by

10 Foto Pesona Pantai Pok Tunggal Yogyakarta, Sayang Untuk Dilewatkan

Pantai Pok Tunggal Yogyakarta – Pantai merupakan sebuah wisata bahari yang memiliki cukup banyak wisatawan. Karena dengan berwisata di pantai kita akan disuguhkan laut luas yang megah, sepoi angin segar hingga pemandangan deburan ombak yang tentunya akan memanjakan mata kita. Salah satu pantai yang terkenal dan cukup memiliki banyak pengunjung di daerah Yogyakarta yaitu Pantai Pok Tungggal. Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat menawan.

Baca juga : 10 Foto Kawasan Wisata Alam Curug Leuwi Hejo: Green Cayon di Kota Bogor

Pesona Pantai Pok Tunggal Yogyakarta, Sayang Untuk Dilewatkan
Pesona Pantai Pok Tunggal Yogyakarta, Sayang Untuk Dilewatkan

Saat akhir pekan ataupun musim liburan datang pantai ini pasti ramai dikunjungi oleh wisatawan, karena pemandangan pantai yang sangat indah. Cocok juga untuk Anda yang ingin mencari spot foto yang instagramable. Karena di pantai ini memiliki beberapa spot-spot menarik yang dapat Anda jadikan untuk mengabadikan momen dengan berfoto.

Pesona Keindahan Pantai Pok Tunggal Yogyakarta

Pesona Keindahan Pantai Pok Tunggal Yogyakarta
Pesona Keindahan Pantai Pok Tunggal Yogyakarta

Pantai ini memiliki pasir yang sangat putih, tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, karena pantai dengan pasir putih tentu sangat menawan dan indah. Di pantai ini juga ada barisan bukit yang berjajar mengelilingi pantai, yang menambah pemandangan pantai menjadi eksotis. Selain itu di pantai ini juga terdapat sumber mata air tawar dan tidak tercampur dengan asinnya air laut, yang berasal dari aliran sungai bawah tanah.

Pesona Pantai Pok Tunggal dengan luasnya pasir putih yang dikelilingi oleh bukit menjadi lokasi eksotis dan favorit bagi wisatawan. Pantai ini masih sangat terjaga kebersihannya. Nama dari Pantai Pok Tunggal sendiri diambil dari nama Kelompok Tunggal, yaitu kelompok yang mengelola dan mengembangkan pantai ini menjadi objek wisata. Selain itu juga berasal dari adanya satu pohon langka yang masih berdiri kokoh yaitu Pohon Duras (Pok Tunggal).

Fasilitas dan Aktivitas di Pantai Pok Tunggal

Pantai ini dapat dikatakan sudah memiliki fasilitas yang memadai, mulai dari lahan parkir, area istirahat di bibir pantai yang bersih dengan dilengkapi payung pantai, toilet, hingga warung-warung makan yang berada di sekitar pantai. Jadi anda tidak perlu lagi khawatir dengan fasilitas yang disediakan oleh pengelola di pantai ini.

Beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan ketika berkunjung ke pantai ini, antara lain:

Berfoto di Spot Menarik Pantai Pok Tunggal

Berfoto di Spot Menarik Pantai Pok Tunggal
Berfoto di Spot Menarik Pantai Pok Tunggal

Di pantai ini jangan bingung lagi mencari spot foto yang menarik dan instagramable, karena adanya pasir putih ini tentu menjadikan foto yang Anda ambil menjadi sangat menawan. Anda dapat berdiri di bibir pantai dengan latar belakang pasir putih pantai dan birunya lautan, salah satu degradasi warna yang sangat indah, tentunya foto Anda pasti juga akan sangat bagus.

Selain itu ada spot menarik lainnya seperti di area perbukitan, karena saat ini sudah dibangun tangga menuju ke atas bukit, namun tidak terlalu tinggi, disini Anda dapat berfoto dengan latar belakang pantai yang sangat eksotis, tentunya selalu jaga keamanan ketika Anda ingin menaiki bukit tersebut.

Spot menarik lainnya yang dapat Anda jadikan sebagai latar belakang foto adalah payung-payung berwarna-warni pantai yang berjajar di sepanjang pantai tersebut. Dengan berfoto disini, Anda akan terlihat berada di pantai-pantai indah dan terkenal lainnya.

Menikmati Sunset Pantai Pok Tunggal

Menikmati Sunset Pantai Pok Tunggal
Menikmati Sunset Pantai Pok Tunggal

Ketika matahari tenggelam di sore hari, di pantai ini Anda akan melihat keindahan sunset yang sangat menawan. Langit jingga berpadu dengan panorama lautan yang luas menambah pesona pemandangan pantai ini pastinya. Anda bisa melihat pemandangan ini sambal bersantai di tepi pantai.

Area Camping Pantai Pok Tunggal

Area Camping Pantai Pok Tunggal
Area Camping Pantai Pok Tunggal

Selain menikmati pesona sunset di pantai ini, tidak salah jika Anda melakukan camping untuk menikmati pesona pantai di malam hari. Pantai memang menjadi salah satu solusi camping bagi para wisatawan. Karena pesona pantai tidak pernah hilang walaupun matahari sudah terbenam. Suasana camping di malam hari bersama teman-teman selalu menjadi aktivitas favorit ketika camping.

Bersantai di Pantai Pantai Pok Tunggal

Bersantai di Pantai Pantai Pok Tunggal
Bersantai di Pantai Pantai Pok Tunggal

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan ketika berkunjung ke pantai ini adalah bersantai dengan menggelar tikar di sekitar pantai tentunya sambil membuka bekal yang mungkin sudah disiapkan dari rumah. Pilihlah tempat yang teduh dan rindang untuk bisa menikmati pantai ini. Atau, Anda juga bisa menyewa salah satu payung pantai disana yang sudah dilengkapi dengan tikar. Karena tidak terlalu sulit untuk menikmati keindahan pantai.

Bermain Bola Pantai Pok Tunggal

Bermain Bola Pantai Pok Tunggal
Bermain Bola Pantai Pok Tunggal

Jika Anda berwisata ke pantai bersama teman-teman, tentunya aktivitas seru yang dapat dilakukan adalah bermain bola di pantai. Hal ini menjadi aktivitas yang banyak dilakukan beberapa orang untuk menikmati pantai dengan cara yang berbeda.

Berenang di Bibir Pantai Pok Tunggal

Berenang di Bibir Pantai Pok Tunggal
Berenang di Bibir Pantai Pok Tunggal

Anda juga dapat melakukan aktivitas berenang atau sekedar berendam di bibir pantai, bahkan hanya bermain ombak di pinggiran juga menjadi solusi bagi Anda yang tidak ingin terlalu basah. Karena akan kurang rasanya jika bermain ke pantai tetapi tidak merasakan segarnya air laut dengan berbagai macam cara yang dapat Anda lakukan.

Area pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang jadi Anda tidak perlu khawatir, tetapi harus tetap menjaga keamanan. Karena keamanan menjadi sangat penting ketika Anda memilih untuk berenang di tepi pantai. Selalu ikuti aturan yang berlaku dan ditetapkan oleh pengelola pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Pok Tunggal

Harga Tiket Masuk Pantai Pok Tunggal
Harga Tiket Masuk Pantai Pok Tunggal

Untuk berwisata ke pantai ini Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang karena biayanya cukup terjangkau. Pengelola pantai ini menetapkan harga tiket masuk untuk wisatawan yaitu Rp.10.000. kemudian untuk parkir roda dua yaitu Rp.3000, mobil Rp.5000 dan minibus Rp.10.000. Selanjutnya untuk penyewaan payung disini dikenakan tarif Rp.20.000.

Untuk Anda yang berniat akan melakukan camping juga dikenakan biaya sekitar Rp.10.000/tenda, biaya ini belum termasuk peralatan camping. Untuk penyewaan peralatan camping sebenarnya sudah tersedia di pantai ini, namun masih sangat terbatas. Untuk jam buka pantai ini selama 24 jam.

Alamat dan Lokasi Pantai Pok Tunggal

Alamat dan Lokasi Pantai Pok TunggalAlamat dan Lokasi Pantai Pok Tunggal
Alamat dan Lokasi Pantai Pok Tunggal

Pantai ini beralamat di  Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini juga berada tidak jauh dengan pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul seperti Pantai Indrayanti dan Pantai Siung. Untuk akses menuju lokasi ini dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi, jangan malu bertanya dengan penduduk sekitar akses menuju Pantai Pok Tunggal ini.

Apabila Anda memulai perjalanan dari Kota Yogyakarta maka jarak tempuhnya sekitar 80 km, atau sekitar 2 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Rute yang dapat Anda tempuh dari Kota Yogyakarta yaitu menuju arah Wonosari kemudian ke arah Tepus.

Selain itu untuk berwisata ke Pantai Pok Tunggal ini Anda harus mempersiapkan beberapa barang-barang wajib untuk dibawa ke pantai seperti sunblock, kacamata, tikar, jika ingin berhemat maka jangan lupa untuk membawa makanan ringan, minuman, hingga obat-obatan. Selain itu jangan sampai ketinggalan membawa kamera untuk mengabadikan momen di pantai ini.

Itu tadi beberapa pesona dari Pantai Pok Tunggal lengkap dengan harga tiket dan lokasi wisata yang wajib masuk dalam daftar list liburan Anda.

Apakah Artikel ini Membantu Anda ?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment