pantai di malam hari sambil ditemani oleh makanan khas daerah pacitan.

Tips Berkunjung ke Pantai Klayar

Tips Berkunjung ke Pantai Klayar
Tips Berkunjung ke Pantai Klayar
  • Menghindari waktu berkunjung ketika musim penghujan karena rawan longsor. Selain itu, laut juga akan pasang sehingga anda tidak dapat menikmati keindahan batu karang di pinggir pantai
  • Jangan berenang di tengah laut, karena pantai klayar memiliki ombak yang cukup besar
  • Menggunakan sandal yang bagus ketika bermain di daerah batu karang karena terkenal licin dan curam

Demikian ulasan lengkap mengenai keindahan pantai klayar di pacitan jawa timur. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment